Black Shark 3S

hp Black Shark 3S
Black Shark 3S adalah smartphone gaming yang bekerja sama dengan Tencent

Black Shark 3S merupakan salah satu produk baru dari Black Shark di tahun 2020. Dikatakan begitu karena sebelum produk tersebut diperkenalkan dan dirilis, Black Shark juga telah merilis smartphone gaming lain yang tak kalah canggihnya, yaitu Black Shark 3 Pro. Hadirnya Black Shark 3S ini diperkirakan dapat menyaingi kehebatan ROG Phone 3 besutan Asus atau juga Nubia Red Magic 5S buatan ZTE. Berbicara masalah Black Shark 3S sendiri, produk tersebut memiliki motif desain sedikit berbeda dengan Black Shark 3 Pro. Namun untuk masalah internal dan fasilitas-fasilitasnya, smartphone satu ini dapat dikatakan hampir menyamai apa yang dipunyai Black Shark 3 Pro. Satu hal lagi, khusus untuk Black Shark 3S ini, Black Shark bermitra dengan sebuah perusahaan asal Cina, Tencent.

Harga Black Shark 3S di Indonesia

Tidak seperti Black Shark 3 Pro yang info dan fotonya sudah mejeng di website resmi Black Shark Global, Black Shark 3S ini baru dapat ditemui dan dibaca infonya di website Black Shark untuk wilayah Cina saja. Dengan kata lain, Black Shark 3S masih belum dapat dipasarkan secara bebas. Oleh karenanya, akan sangat susah untuk dapat menemui atau juga membeli perangkat mobile satu ini di pasaran Indonesia. Bahkan dari 6 e-commerce besar di Tanah Air, baru ada satu seller yaitu di Tokopedia yang menawarkan pre-order untuk produk tersebut. Untuk harga resminya sendiri, Black Shark menjual Black Shark 3S dengan harga CNY3.999 atau sekitar Rp8,4 jutaan.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Black Shark 3S

Nama model Black Shark 3S (Tencent Black Shark gaming phone 3S)
Kode produksi
Segmen pasar Gaming, flagship
Diperkenalkan Juli 2020
Dirilis resmi Agustus 2020
Jaringan GSM / CDMA (EVDO) / WCDMA / HSPA / HSDPA / LTE (LTE-TDD, LTE-FDD) / 5G NR NA&NSA
Eksternal
Dimensi 168,72 x 77,33 x 10,42 mm
Berat 222 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Samsung AMOLED capacitive touchscreen
Ukuran 6,67 inci (~82.4% screen-to-body ratio)
Resolusi 1080 x 2400 pixels (~394 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5
Model Bezel-less, Always-on display, HDR10+
Internal
Sistem Operasi Android 10
User Interface (UI) MIUI 12
Chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
Prosesor Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
Kartu grafis Adreno 650
ROM 128GB / 256GB UFS3.1 (tidak ada slot untuk microSD)
RAM 12GB LPDDR5 2750MHz
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 20MP
Fitur 5-element lens, Smart beauty, selfie real-time beauty, Countdown selfie, Portrait mode
Belakang 64MP + 13MP (wide-angle) + 5MP (depth)
Fitur LED flash, PDAF, dark light enhancement technology, HDR, Portrait mode, Panorama mode, AI camera, Super night view
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Gyroscope, geomagnetism, gravity sensor, distance sensor, ambient light sensor, pressure sensor
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar, optical)
Konektivitas
WLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax/6, dual-band, MU MIMO, WIFI Display, WIFI Direct, WIFI hotspot
Bluetooth v5.0, aptX, aptX HD, aptX Adaptive, LDAC HD music transmission, LE
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
NFC
GPS GPS, Galileo, GLONASS, Beidou, QZSS, A-GPS
Radio Tidak ada
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4720 mAh (supports SQC fast charging protocol, 65W), Magnetic charging 18W
Warna Sky Cloud Black, Crystal Blue
Harga CNY3999 (128GB), CNY4299 (256GB)

Fitur Unggulan Black Shark 3S

spesifikasi black shark 3S layarnya yang lebar
Dengan layarnya yang lebar, bermain game semakin mengasyikkan

1. Layar Lebar dengan Refresh Rate Super Smooth

Akan cukup tidak mengenakkan, apabila menggunakan perangkat mobile untuk bermain game yang mana layarnya tidak terlalu besar. Dikarenakan hal itu, Black Shark menciptakan Black Shark 3S ini dengan layar yang sangat melegakan. Dikatakan begitu karena layarnya yang menggunakan jenis layar besutan Samsung, yaitu AMOLED ini memiliki ukuran 6,67 inci dengan resolusi sebesar 1080 x 2400 pixel dan rasio screen-to-body nya sendiri mencapai 82,4 persen, serta model yang digunakannya adalah bezel-less.

Selain layarnya yang besar tersebut, satu hal yang sangat menarik dan pastinya sangat diimpikan banyak gamer mobile di seluruh dunia adalah fresh rate besar. Layar Black Shark 3S ini support dengan MEMC Intelligent Frame Interpolation 3.0 yang mampu menghadirkan fresh rate 120Hz. Fresh rate 120Hz tersebut memiliki artian bahwa sangat smooth ketika discrool ataupun dioperasikan dengan jari. Sebagai informasi, kebanyakan smartphone canggih atau yang berlabelkan gaming phone saat ini masih memiliki fresh rate sebesar 90Hz saja. Bahkan single-finger touch response-nya hanya 17ms, sangat cepat!

Untuk masalah tampilan layarnya, tidak perlu diragukan lagi karena layar buatan Samsung sudah terbukti kualitasnya. Ditambah lagi layar smartphone ini juga sudah support HDR mode yang mana termasuk di dalamnya chip khusus untuk layar buatan Pixelwork.

Dikarenakan ada kerja sama dengan Tencent dalam pembuatannya, maka ada bonus game-game menarik yang terdapat di dalamnya, seperti 13 game dengan fresh rate 120Hz serta 4 game dengan fresh rate 90Hz.

Baterainya kuat digunakan seharian penuh dalam sekali pengisian
Baterainya kuat digunakan seharian penuh dalam sekali pengisian

2. Baterai Berkapasitas Besar Support Flash Charging 65W

Black Shark 3S ini dilengkapi dengan baterai yang sama digunakan Black Shark 3 Pro, yaitu berjenis non-removable Lithium Polymer. Untuk kapasitasnya sendiri memang sedikit turun dari yang dipunyai Black Shark 3 Pro, yaitu sebesar 4720 mAh dan sangat tahan lama untuk digunakan seharian penuh.

Yang menjadikan menarik pada sisi baterainya ini adalah Black Shark 3S ini support dengan teknologi pengisian cepat 65W yang mana untuk mencapai 50 persen dari 0 persen hanya membutuhkan waktu 12 menit atau juga untuk 100 persen dari 0 persen hanya 38 menit saja. Sisi belakang perangkat pun dilengkapi dengan tempat khusus yang berfungsi sebagai magnetic charge atau dapat terhubung dengan sumber listrik untuk charging tanpa colokan ataupun wireless, melainkan magnet.

Chipset yang dimiliki adalah salah satu yang terbaik di kelasnya
Chipset yang dimiliki adalah salah satu yang terbaik di kelasnya

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

3. Performa Tangguh dan Support Jaringan 5G

Beralih ke sisi performa mesinnya, Black Shark 3S ini menggunakan operating system Android 10 sedangkan untuk user interfacenya adalah yang terbaru buatan Xiaomi. Untuk chipset yang tersemat di dalamnya sendiri, Black Shark menggunakan Qualcomm Snapdragon 865 dengan prosesor Octa-core yang memiliki clock speed mencapai 2.84GHz serta GPU Adreno 650. Performa mesinnya ini ketika digunakan pada uji GeekBench4 dan AnTuTu test, hasilnya sangat mengagumkan.

Smartphone ini juga telah support untuk digunakan di jaringan 5G dalam dual-mode SA/NSA serta menggunakan teknologi Wi-Fi6. Sedangkan untuk internal storagenya sendiri, Black Shark menggunakan UFS3.1 flash memory. Terdapat 2 kapasitas ROM untuk Black Shark 3S ini, yaitu 128GB dan 256GB. Untuk RAM-nya sendiri berkapasitas 12GB LPDDR5.

Agar tidak overheat, Black Shark tempatkan Liquid Cooling System terbaru di dalamnya
Agar tidak overheat, Black Shark tempatkan Liquid Cooling System terbaru di dalamnya

4. Liquid Cooling System Untuk Jaga Kondisi Mesin Tetap Dingin

Sudah dipastikan ketika sebuah smartphone memiliki mesin besar dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama, maka akan muncul panas dari dalam. Oleh karena itu, Black Shark sudah menambahkan sistem pendingin cair atau Liquid Cooling System di dalam Black Shark 3S ini yang mereka beri istilah “Sandwich.”

Disebut dengan istilah Sandwich karena sistem pendingin pada Black Shark 3S ini berupa tumpukan layer atau berlapis-lapis dan dapat mengonsumsi panas berlebih yang muncul dari mesin. Dengan mesin yang tetap terjaga temperaturnya tersebut, maka bagian internal perangkat pun tidak akan mengalami kendala, seperti salah satunya konsleting.

Sistem game controlnya dapat mendeteksi gesture pengguna
Sistem game controlnya dapat mendeteksi gesture pengguna

5. Sistem Game Control Terbaru

Banyak eksperimen yang dilakukan Black Shark dan kemudian diaplikasikan pada Black Shark 3S ini seperti contohnya sistem game control terbaru. Sistem tersebut mencakup banyak hal, mulai dari pengontrolan melalui gesture atau gerak tangan, tekanan pada layar sampai dengan voice control.

Selain itu, Black Shark 3S ini juga sudah dilengkapi dengan fitur JOYUI 12 yang mana dapat membawa pengalaman baru ke penggunanya. Sebagai informasi, JOYUI 12 ini masih berbasis MIUI 12 yang akan mudah digunakan. Tidak hanya itu saja, penggunanya pun dapat menghubungkan perangkat dengan layar, seperti monitor atau layar televisi dengan memakai fitur di dalam JOYUI 12 yang disebut Play Screencasting.

Desain dari tempat lensa kameranya sangat futuristik
Desain dari tempat lensa kameranya sangat futuristik

6. Kamera dengan Resolusi Besar dan Desain Unik

Ketika Anda melihat pada bagian belakang, maka akan terlihat desain X yang menjadi ciri khas produk dari Black Shark dan pada bagian atasnya terdapat segitiga unik yang digunakan untuk meletakkan 3 lensa kamera belakang. Lensa kamera utamanya sendiri memiliki resolusi cukup besar, yaitu 64MP dengan berbagai fasilitas pendukung, mulai dari RAW support, AI sampai dengan HDR mode. Sedangkan lensa kamera keduanya yang berfungsi sebagai wide-angle lens memiliki resolusi sebesar 13MP yang mampu menangkap objek dengan rentang jarak terluar sampai dengan 120 derajat dan lensa kamera terakhir memiliki resolusi sebesar 5MP untuk depth of field lens.

Pada bagian depannya sendiri terdapat lensa kamera dengan resolusi yang tak kalah besarnya, yaitu 20MP yang juga telah mendapatkan sokongan banyak fitur menarik di dalam perangkat. Untuk digunakan memotret atau merekam sendiri, hasilnya tidak mengecewakan.

Kelebihan dan Kekurangan Black Shark 3S

Kelebihan

Tentu saja dikarenakan masuk kategori smartphone flagship, maka ada banyak kelebihan yang dimiliki Black Shark 3S ini. Kelebihan utama adalah terletak pada layarnya yang besar dan support dengan fresh rate 120Hz. Kelebihan kedua adalah terletak pada baterainya yang juga telah mendukung teknologi pengisian cepat 65W. Jeroan atau bagian internal perangkat pun tidak kalah bagusnya. Mulai dari chipset sampai dengan GPU serta RAM dan ROM yang dimilikinya sangat besar dan berkualitas.

Kekurangan

Untuk masalah kekurangan, Black Shark 3S juga memiliki hal tersebut. Kekurangan pertama adalah terletak pada jenis layar yang digunakan. Pada umumnya, banyak vendor smartphone yang akan memilih menggunakan layar berjenis Super AMOLED daripada AMOLED. Walaupun sama-sama berkualitas, namun Super AMOLED lebih bagus dibandingkan AMOLED. Kekurangan kedua adalah pada tingkat kerapatan antar-pixelnya yang masih berada di kisaran 300 ppi, di mana banyak smartphone kelas atas lain yang sudah mencapai kisaran 400 ppi.

hp Black Shark 3S
Black Shark 3S adalah smartphone gaming yang bekerja sama dengan Tencent

Review Akhir Black Shark 3S

Secara umum, Black Shark 3S ini tidak kalah dengan ‘saudaranya’ Black Shark 3 Pro. Mulai dari layarnya yang berkualitas dan berukuran besar serta mendukung fresh rate 120Hz, desainnya yang menarik dan terkesan elegan juga mahal, internalnya yang memiliki performa bagus, RAM dan ROM dengan kapasitas besar sampai dengan baterai yang juga memiliki kapasitas di atas 4500 mAh serta support dengan teknologi flash charge, maka sangat tepat dikatakan bahwa Black Shark 3S ini dapat menjadi andalan baru di dunia mobile gaming. Untuk sementara ini, Black Shark 3S masih dijual di pasaran Cina saja dengan harga CN3999 untuk yang dilengkapi ROM 128GB atau CNY4999 untuk yang memiliki ROM 256GB.

Artikel: Black Shark 3S – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: blackshark.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here