Lenovo K10 Plus

hp lenovo k10 plus
Lenovo K10 Plus adalah smartphone mid-range rasa hi-end

Lenovo K10 Plus merupakan salah satu produk kelas mid-range yang dirilis Lenovo pada bulan September 2019. Smartphone satu ini merupakan model baru di jajaran Lenovo K series yang sengaja diciptakan khusus dengan desain ultra-slim dan spesifikasi yang premium. Mulai dari prosesor terbaru, layar berkualitas sampai dengan teknologi kamera yang sangat mumpuni.

Contohnya saja, ketebalan smartphone satu ini hanya mencapai 8 mm dengan bobot hanya 172 gram. Ditambah lagi, layarnya yang cukup besar berukuran 6,2 inci dengan tingkat kerapatan antar pixel di atas 400 ppi. Untuk bagian internalnya pun tidak mengecewakan, dengan chipset Qualcomm Snapdragon 632, maka perangkat mobile ini dapat dipakai untuk berbagai aktvitas atau multi-tasking. Dan satu hal yang mengagumkan adalah internal storagenya dapat ditambah sampai dengan maksimal 2TB menggunakan microSD. Salah satu terobosan yang benar-benar baru di dunia mobile.

Total ada 4 lensa kamera tersemat di body smartphone ini yang mana satu berada di depan dan 3 terletak di belakang. Untuk baterai yang dimiliki, Lenovo K10 Plus menggunakan baterai Lithium Polymer berkapasitas 4050 mAh.

Harga Lenovo K10 Plus di Indonesia

Walaupun sudah dirilis pada bulan September 2019, namun sampai satu bulan setelah perilisannya, Lenovo K10 Plus masih belum diedarkan secara global, termasuk di pasaran Indonesia. Oleh karena itu, cukup sulit rasanya untuk mendapatkan smartphone ini di pasaran Asia Tenggara, khususnya Indonesia karena Lenovo K10 Plus baru dapat ditemui di pasaran Cina dan India saja.

Untuk masalah harganya, secara resmi belum ada rilisan khusus dari pihak Lenovo. Bahkan di website resminya pun tidak mencantumkan harga dari smartphone mid-range stau ini. Hanya saja, di banyak website resmi Vivo di India menyebutkan bahwa harga pasaran Lenovo K10 Plus ini adalah INR 10999 atau sekitar Rp2,17 jutaan.

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Lenovo K10 Plus

Nama model Lenovo K10 Plus
Kode produksi Lenovo L39051
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan September 2019
Dirilis resmi September 2019
Jaringan GSM/ GPRS/ EDGE/ UMTS/ HSPA/ HSDPA/ CDMA/ LTE (LTE-TDD, LTE-FDD)/ VoLTE
Eksternal
Dimensi 158,26 x 75,77 x 8,3 mm
Berat 172 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD (Capacitive touchscreen, Multi touch)
Ukuran 6,2 inci (screen-to-body ratio 87%)
Resolusi 1080 X 2340 pixel HD+ (~414 ppi)
Perlindungan
Model Bezelless dengan waterdrop notch
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) ZUI 11
Chipset Qualcomm SDM632 Snapdragon 632 (14 nm)
Prosesor Octa-core (4×1.8 GHz Kryo 250 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 250 Silver)
Kartu grafis Adreno 506
ROM 64GB (masih dapat ditambah sampai dengan 2TB menggunakan microSD)
RAM 4GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 16MP
Fitur Panorama, HDR, AI Beauty, Super Nightscape
Belakang 13MP + 5MP + 8MP
Fitur PDAF, slo-mo video, Super Nightscape, LED flash, Panorama, HDR, Digital Zoom, Touch Focus, Exposure compensation, ISO control, Continuos Shooting, Face detection
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya (Dolby Atmos)
Sensor utama AI Face Unlock, Fingerprint sensor, Proximity sensor, Accelerometer, Ambient light sensor, Gyroscope
Sensor sidik jari Ya (di belakang)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB USB-C (tidak support micro-USB)
NFC Tidak
GPS A-GPS, GLonass
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4050 mAh (support fast charging 10W)
Warna Black (dengan gradasi), Sprite (dengan gradasi)
Harga INR 10999 atau sekitar Rp2,176,921 (belum tersedia di Indonesia)

Fitur Unggulan Lenovo K10 Plus

spesifikasi lenovo k10 plus dengan berbagai fitur yang maksimal
Kolaborasi chipset, prosesor, GPU sampai dengan RAM dan ROM-nya membuat perangkat bekerja secara maksimal

Dapur pacu yang bertenaga untuk berbagai aktivitas

Lenovo K10 Plus ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm SDM632 Snapdragon 632 (14 nm) dan prosesor Octa-core (4×1.8 GHz Kryo 250 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 250 Silver), sedangkan kartu grafis yang digunakannya adalah Adreno 506. Dengan chipset Snapdragon 635 tersebut, maka pengguna dari perangkat mobile ini akan lebih leluasa dalam beraktivitas karena Lenovo K10 Plus dapat digunakan untuk aktivitas multi-tasking.

Contohnya saja, sembari chatting atau mengoperasikan aplikasi lainnya, Anda juga dapat membagi layarnya untuk digunakan menonton video dalam waktu yang bersamaan. Bahkan bermain game dengan grafis besar dan tinggi pun tidak masalah dan tidak ada time lags lagi.

Baterai dengan kapasitas besar, 4050 mAh, yang tahan seharian

Smartphone satu ini dilengkapi dengan baterai berjenis non-removable dari Lithium Polymer yang memiliki kapasitas sebesar 4050 mAh. Tidak hanya sekadar berkapasitas besar saja, baterainya juga sangat tahan lama untuk digunakan seharian penuh karena sistem di dalamnya dirancang untuk tidak rakus terhadap energi listrik yang dimiliki.

Dan dapat dikatakan bahwa besaran kapasitas baterai pada Lenovo K10 Plus merupakan standarisasi dari smartphone-smartphone kelas hi-end sampai flagship. Ditambah lagi, perangkat mobile ini sudah support dengan teknologi fast charging 10W yang dapat memangkas lamanya waktu pengisian baterainya.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

RAM dan ROM besar yang dapat ditambah sampai 2TB

Lenovo K10 Plus dilengkapi dengan RAM dan ROM yang memiliki kapasitas besar. RAM yang dimilikinya memiliki kapasitas sebesar 4GB. Sebuah nominal yang cukup besar untuk ukuran smartphone kelas menengah. Sedangkan ROM atau internal storage yang dimilikinya memiliki kapasitas 64GB.

Mungkin akan terasa sedikit jika melihat kapasitas ROM-nya hanya sebesar 64GB, namun Lenovo menyadari hal tersebutdan membuat perangkat ini dapat tetap menerima tambahan eksternal storage sampai dengan 2TB via microSD. Pihak Lenovo sendiri mengklaim bahwa semua daya yang tersimpan tidak akan corrupt ataupun kehilangan kualitasnya ketika sudah disimpan di dalam internal atau eksternal storagenya.

Layar lebar dengan resolusi HD+

Layar yang dipunyai smartphone satu ini memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu 15,75 cm atau 6,2 inci. Dan yang menjadikannya istimewa adalah resolusi layarnya adalah HD+ yang mampu menampilkan segala sesuatu dengan sangat jelas, terang dan detail. Ditambah lagi dengan kerapata antar-pixelnya mencapai 414 ppi yang menjadikan setiap pixelnya akan terlihat jelas.

Untuk digunakan menonton video ataupun bermain game, akan sangat melegakan karena selain memang mengusung model desain layar bezelless yang mepet dengan frame kanan dan kirinya, screen-to-body ratio dari layarnya mencapai 87 persen yang cukup melebar dan mendorong batasan frame.

lensa kamera dilengkapi dengan resolusi 13mp serta banyak fitur dan mode
Lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 13MP yang telah didukung banyak fitur dan mode di dalamnya

4 lensa kamera tersemat di body memiliki resolusi dan fungsi berbeda

Secara total ada 4 lensa kamera yang dimiliki Lenovo K10 Plus ini, yaitu 3 berada di belakang dan satu di bagian depan. Untuk lensa kamera utamanya yang berada di belakang memiliki resolusi sebesar 13MP yang telah dilengkapi dengan beragam fitur pendukung, seperti 2 di antaranya adalah PDAF dan slo-mo video. Sedangkan lensa kamera kedua di belakang memiliki resolusi sebesar 5MP dan satu lensa lagi mempunyai resolusi sebesar 8MP yang berfungsi sebagai lensa wide dengan rentang perluasan mencapai 120 derajat.

Selain itu, terdapat juga banyak fitur dan mode pendukung untuk ketiga lensa kameranya ini, seperti mode portrait yang akan menghasilkan gambar lain dari biasanya atau juga Super Nightscape yang dapat mengambil foto dengan hasil yang sangat jelas, jernih dan detail. Bahkan tidak menunjukkan banyak noise yang muncul.

Sedangkan satu lensa lagi yang terletak di depan memiliki resolusi sebesar 16MP. Lensa satu ini didedikasikan untuk para pencinta selfie agar dapat berswafoto dengan hasil maksimal. Ditambah lagi, lensa kameranya itu didukung dengan keberadaan teknologi AI di dalamnya.

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo K10 Plus

Kelebihan

Kelebihan pertama yang dimiliki Lenovo K10 Plus ini adalah terletak pada 3 lensa belakangnya yang mana salah satunya berfungsi sebagai lensa wide. Dengan menggunakan lensa tersebut, maka Anda dapat mengambil foto dengan rentang jarak sampai dengan 120 derajat. Jadi akan banyak orang yang berjejer dapat diabadikan atau memotret landscape dengan sempurna.

Kelebihan kedua adalah pada lensa kamera depannya yang memiliki resolusi 16MP. Dengan lensa yang memiliki resolusi besar tersebut, maka akan sangat menyenangkan ketika digunakan untuk berswafoto. Dan ketiga adalah pada kapasitas baterainya yang cukup besar, 4050 mAh. Yang terakhir adalah pada chipset yang dipunyainya. Dengan chipset Qualcomm Snapdragon 632 yang memiliki clock speed 1.8 dan didukung dengan GPU berkualitas dan RAM juga ROM berkapasitas besar, maka ketika digunakan untuk mengoperasikan aplikasi besar, tidak menjadi satu hambatan.

Kekurangan

Kekurangan yang dimiliki Lenovo K10 Plus adalah pada jenis layarnya yang relatif kurang begitu berkualitas, yaitu IPS LCD. Sekarang ini sudah banyak vendor mobile dunia yang coba meninggalkan jenis layar ini dan berganti menggunakan AMOLED atau Super AMOLED. Kedua adalah pada kekuatan fisiknya yang cukup rendah sehingga Anda tidak dapat menggunakan Lenovo K10 Plus ini untuk aktivitas di luar ruangan terlalu sering.

Review Akhir Lenovo K10 Plus

hp lenovo k10 plus
Lenovo K10 Plus adalah smartphone mid-range rasa hi-end

Lenovo K10 Plus ini adalah salah satu smartphone terbaru besutan Lenovo yang menggunakan operating system Android 9.0 Pie dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 632 dan prosesor Quad-core yang memiliki clock speed mencapai 1.8GHz. Kapasitasn RAM-nya sebesar 4GB dan ROM-nya adalah 64GB yang dapat ditambah sampai dengan 2TB menggunakan microSD.

Untuk bagian luarnya, K10 Plus ini dilengkapi dengan layar berjenis IPS LCD berukuran 6,2 inci dengan desain bezelless. Desainnya pun tidak kalah dibandingkan dengan kebanyakan smartphone pada umumnya. Fasilitas kameranya juga tidak memalukan karena Lenovo secara total menyematkan 4 lensa kamera di body K10 Plus ini, yaitu satu di depan dan 3 di bagian belakang.

Sayangnya, smartphone kelas mid-range ini sampai sekarang belum juga dirilis untuk pasaran global, bahkan belum ada informasi apapun apakah nantinya K10 Plus bakal menyambangi pasaran Indonesia atau tidak.

Artikel: Lenovo K10 Plus – Harga & Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: lenovo.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here