OPPO A5

Hp Oppo A5
Oppo A5 merupakan generasi pertama dari 2 model setelahnya, yaitu oppo A5s dan Oppo A5 (2020)

Oppo A5 atau dapat juga disebut dengan nama lain Oppo AX5 ini merupakan smartphone kelas mid-range yang dirilis Oppo pada bulan Juli 2018. Smartphone satu ini hadir dengan layar berukuran 6,2 inci yang memiliki resolusi sebesar 720 x 1520 pixel dan aspek rasionya sebesar 19:9. Untuk dapur pacunya, Oppo A4 ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 serta prosesor yang memiliki clock speed sampai 1.8GHz.

Operating system yang terdapat di dalamnya adalah Android 8.1 Oreo yang membuat tampilan sampai dengan sistem di dalamnya berjalan bagus juga mulur. Secara total ada 3 lensa kamera yang tersemat di dalam smartphone ini, yaitu 1 berada di depan dengan resolusi 8MP dan 2 di bagian belakang dengan resolusi 13MP dan 2MP. Baterainya cukup besar, yaitu 4230 mAh.

Harga OPPO A5 di Indonesia

Sebenarnya tidak terlalu lama dari waktu perilisan di tahun 2018 sampai dengan tahun 2019, akan tetapi smartphone satu ini cukup susah sekarang ini untuk ditemui di pasaran. Ketika kali pertama dirilis di Cina, Oppo A5 dijual dengan harga sekitar Rp3,2 jutaan. Di beberapa e-commerce di Tanah Air pun, ternyata hanya ada 2 toko online yang menjualnya, yaitu di Shopee dan Tokopedia. Berikut daftarnya.

  • Di Shopee, harga Oppo A5 mulai dari Rp2.399.000 – Rp2.999.000
  • Di Tokopedia, harga Oppo A5 adalah sebesar Rp2.500.000

Jika Anda tertarik untuk membelinya, maka dapat langsung mengunjungi lapak di 2 toko online tersebut dan melakukan transaksi.

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi OPPO A5

Nama model OPPO A5 (AX5)
Kode produksi CPH1809, CPH1809, CPH1851, PBAM00, PBAT00, PBBM30
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Juli 2018
Dirilis resmi Juli 2018
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA+/ TD-HSDPA/ CDMA/ TD-SCDMA/ EV-DO A/ LTE (LTE-TDD, LTE-FDD)
Internal
Dimensi 156.1 x 75.6 x 8.2 mm
Berat 170 gram (dengan baterai)
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD (Multi-touch, Capacitive touchscreen)
Ukuran 6,2 inci (screen-to-body ratio 81,2%)
Resolusi 1520 x 720 pixel HD+ (~271 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 3
Model Bezelless dengan classic notch
Eksternal
Sistem Operasi Android 8.1 Oreo
User Interface (UI) ColorOS 5.1
Chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
Prosesor Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
Kartu grafis Adreno 506
ROM 32GB (dapat ditambah sampai dengan 256GB menggunakan microSD)
RAM 4GB
Kamera
Depan 8MP
Fitur HDR, panorama
Belakang 13MP + 2MP
Fitur LED flash, HDR, panorama, Contrast, Phase Detection, Autofocus, Continuous shooting, Geo Tag, Face Detection
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama E-Compass, Light Sensor, Proximity Sensor, G-sensor, Accelerometer Sensor
Sensor sidik jari Ya (di belakang)
Konektivitas
WLAN WLAN 2.4G, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth V4.2, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak
GPS A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Radio FM radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Ion
Kapasitas daya 4230 mAh
Warna Diamond Blue, Diamond Red
Harga Rp3,2 jutaan (harga saat pertama kali dirilis di Cina)

Fitur Unggulan OPPO A5

Spesifikasi Oppo A5 Kamera belakang Oppo A5 memukau
Kamera belakang Oppo A5 sangat bagus baik ketika dipakai untuk memotret atau merekam video

Dual-camera belakang yang mampu hasilkan foto dan video berkualitas dengan satu click

Oppo A5 ini dilengkapi dengan 3 lensa kamera yang mana 2 terletak di bagian belakang. Lensa kamera utamanya memiliki resolusi 13MP dan satu lagi memiliki resolusi 2MP. Untuk lensa utamanya memiliki aperture f/2.2 yang mana dapat juga digunakan untuk memotret secara melebar atau dengan istilah wide angle. Tidak hanya sangat bagus ketika digunakan untuk memotret di waktu siang atau di tempat yang terang, lensa kamera utamanya juga bagus untuk dipakai memotret di tempat gelap atau malam hari.

Untuk lensa kamera satunya berfungsi sebagai lensa depth sensor atau yang dapat untuk mempertajam dan memperjelas foto atau video. Oppo sendiri mengklaim bahwa dengan lensa kamera pada Oppo A5 ini, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan kamera lain karena hasilnya sangat stunning.

Chipset yang dimiliki Oppo A5 sangat bagus digunakan untuk berbagai aktivitas
Chipset yang dimiliki Oppo A5 sangat bagus digunakan untuk berbagai aktivitas

Dapur pacu jempolan yang dapat dipakai untuk multitasking

Operating system yang dipakai pada Oppo A5 ini adalah Android 8.1 Oreo yang mana dapat diupgrade ke Android 9.0 Pie. Untuk sistem antar-muka yang digunakan juga berkolaborasi dengan operating system secara bagus dan tidak hanya membuat sistem menjadi lancar, tampilan pun menjadi lebih bagus.

Untuk urusan jeroan, Oppo A5 dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang memiliki kaki-kaki 14 nanometer dan prosesor Octa-core yang memiliki clock speed sampai 1.8GHz serta kartu grafis Adreno 506. RAM dan ROM yang dimilikinya pun cukup besar, yaitu 4GB untuk RAM dan 32GB untuk internal storagenya.

Baterai Oppo A5 tergolong salah satu yang terbesar di kelas mid-range
Baterai Oppo A5 tergolong salah satu yang terbesar di kelas mid-range

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Baterai jumbo yang tahan seharian

Untuk urusan daya atau energi yang dipakai, Oppo A5 ini dilengkapi dengan baterai berjenis non-removable yang terbuat dari Lithium Ion dengan kapasitas sebesar 4230 mAh. Kapasitas baterai yang dimiliki Oppo A5 ini dapat dikatakan sedikit di atas kebanyakan smartphone kelas menengah lain yang rata-rata hanya dilengkapi dengan baterai sebesar 4000 mAh saja.

Memang Oppo A5 ini masih belum support dengan teknologi fast charging, akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena sistem dan bagian internalnya telah diciptakan dengan perencanaan matang, sehingga tidak membuat baterainya mudah habis ketika digunakan dalam jangka waktu lama. Baterainya diklaim mampu bertahan sampai dengan 18 jam lamanya untuk stand-by. Untuk dipakai mendengarkan musik atau bermain game pun, Anda tidak perlu khawatir perangkat mobile akan mati mendadak karena kehabisan baterai, karena sumber daya di smartphone ini sangat tahan lama.

Layar lebar yang sangat imersif

Secara total, layar yang dimiliki Oppo A5 memiliki ukuran 15,8 cm atau 6,2 inci. Layarnya ini sangat jernih dan terang. Walaupun digunakan di bawah sinar matahari pun, semua yang tertampil di layarnya masih dapat terlihat dengan jelas. Layarnya juga dapat dioperasikan di berbagai sisi atau multi-touch dan sudah terlindungi dengan produk buatan Corning, yatu Corning Gorilla Glass 3.

Resolusi layarnya adalah 1520 x 720 pixel HD+ yang mampu menampilkan sampai dengan 16,7 juta warna. Dan untuk rasio screen-to-bodynya adalah sebesar 81,2 persen. Dengan layar yang besar juga imersif ini, maka Anda akan cukup lega ketika menggunakannya untuk menonton video atau bermain game.

Selain sistem pemindai sidik jari, password dan pattern, Oppo A5 juga memiliki sistem pengaman Face Unlock yang bagus
Selain sistem pemindai sidik jari, password dan pattern, Oppo A5 juga memiliki sistem pengaman Face Unlock yang bagus

Sistem pengaman Facial Unlock yang sangat cepat dan akurat

Memang Oppo A5 ini sudah dilengkapi dengan sistem pengaman fingerprint sensor atau pemindai sidik jari, akan tetapi ada sistem pengaman lain yang lebih diunggulkan, yaitu Face Unlock. Fitur satu ini menurut Oppo sangat bagus karena memiliki keakuratan dan kecepatan yang tinggi saat memindai wajah penggunanya.

Bahkan Oppo mengklaim bahwa kecepatan fitur Face Unlock tersebut seperti halnya ketika Anda mengucapkan “hallo” saja dan kemudian perangkat akan terbuka. Bahkan, ketika wajah Anda sedang penuh minyak atau basah, fasilitas tersebut masih dapat memindai dengan tepat.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A5

Kelebihan

Kelebihan pertama yang dimiliki Oppo A5 ini adalah terletak pada layarnya yang berukuran 6,2 inci tersebut. Dengan layar berukuran cukup besar itu dan juga didukung dengan kualitasnya yang bagus, maka penggunanya dapat menonton video atau bermain game secara leluasa. Kedua adalah terletak pada chipset yang tersemat di dalamnya. Oppo A5 ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang cukup kencang serta memiliki performa stabil.

Lensa kamera utamanya yang memiliki resolusi 13MP dapat digunakan untuk memotret atau merekam video dengan kualitas yang bagus. Dan satu lagi kelebihannya adalah terletak pada baterainya yang memiliki kapasitas 4230 mAh.

Kekurangan

Oppo A5 ini selain memiliki kelebihan, juga memiliki kekurangan. Dan yang berada di urutan pertama adalah pada kerapatan antar-pixelnya yang dirasa cukup rendah. Dengan kerapatan antar-pixel hanya 271 ppi tersebut, maka gambar atau video dengan kualitas HD+ atau di atasnya akan terlihat kurang begitu maksimal ketika ditampilkan di layarnya.

Selain itu, walaupun sudah menggunakan Corning Gorilla Glass untuk perlindungan layarnya, secara keseluruhan, smartphone satu ini tidak memiliki kekuatan fisik yang benar-benar bagus. Belum supportnya dengan teknologi fast charging juga menjadi satu kekurangan yang dimiliki Oppo A5 ini.

Hp Oppo A5
Oppo A5 merupakan generasi pertama dari 2 model setelahnya, yaitu oppo A5s dan Oppo A5 (2020)

Review Akhir Oppo A5

Oppo A5 merupakan salah satu smartphone kelas menengah yang dimiliki Oppo. Walaupun berada di kelas menengah, akan tetapi produk satu ini dilengkapi dengan fasilitas dan jeroan yang berkualitas. Menurut review dari beberapa penggunanya, fasilitas kamera, baterai, fingerprint sampai dengan audionya sangat bagus. Bahkan layarnya pun tidak kalah dengan smartphone yang memiliki spesifikasi di atasnya.

Smartphone satu ini juga dilengkapi dengan RAM serta ROM besar yang sangat membantu sistem dalam bekerja secara optimal. Untuk masalah desainnya pun juga sangat bagus. Bahkan tidak menunjukkan bahwa Oppo A5 ini ada di kelas menengah. Untuk masalah harganya, sekarang ini Oppo A5 sudah turun harganya dari pertama kali dirilis, yaitu di kisaran Rp2 sampai 2,5 jutaan.

Oppo A5 – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar dari oppo.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here