Oppo A53s

hp OPPO A53s
OPPO A53s adalah smartphone dengan desain menarik dan kemampuan yang nyentrik

Oppo A53s adalah debutan terbaru dari Oppo di level entry level. Sebenarnya, kemunculan smartphone ini dapat dikatakan bocor terlebih dahulu ke publik karena sebelum diperkenalkan, tiba-tiba saja ada foto beserta sedikit spesifikasinya dan harganya muncul di website Amazon Belgia. Dikarenakan hal itulah, maka banyak yang mulai penasaran mengenai Oppo A53s tersebut. Secara umum, Oppo A53s memiliki desain yang bagus dengan ketebalan hanya 8,4 mm. RAM yang dimilikinya adalah 4GB dengan ROM sebesar 128GB. Layarnya berukuran 6,5 inci dengan touch speed rate sebesar 120 Hz dan refresh ratenya sebesar 90 Hz. Terdapat 4 buah lensa kamera di body smartphone ini dan baterainya berkapasitas 5000 mAh.

Harga OPPO A53s di Indonesia

Walaupun pada akhirnya untuk sekarang ini sudah resmi diperkenalkan, akan tetapi Oppo A53s  belum dirilis secara bebas. Bahkan belum diketahui apakah smartphone ini akan dirilis secara global atau tidak, karena sampai sekarang ini overview dan spesifikasi resminya hanya ada di website Oppo Belgia saja. Dikarenakan hal itu, sampai saat ini pun tidak ada seller di berbagai e-commerce Tanah Air yang membuka pre-order untuk Oppo A53s. Untuk harganya sendiri memang belum ada inf resminya, akan tetapi berdasarkan foto yang bocor di Amazon Belgia, Oppo A53s  dijual dengan harga sebesar EURO189 atau sekitar Rp3,26 jutaan.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi OPPO A53s

Nama model OPPO A53s
Kode produksi CPH2135
Segmen pasar Entry level
Diperkenalkan Oktober 2020
Dirilis resmi Oktober 2020
Jaringan GSM / WCDMA / HSPA / HSDPA / 4G LTE (LTE-FDD, LTE-TDD)
Eksternal
Dimensi 163,9 x 75,1 x 8,4 mm
Berat 186 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD (A-Si)
Ukuran 6,5 inci (89.2% screen-to-body ratio)
Resolusi 1600 × 720 pixel (~269ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 3
Model Bezel-less dengan punch hole
Internal
Sistem Operasi Android 10
User Interface (UI) ColorOS 7.2
Chipset Qualcomm SM4250 Snapdragon 460 (11 nm)
Prosesor Octa-core (4×1.8 GHz Kryo 240 & 4×1.6 GHz Kryo 240)
Kartu grafis Adreno 610 @ 600 MHz 16 fps
ROM 128GB UFS 2.1 gear 3 (kapasitas internal storagenya masih dapat ditambah sampai dengan 256GB menggunakan microSD)
RAM 4GB LPDDR4x @ 1804 MHz 2x 16 bit
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 8MP
Fitur Beautification, support portrait bokeh effect
Belakang 13MP + 2MP + 2MP
Fitur Photo modes, video, professional mode, panorama mode, portrait, time-lapse photography, slow motion
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, proximity, compass
Sensor sidik jari Ya (di belakang)
Konektivitas
WLAN WLAN 2.4G, WLAN 5.1G, WLAN 5.8G, WLAN Display, 802.11a / b / g / n / ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, SBC, AAC, aptX HD, LDAC, LE
USB USB OTG, USB 2.0, USB Type-C
NFC Tidak ada
GPS GPS, GPS L1, A-GPS, Beidou, Glonass, GALILEO
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh (support fast charging 18W)
Warna Electric Black, Fancy Blue
Harga EURO189 atau sekitar Rp3,26 jutaan

Fitur Unggulan OPPO A53s

Spesifikasi OPPO A53s Refresh rate layar mencapai 90 Hz
Refresh rate layar OPPO A53s mencapai 90 Hz

1. Sensitivitas Layar Bagus dan Dapat Dioperasikan Secara Cepat

Layar OPPO A53s berjenis IPS LCD yang memiliki ukuran 6,5 inci. Rasio screen-to-bodynya sendiri mencapai 9,2 persen dengan model bezel-less yang hanya terdistraksi dengan satu punch hole saja. Dengan ukuran yang besar tersebut, maka sangat cocok untuk digunakan untuk bermain game ataupun menonton video.

Resolusinya sendiri adalah 720 x 1600 pixels dengan rasio 20:9 yang memiliki densitas sebesar 270 ppi. Refresh ratenya adalah sebesar 90 Hz yang sangat cepat untuk dioperasikan. Dengan refresh rate ini maka sangat menyenangkan ketika digunakan untuk bermain game karena tidak ada lagging ketika layarnya disentuh dan dioperasikan.

Terdapat 2 varian warna untuk OPPO A53s yaitu Fancy Blue dan Electric Black
Terdapat 2 varian warna untuk OPPO A53s yaitu Fancy Blue dan Electric Black

2. Desain yang Terinspirasi dari Gelombang Lautan

Desain yang dimiliki OPPO A53s cukup bagus, bahkan sangat bagus untuk ukuran smartphone kelas entry level. Material casing belakangnya terbuat dari plastik keras dengan warna  yang mirip seperti ombak lautan dan akan memendarkan cahaya yang menerpanya. Terdapat 2 warna pilihan untuk OPPO A53s, yaitu Fancy Blue dan Electric Black.

Beralih ke dimensi totalnya, OPPO A53s memiliki panjang 6,45 inci dengan ketebalan hanya 8,4 mm. Sedangkan bobotnya hanya sebesar 186 gram. Jadi cukup mudah untuk dioperasikan dengan satu tangan dan tidak terlalu berat.

Baterainya besar dan dapat digunakan untuk aktivitas seharian penuh
Baterainya besar dan dapat digunakan untuk aktivitas seharian penuh

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

3. Baterai Berkapasitas Jumbo yang Dapat Dicharge Secara Cepat

Jenis baterai yang digunakan pada OPPO A53s adalah non-removable Lithium Polymer yang memiliki kapasitas 5000 mAh. Dengan kapasitas besar tersebut, maka digunakan seharian penuh pun tidak membuat penggunanya khawatir akan kehabisan saat di tengah pemakaian. Terlebih lagi, OPPO A53s ini support dengan teknologi fast charging 18W.

Selain itu, OPPO A53s dilengkapi dengan beberapa fitur khusus yang terkait dengan baterai, seperti Super Power Saving Mode agar baterai dapat bertahan lebih lama lagi serta Sleep Standby Optimization yang berfungsi untuk mengoptimalkan daya baterai.

OPPO A53s dilengkapi dengan RAM 4GB dan ROM 128GB
OPPO A53s dilengkapi dengan RAM 4GB dan ROM 128GB

4. Performa Mesin Bagus untuk Ukuran Smartphone Entry Level

OPPO A53s dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 460 dengan RAM 4GB dan ruang penyimpanan internal sebesar 128GB. Kapasitas internal storagenya sendiri masih dapat ditambah sampai dengan 256GB menggunakan microSD. Prosesor yang digunakan adalah Octa-core (4×1.8 GHz Kryo 240 & 4×1.6 GHz Kryo 240) dengan kartu grafis Adreno 610. Pihak Oppo sendiri mengklaim bahwa prosesornya meningkat sebesar 70 persen dan GPU-nya naik sebesar 60 persen dibandingkan dengan model entry level sebelumnya.

Snapdragon 460 memiliki spektrum 340 ISP built-in yang mendukung fasilitas kamera dengan resolusi besar. Selain itu, prosesornya juga mendukung pengontrolan konsumsi daya baterai. Untuk masalah baseband-nya, chipset yang ada menggunakan baseband Snapdragon X11 LTE yang sesuai dengan kecepatan unduh 390Mbps dan kecepatan unggah 150Mbps.

Operating system yang digunakan adalah Android 10, sedangkan user interfacenya adalah ColorOS 7.2. User interfacenya sendiri adalah versi terbaru dan sudah dikembangkan dari model sebelumnya. Pihak Oppo juga mengklaim bahwa UI yang digunakan lebih canggih dan dapat mengefisiensikan segala hal di dalam perangkat.

Fasilitas audionya juga bagus yang didesain untuk pendengaran manusia. Audionya menggunakan sistem dual stereo 3D dengan teknologi optimasi Dirac yang akan terdengar sangat bagus secara in atau out speaker.

Lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 13MP
Lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 13MP

5. 4 Lensa Kamera untuk Abadikan Momen-momen Berharga

Total ada 4 buah lensa kamera di body OPPO A53s yang mana 1 disematkan di bagian depan dan 3 di sisi belakang. Untuk yang terletak di belakang, lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 13MP yang berfungsi sebagai lensa umum sekaligus lensa wide-angle. Ketika menggunakan mode Portrait, hasil fotonya sangat bagus dengan bokeh yang terlihat natural sekali. Ditambah lagi dengan 15 filter tambahan untuk berbagai acara, gaya atau juga kondisi.

Lensa kedua dan ketiganya memiliki resolusi yang sama, yaitu 2MP. Hanya saja, satu berfungsi sebagai lensa depth dan satu lagi untuk lensa makro yang dapat digunakan untuk memotret sedekat 4 cm dari objek utama. Untuk lensa depannya sendiri, OPPO A53s dilengkapi dengan lensa yang miliki resolusi sebesar 8MP yang masih tetap bagus untuk abadikan foto atau rekam video dengan kualitas bagus.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A53s

Kelebihan OPPO A53s

Kelebihan yang dimiliki OPPO A53s adalah terletak di layarnya yang berukuran besar, 6,5 inci, dengan refresh rate 90 Hz. Kelebihan kedua adalah pada operating system dan user interface yang digunakannya adalah yang paling baru dan membuat aktivitas pengguna lebih menyenangkan. Selanjutnya, kelebihan paling utama adalah terletak pada kapasitas baterainya yang jumbo dan dapat digunakan untuk seharian penuh. Dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, maka pengguna tidak perlu membawa powerbank atau sejenisnya sebagai daya pendukung cadangan.

Kekurangan OPPO A53s

Kekurangan dari OPPO A53s yang pertama adalah pada resolusi lensa kamera utamanya yang relatif rendah dan lensa kamera depannya juga hanya 8MP yang dirasa kurang begitu bagus ketika digunakan untuk selfie atau video call. Kekurangan selanjutnya adalah pada jenis layar yang digunakan. Walaupun OPPO A53s adalah smartphone kelas entry level, akan tetapi sekarang ini sudah banyak vendor mobile yang minimal menggunakan jenis layar AMOLED. Kekurangan lainnya adalah pada harganya yang relatif tinggi untuk ukuran smartphone kelas entry level dengan spesifikasi yang standar.

hp OPPO A53s
OPPO A53s adalah smartphone dengan desain menarik dan kemampuan yang nyentrik

Review Akhir OPPO A53s

OPPO A53s adalah smartphone entry level terbaru yang sudah diperkenalkan Oppo ke publik di bulan Oktober 2020. Smartphone ini dilengkapi dengan layar IPS LCD berukuran 6,5 inci. Smartphone ini memiliki ketebalan hanya mencapai 8,4 mm dengan bobot hanya mencapai 186 gram saja. Performa mesinnya bagus dengan chipset Qualcomm Snapdragon 460, prosesor Octa-core dengan clock speed 1.8 GHz dan GPU Adreno 610. RAM di dalamnya sebesar 4GB dengan internal storage 128GB yang masih dapat ditambah lagi kapasitasnya. Terdapat 4 buah lensa kamera di body OPPO A53s ini dan baterai yang dipakainya berkapasitas 5000 mAh. Smartphone satu ini belum diketahui kapan dirilis secara global dan harganya mencapai kisaran Rp3,26 jutaan.

Artikel: OPPO A53s – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: oppo.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here