Oppo A55 5G

hp Oppo A55 5G
Oppo A55 5G adalah smartphone entry level yang dilengkapi dengan RAM, ROM dan baterai besar

Oppo A55 5G menjadi awalan dari Oppo untuk menggarap segmen entry level di permulaan tahun 2021. Dikatakan begitu karena Oppo menggebrak tahun 2021 dengan langsung memperkenalkan produk smartphone flagship mereka, Oppo Reno5 5G series. Kembali ke Oppo A55 5G, smartphone satu ini diciptakan untuk pasaran Cina untuk sementara dan belum diketahui apakah nantinya juga bakal diedarkan ke beberapa negara lain atau tidak.

Melihat spesifikasinya, Oppo A55 5G tidak begitu mengecewakan untuk ukuran smartphone kelas entry level. Smartphone ini menggunakan layar berukuran 6,5 inci dengan refresh rate 60Hz. Di bagian dalamnya terdapat chipset MediaTek Dimensity 700 yang memiliki kekuatan dan performa sedikit di bawah seri 800. Selain itu, terdapat juga 4 buah lensa kamera tersemat di tubuhnya. RAM dan ROM-nya pun cukup besar. Dan satu lagi, Oppo A55 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang kuat dipakai seharian penuh.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Harga Oppo A55 5G

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa Oppo A55 5G untuk saat ini masih dijual di pasaran Cina saja. Bahkan di Negeri Tirai Bambu tersebut, orang yang ingin membelinya harus melakukannya dengan cara pre-order terlebih dahulu. Belum diketahui kapan Oppo A55 5G akan benar-benar hadir di both-both resmi Oppo nantinya. Bagi pencinta produk dari Oppo yang juga ingin memilikinya, maka harus melakukan hal yang sama melalui situs resmi Oppo. Untuk harganya sendiri, seperti yang tertera di website resminya, Oppo A55 5G dijual dengan harga CNY 1599 atau sekitar Rp3,47 jutaan.

Spesifikasi Oppo A55 5G

Nama model Oppo A55 5G
Kode produksi PEMM00
Segmen pasar Entry Level
Diperkenalkan Januari 2021
Dirilis resmi Januari 2021
Jaringan GSM / CDMA / WCDMA / HSPA / HSDPA / 4G LTE (Lte-TDD, LTE-FDD) / 5G (NR, SA/NSA) / VoLTE
Eksternal
Dimensi 163,9 x 75,7 x 8,4 mm
Berat 186 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD (A-Si)
Ukuran 6,5 inci (88,7% screen-to-body ratio)
Resolusi 1600 x 720 pixels HD+ (269 ppi)
Perlindungan
Model Bezel-less dengan waterdrop notch, refresh rate 60Hz, touch sampling rate 120Hz
Internal
Sistem Operasi Android11
User Interface (UI) ColorOS 11.1
Chipset MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G (7 nm)
Prosesor Octa-core (4×2.2 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)
Kartu grafis Mali-G57 MC2@955Mhz
ROM 128GB (kapasitas internal storagenya masih dapat ditambah sampai dengan 1TB dengan menggunakan microSD)
RAM 6GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 8MP
Fitur Photo, video 1080p/720p @30fps, panorama, portrait, night scene, time-lapse photography, AI ID photo
Belakang 13MP + 2MP + 2MP
Fitur Photo, video 1080p/720p @30fps, night scene, professional, panoramic, portrait, time-lapse photography, slow motion, super text, super clear image quality, AI ID photo, macro, scan, etc.; support 10X digital zoom
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Geomagnetic sensor, ambient light sensor, proximity sensor, acceleration sensor, gravity sensor, virtual gyroscope, support step function
Sensor sidik jari Ya (di samping)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 5 (802.11ac), Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac, WLAN 2.4G/WLAN 5.1G/WLAN 5.8G, support WLAN Display, WLAN network sharing, dual-channel acceleration, WLAN protocol
Bluetooth 5.1, LE, SBC, AAC, APTX, APTX-HD, LDAC
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak ada
GPS GPS, support A-GPS, Beidou, GALILEO, QZSS, GLONASS, Gaode maps, Baidu maps, third-party maps
Radio Tidak ada
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh (support fast charging 10W)
Warna Brisk blue, Rhythm black
Harga CNY 1599 atau sekitar Rp3,47 jutaan

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:

Fitur Unggulan Oppo A55 5G

Spesifikasi Oppo A55 5G Chipset sampai dengan GPU
Chipset sampai dengan GPU yang digunakan sangat berkualitas

1. Terintegrasi dengan Chipset Dual-Mode 5G dan Memiliki Performa Bagus

Oppo A55 5G ini adalah satu di antara sedikit perangkat mobile kelas entry level yang sudah support dengan jaringan 5G. Dengan jaringan baru ini, maka Anda dapat melakukan banyak aktivitas, mulai dari pengunduhan, pengunggahan dan lain sebagainya secara mudah dan sangat cepat dibandingkan ketika memakai jaringan 4G LTE. Terlebih lagi, A55 5G ini juga dilengkapi dengan antena internal 360 degree surround agar dapat menstabilkan jaringan di tempat-tempat yang minim sinyal.

Beralih ke bagian dalamnya, A55 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 700 yang bekerja sangat bagus dengan prosesor Octa-core di dalamnya tersebut. Frekuensi CPU di dalamnya adalah 2.2GHz. Sedangkan GPU yang dipakai adalah Mali-G57 MC2@955Mhz.

RAM di dalamnya sebesar 6GB LPDDR4x yang mampu membantu kinerja sistem di dalamnya agar berjalan lancar dan mulus. Sedangkan ROM-nya memiliki kapasitas 128GB yang itupun masih dapat ditambah lagi sampai dengan 1TB menggunakan microSD. Dengan kapasitas sebesar itu, Anda dapat menyimpan 30 foto setiap hari selama 3 tahun atau juga 30 serial televisi di dalam perangkat.

Smartphone ini support dengan teknologi fast charging 10W serta charger 5V2A
Smartphone ini support dengan teknologi fast charging 10W serta charger 5V2A

2. Baterai Berkapasitas 5000mAh untuk Pemakaian Jangka Panjang

Untuk urusan daya atau energi yang digunakan, Oppo menggunakan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer berkapasitas 5000 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, maka Anda dapat menggunakan perangkat selama seharian penuh secara leluasa tanpa takut kehabisan baterai di tengah pemakaian.

Oppo A55 5G ini juga support dengan teknologi fast charging 10W yang dapat mempersingkat waktu pengisian baterainya. Terdapat juga charger pengisian cepat 5V2A di dalam paket penjualannya. Ketika baterai sudah tersisa 10 persen, maka perangkat akan mengaktifkan mode power saving secara otomatis agar aktivitas Anda tidak terganggu secara tiba-tiba.

Dalam pengujicobaan, dari posisi 100 persen, baterainya mampu digunakan dalam mode bicara selama 159 menit sampai 173 menit. Sedangkan ketika digunakan untuk menonton video, baterainya tahan selama 13,78 jam dan untuk browsing selama 13,28 jam. Sedangkan untuk bermain game, baterainya kuat sampai dengan 8,54 jam lamanya.

Layarnya jernih dan bagus saat dipakai untuk memperlihatkan tampilan dengan brightness tinggi
Layarnya jernih dan bagus saat dipakai untuk memperlihatkan tampilan dengan brightness tinggi

3. Layar Berukuran 6,5 Inci dengan Pelindung dan Mampu Tampilkan Warna Tidak Berlebihan

Oppo A55 5G dilengkapi dengan layar berjenis IPS LCD yang berukuran 6,5 inci. Layarnya cukup besar dengan rasio screen-to-body yang mencapai 88,7 persen. Ditambah lagi, layarnya menggunakan model desain bezel-less dengan waterdrop notch kecil pada bagian atasnya sehingga sangat tepat untuk dipakai bermain game atau menonton video secara melegakan.

Resolusi layarnya sendiri sebesar 1600 x 720 pixels HD+ yang mana untuk sistem backlight-nya sudah diatur dan terbantu dengan keberadaan teknologi AI di dalamnya. Satu hal yang menarik adalah terdapatnya teknologi eye protection yang mana bekerja bersama dengan teknologi AI yang mana dapat membuat apapun yang ditampilkan di layar dapat terlihat sangat jelas walaupun di bawah sinar matahari

Model desainnya masih mengadopsi kebanyakan smartphone dengan body tipis pada umumnya
Model desainnya masih mengadopsi kebanyakan smartphone dengan body tipis pada umumnya

4. Body Tipis dengan Desain 3D yang Menawan

Oppo A55 5G ini memiliki body yang masih mengadopsi model-model sebelumnya atau kebanyakan smartphone pada umumnya. Smartphone ini memiliki panjang 163,9 mm dengan lebar 75,7 mm serta ketebalannya hanya mencapai 8,4 mm saja. Cukup tipis dan ramping untuk dibawa ke mana-mana. Beratnya pun hanya sebesar 186 gram saja.

Body bagian belakangnya menggunakan 5 lapisan coating berwarna cerah serta transparan. Coating tersebut selain membuat permukaan casing belakangnya tidak akan menimbulkan bercak setelah pemakaian, juga dapat memantulkan cahaya yang mengenainya secara meredup dan membuat kesan temaram.

Pada bagian samping terdapat tombol multi-fungsi, yaitu dapat digunakan untuk mengaktifkan perangkat atau sebagai tombol power dan juga sebagai tombol fingerprint sensor. Kecepatan deteksi tombol fingerprint sensornya adalah 0,3 detik saja. Sedangkan tombolnya sudah diuji coba dengan 500 ribu kali tekanan.

Modul lensa kamera belakangnya mengadopsi tren terkini
Modul lensa kamera belakangnya mengadopsi tren terkini

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

5. Fitur Kamera yang Didukung dengan Teknologi AI

Total ada 4 buah lensa kamera yang tersemat di body Oppo A55 5G ini, yaitu satu terdapat di depan dan 3 lainnya di belakang. Untuk yang terletak di belakang, Oppo menyematkan lensa kamera utama dengan resolusi 13MP. Lensa kamera utamanya ini ketika digunakan untuk zooming, hasilnya tetap bagus walaupun pastinya akan ada sedikit noise yang muncul, akan tetapi overall tetap bagus.

Dalam mode malam, lensa kameranya akan mencari sumber cahaya yang dapat dijadikan acuan titik fokus sebelum shutternya berputar. Dukungan teknologi AI di dalamnya juga sangat membantu dalam memaksimalkan hasil jepretan atau rekaman video menggunakan lensa kamera belakangnya.

Sedangkan untuk lensa kamera keduanya, resolusi yang dimiliki adalah sebesar 2MP dengan fungsi sebagai lensa macro. Aperture untuk lensa kamera macronya adalah f/2.4 dan mampu memotret objek utama dengan jarak terdekat 4cm. Untuk lensa kamera ketiganya juga memiliki resolusi 2MP yang mempunyai fungsi sebagai lensa portrait dengan aperture f/2.4.

Resolusi maksimal foto yang dihasilkan lensa kamera belakang adalah sebesar 4160 x 3120 pixels, sedangkan untuk lensa depannya adalah sebesar 3264 x 2448 pixels. Lensa depannya yang memiliki resolusi 8MP juga support untuk digunakan merekam video 1080P/720P@30fps.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A55 5G

Kelebihan

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Oppo A55 5G ini adalah supportnya perangkat smartphone tersebut untuk digunakan di jaringan 5G yang mana cukup jarang untuk produk mobile kelas entry level support jaringan 5G. Kelebihan kedua adalah baterainya yang berkapasitas besar dan dapat digunakan selama seharian penuh dalam sekali pengisian. Selanjutnya adalah kapasitas RAM dan ROM-nya yang besar juga menjadi kelebihan dari Oppo A55 5G ini. Bahkan Anda juga masih dapat menambah kapasitas internal storagenya sampai dengan 1TB menggunakan microSD jika mau.

Kekurangan

Kekurangan dari Oppo A55 5G ini adalah terletak pada fitur lensa kameranya yang memiliki resolusi sangat rendah. Akan tetapi cukup dapat dimaklumi karena memang A55 5G ini adalah smartphone kelas entry level. Hanya saja, ketika digunakan untuk merekam atau memotret di keadaan tertentu, hasilnya kurang begitu maksimal. Kekurangan lainnya adalah pada layarnya yang kurang begitu berkualitas karena masih menggunakan jenis IPS LCD dengan resolusi dan density yang juga rendah. Kekurangan selanjutnya adalah harganya yang cukup tinggi untuk ukuran smartphone kelas entry level dengan spesifikasi seperti itu.

hp Oppo A55 5G
Oppo A55 5G adalah smartphone entry level yang dilengkapi dengan RAM, ROM dan baterai besar

Review Akhir Oppo A55 5G

Mendekati penghujung bulan Januari 2021, Oppo meluncurkan satu produk smartphone kelas entry level mereka, yaitu Oppo A55 5G untuk pasaran Cina. Smartphone ini hadir dengan chipset MediaTek Dimensity 700 dan 4 buah lensa kamera tersemat di tubuhnya. Layarnya berukuran 6,5 inci dengan waterdrop notch pada bagian sisi atasnya. Untuk mengaktifkan perangkat, Oppo menempatkan tombol fingerprint sensor di bagian sebelah kanan. A55 5G ini dilengkapi dengan RAM berkapasitas 6GB yang cukup besar untuk ukuran smartphone kelas bawah. Ditambah lagi dengan ROM berkapasitas 128GB yang masih dapat ditambah sampai 1TB menggunakan microSD. Baterainya juga berkapasitas besar, yaitu 5000 mAh. Smartphone satu ini untuk sementara masih dijual di pasaran Cina saja dengan harga sekitar Rp3,47 jutaan jika dikurskan ke Rupiah.

Artikel: Oppo A55 5G – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: oppo.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here