Oppo A58

hp Oppo A58
Oppo A58 adalah smartphone mid-range dari Oppo yang memiliki desain menarik dan kemampuan baik

Oppo A58 merupakan produk mobile dari Oppo yang publikasi peluncurannya dilakukan melalui website resminya sendiri. Walaupun masuk kategori smartphone mid-range, tapi desain yang dimiliki Oppo A58 mirip dengan desain produk kelas flagship. Hanya saja, perbedaannya adalah pada modul kameranya. Jika beberapa smartphone lain menggunakan modul kotak, pada Oppo A58 ini lebih memanjang ke bawah. Layar yang dimilikinya berjenis IPS LCD dengan refresh rate 90Hz. Sedangkan baterainya sendiri berkapasitas besar, 5000 mAh, yang tahan lama untuk digunakan seharian penuh hanya dengan sekali pengisian. RAM dan ROM-nya besar yang dapat mendukung mesin di dalamnya. Satu hal yang menarik adalah smartphone ini sudah support untuk digunakan di jaringan 5G.

Harga Oppo A58

Seperti yang disebutkan di atas, Oppo A58 diluncurkan melalui website resmi Oppo Cina. Oleh karenanya, sampai sekarang ini smartphone tersebut baru dijual di pasaran Cina dan Hong Kong. Terdapat 3 buah pilihan warna untuk Oppo A58 ini, yaitu Tranquil blue, Star black dan Breeze purple. Sedangkan untuk pilihan harganya sendiri juga dibagi 2 pilihan yang didasarkan pada besaran RAM dan ROM di dalamnya. Untuk versi yang dilengkapi dengan RAM 6GB dengan ROM 128GB dijual dengan harga CNY 1299 atau sekitar Rp2,85 jutaan. Sedangkan untuk yang memiliki RAM 8GB dan ROM 256GB dihargai sebesar CNY 1699 atau sekitar Rp3,73 jutaan.

Spesifikasi Oppo A58

Nama model Oppo A58
Kode produksi PHJ110
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan November 2022
Dirilis resmi November 2022
Jaringan GSM / CDMA2000 / WCDMA / 4G LTE (LTE-TDD, LTE-FDD) / 5G (SA/NSA) / VoLTE
Eksternal
Dimensi 163,8 x 75,04 x 7,99 mm
Berat 188 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD (A-Si)
Ukuran 6,56 inci (89,8% screen-to-body ratio)
Resolusi 1612 x 720 pixels (269 ppi density)
Perlindungan
Model Bezel-less dengan waterdrop notch, IP54, refresh rate 90Hz
Internal
Sistem Operasi Android 12
User Interface (UI) ColorOS 12.1
Chipset MediaTek MT6833 Dimensity 700 (7 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
Kartu grafis Mali-G57 MC2@950Mhz
ROM 128GB / 256GB UFS2.2 (kapasitas penyimpanan internalnya masih dapat ditambah menggunakan SDXC Class-10)
RAM 6GB / 8GB LPDDR4x
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 8MP
Fitur Night Scene, Video, Photo, Portrait, Panorama, Time-Lapse Photography, Cute Shot, AI ID Photo
Belakang 50MP + 2MP
Fitur Night Scene, Video, Photo, Portrait, Professional, Ultra-Clear Quality, Panorama, Slow Motion, Time-Lapse Photography, Cute Shooting, AI ID Photo, Super Text, Scan
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Face Recognition, Fingerprint, Ambient Light Sensor, Proximity Sensor, Geomagnetic Sensor, Acceleration Sensor, Gravity Sensor, Step Counting Function
Sensor sidik jari Ya
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 5 (802.11ac), 802.11a/b/g/n/, WLAN 2.4G, WLAN 5.1G, WLAN 5.8G, WLAN Display, WLAN network sharing
Bluetooth 5.3, Bluetooth Low Energy, SBC, aptX, AAC, LDAC
USB USB Type-C
NFC
GPS GPS, A-GPS, Beidou, Glonass, GALILEO, QZSS, Gaode Map, Baidu Map, Tencent Map
Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh (support fast charging SUPERVOOC 33W)
Warna Tranquil blue, Star black, Breeze purple
Harga RAM 6GB + ROM 128GB = CNY 1299 (Rp2,85 jutaan)

RAM 8GB + ROM 256GB = CNY 1699 (Rp3,73 jutaan)

Baca juga:

Fitur Unggulan Oppo A58

Spesifikasi Oppo A58 Casing Halus
Casing Oppo A58 berkesan halus dan lembut di bagian belakangnya

1. Penampilan Trendi, Tipis, Ringan dan Nyaman di Genggaman

Dari desainnya sendiri, untuk sisi-sisinya, Oppo A58 mengadopsi model smartphone kelas flagship pada umumnya, yaitu flat dengan ujung-ujung yang tumpul. Sedangkan pada permukaan casing belakangnya, terdapat modul kamera dengan lensa dan flash light yang tersusun rapi di sisi kirinya.

Smartphone satu ini cukup ringan dan sleek. Ketebalannya hanya 7,99 mm dengan bobot hanya 188 gram saja. Casingnya walaupun sedikit terlihat dove, tapi Oppo menggunakan teknologi khusus agar permukaannya akan berkilauan ketika terkena cahaya. Untuk warnanya sendiri ada 3 varian, yaitu Tranquil blue, Starry sky black, dan Breeze purple.

Oppo A58 juga telah lulus pengujian fisik, yaitu tombolnya 500 ribu kali dapat diklik secara terus menerus, menahan tekanan sampai 25 kg, kuat ketika digunakan hujan-hujanan selama 10 menit dan smartphone ini telah mengantongi sertifikat IP54.

Oppo A58 mempunyai RAM dan ROM berkapasitas besar
Oppo A58 mempunyai RAM dan ROM berkapasitas besar

2. Support dengan Memory Expansion

Oppo A58 dilengkapi dengan RAM dan ROM berkapasitas besar. ROM-nya sendiri tersedia dalam 2 varian, yaitu besaran 128GB dan 256GB. Walaupun memiliki ROM besar, tapi smartphone satu ini masih tetap dilengkapi dengan slot tempat penyimpanan eksternal. Sedangkan untuk RAM yang tersemat di dalamnya, Oppo A58 juga tersedia dalam 2 pilihan, yaitu 6GB dan 8GB.

Satu hal yang unik adalah, dengan RAM sebesar tersebut, Oppo A58 masih support dengan teknologi memory expansion sampai sebesar 5GB. Jadi jika Anda memilih varian RAM 8GB, maka dapat ditambah dengan 5GB yang totalnya menjadi 13GB. Sebuah nominal yang cukup besar untuk smartphone kelas menengah.

Chipsetnya support dengan teknologi jaringan 4G dan 5G
Chipsetnya support dengan teknologi jaringan 4G dan 5G

3. Chipset 5G Mode Ganda dengan Kinerja yang Meningkat

Oppo A58 dilengkapi dengan chipset yang bagus, yaitu MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G dengan fabrikasi 7 nanometer. Chipnya ini adalah chip mode ganda 5G atau dual-card, dual-standby, dual-mode 5G yang dilengkapi dengan arsitektur andalan A76. Akselerasi serta desain antena surround 360 derajat, sepenuhnya menjamin kelancaran sistem dan jaringan. Dengan chipset, prosesor dan GPU yang bagus tersebut, ditambah lagi dengan besaran RAM juga ROM di dalamnya, maka Anda dapat menggunakan perangkat untuk berbagai keperluan secara leluasa, tanpa takut lag atau delay saat pemakaian.

Sistem audio sangat menawan ketika digunakan untuk mendengarkan musik atau menonton video
Sistem audio sangat menawan ketika digunakan untuk mendengarkan musik atau menonton video

4. Speaker Ganda Stereo dengan Suara Asli dan Volume-nya Mampu Dinaikkan Sampai 200%

Oppo A58 dilengkapi dengan sistem audio dengan stereo ganda yang mampu mengeluarkan suara asli. Dengan teknologi stereo ganda tersebut, maka saat digunakan untuk mendengarkan musik, video backsound dan lainnya, akan sangat nyata terdengar. Apabila Anda suka mendengarkan musik keras-keras, Anda dapat meningkatkan volumenya sampai 200%. Jadi dengan volume setinggi itu, maka akan dapat terdengar nyaring saat ada pesan atau telepon masuk ketika Anda berada di tempat yang ramai.

Layarnya cukup jernih dan memiliki detail bagus ketika digunakan untuk menampilkan video atau gambar
Layarnya cukup jernih dan memiliki detail bagus ketika digunakan untuk menampilkan video atau gambar

5. Layar Besar, Ramah Mata dan Refresh Rate-nya 90Hz

Oppo A58 dilengkapi dengan layar berjenis IPS LCD yang berukuran 6,56 inci. Layarnya mendukung gamut warna lebar DCI-P3 dan tampilan warnanya sangat halus. Pada saat yang sama, Oppo A58 mendukung dimming canggih level 4096. Layarnya juga support dengan teknologi AI yang mampu meningkatkan warna dan tampilan secara maksimal. Refresh rate layarnya adalah 90Hz yang cukup lancar ketika digunakan untuk nge-game.

Baterai bagus dan berkapasitas besar untuk pemakaian jangka waktu lama
Baterai bagus dan berkapasitas besar untuk pemakaian jangka waktu lama

6. Baterai Berkapasitas 5000 mAh yang Kuat Seharian Penuh

Body dari Oppo A58 ini memang cukup ramping dan berkesan sleek, yaitu 7,99 mm. Tapi, dengan body tipis tersebut, smartphone satu ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer dan berkapasitas besar tersebut, bodynya tidak menjadi terlihat menggembung.

Berdasarkan data lab Oppo, baterai Oppo A58 ini dalam keadaan 100%, mampu bertahan selama 12 jam untuk digunakan menonton video streaming ongoing atau selama 8 jam untuk bermain game. Sedangkan untuk digunakan video call, baterainya bertahan sampai dengan 7,24 jam lamanya. Oppo A58 juga support dengan teknologi flash charge 33W yang dapat mengisi ulang baterainya dengan cepat.

Kamera utamanya memiliki resolusi 50MP
Kamera utamanya memiliki resolusi 50MP

7. Lensa Kamera Utamanya Mampu Rekam dan Abadikan Momen Menarik Setiap Saat

Beranjak ke sisi kamera, secara total ada 3 buah lensa yang tersemat di body Oppo A58 ini. Satu ada di depan dan 2 buah lainnya di belakang. Khusus untuk yang berada di belakang, lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 50MP. Lensanya ini support untuk digunakan memotret atau merekam video di siang atau malam hari dengan hasil yang sangat bagus. Terlebih lagi, untuk kameranya ini, Oppo juga melengkapi produk mobilenya ini dengan teknologi AI yang dapat membantu membuat hasil foto atau videonya sangat berkualitas.

Untuk lensa kamera keduanya memiliki resolusi sebesar 8MP yang berfungsi sebagai lensa wide. Sedangkan untuk lensa depannya juga memiliki resolusi sebesar 8MP yang masih cukup mumpuni ketika digunakan untuk berswafoto di mana dan kapan saja.

Baca juga:

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A58

Kelebihan Oppo A58

Kelebihan pertama yang dimiliki Oppo A58 adalah pada desainnya yang memang sangat menarik dan bergaya kekinian. Terlebih lagi, kekuatan fisiknya juga tidak dapat diragukan lagi. Smartphone satu ini sudah mengantongi sertifikat IP54 yang berarti tahan percikan air dan benturan minor. Kelebihan kedua adalah RAM dan ROM yang dimilikinya cukup besar dan support dengan teknologi memory expansion yang sangat membantu ketika perangkat digunakan untuk tugas yang berat dan lama. Kemudian, lensa kamera utamanya yang beresolusi 50MP juga masuk dalam daftar kelebihan yang dimiliki Oppo A58 ini.

Kekurangan Oppo A58

Sedangkan kekurangannya sendiri, Oppo A58 hanya memiliki lensa berjenis IPS LCD yang dalam urutan, jenis ini berada di bawah OLED dan AMOLED. Kemudian, chipset yang digunakannya juga masih medioker dan akan kurang andal ketika dibandingkan dengan smartphone mid-range sejenis yang sudah memakai mesin di atasnya. Kekurangan selanjutnya adalah Oppo A58 hanya support dengan teknologi pengisian cepat 33W saja yang akan terasa lama ketika digunakan mengisi ulang baterainya yang berkapasitas 5000 mAh. Dan terakhir adalah harganya masih relatif tinggi atau mahal untuk ukuran smartphone yang memiliki spesifikasi seperti ini.

hp Oppo A58
Oppo A58 adalah smartphone mid-range dari Oppo yang memiliki desain menarik dan kemampuan baik

Review Akhir Oppo A58

Secara umum, kinerja OPPO A58 di semua aspek memuaskan, terutama pada konfigurasi RAM dan ROM-nya yang besar serta support dengan teknologi memory expansion tersebut. Kemudian, Oppo A58 juga telah lulus uji fisik dengan hasil yang cukup memuaskan. Hanya saja, ada beberapa kekurangan seperti layar, chipset dan teknologi flash chargenya dirasa nanggung untuk ukuran smartphone seperti ini. Hanya saja, untuk keseluruhan, Oppo A58 masih worth untuk dimiliki. Smartphone satu ini untuk sementara ini dijual hanya di pasaran Cina dan Hong Kong saja. Belum diketahui apakah nantinya juga bakal diedarkan secara meluas sampai masuk pasaran Indonesia atau tidak. Harga dari Oppo A58 mulai dari Rp2,85 jutaan.

Artikel: Spesifikasi Oppo A58 by PortalHP.com

Sumber gambar: https://www.oppo.com/cn/smartphones/series-a/a58/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here