Oppo A5s

hp oppo a5s
Oppo A5s adalah smartphone entry level yang teruskan kedigdayaan Oppo A5

Oppo A5s atau juga bernama Oppo AX5s merupakan smartphone penerus dari Oppo A5 yang terlebih dahulu hadir pada bulan Juli 2018. Smartphone tersebut dirilis pada kuartal pertama tahun 2019 dengan menembak target pasar para muda yang suka melakukan selfie via perangkat mobile. Smartphone ini masuk dalam kategori entry level phone. Walaupun berada di kelas terbawah, akan tetapi bukan berarti spesifikasi dan segala hal yang dimiliki Oppo A5s ini dapat dianggap enteng.

Untuk ukuran smartphone kelas entry level, Oppo A5s ini memiliki desain yang menarik dan ditunjang dengan fasilitas eksternal juga internal yang tak kalah bagusnya. Salah satu keunggulan utama dari produk ini terletak pada baterainya yang berkapasitas cukup besar.

Harga Oppo A5s di Indonesia

Toko Online Harga Oppo A5s
Lazada Rp1.999.000
Shopee Rp1.865.000
Tokopedia Rp1.834.000
Bukalapak Rp2.000.000
JD.ID Rp1.999.000
Blibli Rp1.837.000

Sempat hanya dijanjikan saja sebelumnya, dan akhirnya Oppo A5s hadir juga di pasaran Tanah Air. Di saat perilisan pertamanya, smartphone satu ini dibanderol dengan harga Rp1,99 jutaan.

Tertarik membelinya?

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Oppo A5s

Nama model Oppo A5s
Kode produksi CPH1909EX
Segmen pasar Entry level
Diperkenalkan Maret 2019
Dirilis resmi April 2019
Jaringan GSM/ HSDPA/ HSPA/ WCDMA/ LTE (LTE-TDD, LTE-FDD), VoLTE
Eksternal
Dimensi 155,9 x 75,4 x 8,2 mm
Berat 170 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis S-IPS LCD (Multi-touch, Capacitive Touchscreen)
Ukuran 6,2 inch (screen-to-body ratio 81,22%)
Resolusi 1520 x 720 pixel HD+ (~271 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 3
Model Bezelless dengan waterdrop notch
Internal
Sistem Operasi Android 8.1 Oreo (belum dapat diupgrade untuk sementara)
User Interface (UI) ColorOS 5.2 (belum dapat diupgrade untuk sementara)
Chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
Prosesor Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
Kartu grafis PowerVR IMG GE8320
ROM 32GB/ 64GB (dapat ditambah sampai 256GB menggunakan microSD)
RAM 2GB/ 3GB/ 4GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 8MP
Fitur HDR, panorama
Belakang 13MP + 2MP
Fitur LED flash, HDR, panorama, Digital Zoom, Auto Flash, Face detection, Touch to focus
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama E-Compass, Light Sensor, Proximity Sensor, G-Sensor, Acceleration Sensor, Face Unlock
Sensor sidik jari Ya (di belakang)
Konektivitas
WLAN WLAN 2.4G, WLAN 5G, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.2, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak
GPS A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Radio FM radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Ion
Kapasitas daya 4230 mAh
Warna Gold, Green, Red, Black, Blue
Harga Rp1,999,000 (harga perilisan awal di Indonesia bulan Maret 2019)

Fitur Unggulan Oppo A5s

spesifikasi oppo a5s dengan layar yang besar
Layar Oppo A5s ini sangat besar dan melegakan untuk dipakai menonton video ataupun bermain game

Layar besar dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3

Oppo A5s ini dilengkapi dengan layar cukup besar untuk ukuran smartphone kelas entry level. Layar yang dimilikinya memiliki ukuran sebesar 6,2 inci dan Oppo menggunakan produk dari Corning sebagai pelindungnya, yaitu Corning Gorilla Glass 3. Dengan layar berukuran besar tersebut, ditambah dengan rasio screen-to-body yang mencapai 81,22 persen tersebut, maka akan sangat melegakan penggunanya dalam memakai perangkat ini untuk menonton video ataupun bermain game.

Resolusi dari layarnya sebesar 720 x 1520 pixel HD+ yang mana didesain untuk mepet ke arah frame kanan dan kiri atau lazimnya disebut dengan istilah bezelless. Dan pada bagian atas, terdapat waterdrop notch sebagai tempat untuk menyematkan lensa kamera depannya.

baterai oppo a5s dengan kapastias 4230 mah
Baterai Oppo A5s memiliki kapasitas 4230 mAh

Baterai berkapasitas jumbo yang tahan digunakan seharian

Salah satu keunggulan yang dimiliki Oppo A5s ini adalah terletak pada baterainya. Untuk ukuran smartphone kelas entry level, baterai yang dipunyai Oppo A5s ini cukup besar, yaitu sebesar 4230 mAh dengan jenis non-removable Lithium Ion. Dan hal lain yang membuat baterai yang dimiliki Oppo A5s ini istimewa adalah Oppo turut menyematkan fasilitas AI Battery Management yang berfungsi untuk menekan konsumsi daya sehingga baterainya dapat digunakan selama berjam-jam.

Selain itu, baterainya juga telah support dengan teknologi fast charging yang dapat memangkas waktu pengisian ulang baterai secara cepat. Pihak Oppo sendiri mengklaim bahwa dari posisi 0 persen ke 100 persen, dibutuhkan waktu antara 2,5 sampai 2,9 jam saja. Dan dengan baterai berkapasitas besar tersebut, untuk pemakaian normal secara non-stop, baterainya mampu bertahan sampai dengan 17 jam lamanya dan untuk dipakai menonton video offline, baterainya mampu bertahan sampai dengan 13,5 jam.

dapur pacu yang mendukung untuk bermain game
Tidak hanya dipakai aktivitas standar, dapur pacunya sangat mendukung saat digunakan untuk bermain game

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Dapur pacu mantap dan cocok dipakai untuk nge-game

Apabila dibandingkan dengan Oppo A5, dapur pacu pada Oppo A5s ini cukup berbeda. Oppo A5 menggunakan produk dari Qualcomm Snapdragon 450, sedangkan Oppo A5s memakai Mediatek Helio P35. Dan untuk masalah kecepatannya, Mediatek Helio P35 lebih cepat 13,89 persen dibandingkan dengan Qualcom Snapdragon 450.

Untuk prosesornya sendiri, Oppo A5s menggunakan Qualcomm Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) dengan kartu grafis PowerVR IMG GE8320. Smartphone satu ini memiliki 3 varian RAM, yaitu sebesar 2GB, 3GB dan 4GB, serta varian ROM sebesar 32GB dan 64GB. Internal storagenya pun masih dapat ditambah lagi kapasitasnya sampai dengan 256GB menggunakan microSD.

fingerprint sensor yang cepat dan akurat
Fingerprint sensornya sangat cepat dan akurat

Fingerprint sensor di belakang untuk pengamanan tingkat lanjut

Mungkin memang sudah ada smartphone kelas entry level yang dilengkapi dengan fasilitas pemindai sidik jari, begitu pula dengan Oppo A5s ini. Terdapat di bagian belakang perangkat, tempat khusus untuk fingerprint sensor yang diklaim memiliki kecepatan dan keakuratan bagus.

Dengan sistem pemindai sidik jari ini, maka Anda tidak perlu khawatir lagi ketika smartphone Anda ini dicuri, hilang atau sejenisnya karena hanya Anda sendiri yang dapat membukanya. Dan apabila Anda masih memerlukan pengamanan yang lebih, terdapat juga sensor Face Unlock atau juga sistem keamanan bawaan dari Android seperti password atau pattern di dalamnya yang siap ditambahkan.

kamera utama dengan lensa 13MP dan kamera belakang dengan 2MP
Lensa kamera utamanya memiliki resolusi 13MP dan satunya mempunyai resolusi 2MP sebagai depth sensor

Dua lensa kamera belakang untuk mengabadikan segala momen

Seperti yang disebutkan di atas, Oppo A5s ini diciptakan bagi mereka yang suka berswafoto atau selfie serta mengabadikan momen apapun di sekitarnya. Untuk menunjangnya, maka Oppo telah menyematkan 2 lensa kamera di bagian belakang yang memiliki resolusi dan fungsi berbeda.

Lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 13MP dan dapat digunakan untuk memotret dengan sudut lebar atau wide-angle. Sedangkan lensa kamera yang satunya memiliki resolusi sebesar 2MP yang berfungsi sebagai depth sensor atau yang dapat membuat foto akan terlihat sangat tajam dan detail.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A5s

Kelebihan Oppo A5s

Kelebihan yang dimiliki Oppo A5s ini, pertama adalah terletak pada baterainya yang berkapasitas besar, yaitu 4230 mAh. Dengan kapasitas baterai tersebut, maka penggunanya akan leluasa dalam beraktivitas sehari-hari, tanpa harus takut perangkat mati mendadak ketika sedang dipakai karena kehabisan baterai.

Kedua adalah pada ukuran layarnya. Oppo A5s ini dilengkapi dengan layar berukuran 6,2 inci yang screen-to-body ratio-nya mencapai 81,22 persen. Dan ketiga adalah pada lensa kamera utamanya yang memiliki resolusi besar. Dengan lensa kamera tersebut, Anda dapat mengabadikan atau merekam setiap momen dengan hasil yang berkualitas.

Kekurangan Oppo A5s

Kekurangan pada Oppo A5s ini adalah pada jenis layar yang dimiliki, yaitu S-IPS LCD. Mungkin sedikit masuk akal karena kelas Oppo A5s ini adalah entry level dan hanya dilengkapi dengan layar berjenis S-IPS LCD. Akan tetapi, dengan layar tersebut, maka kualitas gambar yang ditampilkan pun kurang begitu bagus.

Kedua adalah terletak pada operating systemnya yang dirasa cukup lawas, yaitu Android 8.1 Oreo. Bahkan sampai sekarang pun belum ada informasi apakah Oppo A5s ini akan mendapatkan upgrade OS terbaru, minimal Android 9.0 Pie atau tidak.

Review Akhir Oppo A5s

hp oppo a5s
Oppo A5s adalah smartphone entry level yang teruskan kedigdayaan Oppo A5

Oppo A5s merupakan smartphone kelas entry level yang dirilis Oppo pada kuartal pertama tahun 2019. Smartphone satu ini memiliki desain yang tidak mengesankan bahwa berada di kelas terendah, namun justru terkesan seperti smartphone mahal karena desainnya sangat bagus.

Selain itu, untuk jeroannya pun tidak mengecewakan karena memiliki kecepatan yang bagus. Ditambah lagi dengan RAM dan ROM berkapasitas besar. Layarnya pun tak kalah bagusnya. Dengan ukuran 6,2 inci, maka penggunanya akan lebih leluasa dalam beraktivitas. Baterai yang dimilikinya memiliki kapasitas 4230 mAh.

Smartphone satu ini sekarang sudah dipasarkan di pasaran Tanah Air dengan harga jual Rp1,999,000. Anda dapat membelinya di toko resmi Oppo atau di berbagai tempat di seluruh Indonesia, termasuk di toko-toko online di Tanah Air.

Artikel: Oppo A5s – Harga & Spesifikasi by PortalHP.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here