Oppo F7

Hp Oppo F7
Oppo F7 adalah smartphone kelas flagship yang hadir untuk menyapa para pecinta selfie di Tanah Air

Oppo F7 hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia dengan sejuta pesona yang memikat. Andalan Oppo F7 ini masih melanjutkan trend dari pendahulunya, yaitu rajanya selfie. Seperti namanya, Oppo F7 jauh lebih komplit dari segi spesifikasi yang ditawarkan. Kali ini Oppo menyematkan kamera dengan dengan sensor 25MP, lebih bagus dari F5 yang hanya 20MP.

Uniknya, dari segi desain smartphone ini mirip dengan iPhone X yang menghadirkan notch atau takik di bagian depan layar. Dukungan sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence pada Oppo F7 sudah ditopang secara hardware melalui chipset MediaTek Helio P60. Guna menciptakan jepretan self-portrait yang memuaskan dan juga foto bokeh meski hanya mengandalkan satu kamera.

Harga Oppo F7 di Indonesia

Untuk masalah harga, Oppo F7 bisa dibilang mahal. Tapi mahalnya harga Oppo F7 ini sebanding dengan apa yang ditawarkannya. Secara umum, smartphone ini memang didapuk sebagai flagship yang berjajar dengan para kompetitor di kelasnya. Tak heran jika harganya bisa menyentuh di angka Rp 3.800.000. Berikut harga promo Oppo F7 di beberapa e-commerce di Tanah Air.

  • Di Shopee, harga Oppo F7 mulai dari Rp 000.000
  • Di Lazada, harga Oppo F7 mulai dari Rp 3.599.000
  • Di Tokopedia, harga Oppo F7 mulai dari Rp 3.700.000
  • Di Bukalapak, harga Oppo F7 mulai dari Rp 3.679.000
  • Di Blibli.com, harga Oppo F7 mulai dari Rp 3.999.000
  • Di JD.ID, harga Oppo F7 mulai dari Rp 3.711.500

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Oppo F7

Nama model Oppo F7
Kode produksi CPH1819, CPH1821
Segmen pasar Flagship
Diperkenalkan Maret 2018
Dirilis resmi April 2018
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA/ WCDMA/ LTE (LTE-TDD, LTE-FDD)
Internal
Dimensi 156.5 x 75.3 x 7.8 mm
Berat 158 gram
SIM Card Dual SIM Card(Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis LTPS IPS LCD (Capacitive touchscreen, Multi-touch)
Ukuran 6,23 inci (screen-to-body ratio 82.6%)
Resolusi 1080 x 2160 pixels (~405 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5
Model Bezelless dengan classic notch
Eksternal
Sistem Operasi Android 8.1 Oreo
User Interface (UI) ColorOS 5, Android 8.1 Oreo
Chipset Mediatek MT6771T Helio P60 (12 nm)
Prosesor Octa core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53)
Kartu grafis Mali-G72 MP3
ROM 64GB/ 128GB (dapat ditambah sampai dengan 256GB dengan menggunakan microSD)
RAM 4GB/ 6GB
Kamera
Depan 25 MP
Fitur A.I Beauty, HDR, panorama
Belakang 16 MP
Fitur LED flash, HDR, panorama, Exposure compensation, ISO control, 2 x Digital Zoom, Auto Flash, Face detection, Touch to focus, Phase Detection autofocus, Continuous Shooting
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Gyro, Proximity, Compass, Magnetic Induction, Light Sensor, G-sensor
Sensor sidik jari Ya (di belakang)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac 2.4 – 5GHz, dual band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak
GPS A-GPS
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Ion
Kapasitas daya 3400 mAh
Warna Solar Red, Diamond Black, Moonlight Silver
Harga
  • RAM 4GB/ ROM 64GB Rp 4.2 jutaan
  • RAM 6GB/ ROM 128GB Rp 5.5 jutaan

(Harga di atas adalah harga resmi waktu Oppo F7 baru saja dirilis untuk pasaran Tanah Air)

Fitur Unggulan Oppo F7

Spesifikasi Oppo F7 Kamera dengan A.I. beauty 2.0
Kamera Oppo F7 sudah dilengkapi dengan A.I. beauty 2.0

Kamera depan dengan resolusi tinggi serta didukung berbagai fitur menarik

Bukan rahasia lagi jika Oppo F7 memiliki fitur unggulan berupa kamera selfie yang ciamik. Dengan 25 MP rasanya sudah cukup mumpuni untuk tampil cantik di foto. Belum lagi dukungan teknologi Artificial Intelligence Beauty versi kedua, jelas akan mampu mempercantik hasil foto kamu. Tapi jangan salah, hasil foto itu tetap dibuat senatural mungkin.

Belum lagi dengan adanya teknologi pemindai wajah yang memiliki 296 titik. AI Beauty 2.0 mampu menganalisis setiap kontur wajah kamu, tidak peduli kamu pria atau wanita. menarik, bukan?

Bahkan dalam kondisi minim cahaya, kamu bisa menghasilkan foto yang bagus dengan menggunakan smartphone ini. LED Flash pada kamera depan Oppo F7 sangat membantu. Ada mode panorama yang bisa kamu gunakan untuk mengambil gambar secara landscape.

Selain memiliki fitur unggulan di bagian kamera depan, kamera belakang Oppo F7 juga tak kalah menariknya. Berbekal 16 MP yang dilengkapi dengan mode stiker dan panorama pun hadir di sini. Meskipun resolusi kameranya berbeda dengan kamera depannya, hasil fotonya tak kalah bagus, lho. Teknologi Optical 2X Zoom membuat Oppo F7 terasa seperti memiliki dual camera. Di sini kamu bisa memperbesar objek hingga dua kali tanpa pecah.

Dilengkapi Artificial Intelligence Battery Management yang mampu mereduksi penggunaan daya

Mungkin teknologi ini masih asing didengar di telinga. Namun jangan salah, Artificial Intelligence Battery Management ini mampu menghemat dan mempercepat proses pengisian daya. Menarik, bukan? Ini semacam fast charging dengan versi yang lain.

Saat kamu kehabisan daya baterai, maka kamu akan mendapat pemberitahuan ketika kondisi mencapai 30 persen. Sedangkan pada umumnya, biasanya teknologi smartphone hanya akan memberitahukan kondisi kritis di angka 15 persen. Teknologi ini akan semakin menguntungkan penggunanya karena akan mendapat pemberitahuan dini terkait kondisi baterai yang hampir habis.

Selain itu, Oppo F7 juga mengalami peningkatan dari sisi baterai ketimbang pendahulunya. Oppo F7 sudah menggendong baterai dengan kapasitas 3400 mAh. Berkat A.I Battery Management, smartphone ini mampu bertahan hingga 20 jam yang dengan cerdasnya mengatur penggunaan daya. Banyak pihak mengungkapkan betapa Oppo sangat bijak menempatkan artificial Intelligence pada baterai untuk sebuah terobosan yang menarik.

Untuk bermain game sampai dengan menonton video, tidak lagi terbelenggu space
Untuk bermain game sampai dengan menonton video, tidak lagi terbelenggu space

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Layar yang lebih besar, lapang dan lega

Dibandingkan dengan pendahulunya, yakni Oppo F5, smartphone ini lebih besar. Secara ukuran layar, Oppo F7 sedikit lebih lapang berkat bekal Super Full Screen Full HD+ dengan ukuran 6,23. Satu hal yang paling menarik perhatian di sini adalah layarnya sudah menggunakan Full HD+. Sudah ditingkatkan dari seri sebelumnya yang terlalu monoton dengan Full HD standar.

Dengan layar yang lebih lapang, seharusnya pengalaman menggunakan smartphone Oppo F7 akan lebih menarik. Saat digunakan untuk menonton video dan bermain game, dijamin mata kamu akan makin nyaman menatapnya berlama-lama.

Desainnya tidak monton dan membuat Oppo F7 ini terkesan mewah
Desainnya tidak monton dan membuat Oppo F7 ini terkesan mewah

Desain Oppo F7 tidak hanya mewah, namun juga terkesan elegan

Siapa yang setuju bahwa Oppo F7 memiliki desain yang cukup elegan? Sentuhan akhir berupa glossy pada body belakang Oppo F7 sangat cantik dan memikat. Ini membuatnya seperti menggunakan kaca. Efek menawan dan mewah semakin ketara dari sisi belakang.

Dari sisi depan, kamu akan dibuat takjub oleh desain layar yang nyaris sama persis dengan iPhone X. Keputusan Oppo menyematkan desain ini untuk F7 sangat brilian. Ini diperuntukkan para milenial yang belum mampu membeli iPhone X dengan harga selangit, bisa mencoba memiliki smartphone ini. Secara desain sudah mirip dan sekilas tampak sama. Sayangnya untuk desain layar belum seluas seperti milik iPhone X.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo F7

Kelebihan

Kelebihan dari Oppo F7 jelas terdapat pada kamera depan yang sudah dilengkapi dengan Artificial Intelligence Beauty 2.0. Dengan hadirnya teknologi ini akan membuat hasil foto kamera depan Oppo F7 sangat bagus dan natural. Terlebih lagi dengan sensor 25 MP yang sudah sangat memikat para penggila selfie.

Tidak hanya itu, layar full display 19:9 dengan Corning Gorilla Glass 5 akan membuat smartphone ini makin keren dan anti gores. layar HP ini tergolong baik dan membuat mereka cukup senang tentang reproduksi warna gambar dan video. Layarnya juga masih menampilkan tampilan yang baik saat dilihat dengan sudut pandang miring.

Kekurangan

Sementara itu, kekurang dari perangkat ini adalah ColorOS yang berat. Hal ini disebabkan oleh hadirnya fitur bawaan ColorOS 5 yang sebenarnya tidak begitu penting. Sehingga membuat penyimpanan menjadi berkurang banyak. Bahkan saat digunakan, ColorOS memakan lebih dari 14GB memori internal. Bisa dibilang, dari memori internal 64GB, ruang yang kosong hanyalah 50,2GB, sisanya digunakan untuk sistem ColorOS.

Kekurangan lain adalah terletak di kapasitas baterainya yang dirasa cukup minim untuk ukuran smartphone kelas flagship dengan segudang fitur menarik ini. Baterai yang dipunyai Oppo F7 ini hanya sebesar 3400 mAh, padahal banyak smartphone kelas entry level atau juga mid-range yang dilengkapi baterai berkapasitas minimal 4000 mAh.

Hp Oppo F7
Oppo F7 adalah smartphone kelas flagship yang hadir untuk menyapa para pecinta selfie di Tanah Air

Review Akhir Oppo F7

Memang diciptakan untuk didedikasikan kepada siapa saja yang doyan selfie, Oppo F7 memiliki lensa kamera depan dengan resolusi tinggi yang sangat membantu sekali saat dipakai berswafoto. Ditambah lagi dengan teknologi A.I Beauty 2.0 maka aktivitas selfie akan semakin menyenangkan.

Layar yang dipunyainya sangat besar, 6,3 inci, yang mana akan melegakan penggunanya ketika dipakai untuk mengoperasikan aplikasi, menonton video atau juga bermain game.

Untuk dapur pacunya sendiri, Oppo F7 memang sudah sangat layak berada di jajaran smartphone flagship karena chipset sampai dengan GPU-nya sendiri sangat bertenaga dan memiliki performa andal. Baterai yang dimilikinya berkapasitas 3400 mAh. Dan sekarang ini, Oppo F7 sudah dapat ditemui di pasaran Tanah Air.

Oppo F7 – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: oppo.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here