Oppo K7 5G

hp Oppo K7
Oppo K7 diciptakan untuk menghadang laju smartphone flagship dari kompetitor Oppo

Oppo K7 5G merupakan salah satu smartphone andalan teratas yang dimiliki Oppo untuk menyongsong era 5G. Ditambah lagi, smartphone satu ini juga diciptakan sebagai jawaban dan ‘pembunuh’ smartphone-smartphone kelas flagship besutan vendor lain atau disebut juga dengan istilah flagship killer. Dikatakan begitu karena Oppo K7 ini dilengkapi dengan banyak fasilitas terbaru, canggih dan menarik di dalamnya. Selain sudah support untuk digunakan di jaringan 5G, smartphone ini juga dibekali mesin dengan performa tangguh, Qualcomm Snapdragon 765G dan juga fitur kamera yang tak kalah hebatnya. Layarnya berukuran cukup besar, 6,4 inci, yang sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5. Baterainya sendiri berkapasitas 4025 mAh yang telah support teknologi fast charging 30W.

Harga Oppo K7 5G di Indonesia

Oppo K7 5G ini diperkenalkan sekaligus dirilis pada bulan Agustus 2020. Hanya saja, belum ada informasi apapun mengenai target pasar untuk smartphone satu ini di luar Cina. Bahkan banyak juga website-website berbahasa Cina yang menjelaskan bahwa Oppo K7 5G adalah smartphone yang diproduksi khusus untuk pasar Negeri Tirai Bambu itu saja atau tidak dipasarkan secara global. Jadi bagi yang ingin membelinya, maka satu-satunya cara adalah langsung memesannya melalui situs resmi Oppo Cina. Untuk harganya sendiri, terdapat 2 varian yang mana dibedakan dari besaran ROM di dalamnya. Oppo K7 5G dengan RAM 8GB dan ROM 128GB dijual dengan harga CNY1999 atau sekitar Rp4,26 jutaan, sedangkan yang dilengkapi dengan RAM 8GB dan ROM 256GB dijual dengan harga CNY2299 atau sekitar Rp4,9 jutaan.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Oppo K7 5G

Nama model Oppo K7 5G
Kode produksi
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Agustus 2020
Dirilis resmi Agustus 2020
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA / EVDO / CDMA / LTE (LTE-TDD, LTE-FDD) / 5G
Eksternal
Dimensi 160,3 x 74,3 x 7,96 mm
Berat 180 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis OLED capacitive touchscreen
Ukuran 6,4 inci (~83.0% screen-to-body ratio)
Resolusi 1080 x 2400 pixels (~411 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5
Model Bezel-less dengan water drop notch
Internal
Sistem Operasi Android 10
User Interface (UI) ColorOS 7.1
Chipset Qualcomm SDM765 Snapdragon 765G (7 nm)
Prosesor Octa-core (1×2.4 GHz Kryo 475 Prime & 1×2.2 GHz Kryo 475 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 475 Silver)
Kartu grafis Adreno 620
ROM 128GB / 256GB
RAM 8GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 32MP
Fitur HDR
Belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Fitur LED flash, HDR, panorama, PDAF
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, gyro, proximity, compass
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar, optical)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.1, A2DP, LE
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
NFC Ya
GPS Dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya  4025 mAh (support fast charging 30W, VOOC 4.0)
Warna  Sea Night, Secret Realm, Flowing Cloud, Flowing Flame
Harga 8GB/128GB – CNY1999 (sekitar Rp4,26 jutaan)

8GB/256GB – CNY2299 (sekitar Rp4,9 jutaan)

Fitur Unggulan Oppo K7 5G

Spesifikasi Oppo K7 Chipset Qualcomm Snapdragon 765G
Chipset Qualcomm Snapdragon 765G di dalamnya memiliki performa dan kecepatan yang bagus

1. Dapur Pacu bertenaga dan Support Jaringan 5G

Oppo K7 5G dilengkapi dengan mesin yang tangguh dan berperforma tinggi. Chipset yang tersemat di dalamnya adalah Qualcomm Snapdragon 765G dengan prosesor Octa-core 2.4 GHz serta kartu grafis Adreno 620. Dan yang menjadi menarik adalah smartphone ini support dengan dual-mode 5G SoC (SA/NSA) yang mana mampu memberikan pengalaman lebih mengasikkan bagi penggunanya dalam mengunduh, mengunggah sampai dengan untuk streaming secara online.

Digunakan untuk bermain game online pun bukan menjadi satu masalah, terlebih dikarenakan terdapatnya teknologi Hyper Boost 3.0 di dalamnya. Dengan bantuan Hyper Boost 3.0 ini, ketika perangkat dipakai untuk bermain game, maka tidak hanya performa dan kecepatan mesin saja yang meningkat, teknologi ini mampu mereduksi time lag yang kerap mengganggu. Ditambah lagi, refresh rate gamingnya mencapai 180Hz.

Selain itu, masih pada mesinnya, K7 ini juga dilengkapi dengan mesin pendingin 3D yang mana memiliki ukuran pipa yang terbuat dari grafit dengan ukuran lebih besar dan mampu mereduksi munculnya panas berlebih di dalam perangkat.

Terdapat pula fasilitas yang dinamakan Link Boost 2.0 yang berfungsi sebagai pemindah jaringan secara otomatis ketika terjadi gangguan. Dengan Link Boost 2.0 maka dapat membantu performa dari Hyper Boost agar time lag yang kerap terjadi saat bermain game akan ditekan semaksimal mungkin, mereduksi penggunaan paket data secara berlebihan dan memaksimalkan jaringan ketika cuaca di luar sedang tidak mendukung.

Layarnya sangat nyaman ketika digunakan untuk mengoperasikan aplikasi, bermain game atau lainnya
Layarnya sangat nyaman ketika digunakan untuk mengoperasikan aplikasi, bermain game atau lainnya

2. Layar Lebar dengan Kualitas Terbaik

Layar yang dimiliki Oppo K7 5G ini berjenis OLED dengan ukuran 6,4 inci serta memiliki resolusi sebesar 1080 x 2400 pixels. Layarnya cukup besar untuk hanya sekadar digunakan bermain game, mengoperasikan aplikasi atau juga menonton film via perangkat. Ditambah lagi model yang digunakan adalah bezel-less dengan rasio screen-to-body yang mencapai 83  persen dan kerapatan antar-pixelnya mencapai 411 ppi. Jadi selain besar dan lega, kualitas layarnya pun sangat bagus, tajam dan mampu menghasilkan warna alami nan detail.

Layarnya dibuat dengan desain 3D curved yang mana telah terlindungi oleh produk buatan Corning, yaitu Corning Gorilla Glass 5. Layarnya ini juga cukup kuat terhadap benturan minor ataupun goresan ketika dimasukkan ke dalam saku celana atau kantong bersamaan dengan benda-benda tajam atau keras lainnya.

Desain menarik dengan balutan warna yang cantik
Desain menarik dengan balutan warna yang cantik

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

3. Desain Menarik dengan Body Sleek Nan Elegan

Oppo K7 5G ini hadir dengan desain yang menarik, di mana tidak ditemukan ujung atau sisi-sisi yang kaku dan runcing di bodynya. Semua didesain dengan cermat agar tidak membuat penggunanya merasa tidak nyaman ketika menggenggamnya dalam waktu lama.

Secara total, dimensi dari perangkat mobile satu ini adalah 160,3 x 74,3 x 7,96 mm dengan bobot hanya 180 gram saja. Dapat dikatakan bahwa ukurannya tersebut cukup sleek atau tipis dan tidak terlalu berat. Untuk warnanya sendiri terdapat beberapa varian, yaitu Sea Night, Secret Realm, Flowing Cloud dan Flowing Flame dengan efek gradasi pada tengah perangkat.

Lensa kamera utamanya memiliki resolusi 48MP untuk tangkap semua momen berharga
Lensa kamera utamanya memiliki resolusi 48MP untuk tangkap semua momen berharga

4. Kamera dengan Resolusi Tinggi untuk Hasilkan Foto dan Video Berkualitas

Beralih ke fasilitas kameranya, Oppo K7 5G ini dilengkapi dengan total 5 buah lensa kamera yang tersebar di depan dan belakang. Untuk yang terletak di bagian belakang, lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP yang mampu menghasilkan foto atau video dengan kualitas terbaik. Terlebih lagi, terdapat berbagai macam fitur pendukung untuk fasilitas kameranya ini yang dapat membuat foto atau video yang dihasilkan tidak kalah dengan hasil jepretan menggunakan kamera lainnya.

Lensa kamera keduanya yang berfungsi sebagai lensa ultra-wideangle tersebut memiliki resolusi 8MP. Dan yang unik pada fasilitas kamera belakang dari K7 ini adalah terdapat 2 lensa dengan resolusi sama dengan fungsi yang sama pula. Keduanya memiliki resolusi 2MP dengan fungsi sebagai lensa depth dan juga dapat dipakai sebagai lensa B&W.

Untuk digunakan di tempat gelap atau minim cahaya, lensa bagian belakangnya masih cukup tangguh dan tetap dapat menghasilkan foto atau video yang bagus. Hal tersebut dikarenakan terdapatnya Polar Night mode yang mampu memaksimalkan segalanya, walaupun tingkat cahaya berada di bawah lebih dari 5Lux.

Sedangkan untuk lensa bagian depan yang memiliki resolusi sebesar 32MP tersebut, Oppo telah menambahkan banyak fitur menarik yang dapat memaksimalkan hasil foto selfie atau portrait. Terlebih lagi, terdapatnya teknologi AI di dalamnya yang berpadu dengan mode Beautify, maka ketika digunakan untuk berswafoto atau merekam video dengan fokus wajah, maka hasilnya akan sangat baik.

Baterainya memiliki kapasitas besar dan dapat dipakai seharian penuh
Baterainya memiliki kapasitas besar dan dapat dipakai seharian penuh

5. Baterai Besar yang Support Fast Charging 30W VOOC 4.0

Baterai yang tersemat di dalam Oppo K7 5G ini berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas 4025 mAh. Kapasitas tersebut cukup besar untuk digunakan seharian penuh, mulai dari mengoperasikan aplikasi, browsing, bersosial media, menonton video ataupun bermain game.

Terdapatnya teknologi fast charge 30W VOOC 4.0 di dalamnya maka Anda tidak perlu menunggu terlalu lama ketika perangkat sedang dalam proses pengisian baterai. Untuk dapat mencapai 100 persen dari posisi 0, hanya dibutuhkan waktu sekitar 50 menit saja. Terlebih lagi, baterai dan teknologi yang berkaitan dengan hal tersebut telah lulus uji Battery Safety Organization (BATSO) dan mengantongi sertifikat TÜV Rheinland.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo K7 5G

Kelebihan Oppo K7 5G

Kelebihan pertama dari Oppo K7 5G ini tentu saja terletak pada kemampuannya untuk digunakan pada jaringan 5G di mana masih cukup jarang perangkat mobile kelas mid-range yang support untuk dipakai di jaringan terbaru tersebut. Kelebihan kedua adalah terdapatnya fasilitas NFC di dalamnya yang mana sekali lagi masih sedikit smartphone kelas mid-range yang dilengkapi fitur ini. Kelebihan selanjutnya adalah terletak pada teknologi fast charging 30W VOOC 4.0 yang dapat memangkas durasi pengisian ulang baterainya dengan cepat.

Kekurangan Oppo K7 5G

Dikatakan sebagai flagship killer, namun sayangnya Oppo hanya menyematkan chipset Qualcomm Snapdragon 765G saja, padahal banyak smartphone-smartphone kelas atas yang dilengkapi dengan chipset level atasnya, atau minimal Qualcomm Snapdragon 855. Ditambah lagi, jenis layar yang digunakan hanyalah OLD di mana kualitasnya masih sedikit di bawah Super AMOLED. Dan walaupun sudah support teknologi pengisian cepat 30W VOOC 4.0, akan tetapi kapasitas baterainya masih standar, 4025 mAh. Kekurangan lainnya adalah untuk ukuran smartphone kelas mid-range, harga yang ditawarkan cukup mahal.

hp Oppo K7
Oppo K7 5G diciptakan untuk menghadang laju smartphone flagship dari kompetitor Oppo

Review Akhir Oppo K7 5G

OPPO K7 5G adalah smartphone dual-mode 5G yang memiliki ketebalan hanya 7,96 mm dengan berat hanya mencapai 180 gram saja. Desainnya pun cukup elegan dengan balutan 4 warna pilihan yang menarik, yaitu Sea Night, Flowing Cloud, Secret Realm dan Flowing Flame. Untuk layarnya sendiri berjenis OLED dengan ukuran 6,4 inci dan sudah terlindungi oleh Corning Gorilla Glass 5. Pada bagian dalamnya, terdapat chipset Qualcomm Snapdragon 765G dengan RAM sebesar 8GB dan 2 versi ROM, yaitu 128GB dan 256GB. Fasilitas kamera depan dan belakangnya mampu menghasilkan foto atau video yang berkualitas tinggi. Baterainya juga berkapasitas cukup besar serta support dengan teknologi fast charging 30W VOOC 4.0. Sayangnya, untuk sementara ini, Oppo K7 5G baru dapat ditemui di pasaran Cina saja. Belum diketahui apakah smartphone ini bakal dijual di luar Cina atau tidak.

Artikel: Oppo K7 5G – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: opposhop.cn

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here