Oppo K7x 5G

hp Oppo K7x 5G
Oppo K7x 5G adalah produk mid-range paling baru dari Oppo dengan mengusung desain kekinian

Oppo K7x 5G adalah produk mid-range terbaru dari Oppo yang hanya berselisih sekitar 3 bulan dari model pertamanya Oppo K7 5G. Dikarenakan memang untuk menyasar segmen menengah, maka spesifikasi yang dimiliki tidak secanggih Oppo K7 5G. Untuk dimensi dan layarnya, Oppo K7x 5G lebih besar sedikit dibandingkan Oppo K7 5G. Layarnya berukuran 6,5 inci yang telah terlindungi dengan Corning Gorilla Glass 3. Smartphone ini memakai operating system Android 10 dan user interface ColorOS 7.2. Untuk chipsetnya sendiri, Oppo memilih menggunakan MediaTek Dimensity 720G, berbeda dengan model sebelumnya yang memakai Qualcomm Snapdragon 765G. Terdapat 4 buah lensa kamera di belakang dan satu di depan. Baterainya memiliki kapasitas 5000 mAh yang sudah support fast charging 30W.

Harga Oppo K7x 5G di Indonesia

Untuk sementara ini Oppo K7x 5G baru dalam status perkenalan atau announced oleh pihak Oppo, jadi masih belum dirilis secara resmi. Dari pihak Oppo sendiri pun belum ada kabar bahwa mereka membuka pre-order untuk produknya satu ini. Hanya saja, di website resmi mereka, Oppo Cina, ada tombol pemesanan yang mana akan langsung diarahkan ke website lain bernama heytap.com. Sayangnya, ketika tombol tersebut ditekan, yang muncul di layar adalah 404 Not Found. Jadi dapat dikatakan untuk sementara ini, Oppo K7x 5G masih belum diketahui kapan bakal dirilis secara resmi. Untuk harganya sendiri, menurut kabar dari beberapa website Cina, Oppo K7x 5G dijual dengan harga sekitar CNY1499 atau setara Rp3,23 jutaan.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Oppo K7x 5G

Nama model Oppo K7x 5G
Kode produksi PERM00
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan November 2020
Dirilis resmi November 2020
Jaringan GSM / CDMA / CDMA2000/ UMTS (WCDMA) / HSPA / HSDPA / 4G LTE (TDD-LTE, FDD-LTE) / 5G / OTA
Eksternal
Dimensi 162,2 x 75,1 x 9,1 mm
Berat 194 gram
SIM Card Dual SIM Card TF (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis LTPS IPS LCD
Ukuran 6,5 inci (90,5% screen-to-body ratio)
Resolusi 2400 x 1080 pixels FHD+ (~405 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 3
Model Bezel-less dengan punch hole, refresh rat 90Hz, touch sampling rate 180Hz
Internal
Sistem Operasi Android 10
User Interface (UI) ColorOS 7.2
Chipset MediaTek MT6853V Dimensity 720 5G (7 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
Kartu grafis ARM NATT Mali-G57 MC3
ROM 128GB UFS2.1 (tidak ada slot untuk microSD)
RAM 6GB LPDDR4x
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 16MP
Fitur HDR
Belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Fitur EIS, photo, video, night scene, professional, panoramic, portrait, time-lapse photography, slow motion, super text, 4K video
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Face unlock, Geomagnetic sensor, light sensor, distance sensor, gyroscope, acceleration sensor
Sensor sidik jari Ya (di samping)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, WiFi WLAN 2.4G/WLAN 5.1G/WLAN 5.8G, WLAN Display, WLAN network sharing
Bluetooth 5.0, SBC, AAC, aptx, aptx HD, LDAC, LE
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak ada
GPS GPS, Glonass, Beidou, Galileo, wireless local area network, cellular network positioning, electronic compass, Gaode map, third-party map, Baidu map
Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh (support fast charging VOOC4.0 30W)
Warna Black Mirror, Blue Shadow
Harga CNY1499 atau sekitar Rp3,23 jutaan

Fitur Unggulan Oppo K7x 5G

Spesifikasi Oppo K7x 5G Baterai besar
Baterai besar untuk pemakaian multi-tasking sehari-hari

1. Baterai Besar dan Tahan Lama

Oppo K7x 5G hadir dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer yang memiliki kapasitas daya sebesar 5000 mAh. Kapasitas baterai yang dipunyai Oppo K7x 5G ini dapat dikatakan yang paling besar dari semua baterai yang dimiliki produk-produk K series lainnya. Bahkan jika dibandingkan dengan baterai milik Oppo K7 yang hanya sebesar 4025 mAh, jelas Oppo K7x 5G lebih tahan lama. Baterainya tidak hanya besar, Oppo telah menambahkan teknologi power saving mode yang dapat menghemat daya baterai secara otomatis ketika sudah menunjukkan tinggal 10 persen.

Tidak hanya itu saja, untuk baterainya ini, Oppo juga menambahkan teknologi fast charging VOOC4.0 30W yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterainya dengan sangat cepat. Untuk menuju 100 persen dari posisi 0 persen, hanya dibutuhkan waktu selama 65 menit saja.

Dalam uji coba ketahanan, baterainya dari posisi 100 persen dapat digunakan untuk menonton video online selama 16,1 jam atau bermain Glory of Kings selama 8,4 jam dan mendengarkan musik selama 34,4 jam. Bahkan dengan posisi baterai tinggal 10 persen, Anda masih tetap dapat melakukan kirim balas pesan via WeChat sampai 2,3 jam lamanya atau dalam mode bicara selama 3,5 jam.

Layar berkualitas, tajam dan lebar yang cocok untuk dipakai menonton video atau bermain game
Layar berkualitas, tajam dan lebar yang cocok untuk dipakai menonton video atau bermain game

2. Layar Berkualitas yang Bagus untuk Gaming

Memang ada sedikit penurunan kualitas jika dibandingkan dengan layar yang dimiliki Oppo K7. Tapi bukan berarti layar yang dipunyai Oppo K7x 5G buruk. Layar berjenis LTPS IPS LCD yang dipakai Oppo K7x 5G tetap sangat berkualitas dan mampu menampilkan apapun dengan jernih juga detail. Terlebih lagi, layar dari Oppo K7x 5G ini memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan yang ada pada Oppo K7. Jadi ketika digunakan untuk menonton video atau bermain game, akan sangat melegakan.

Berbicara masalah game, layar Oppo K7x 5G memiliki refresh rate 90Hz yang sangat lancar dan sensitif ketika digunakan. Dengan refresh rate 90Hz ini, maka bermain game tidak akan terganggu dengan adanya lag atau keterlambatan dalam scrolling atau pengontrolannya. Selain itu, touch samplingnya juga tergolong besar, yaitu 180Hz.

Layar Oppo K7x 5G ini juga telah terlindungi dengan produk Corning, yaitu Corning Gorilla Glass 3. Memang bukan sebaru Corning Gorilla Glass 5 pada Oppo K7, tapi masih cukup layak untuk digunakan dan melindungi layar dari baret atau tergores dan terbentur secara minor.

Digunakan untuk mengunduh data di atas 1GB, hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja
Digunakan untuk mengunduh data di atas 1GB, hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

3. Mesin Canggih dengan Dual Mode 5G

Oppo K7x 5G dilengkapi dengan chipset yang berbeda dengan model sebelumnya. Jika Oppo K7 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 765G, Oppo menyematkan chipset MediaTek Dimensity 720 5G pada Oppo K7x 5G ini. Kualitasnya pun masih sangat bagus, bahkan lebih dari layak untuk ukuran smartphone kelas mid-range.

Dimensity 720 5G ini mampu mengadaptasi jaringan frekuensi dari 3 operator domestik serta support dual-mode 5G SA/NSA. Di jaringan 5G, Anda dapat mengunduh game King of Glory sebesar 1.98GB dengan sangat cepat. Dan ketika jaringan sedang terganggu, maka secara otomatis perangkat akan mengganti dari 5G ke Wi-Fi. Apabila jaringan mulai normal, maka smartphone ini akan kembali mengembalikan ke mode 5G.

Prosesor yang terdapat di dalamnya adalah Octa-core dengan clock speed 2.0GHz serta kartu grafis Mali-G57 MC3. Untuk masalah memori dan internal storagenya sendiri, Oppo memasang RAM sebesar 6GB dengan ROM berkapasitas sebesar 128GB UFS 2.1.

Operating system yang dipakai adalah Android 10 yang kabarnya dapat diupgrade ke Android 11 nantinya. Sedangkan user interface di dalamnya adalah ColorOS 7.2 yang dapat membuat sistem berjalan lebih lancar tanpa hambatan. Terdapat juga tambahan fasilitas lain seperti Quantum Animation Engine, Soloop sampai dengan Dark Mode di dalamnya.

Memainkan game berat pun tidak menjadi masalah dengan adanya Hyper Boost 3.0
Memainkan game berat pun tidak menjadi masalah dengan adanya Hyper Boost 3.0

4. Hyper Boost 3.0 yang Membuat Segalanya Menjadi Lebih Smooth

Kembali untuk masalah game, Oppo K7x 5G ini dilengkapi dengan fasilitas Hyper Boost 3.0 yang dapat menambah kelancaran saat digunakan untuk bermain. Bahkan bukan menjadi satu masalah bagi Anda ketika ingin memainkan game-game dengan bobot yang cukup berat dan grafis tinggi. Hyper Boost 3.0 dapat meningkatkan akselerasi dan juga performa mesin ke tingkat maksimal.

Total ada 5 buah lensa kamera yang tersemat di tubuh Oppo K7x 5G  ini
Total ada 5 buah lensa kamera yang tersemat di tubuh Oppo K7x 5G  ini

5. Kamera Hebat dengan Lensa Ultra Wide Angle Tanpa Distorsi

Berbicara tentang fotografi, Oppo K7x 5G dilengkapi dengan 4 buah lensa kamera di bagian belakang. Untuk lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP yang sangat jernih ketika digunakan untuk mengabadikan objek atau momen tertentu. Bahkan lensa kameranya ini juga telah didukung dengan teknologi AI di dalamnya, sehingga dipakai di keadaan terang maupun gelap tidak menjadi masalah. Saat digunakan untuk merekam video, hasilnya pun tidak mengecewakan. Bahkan lensanya sudah support untuk digunakan merekam sampai format 4K dengan tambahan fitur Super Dual Anti-shaking.

Untuk lensa kamera keduanya yang berfungsi sebagai lensa ultra wide angle memiliki resolusi sebesar 8MP dengan aperture f/2.2. Lensa kamera ketiga dan keempatnya memiliki resolusi sama, yaitu masing-masing 2MP, hanya saja keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Satu lensa berfungsi sebagai lensa depth dan satu lagi adalah lensa macro.

Berpindah ke bagian depan, terdapat satu lensa kamera yang terletak di lubang punch hole dengan resolusi sebesar 16MP. Lensa kamera depannya ini didedikasikan bagi para pencinta selfie dan oleh karena itu, Oppo juga menambahkan fitur AI Smart Beauty agar hasil foto swafotonya lebih bagus lagi sebelum diunggah ke media sosial.

Penempatan tombol fingerprintnya dirasa sangat tepat dan mengikuti perkembangan zaman
Penempatan tombol fingerprintnya dirasa sangat tepat dan mengikuti perkembangan zaman

6. Terintegrasi dengan Teknologi Fingerprint yang Cepat dan Akurat

Saat ini masih cukup jarang ada smartphone kelas mid-range yang menggunakan desain side mounting fingerprint atau tombol pemindai sidik jari di samping. Karena banyak vendor mobile lain yang memilih menempatkan titik pengoperasi fitur pemindai sidik jarinya itu di belakang dan beberapa lainnya di bawah layar. Sedangkan Oppo K7x 5G menggunakan desain samping yang dirasa lebih modern.

Fasilitas pemindai sidik jarinya ini juga bukan yang tidak berkualitas. Untuk membuka perangkat, sistem dapat memindai alur sidik jari dengan kecepatan hanya 0,3 detik saja. Hal itu dikarenakan Oppo menggunakan teknologi Unlock 10 yang memang memiliki kualitas dibandingkan dengan teknologi sejenis.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo K7x 5G

Kelebihan

Sebagai smartphone kelas mid-range, Oppo K7x 5G memiliki sejumlah kelebihan di antaranya adalah dilengkapi dengan RAM dan ROM berkapasitas besar. RAM-nya sendiri berkapasitas 6GB dengan ROM 128GB. Selain itu, terdapat juga fasilitas kamera dengan resolusi yang besar dan dilengkapi berbagai fitur menarik di dalamnya sebagai pendukung. Bahkan ketika digunakan untuk merekam video, hasilnya pun dapat mencapai format 4k. Kelebihan lainnya adalah penggunaan side mount fingerprint yang dirasa sangat modern dan terkini. Selanjutnya adalah baterai yang dimiliki Oppo K7x 5G berkapasitas sebesar 5000 mAh yang dapat digunakan untuk beraktivitas seharian penuh dengan sekali pengisian saja.

Kekurangan

Sedangkan untuk masalah kekurangannya, Oppo K7x 5G tidak dilengkapi dengan slot untuk microSD. Ya, memang kapasitas internal storage yang dimiliki adalah sebesar 128GB, akan tetapi bukan jaminan kapasitas tersebut tidak akan penuh nantinya. Akan menjadi merepotkan ketika data-data yang terkumpul sudah memenuhi internal storage dan harus dipindahkan ke perangkat lain satu persatu. Selain itu, Oppo K7x 5G juga memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan kebanyakan smartphone mid-range lainnya. Bahkan dibandingkan dengan model sebelumnya saja, Oppo K7 hanya memiliki berat 180 gram, sedangkan Oppo K7x 5G mempunyai bobot sebesar 194 gram. Dan kekurangan selanjutnya adalah terletak pada jenis layar yang digunakan serta harga yang relatif mahal.

hp Oppo K7x 5G
Oppo K7x 5G adalah produk mid-range paling baru dari Oppo dengan mengusung desain kekinian

Review Akhir Oppo K7x 5G

OPPO K7x 5G adalah produk yang cukup impresif yang dirilis Oppo saat ini. Dilengkapi dengan 4 lensa kamera serta satu lensa dengan resolusi 16MP di bagian depan, smartphone ini siap untuk digunakan beraktivitas fotografi atau videografi. Bahkan telah terdapat bundleware Soloop untuk dapat dipergunakan mengedit video secara langsung dan mudah. OPPO K7x 5G memiliki RAM dan ROM yang berkapasitas besar, hanya saja untuk internal storagenya tidak dapat ditambah lagi karena tidak adanya slot untuk microSD. OPPO K7x 5G hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh serta support teknologi fast charging 30W. Untuk sementara ini, OPPO K7x 5G masih dalam status diperkenalkan dengan segmen pasar pengguna mobile di Cina saja. Harganya sendiri diperkirakan mencapai sekitar Rp3,23 jutaan.

Artikel: Oppo K7x 5G – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: oppo.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here