Oppo Reno2 Z

Hp Oppo Reno2 Z
Secara umum, Oppo Reno2 Z memiliki kemiripan dengan Oppo Reno2

Oppo Reno2 Z adalah produk mobile yang dirilis Oppo bersamaan dengan diluncurkannya Oppo Reno2. Dari sisi spesifikasinya, Oppo Reno2 dan Oppo Reno2 Z memiliki banyak kesamaan. Perbedaan mendasar terdapat pada dapur pacu dan fasilitas kamera belakangnya saja. Hal tersebut memang cukup masuk akal karena walaupun sama-sama dirilis untuk pasaran mid-range, namun Oppo Reno2 adalah kelas premium mid-range, sedangkan Oppo Reno2 Z adalah kelas mid-range pada umumnya.

Berbicara masalah spesifikasi, Reno2 Z ini memiliki layar AMOLED dengan ukuran 6,53 inci tanpa notch ataupun punch hole di permukaannya. Untuk itu, Oppo menggantinya dengan mesin motorized pop-up sebagai tempat penyemat lensa kamera depannya dan untuk bagian belakang terdapat 4 lensa dengan resolusi serta fungsi berbeda.

Seperti yang disebutkan di atas, untuk masalah dapur pacunya, Reno2 Z menggunakan Helio P90, sedangkan Reno2 memakai Snapdragon 730G. Besaran RAM-nya adalah 8GB dengan ROM maksimal 256GB. Baterai yang digunakannya memiliki kapasitas sebesar 4000 mAh yang sudah support dengan VOOC 3.0.

Harga Oppo Reno2 Z

Seperti halnya ‘saudaranya,’ Oppo Reno2, Oppo Reno2 Z ini juga masih dipasarakan secara terbatas untuk wilayah Cina dan India saja. Harga di pasaran India adalah mencapai INR29,990 atau sekitar Rp5,8 jutaan. Di website resmi Oppo sendiri memang sudah terpampang informasi dan apapun mengenai Oppo Reno2 Z ini, namun sampai sekarang belum ada rilisan mengenai tempat mana yang harus dituju untuk pembeliannya ataupun informasi mengenai pre-ordernya.

Untuk itu, bagi penggemar produk Oppo di Tanah Air yang ingin memiliki produk ini, nampaknya harus bersabar terlebih dahulu karena belum ada informasi apapun mengenai produk tersebut. Diperkirakan, rilisan secara global baru akan diumumkan pada pertengahan atau akhir bulan September 2019.

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Oppo A3s – Harga & Spesifikasi
Oppo F11 – Harga & Spesifikasi
Harga dan Spesifikasi Samsung A9
Harga dan Spesifikasi Realme XT 730G

Spesifikasi Oppo Reno2 Z

Nama model Oppo Reno2 Z
Kode produksi CPH1945, CPH1951
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Agustus 2019
Dirilis resmi September 2019
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ WCDMA/ LTE (LTE-FDD/ LTE-TD/ LTE-A)
Internal
Dimensi 161.8 x 75.8 x 8.7 mm
Berat 195 gram
SIM Card Hybrid Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis AMOLED (Capacitive Screen)
Ukuran 6,53 inci (screen-to-body ratio 91,1%)
Resolusi 2340 x 1080 pixels (~394 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5
Model Bezelless dengan motorized pop-up camera
Eksternal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) ColorOS 6.1
Chipset Mediatek MT6779 Helio P90 (12 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A75 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
Kartu grafis IMG 9XM-HP8 970MHz
ROM 128GB/ 256GB (masih dapat ditambah menggunakan microSD)
RAM 8GB
Kamera
Depan 16MP
Fitur LED flash, HDR
Belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Fitur Photo editing, professional mode, panorama, portrait,

night scene, time-lapse photography, slow motion, 10x digital zoom, EIS

Loundspeaker Ya,  Dolby Atmos sound
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Gyro-meter, E-Compass, Hall Sensor, Light Sensor, Proximity Sensor, G-sensor/Acceleration sensor
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar, opctical)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 4/5GHz 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v5.0, A2DP, LE
USB Type-C 1.0 reversible connector
NFC Tidak
GPS A-GPS, GLONASS, BDS
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4000mAh (support fast charging 20W (VOOC Flash Charge 3.0))
Warna Sky White, Luminous Black
Harga INR29,990 atau sekitar Rp5,8 jutaan

Fitur Unggulan Oppo Reno2 Z

Spesifikasi Oppo Reno2 Z Lensa kamera belakang berkualitas
Lensa kamera belakangnya mampu menghasilkan foto yang berkualitas

Lensa Kamera Belakang

Seperti halnya yang terdapat di Oppo Reno2, Oppo Reno2 Z ini juga memiliki 4 lensa kamera yang terletak di bagian belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP Ultra-clear Main Cam yang menggunakan sensor SONY IMX586. Lensa kedua adalah lensa ultrawide angle yang dapat mengambil gambar sampai dengan lebar 119 derajat dan memiliki resolusi sebesar 8MP.

Sedangkan lensa ketiganya yang memiliki resolusi 2MP berfungsi sebagai pemberi detail maksimal terhadap foto yang dihasilkan dan lensa terakhir dengan resolusi 2MP memiliki fungsi sama seperti lensa depannya.

Ketika digunakan untuk memotret di tempat yang kurang pencahayaan atau saat malam hari, hasilnya masih sangat bagus. Hal itu dikarenakan terdapatnya Ultra Dark Mode di dalamnya yang mampu mencari cahaya sekecil apapun, meningkatkan ketajaman dan juga dapat mereduksi tingkat noise.

Lensa depan dengan motorized pop-up camera

Bagi yang hobi selfie, Anda dapat melakukan aktivitas tersebut dengan leluasa karena selain lensanya memiliki resolusi 16MP, terdapatnya lampu indikator untuk menandakan shutter akan segera dirilis. Terdapat 12 warna RGB yang dapat digunakan dan diatur sekehendak hati.

Selain itu, fitur kamera depannya ini juga dilengkapi dengan mode Bokeh Effect Video yang mana Oppo Reno2 dan Oppo Reno2 Z merupakan smartphone pertama di dunia yang dilengkapi pop-up camera dan telah memakai mode tersebut. Ditambah lagi, terdapat pula Portrait Mode 2.0 yang mampu menghasilkan foto berkualitas tanpa harus mengeditnya terlebih dahulu. Fasilitas kamera depannya ini juga masih ditambahkan banyak sekali mode lain, seperti HDR, AI Beauty Mode sampai dengan Portrait Bokeh.

Layarnya selain besar dan bagus juga kuat
Layarnya selain besar dan bagus juga kuat

Layar besar dan kuat

Layar yang dipunyai Oppo Reno2 Z ini memiliki ukuran 6,53 inci berjenis AMOLED yang sudah teruji kualitasnya. Resolusi layarnya sebesar 2340 x 1080 pixels dengan tingkat kerapatan antar-pixelnya mencapai 394 ppi dan rasio screen-to-bodynya sebesar 91,1 persen.

Terlebih lagi, Anda juga sudah tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan perangkat mobile ini dalam berbagai aktivitas di dalam ruangan, karena layar dari Reno2 Z ini sudah terlindungi oleh Corning Gorilla Glass versi 5.

Sistem pengaman Fingerprint Unlock 3.0

Pada layar utama terdapat sensor pemindai sidik jari yang mana baru akan aktif ketika perangkat dalam posisi akan diaktifkan. Sensor pemindai sidik jari yang dipunyai Oppo Reno2 Z ini mirip seperti yang ada di Oppo Reno2, yaitu Fingerprint Unlock 3.0. Oppo mengklaim bahwa sensor pemindai sidik jari tersebut sangat cepat (11.3 persen) dan akurat dalam membaca alur dari sidik jari orang yang ingin membuka perangkat. Jika alur sidik jari tidak sesuai dengan yang dipunyai pemilik asli, maka perangkat akan secara otomatis terkunci.

Performa dan kinerja dapur pacu Oppo Reno2 Z sangat mengesankan
Performa dan kinerja dapur pacu Oppo Reno2 Z sangat mengesankan

Dapur Pacu Bertenaga dengan RAM dan ROM besar

Untuk bagian internalnya, Oppo masih menggunakan operating system milik Google, yaitu Android 9.0 Pie. Sedangkan untuk hardware bagian dalamnya, smartphone satu ini dilengkapi dengan chipset Mediatek MT6779 Helio P90 (12 nm), prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A75 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan kartu grafis IMG 9XM-HP8 970MHz.

NPU dalam chipset yang digunakan sangat bagus karena dapat menekan penggunaan tenaga baterai secara berlebih. Bahkan ketika digunakan untuk pemotretan malam yang mana akan menguras tenaga baterai dan juga membutuhkan sokongan memory besar, NPU-nya mampu bekerja secara maksimal karena terdapatnya algoritma AI di dalamnya.

Agar performa dan kinerjanya lebih cepat dan stabil, maka Oppo menyematkan RAM sebesar 8GB di dalamnya. Tidak hanya itu saja, untuk masalah penyimpanan data dan sistem, terdapat internal storage sebesar 128GB dan 256GB.

Baterai berdurasi lama dan support VOOC Flash Charge 3.0

Baterai smartphone satu ini berjenis non-removable yang terbuat dari Lithium Polymer dengan kapasitas 4000 mAh. Dalam posisi 100 persen, baterainya mampu bertahan sampai dengan 8 jam lamanya untuk digunakan bermain game atau juga selama 13 jam untuk dipakai menonton video secara nonstop. Pihak Oppo sendiri telah mengujicoba ketahanan baterai yang dimiliki Reno2 Z ini dengan cara  bermain game mobile Arena of Valor (AOV).

Tidak hanya dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar saja, smartphone ini juga sudah support dengan teknologi pengisian cepat VOOC Flash Charge 3.0 yang diklaim mampu melakukan pengisian ulang baterai dari posisi 0 persen ke 51 persen dalam waktu kurang dari 30 menit.

Teknologi optimasi jaringan

Oppo Reno2 Z ini dapat dikatakan memiliki beragam fitur yang cukup menarik dan juga unik, salah satunya adalah fasilitas optimasi jaringan yang mana mampu meningkatkan kualitas jaringannya ketika sinyal yang diterima sedang turun atau melemah (-120<RSRP<-110).

Pengoptimalan jaringan ini dapat dicontohkan ketika ada beberapa aplikasi yang aktif di balik layar dan di saat yang sama Anda sedang bermain game online, maka secara otomatis bandwidht akan dialihkan dalam porsi lebih besar ke game agar permainan tetap dapat dilakukan dengan lancar.

Selain itu, terdapat pula teknologi SLA Dual Channel Network 2.0 yang berfungsi untuk memonitori kecepatan perpindahan dari jaringan 4G ke Wi-Fi.

Suara yang dihasilkan mirip dengan kualitas audio home theater
Suara yang dihasilkan mirip dengan kualitas audio home theater

Sound Dolby Atmos

Oppo Reno2 Z ini juga dilengkapi dengan pengeras suara Dolby Atmos yang mampu menghasilkan audio sekelas home theater. Dengan Dolby Atmos maka suara video yang ditonton atau game yang dimainkan akan terdengar menggelegar. Bahkan ketika Anda mengenakan earphone atau headset akan menjadi satu pengelaman baru tersendiri.

Perbandingan Oppo Reno2 Z dengan Vivo S1 Pro, Sony Xperia 10 dan Xiaomi Mi 8 Pro

Vivo S1 Pro © vivo.com
Vivo S1 Pro © vivo.com

Oppo Reno2 Z vs Vivo S1 Pro

Kedua perangkat mobile ini memiliki keistimewaan masing-masing, hanya saja ketika dibandingkan, ada beberapa hal yang membuat Oppo Reno2 Z lebih unggul atas Vivo S1 Pro. Seperti contohnya Reno2 Z lebih besar dimensi dan layarnya dan memiliki dapur pacu yang mana GPU clock speed serta CPU speednya lebih tinggi dibandingkan S1 Pro.

Hanya saja, jenis layar (Super AMOLED vs AMOLED) dan kerapatan antar-pixel (403 vs 395) serta kamera depan (32MP vs 16MP) yang dimiliki S1 Pro lebih bagus dibandingkan yang dimiliki Reno2 Z.

Sony Xperia 10 © sonymobile.com
Sony Xperia 10 © sonymobile.com

Oppo Reno2 Z vs Sony Xperia 10

Sama-sama dirilis di tahun 2019, namun nampaknya Sony Xperia 10 bukan lawan sepadan untuk Oppo Reno2 Z. Dapat dicontoh saja dari dimensi sampai dengan ukuran layarnya, Reno2 Z lebih besar dibandingkan Xperia 10. Hanya saja, tingkat kerapatan antar0pixel Xperia 10 lebih tinggi. Dan jenis layar yang digunakan Xperia 10, yaitu IPS LCD bukan lawan dari layar AMOLED milik Reno2 Z.

Kekalahan Xperia 10 semakin bertambah ketika membandingkan dari sisi dapur pacu, kapasitas RAM dan ROM, fasilitas kamera depan dan belakang sampai dengan kapasitas baterai yang dimiliki.

Xiaomi Mi 8 Pro © mi.com
Xiaomi Mi 8 Pro © mi.com

Oppo Reno2 Z vs Xiaomi Mi 8 Pro

Walaupun merupakan smartphone keluaran 2018, namun Xiaomi Mi 8 Pro masih mampu mengimbangi kehebatan Oppo Reno2 Z. Contohnya saja dari segi kerapatan antar-pixel yang dimiliki Mi 8 Pro lebih tinggi dibandingkan Reno2 Z. Ditambah lagi dengan dapur pacunya juga lebih cepat dari yang dimiliki produk besutan Oppo tersebut.

Hanya saja Mi 8 Pro tidak dapat berkutik ketika beradu kualitas kamera belakangnya. Tercatat hanya ada 2 lensa kamera di bagian belakang Mi 8 Pro, sedangkan Reno2 Z mempunyai 4 buah lensa kamera. Baterai Reno2 Z pun lebih besar dibandingkan yang dimiliki oleh Mi 8 Pro.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno2 Z

Kelebihan

Kelebihan pertama yang dimiliki Oppo Reno2 Z adalah terletak di layarnya. Perangkat mobile ini dilengkapi dengan layar berjenis AMOLED dengan ukuran yang cukup besar. Selain itu, layarnya anti-gores ataupun benturan karena telah terlindungi oleh Corning Gorilla Glass 5. Selain itu, dapur pacu dari Reno2 Z ini juga sangat bertenaga juga cepat, Mediatek MT6779 Helio P90 (12 nm) dengan prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A75 & 6×2.0 GHz Cortex-A55).

Kelebihan lain yang dipunyai perangkat mobile ini adalah RAM dan ROM-nya cukup besar dibandingkan smartphone lain sekelasnya, yaitu sebesar 8GB dan 128GB atau 256GB. Fasilitas kamera belakangnya pun sangat bagus karena terdapat 4 lensa yang memiliki resolusi serta fungsi berbeda-beda, 48MP (Ultra Main Cam) + 8MP (ultrawide angle) + 2MP (depth sensor) + 2MP (protrait mode). Baterainya pun dapat dimasukkan dalam daftar kelebihan karena memiliki kapasitas besar, 4000 mAh yang tahan lama dan dapat cepat diisi ulang.

Kekurangan

Kekurangan pertama dari smartphone baru buatan Oppo ini terletak pada SIM Card-nya yang hybrid. Dengan hybrid SIM Card, maka akan sedikit merepotkan ketika penggunanya harus berganti-ganti SIM Card dengan microSD karena slotnya hanya terdapat satu saja. Kekurangan selanjutnya ada pada tingkat kerapatan antar-pixelnya yang dirasa cukup rendah untuk ukuran smartphone sekelas Oppo Reno2 Z ini. Padahal ada banyak smartphone mid-range yang memiliki tingkat kerapatan antar-pixelnya di atas 395 ppi.

Kekuarangan selanjutnya yang dimiliki Oppo Reno2 Z ini adalah terletak pada besaran resolusi lensa kamera depannya. Walaupun disokong banyak mode menarik, akan tetapi resolusi sebesar 16MP dirasa sangat tanggung dan terkesan tidak seimbang dengan besaran resolusi lensa kamera utamanya yang sebesar 48MP.

Memang disebutkan bahwa pada layar utama smartphone ini sudah menggunakan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 akan tetapi secara keseluruhan perangkat ini bukanlah smartphone tahan banting, maka akan sedikit riskan ketika digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan atau terkane air.

Hp Oppo Reno2 Z
Secara umum, Oppo Reno2 Z memiliki kemiripan dengan Oppo Reno2

Review Akhir Oppo Reno2 Z

Oppo Reno2 Z merupakan salah satu produk paling baru yang dirilis Oppo ke pasaran. Perangkat mobile satu ini dilengkapi dengan segala fitur terbaru dan memiliki spesifikasi hebat. Pihak Oppo sendiri mengatakan bahwa produk mobilenya itu dibuat dengan mengambil fokus pada keseimbangan kualitas dan penampilan yang menawan.

Smartphone satu ini dilengkapi dengan layar AMOLED berukuran 6,5 inci, chipset MediaTek Helio P90 dengan prosesor Octa-core, 4 lensa kamera di bagian belakang dan 1 lensa di bagian muka yang tersembunyi di bagian atas. Selain itu, RAM yang dimilikinya cukup besar, yaitu 8GB dengan internal storage sebesar256GB. Baterainya memiliki kapasitas 4000 mAh dan sudah support VOOC 3.0.

Mengenai harganya, Oppo Reno2 Z ini memang belum dirilis resmi di pasaran Tanah Air, namun sebagai informasinya, harganya adalah sekitar Rp5,8 jutaan.

Artikel: Oppo Reno2 Z – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: oppo.com, vivo.com, mi.com, sonymobile.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here