Oppo Reno6 Z 5G

hp Oppo Reno6 Z 5G
Oppo Reno6 Z 5G adalah smartphone mid-range premium yang menjadi versi turunan dari Oppo Reno6 5G

Oppo Reno6 Z 5G adalah perangkat smartphone dari Oppo yang menyusul series Oppo Reno6 yang sudah dirilis di bulan sebelumnya. Dari sisi tampilan luarnya, Oppo Reno6 Z 5G dan Oppo Reno6 5G tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Namun jika dilihat secara mendetail, baru akan dapat dilihat perbedaannya, seperti ukuran, ketebalan, berat dan varian warnanya. Dan tentu saja, dikarenakan dapat dibilang bahwa Oppo Reno6 Z 5G adalah seri downgrade dari Oppo Reno6 5G, maka beberapa fasilitas dan hardware yang digunakannya sedikit turun. Namun secara keseluruhan, smartphone ini cukup bagus untuk ukuran perangkat mobile kelas mid-range, terlebih sudah support dengan jaringan 5G.

Harga Oppo Reno6 Z 5G

Untuk saat ini, Oppo Reno6 Z 5G masih dalam status perkenalan saja. Bahkan di website resminya, di Oppo Thailand, tidak tercantum informasi harga untuk Oppo Reno6 Z 5G ini. Selain itu, di beberapa eCommerce yang sudah menjadi rekanannya, seperti Lazada, Shopee, This shop dan JD Central pun hanya memajang foto dari produk mobile satu ini saja. Tidak ada harga pasti untuk Oppo Reno6 Z 5G sementara ini. Namun berdasarkan sebuah akun Twitter bernama Chun (@chunvn8888), menyebutkan dalam twitnya bahwa Oppo Reno6 Z 5G ini akan dijual dengan harga VND 9.490.000 atau sekitar Rp5,91 jutaan. Tidak diketahui apakah harga yang ditwitkan itu benar atau perkiraan saja.

Spesifikasi Oppo Reno6 Z 5G

Nama model Oppo Reno6 Z 5G
Kode produksi CPH2237
Segmen pasar Mid-range premium
Diperkenalkan Juli 2021
Dirilis resmi
Jaringan GSM / WCDMA / 4G LTE (LTE-TDD, LTE-TDD) / 5G (NR TDD, NR FDD)
Eksternal
Dimensi Aurora: 160,20 x 73,38 x 7,97 mm

Stellar Black: 160,20 x 73,38 x 7,92 mm

Berat 173 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis AMOLED
Ukuran 6,4 inci (screen-to-body ratio 90.8%)
Resolusi 2400 x 1080 pixel (409 ppi)
Perlindungan
Model Bezel-less dengan punch hole, refresh rate 60Hz
Internal
Sistem Operasi Android 11
User Interface (UI) ColorOS 11.1
Chipset MediaTek MT6853 Dimensity 800U 5G (7 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.4 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
Kartu grafis Mali ARM G57 MC3
ROM 128GB (kapasitasnya masih dapat ditambah lagi dengan menggunakan SDXC UHS-3 Class-10 A1 V31)
RAM 8GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 32MP
Fitur HDR, Selfiecam
Belakang 64MP + 8MP + 2MP
Fitur PDAF, LED flash, HDR, panorama
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Magnetic sensor, Ambient light sensor, Proximity sensor, Accelerometer, Gravity sensor, Gyroscope, Step recording function, Face Unlock
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar, optical)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, Wi-Fi 2.4G, Wi-Fi 5.1G, Wi-Fi 5.5G, Wi-Fi 5.8G, Wi-Fi Display
Bluetooth 5.1, SBC, AAC, aptX HD, LDAC
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak ada
GPS A-GPS, BDS, GLONASS, GALILEO, QZSS, Electronic compass, Google Map
Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4310 mAh (support fast charging 30W VOOC 4.0)
Warna Stellar Black, Aurora
Harga (rumor) VND 9.490.000 atau sekitar Rp5,91 jutaan

 

Fitur Unggulan Oppo Reno6 Z 5G

Spesifikasi Oppo Reno6 Z 5G Kamera Terbaik
Fasilitas kameranya dilengkapi dengan mode Dual-Video View

1. Kamera Terbaik untuk Rekam dan Abadikan Momen Indah

Total terdapat 4 buah lensa kamera yang tersemat dalam body Oppo Reno6 Z 5G, yaitu satu di depan dan 3 di belakang. Untuk lensa yang terletak di depan atau di modul punch holenya memiliki resolusi sebesar 32MP. Besaran resolusinya itu memang Oppo ingin memanjakan para penggemar swafoto agar dapat memperoleh hasil foto dengan menggunakan lensa kamera depan dengan kualitas bagus.

Terlebih lagi, di Oppo Reno6 Z 5G ini sudah ada fitur Dual-Video View yang mana dapat merekam video dengan tampilan depan dan belakang sekaligus. Jadi akan aneh apabila ada perbedaan resolusi dan kualitas yang cukup jauh antara lensa kamera belakang dan depannya saat penggunanya mengaktifkan fitur Dual-Video View.

Sedangkan untuk lensa-lensa yang terletak di belakang memiliki resolusi dan fungsi berbeda. Lensa kamera utamanya memiliki fungsi sebagai lensa wide dengan resolusi 64MP. Resolusi lensanya ini sama seperti yang dimiliki Oppo Reno6 5G. Sedangkan lensa keduanya yang berfungsi sebagai ultra-wide angle tersebut memiliki resolusi sebesar 8MP dan satu lensa lainnya mempunyai resolusi 2MP yang berfungsi sebagai lensa macro.

Untuk lensa-lensa belakangnya ini, Oppo telah menambahkan banyak fitur tambahan pembantu serta teknologi AI agar hasil foto atau video yang didapatkan sangat berkualitas dan tidak mengecewakan. Fitur-fitur tersebut antara lain Portrait Beautification Video, Focus Tracking, Bokeh Flare Portrait, OPPO Image Clear Engine, Flash Snapshots, AI Palette dan banyak lagi lainnya.

Terdapat 2 varian warna untuk Oppo Reno6 Z 5G ini, yaitu Aurora dan Stellar Black
Terdapat 2 varian warna untuk Oppo Reno6 Z 5G ini, yaitu Aurora dan Stellar Black

2. Desain Menarik Nan Elegan

Sama seperti Oppo Reno6 5G, Oppo Reno6 Z 5G juga tersedia dalam 2 varian warna pilihan, yaitu Aurora dan Stellar Black. Tidak ada penjelasan mengenai Stellar Black tersebut hanya saja seperti namanya, warna perangkatnya tidak terlalu hitam pekat, melainkan hanya lebih gelap dibandingkan yang Aurora.

Sedangkan warna Aurora sendiri memiliki artian bahwa warna yang digunakan terinspirasi dari cahaya langit utara yang berpendar indah. Untuk pembuatan warna Aurora ini sendiri, Oppo menggunakan cara baru yang disebut Diamond Spectrum Process terbaru atau sebuah model pewarnaan dengan mengkombinasikan beberapa lapisan film dengan tekstur dan warna yang berbeda.

Ditambah lagi, Oppo Reno6 Z 5G ini menggunakan lapisan coating yang sama seperti digunakan pada Oppo Reno6 5G dan Oppo Reno6 Pro 5G, yaitu Oppo Reno Glow 2 yang mana dapat memproteksi permukaan dari bekas sidik jari atau tangan sehingga membuat perangkat tetap terlihat bersih.

Dari sisi desainnya sendiri, Oppo Reno6 Z 5G masih tetap mengusung desain yang menarik dan elegan serta sangat ringan dan juga tipis. Bobotnya hanya  mencapai 173 gram dengan ketebalan hanya 9,97 mm.

Chipset yang digunakan pada Oppo Reno6 Z 5G adalah MediaTek Dimensity 800U 5G
Chipset yang digunakan pada Oppo Reno6 Z 5G adalah MediaTek Dimensity 800U 5G

3. Jeroan Andal dan Support Jaringan 5G

Oppo Reno6 Z 5G hadir dengan chipset yang satu level di bawah Oppo Reno6 5G. Apabila Oppo Reno6 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 900 5G, Oppo Reno6 Z 5G memakai MediaTek Dimensity 800U 5G. Walaupun berbeda, akan tetapi chipset yang dipakai Oppo Reno6 Z 5G ini tetap andal dan gahar untuk digunakan dalam berbagai aktivitas.

Selain itu, Oppo Reno6 Z 5G juga sudah support dengan jaringan 5G yang mana akan dapat membantu penggunanya dalam beraktivitas di dalam dunia digital. Terlebih, sistem di dalamnya juga tidak boros energi walaupun digunakan untuk mengakses jaringan 5G. Hanya saja, untuk masalah konektivitas jaringan 5G-nya, hal itu tergantung dari koneksi jaringan di negara atau wilayah setempat.

Oppo Reno6 Z 5G juga dilengkapi dengan RAM dan ROM yang besar. RAM-nya adalah sebesar 8GB yang sangat membantu sistem dalam bekerja dan mereduksi kelambatan dalam pemrosesan segala sesuatu. Sedangkan ROM-nya sendiri berkapasitas sebesar 128GB yang mana masih dapat ditambah lagi dengan menggunakan microSD.

Baterainya besar dan dapat digunakan dalam berbagai aktivitas selama seharian penuh
Baterainya besar dan dapat digunakan dalam berbagai aktivitas selama seharian penuh

4. Pengisian Baterai Hanya Butuh Kurang dari Satu Jam

Untuk jenis sampai dengan kapasitas baterai yang digunakan Oppo Reno6 Z 5G ini masih sama dengan yang ada di Oppo Reno6 5G. Jenis baterai yang dipakai adalah non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas 4310 mAh. Baterainya ini cukup besar dan dapat bertahan lama untuk penggunaan selama seharian penuh.

Hanya saja perbedaannya dengan Oppo Reno6 5G, Oppo Reno6 Z 5G hanya menggunakan teknologi pengisian cepat 30W saja, sedangkan yang Reno6 sendiri adalah 65W. Walaupun begitu, dengan teknologi pengisian cepat 30W VOOC 4.0 tersebut, proses kerjanya dari 0-100% tidak membutuhkan waktu satu jam. Dalam pengujicobaan, baterainya dapat diisi secara penuh hanya dalam waktu 52 menit saja.

Layarnya masih dapat terlihat apapun yang muncul di permukaannya walaupun di bawah sinar matahari
Layarnya masih dapat terlihat apapun yang muncul di permukaannya walaupun di bawah sinar matahari

5. Layar Besar Berjenis AMOLED yang Sangat Jernih dan Tajam

Layar yang digunakan Oppo Reno6 Z 5G ini berjenis AMOLED yang sudah teruji kualitasnya. Terlebih lagi, ketika digunakan untuk menampilkan segala sesuatu di layarnya, hasilnya sangat tajam, jernih dan detail. Ukuran layarnya adalah 6,4 inci yang sangat melegakan ketika dipakai untuk dipakai menonton video atau bermain game.

Bahkan saat digunakan di bawah sinar matahari secara langsung, layarnya tidak berubah menjadi pucat. Segala yang tertampil tetap dapat terlihat dengan jelas, terang dan tajam. Layarnya juga sudah dilengkapi dengan teknologi AI EYE COMFORT yang dapat mereduksi emisi cahaya biru yang dapat membuat mata sakit dan capek.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6 Z 5G

Kelebihan Oppo Reno6 Z 5G

Kelebihan yang dimiliki Oppo Reno6 Z 5G pertama adalah layarnya yang berjenis AMOLED. Dengan layar jenis ini, maka segala sesuatu yang ditampilkan akan sangat tajam, terang dan detail. Kemudian kelebihan kedua adalah terletak pada fitur kameranya yang oleh Oppo sendiri nampaknya menjadi titik fokus dalam pembuatan produk ini. Ada banyak fitur menarik yang terkait dengan fasilitas kamera di Oppo Reno6 Z 5G ini. Kelebihan selanjutnya adalah terletak pada jeroannya yang andal dan gahar, serta RAM dan ROM yang berkapasitas besar.

Kekurangan Oppo Reno6 Z 5G

Sedangkan untuk kekurangan dari Oppo Reno6 Z 5G, yang pertama adalah terletak pada tidak terdapatnya fitur NFC di dalamnya, padahal fasilitas semacam ini sudah sangat banyak digunakan atau terdapat di smartphone-smartphone sejenis buatan vendor lain di pasaran. Kekurangan kedua adalah kapasitas baterai dan juga teknologi fast chargingnya cukup rendah untuk ukuran smartphone mid-range premium. Kekurangan selanjutnya adalah Oppo Reno6 Z 5G bukanlah smartphone yang dapat digunakan di alam bebas karena perangkat mobile satu ini tidak memiliki kekuatan tubuh yang bagus.

hp Oppo Reno6 Z 5G
Oppo Reno6 Z 5G adalah smartphone mid-range premium yang menjadi versi turunan dari Oppo Reno6 5G

Review Akhir

Oppo Reno6 Z 5G dapat dikatakan sebagai Oppo Reno6 5G versi mid-range. Dikatakan begitu karena secara garis besar, spesifikasinya hampir mirip akan tetapi untuk beberapa hal saja yang mengalami penurunan seperti salah satunya adalah pada chipset yang digunakan. Walaupun begitu, Oppo Reno6 Z 5G sudah sangat cukup layak untuk dibeli karena fitur-fitur inti di dalamnya sangat bagus dan berkualitas. Smartphone satu ini kabarnya akan dirilis secara perdana di pasaran Thailand dan Vietnam, baru setelah itu akan diluncurkan di banyak negara termasuk di Indonesia. Untuk harganya sendiri, belum ada informasi resmi dari pihak Oppo. Menurut rumor, harga dari Oppo Reno6 Z 5G ini adalah sekitar Rp 5,91 jutaan.

 

Artikel: Spesifikasi Oppo Reno6 Z 5G by PortalHP.com

Sumber gambar: https://www.oppo.com/th/smartphones/series-reno/reno6-z-5g/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here