Poco C40

hp Poco C40
Poco C40, si cantik imut yang cocok digunakan oleh Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan

Poco C40 adalah produk baru dari Poco yang dirilis di pertengahan tahun 2022 yang peluncurannya bersamaan dengan hadirnya 2 produk smartphone anyar lainnya, yaitu Poco X4 GT dan Poco F4. Hanya saja, dibandingkan dengan 2 smartphone baru tersebut, Poco C40 berada di kelas yang berbeda. Untuk Poco X4 GT dan Poco F4 berada di kelas mid-range dan flagship, sedangkan Poco C40 ada di kelas entry level. Walaupun ada di kelas paling bawah, namun kualitas dan spesifikasi yang dipunyai Poco C40 tidak bisa dianggap remeh. Contohnya saja, desain yang diusung sudah mengadopsi model yang sekarang lagi nge-tren, kemudian chipset yang dipakai juga merupakan jenis yang terbaru.

Harga Poco C40

Poco C40 ini dirilis kali pertama di pertengahan bulan Juni 2022 dan pihak Poco memilih Vietnam sebagai negara pertama yang digunakan untuk perilisannya. Smartphone satu ini diciptakan untuk pangsa pasar anak muda yang ingin perangkat mobile berdesain terkini tapi masih relatif terjangkau. Belum diketahui apakah Poco C40 ini sudah dijual bebas di pasaran atau di gerai-gerai umum di Vietnam atau belum. Tapi pastinya, pihak Poco sudah menggandeng pihak ketiga sebagai rekanan dalam pemasaran produk satu ini secara online, yaitu thegioididong.com. Di website ini, Poco C40 yang awalnya dijual dengan harga 3,490,000 VND turun menjadi 2,990,000 VND atau sekitar Rp1,91 jutaan. Harganya ketika dikurskan ke Rupiah menjadi lebih murah karena mata uang Vietnam (Dong) lebih rendah dari mata uang Indonesia.

Spesifikasi Poco C40

Nama model Poco C40
Kode produksi 220333QPG
Segmen pasar Entry Level
Diperkenalkan Juni 2022
Dirilis resmi Juni 2022
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA / WCDMA / 4G LTE (LTE-TDD, LTE-FDD)
Eksternal
Dimensi 169,59 × 76,56 × 9,18 mm
Berat 204 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD
Ukuran 6,71 inci (~82.0% screen-to-body ratio)
Resolusi 1650 x 720 pixels (HD+)
Perlindungan Corning Gorilla Glass, IP52
Model Bezel-less dengan punch hole
Internal
Sistem Operasi Android 11
User Interface (UI) MIUI 13 for POCO
Chipset JLQ JR510 8 cores (11nm)
Prosesor Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A55 & 4×1.5 GHz Cortex-A55)
Kartu grafis Mali-G52
ROM 64GB (kapasitas penyimpanan internalnya masih dapat ditambah menggunakan microSD sampai dengan 1TB)
RAM 4GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 5MP
Fitur Color Filters, HDR, Beautify, Deleted fonts
Belakang 13MP + 2MP
Fitur Night Mode (Night Mode), Professional (Pro), HDR, Time Lapse, Deleted fonts
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Ambient light sensor, Proximity Sensor, E-compass, Gyroscope sensor, Rear fingerprint sensor, AI face unlock
Sensor sidik jari Ya (di belakang)
Konektivitas
WLAN Dual-band (2.4GHz/5GHz), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB USB Type-C 2.0
NFC
GPS GPS, GLONASS, BDS, Galileo, BeiDou
Radio Ya
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 6000 mAh (support fast charging 18W)
Warna Power Black, Coral Green, POCO Yellow
Harga 2,990,000 VND atau sekitar Rp1,91 jutaan

Lihat juga:

Fitur Unggulan Poco C40

Spesifikasi Poco C40 Ukuran Layar
Ukuran layarnya sedikit lebih besar dari kebanyakan layar smartphone mid-range pada umumnya

1. Layar Super lebar 6,71 Inci Berjenis IPS LCD

Poco C40 dilengkapi dengan layar berukuran cukup lebar, yatu 6,71 inci. Layarnya yang berjenis IPS LCD ini memiliki resolusi sebesar 1650 x 720 pixels HD+ yang akan dapat dipakai untuk berbagai hal, mulai dari bekerja sampai dengan hanya sekadar menonton video. Smartphone ini juga dirasa sangat tepat untuk digunakan oleh para pelajar, terutama yang masih melakukan daring di rumah.

Dikatakan begitu karena dengan layar lebarnya, maka saat daring, maka proses belajar akan lebih terbantu. Selain itu, penggunanya juga dapat lebih leluasa untuk menggunakan perangkat ini sebagai media untuk menonton video ataupun bermain game. Dan tentu saja, layarnya sudah dilengkapi dengan filter penyaring emisi cahaya biru agar tidak membuat mata cepat lelah dan sakit. Ketika digunakan di bawah sinar matahari pun, apapun yang tertampil di layarnya tetap dapat terlihat dengan jelas.

Baterainya sangat mendukung aktivitas luar ruangan karena tidak cepat habis dalam waktu singkat
Baterainya sangat mendukung aktivitas luar ruangan karena tidak cepat habis dalam waktu singkat

2. Layar Besar dengan Kapasitas 6000 mAh

Pada umumnya, smartphone-smartphone kelas entry level yang diluncurkan di pasaran hanya dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4500 sampai 5000 mAh saja. Tapi beda dengan Poco C40 ini. Smartphone tersebut dibekali dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer berkapasitas 6000 mAh. Cukup besar bukan?

Dengan baterai berkapasitas sebesar ini, maka Anda dapat menggunakan perangkat untuk berbagai aktivitas seharian penuh hanya dalam sekali pengisian secara penuh. Bahkan ketika digunakan untuk bermain game ‘berat’ seperti Free Fire, Lien Quan Mobile ataupun PUBG Mobile selama berjam-jam, baterainya tetap mampu bertahan sampai malam hari.

Ketika diujicobakan dalam keadaan penuh 100%, baterainya mampu bertahan selama 32 jam untuk digunakan menerima atau melakukan panggilan, 20 jam untuk menonton video playback atau juga 17 jam untuk dipakai mengoperasikan map digital.

Dengan teknologi fast charging, maka akan lebih cepat proses pengisian baterai dibanding model lawas
Dengan teknologi fast charging, maka akan lebih cepat proses pengisian baterai dibanding model lawas

3. Support Teknologi 18W Fast Charge

Selain dilengkapi baterai berkapasitas besar, 6000 mAh, Poco C40 juga support dengan teknologi pengisian cepat atau 18W fast charge. Untuk mengisi baterainya dari 0-100%, maka hanya dibutuhkan waktu selama 2 jam 48 menit saja.

Mungkin Anda melihat waktu pengisian 2 jam lebih tersebut adalah waktu yang lama, tapi sebenarnya hal itu dikarenakan kapasitas baterainya yang memang besar, maka waktu yang dibutuhkan lebih dari yang hanya berkapasitas 5000 mAh.

Chipset yang digunakan besutan dari JLQ Technology
Chipset yang digunakan besutan dari JLQ Technology

4. Chipset Terbaru dan Lain daripada Lainnya

Satu hal yang dapat dikatakan sebagai gebrakan terbaru dari Poco C40 ini adalah terletak pada sisi chipsetnya. Smartphone ini tidak dilengkapi dengan chipset buatan Qualcomm, MediaTek atau bahkan Unisoc, tapi melainkan dari JLQ Technology atau sebuah perusahaan semiconductor berbasis di Shanghai, Cina.

Chipset yang dipakai di Poco C40 ini adalah JR510 dengan fabrikasi 11 nanometer. Untuk masalah performanya, ketika diujicobakan, hasilnya adalah satu level dengan Qualcomm Snapdragon 450 atau MediaTek Helio G35. Dalam uji test benchmark, hasil yang diperoleh adalah GeeBench 5 Single: 169 point dan GeekBench 5 Multi-core: 906 point.

Untuk prosesornya sendiri, Poco C40 dilengkapi dengan struktur 8-core dengan clocking 2.0GHz 4x serta 1,5GHz 4x. Sedangkan untuk kartu grafis yang dipakainya adalah Mali G-52. Hasil test grafisnya adalah GPU Compute: 520 point dan PCMark (3D): 5,028 point. Poco C40 juga dilengkapi dengan RAM sebesar 4GB dan ROM 64GB yang masih dapat ditambah kapasitasnya sampai dengan 1TB menggunakan microSD.

Lensa kamera utamanya memiliki resolusi 13MP
Lensa kamera utamanya memiliki resolusi 13MP

5. 3 Lensa Kamera untuk Perekaman dan Pemotretan dengan Hasil Menawan

Total hanya ada 3 buah lensa kamera yang tersemat di body Poco C40 ini, yaitu 1 berada di depan dan 2 terletak di belakang. Khususnya yang ada di belakang, lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 13MP yang telah menggunakan camera system terbaru dan berpadu dengan teknologi AI di dalamnya. Anda bisa merekam atau memotret momen indah dengan leluasa dan hasilnya tidak kalah bagus dengan kamera-kamera smartphone lainnya.

Sedangkan untuk lensa kamera keduanya adalah memiliki resolusi sebesar 2MP dan berfungsi sebagai depth of field lens. Untuk kamera depannya sendiri, kurang lebih sama seperti kebanyakan kamera depan yang digunakan di banyak smartphone entry level pada umumnya. Memiliki resolusi 5MP dan didedikasikan untuk para pencinta selfie atau untuk media video call.

Terdapat 3 pilihan warna berbeda untuk Poco C40 ini
Terdapat 3 pilihan warna berbeda untuk Poco C40 ini

6. Desain Bergaya Muda, Dinamis dan Tidak Mudah Tergelincir dari Genggaman

Poco C40 mempunyai desain yang relatif bagus. Ketebalannya mencapai 9,18 mm dengan bobot 204 gram saja. Dan yang membuat menarik adalah secara keseluruhan, desainnya dibuat melengkung dengan sudut yang tidak kaku ataupun runcing. Bagian belakang terbuat dari kulit imitasi yang memiliki sedikit tekstur ketika diraba. Bahkan saat dipegang dalam genggaman pun, perangkat satu ini tidak mudah tergelincir dan jatuh.

Ada 3 warna pilihan untuk Poco C40 ini, yaitu Power Black, Coral Green dan POCO Yellow. Ketiganya tidak memancarkan kesan yang kaku dan terlalu mewah, melainkan bergaya sangat muda sekali dan terkesan dinamis. Terdapat juga modul kaca persegi panjang pada bagian belakangnya yang menjadi rumah untuk lensa kamera, flash dan spot fingerprint sensornya.

Sistem audionya akan sangat memanjakan telinga, terutama ketika dipakai untuk bermain game
Sistem audionya akan sangat memanjakan telinga, terutama ketika dipakai untuk bermain game

7. Speaker Bagus dan Sangat Keras Ketika Dinyalakan Maksimal

Untuk urusan sistem audionya, Poco C40 dilengkapi dengan speaker yang cukup bagus. Akan terasa kekuatannya ketika Anda memutar musik melalui perangkat ini dan memaksimalkan volumenya. Suaranya akan terdengar sangat keras dan nyaring, tapi tidak membuat telinga menjadi sakit. Dengan sistem audio berkualitas ini, maka akan dapat memanjakan Anda saat memakai Poco C40 ini kala menonton video atau mendengarkan musik.

Sistem pengamannya tidak mudah dibobol karena membutuhkan wajah dan sidik jari Anda sendiri
Sistem pengamannya tidak mudah dibobol karena membutuhkan wajah dan sidik jari Anda sendiri

8. 2 Sistem Pengamanan Canggih dan Susah untuk Dibobol

Untuk masalah keamanan, Anda dapat memilih untuk menggunakan sistem pengaman bawaan dari Android, seperti password, pattern atau lainnya. Tapi jika ingin lebih aman lagi, maka Poco C40 ini sudah dilengkapi dengan 2 sistem pengaman yang sangat canggih untuk ukuran smartphone kelas entry level, yaitu Face Unlock dan fingerprint scanner. Dengan kedua sistem pengaman ini, maka tidak ada pihak lain yang dapat membobolnya karena untuk membuka perangkat harus membutuhkan wajah atau sidik jari Anda sendiri.

Lihat juga:

 

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Poco C40

Untuk kelebihan yang paling pertama yang dimiliki Poco C40 adalah terletak pada kapasitas baterainya yang sangat besar untuk ukuran smartphone kelas entry level. Kedua, kelebihannya adalah pada layarnya yang bagus dan berukuran besar. Bahkan sedikit lebih besar dibandingkan kebanyakan smartphone kelas mid-range pada umumnya. Desain yang bagus juga menjadi poin plus untuk perangkat mobile satu ini. Ditambah lagi, Poco C40 dijual dengan harga yang relatif terjangkau untuk semua kalangan.

Kekurangan Poco C40

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri, body Poco C40 cukup tebal dan bobotnya pun masih di atas 200 gram atau tepatnya 204 gram. Walaupun sudah support fast charging, tapi teknologi yang digunakan adalah 18W fast charge. Jadi dengan baterai sebegitu besar, maka membutuhkan waktu yang sangat lama untuk pengisian ulang baterainya. Ditambah lagi, untuk mempercepat pengisian baterai, penggunanya tidak disarankan untuk memakai perangkat ketika sedang dalam proses charging. Kekurangan lainnya adalah tingkat density layarnya hanya mencapai 268 ppi saja.

hp Poco C40
Poco C40, si cantik imut yang cocok digunakan oleh Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan

Review Akhir

Secara umum, Poco C40 merupakan produk mobil yang relatif bagus. Detailnya sangat diperhatikan oleh Poco dan spesifikasinya juga cocok untuk ukuran smartphone kelas entry level. Untuk urusan menonton video, bermain game ataupun digunakan sebagai media konferensi atau daring pun bukan menjadi masalah. Lensa kameranya juga cukup mumpuni untuk digunakan untuk memotret atau merekam video yang diinginkan. Baterainya pun berkapasitas besar dan sangat menunjang bagi Anda yang sering memiliki mobilitas di luar ruangan. Hanya saja, Poco C40 hanya support dengan teknologi 18W fast charge yang lama dalam proses pengisian baterainya. Di Vietnam, Poco C40 dijual dengan harga sekitar Rp1,91 jutaan. Belum diketahui apakah nantinya produk  ini juga akan hadir di pasaran Tanah Air atau tidak.

Artikel: Spesifikasi Poco C40 by PortalHP.com

Sumber gambar: https://www.po.co/global/product/poco-c40/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here