Poco F3 5G

hp Poco F3 5G
Poco F3 5G adalah smartphone mid-range rasa flagship

Poco F3 5G memang tepat apabila dikatakan sebagai flagship killer atau “pembunuh” smartphone-smartphone kelas flagship. Dikatakan begitu karena apa yang dimilikinya sangat andal dan berkualitas, padahal perangkat mobile satu ini berdiri dengan status sebagai smartphone kelas mid-range. Poco F3 5G diperkenalkan kali pertama pada bulan Maret 2021 dan baru diedarkan secara meluas, termasuk di Indonesia adalah pada bulan Juni 2021. Dari segi tampilan, Poco F3 5G memiliki desain yang cantik dan menarik. Ditambah lagi dengan jeroan yang dasyat, membuat produk mobile satu ini sangat wajib untuk dimiliki. Mulai dari jenis layar, sistem internalnya, RAM dan ROM-nya, kamera sampai dengan baterai yang dimiliki tidak kalah canggih dan bagus dengan apa yang dipunyai kebanyakan smartphone kelas flagship.

Harga Poco F3 5G

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Poco F3 5G ini untuk sekarang sudah hadir dan dapat dibeli di pasaran Tanah Air. Adapun harganya, Poco menyediakan dua varian yang mana dibedakan dari besaran RAM dan ROM di dalam perangkat. Untuk Poco F3 5G yang dilengkapi dengan RAM sebesar 6GB dengan ROM yang berkapasitas 128GB, dijual dengan harga Rp4.999.000. Sedangkan untuk yang memiliki RAM 8GB dengan ROM sebesar 256GB, harganya adalah Rp5.499.000. Apabila Anda tertarik untuk membelinya, maka dapat langsung melakukan order via website resmi Poco Indonesia atau melalui gerai-gerai offline resminya. Anda dapat juga membelinya di berbagai toko online yang ada di Tanah Air.

Spesifikasi Poco F3 5G

Nama model Poco F3 5G
Kode produksi M2012K11AG
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Maret 2021
Dirilis resmi Juni 2021
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA / 4G LTE (LTE-TDD, LTE-FDD) / 5G (SA/NSA)
Eksternal
Dimensi 163,7 x 76,4 x 7,8 mm
Berat 196 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Dynamic AMOLED DotDisplay
Ukuran 6,67 inci (85.9% screen-to-body ratio)
Resolusi 2400 x 1080 pixels FHD+ (~395 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5
Model Bezel-less dengan punch hole (dotdisplay), HDR10+, Brightness 900 nits (umum) / 1300 nits (maksimal), Sunlight Display 3.0, 360° Ambient light sensor, MEMC, SGS Eye Care Display, SGS Seamless Pro 120Hz, Refresh rate 120Hz, touch sampling rate 360Hz
Internal
Sistem Operasi Android 11
User Interface (UI) MIUI 12 for POCO
Chipset Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 5G (7 nm)
Prosesor Octa-core (1×3.2 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
Kartu grafis Qualcomm Adreno 650
ROM 128GB / 256GB UFS 3.1
RAM 6GB / 8GB LPDDR5
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 20MP
Fitur Selfie Night Mode, Movie frame
Belakang 48MP + 8MP + 5MP
Fitur Night mode 2.0, One-click AI Cinema, Magic Zoom, Slow Shutter, Time Freeze, Night Time-lapse, Parallel World, Freeze Frame Video, 4K Video
Loudspeaker Ya (Hi-Res Audio Certification, Dolby Atmos)
Port jack 3,5mm Tidak ada
Sensor utama AI Face Unlock, Proximity sensor, 360° Ambient light sensor, Accelerometer, Gyroscope, Electronic compass, Linear motor, IR Blaster
Sensor sidik jari Ya (di samping)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 6, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth V5.1, A2DP, LE
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
NFC Ya
GPS GPS: L1+L5, Galileo: E1+E5a, GLONASS: G1, Beidou: B1I+B2a, Navic
Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4520 mAh (support fast charging 33W)
Warna Night Black, Deep Ocean Blue, Arctic White
Harga •          6GB + 128GB Rp 4.999.000

•          8GB + 256GB Rp 5.499.000

Fitur Unggulan Poco F3 5G

Spesifikasi Poco F3 5G Chipset Qualcomm Snapdragon 870
Chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 870

1. Jerohan Andal dan Tangguh untuk Berbagai Aktivitas

Poco F3 5G memang pantas disebut sebagai flagship killer karena dari sisi jerohannya saja sudah terbukti mampu bersaing dengan smartphone-smartphone kelas atas di pasaran. Padahal, perangkat mobile satu ini berstatus sebagai smartphone kelas mid-range. Chipset yang digunakan pun tidak main-main, yaitu Qualcomm Snapdragon 870 yang mana telah mendapatkan sokongan 2 varian RAM dan ROM, yaitu masing-masing 128GB dan 256GB serta RAM 6GB dan 8GB.

Selain itu, fabrikasi chipsetnya adalah 7nm yang membuat performa perangkat menjadi sangat kencang dalam pemrosesan data serta stabil ketika dipakai untuk banyak aktivitas sekaligus. Clock speed prosesornya ditingkatkan 100 MHz dari model sebelumnya menjadi 3,2 GHz dan ada kartu grafis Adreno 650 yang memiliki kecepatan clock hingga 670 MHz.

Tidak hanya untuk aktivitas sederhana seperti penjelajahan web, media sosial, dan beberapa kegiatan multitasking pada umumnya, Poco F3 5G juga tampil gahar ketika dipakai untuk bermain game. Terutama layarnya pun sangat mendukung untuk bermain game yang memiliki banyak gerakan.

Smartphone satu ini juga dilengkapi dengan teknologi LiquidCool1.0 Plus yang dapat membantu menurunkan temperatur berlebih di dalam perangkat, termasuk dapat mendinginkan prosesor. Dengan lapisan-lapisan peredam panas di dalamnya, maka dapat membuat suhu di dalam perangkat disebarkan merata yang mana kemudian dikeluarkan bertahap agar tidak terjadi overheat.

Dan untuk urusan gaming, terdapat teknologi X-axis haptic yang mana berfungsi sebagai pemberi sensasi getar saat perangkat dipakai untuk bermain game yang banyak gerakannya. Teknologi ini rata-rata hanya terdapat di perangkat-perangkat kelas flagship saja, tapi Poco F3 5G ini justru sudah memilikinya.

Dengan jaringan 5G, maka aktivitas download atau upload menjadi lebih cepat
Dengan jaringan 5G, maka aktivitas download atau upload menjadi lebih cepat

2. Support untuk Digunakan di Jaringan Tercepat, 5G

Tentu saja, seperti namanya, Poco F3 5G ini sudah support untuk dipakai di jaringan 5G. Dengan jaringan 5G, maka akan ada peningkatan yang sangat signifikan ketika Anda memakai perangkat untuk mengunduh, mengunggah sampai dengan streaming. Sangat cepat dan stabil. Selain itu, Poco F3 5G ini juga mendukung 11 frekuensi jaringan global yang mana hal itu disebabkan terdapatnya tata letak antena simetris 360° di dalamnya. Poco F3 5G ini juga telah support dengan teknologi Wi-Fi 6 yang mana meningkat sebesar 270% dibandingkan dengan Wi-Fi 5.

Baterai jumbo untuk aktivitas padat seharian penuh
Baterai jumbo untuk aktivitas padat seharian penuh

3. Baterai Besar dan Support Teknologi Pengisian Cepat 33W

Poco F3 5G dilengkapi dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer yang mempunyai daya sebesar 4520 mAh. Kapasitas baterainya tersebut dirasa cukup besar dan dapat digunakan untuk berbagai aktivitas seharian penuh hanya dalam sekali pengisian saja. Satu hal yang menarik adalah walaupun baterainya berkapasitas besar, akan tetapi tidak berimbas pada bentuk dan desain dari Poco F3 5G ini. Desain dan bentuknya tetap tipis dan terkesan sleek.

Selain itu, Poco F3 5G juga support dengan teknologi pengisian cepat 33W yang mana hanya membutuhkan waktu 19 menit untuk mencapai 50% atau 53 menit saja untuk mengisi secara penuh baterainya. Saat diujicobakan, dalam kondisi baterai penuh 100%, perangkat ini dapat digunakan untuk bermain game selama 10 jam secara nonstop, 14 jam untuk menonton video, 149 jam untuk mendengarkan musik atau 268 jam dalam mode standby.

Layarnya berjenis Dynamic AMOLED yang sangat berkualitas di kelasnya
Layarnya berjenis Dynamic AMOLED yang sangat berkualitas di kelasnya

4. Layar Besar, Jernih dan Memiliki Refresh Rate 120Hz

Poco F3 5G menggunakan layar berjenis Dynamic AMOLED yang berukuran 6,67 inci atau 16,94 cm secara diagonal. Resolusi layarnya adalah 2400 x 1080 piksel dan mempunyai tingkat density sebesar 395 ppi. Layarnya ini memiliki refresh rate yang beragam, yaitu mulai dari 60Hz, 90Hz sampai dengan 120Hz. Dengan tingkatan yang paling maksimum, maka layarnya dapat menampilkan gambar statis dengan sangat bagus. Sedangkan touch sampling ratenya juga tidak main-main, yaitu 360Hz yang memiliki artian sangat responsif ketika mendapatkan sentuhan dan lebih cepat aktif dibandingkan dengan layar yang miliki touch sampling rate di bawahnya.

Layarnya pun sangat berkualitas ketika digunakan baik di dalam atau di luar ruangan. Bahkan ketika dipakai di bawah sinar matahari secara langsung pun, tidak membuat layarnya menjadi pucat atau flickering. Semua yang tertampil tetap dapat terlihat atau terbaca dengan jelas.

Layar yang dipunyai Poco F3 5G ini sangat bagus untuk digunakan dalam berbagai aktivitas terutama untuk bermain game atau menonton video. Hal itu dikarenakan selain layarnya sangat lebar, rasio screen-to-body-nya pun juga besar. Ditambah lagi, tidak ada notch yang terpampang di layarnya karena Poco menggunakan desain punch hole berukuran kecil atau mereka menyebutnya dengan istilah DotDisplay yang tidak membuat layar terpangkas beberapa persen.

Desain Poco F3 5G ini tipis dan terkesan mewah
Desain Poco F3 5G ini tipis dan terkesan mewah

5. Desain Menarik dan Elegan

Total ada 3 varian warna untuk Poco F3 5G ini, yaitu Deep Ocean Blue, Arctic White dan Night Black. Hanya saja, dari ketiganya itu, hanya Deep Ocean Blue yang memiliki kesan tekstur pada permukaannya, sedangkan Arctic White dan Night Black memiliki kesan polos dan doff. Desainnya cukup ramping dan tipis serta setiap sudut dan pinggirannya dibuat tumpul. Rangka framenya terbuat dari logam dan smartphone ini sudah terlindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Total ada 4 buah lensa kamera yang tersemat di body Poco F3 5G ini
Total ada 4 buah lensa kamera yang tersemat di body Poco F3 5G ini

6. Layar Berkualitas untuk Abadikan Segala Momen dengan Sempurna

Seperti halnya kebanyakan smartphone lain pada umumnya, Poco F3 5G juga dilengkapi dengan fasilitas kamera. Total ada 3 buah lensa kamera di belakang dan satu di depan. Untuk yang terletak di belakang, lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP. Lensa kamera utamanya ini sudah didukung oleh teknologi AI yang dapat memaksimalkan dan mengoreksi semua hasil foto atau video yang didapat.

Lensa kamera keduanya adalah lensa ultra wide yang memiliki resolusi sebesar 8MP. Lensanya ini dapat digunakan untuk memotret dalam mode landscape dengan rentang terjauh FOV 119°. Sedangkan lensa kamera ketiganya memiliki resolusi sebesar 5MP dan berfungsi sebagai kamera telemakro. Untuk lensa kamera depannya, resolusinya adalah 20MP yang sangat bagus ketika digunakan untuk berswafoto atau merekam video.

Selain itu, terdapat banyak sekali fitur tambahan untuk semua lensa kamera yang tersemat. Mulai dari Night mode 2.0 sampai dengan AI Cinema. Terdapat juga 3 buah mikrofon yang sangat membantu ketika perangkat digunakan untuk merekam video dan dapat menangkap audio sekitar 360°. Anda dapat menghilangkan noise pada background, merekam suara di sekitar sampai dengan memperkeras volume suara seperti yang diinginkan.

Audionya sangat menggelegar tapi tidak membuat telinga menjadi sakit
Audionya sangat menggelegar tapi tidak membuat telinga menjadi sakit

7. Speaker Dual Stereo yang Mampu Hasilkan Suara yang Jernih dan Keras

Poco F3 5G ini dilengkapi dengan sistem audio yang sangat berkualitas. Terdapat Dual Stereo Speaker yang mana dapat menghasilkan suara yang sangat keras namun tidak terdengar jelek atau membuat telinga menjadi sakit saat mendengarkannya. Terlebih lagi, smartphone ini sudah mengantongi sertifikasi Dolby Atmos dan Hi-Res Audio.

Kelebihan dan Kekurangan Poco F3 5G

Kelebihan Poco F3 5G

Kelebihan yang dimiliki Poco F3 5G ini, pertama adalah tenaga dan performa mesin di dalamnya sangat bagus. Poco F3 5G dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 870 yang memiliki kualitas satu tingkat di bawah chipset paling hebat untuk sekarang ini, Qualcomm Snapdragon 888. Selain itu, kelebihan selanjutnya adalah terletak pada layarnya yang memang sangat berkualitas. Poco F3 5G dilengkapi dengan layar berjenis Dynamic AMOLED berukuran 6,67 inci. Kemudian kelebihan lainnya adalah lensa kamera utamanya sangat bagus untuk digunakan baik memotret atau merekam video.

Kekurangan Poco F3 5G

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri, Poco F3 5G tidak dilengkapi dengan slot untuk microSD yang mana akan merepotkan ketika internal storage-nya mulai penuh. Selain itu, Poco F3 5G ini juga tidak dilengkapi dengan lubang 3,5 mm jackphone yang masih sangat dibutuhkan untuk saat ini. Poco F3 5G juga hadir dengan banyak sekali aplikasi bawaan atau bloatware yang akan merepotkan penggunanya untuk pertama kali karena tidak banyak dari aplikasi-aplikasi tersebut yang benar-benar dibutuhkan. Jadi pengguna harus menguninstalnya satu persatu. Lensa telemakronya pun tidak begitu berkualitas ketika digunakan untuk memotret objek dari jarak dekat. Poco F3 5G juga tidak support dengan teknologi wireless charging. Satu kekurangan lainnya adalah MIUI yang digunakan di Poco F3 5G ini tidak support dengan perangkat lain.

hp Poco F3 5G
Poco F3 5G adalah smartphone mid-range rasa flagship

Review Akhir

Poco F3 5G adalah salah satu produk Xiaomi yang berada di bawah bendera Poco Phone. Produk mobile satu ini memang cukup layak apabila dikatakan sebagai pesaing atau bahkan disebut sebagai pembunuh smartphone flagship. Hal itu dikarenakan Poco F3 5G adalah smartphone mid-range yang memiliki banyak aktivitas canggih setara flagship. Performa dan kinerja mesinnya sangat bagus, support dengan jaringan 5G, fasilitas-fasilitas lainnya juga mumpuni yang mana menjadikan Poco F3 5G ini adalah produk yang sangat layak untuk dimiliki. Terlebih lagi, layar yang digunakan Poco F3 5G sangat berkualitas, tidak hanya dari sisi jenisnya saja, akan tetapi dari kemampuannya dalam hal scrolling dan sangat sensitif. Poco F3 5G ini sekarang sudah hadir di pasaran Tanah Air dengan 2 varian harga berbeda yang dibedakan dari besaran RAM dan ROM di dalamnya.

Artikel: Spesifikasi Poco F3 5G by PortalHP.com

Sumber gambar: https://www.po.co.id/id/product/poco-f3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here