Poco M3 Pro 5G

hp Poco M3 Pro 5G
Poco M3 Pro 5G adalah smartphone entry level 5G pertama di tahun 2021

Poco M3 Pro 5G merupakan produk smartphone terbaru dari Xiaomi yang diperkenalkan pada bulan Mei 2021. Produk smartphone satu ini merupakan penerus dari seri Poco M3 yang sudah dirilis pada bulan November 2020. Tapi uniknya, walaupun berlabel “Pro” dan tersemat tulisan “5G” di namanya, namun ternyata Poco M3 Pro 5G ini adalah smartphone entry-level di kelas 5G pertama di tahun 2021. Smartphone ini sudah mengantongi sertifikasi BIS yang mana memiliki artian dirilis untuk pasar di luar Cina. Dan memang saja, negara pertama yang dipilih Xiaomi untuk merilis produk ini adalah India. Menurut rumor lainnya, Poco M3 Pro 5G ini juga akan dirilis di Taiwan setelahnya karena sudah mengantongi sertifikasi NCC Taiwan.

Harga Poco M3 Pro 5G

Memang secara resmi, pihak Poco ataupun Xiaomi masih belum merilis harga pasti untuk Poco M3 Pro 5G ini. Akan tetapi, banyak beredar di internet bahwa harga dari perangkat mobile satu ini nantinya adalah sebesar EURO 180 atau sekitar Rp3,1 jutaan untuk yang dilengkapi dengan RAM 4 dan ROM 64GB. Sedangkan versi RAM 6GB dan ROM 128GB, dijual dengan harga EURO 200 atau sekitar Rp3,5 jutaan. Dan untuk sementara ini, pasar pertama dari Poco M3 Pro 5G ini adalah India dan kemudian adalah Taiwan. Belum diketahui kapan Poco M3 Pro 5G ini akan hadir di pasaran Tanah Air.

Spesifikasi Poco M3 Pro 5G

Nama model Poco M3 Pro 5G
Kode produksi M2103K19PG
Segmen pasar Entry level
Diperkenalkan Mei 2021
Dirilis resmi Mei 2021
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA / WCDMA / 4G LTE (LTE-FDD, LTE-TDD) / 5G
Eksternal
Dimensi 161,81 x 75,34 x 8,92 mm
Berat 190 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD
Ukuran 6,5 inci (83.7% screen-to-body ratio)
Resolusi 2400 x 1080 pixels FHD+ (405 ppi density)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 3
Model Bezel-less dengan punch hole, refresh rate 90Hz
Internal
Sistem Operasi Android 11
User Interface (UI) MIUI 12
Chipset MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G (7 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
Kartu grafis Arm Mali-G57 MC2 950MHz
ROM 64GB / 128GB UFS2.2
RAM 4GB / 6GB LPDDR4X
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 8MP
Fitur Timed burst, AI Beautify, AI portrait mode dengan bokeh dan depth control, Movie frame, Time-lapse, AI Video Beautify
Belakang 48MP + 2MP + 2MP
Fitur Night mode, AI camera 5.0, Movie frame, Video macro mode, Time-lapse video, Slow motion video
Loudspeaker Ya (Hi-Res Audio certification)
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama AI face unlock, Proximity sensor, Ambient light sensor, Accelerometer, Gyroscope, Electronic compass, IR blaster
Sensor sidik jari Ya (di samping)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Wi-Fi 2.4GHz/5GHz
Bluetooth 5.1, A2DP, LE
USB USB Type-C 2.0
NFC Ya (multifunctional NFC), support Google Pay
GPS Galileo, A-GPS, GLONASS, Beidou
Radio FM radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh (support fast charging 18W)
Warna POCO Yellow, Power Black, Cool Blue
Harga

Fitur Unggulan Poco M3 Pro 5G

Spesifikasi Poco M3 Pro 5G jaringan 5G
Dengan jaringan 5G, maka segala sesuatu yang terkait dengan koneksitas internet dapat berjalan sangat cepat

1. Support Jaringan 5G yang Super Cepat dan Tak Lagi Menunggu

Poco M3 Pro 5G ini merupakan smartphone entry level yang sudah support dengan jaringan 5G. Dan tentu saja, ketika sudah support dengan jaringan 5G ini, maka ketika Anda mengunduh, mengunggah atau bahkan hanya sekadar streaming saja, tidak lagi dipusingkan dengan koneksi lambat lagi. Semuanya serba cepat dan berkualitas.

Selain itu, terdapat 2 slot SIM di dalamnya yang mana keduanya dapat dipasang SIM Card 5G dan dapat aktif secara langsung semuanya. Jadi, Anda tidak perlu lagi swapping atau berganti-ganti pengaturan ketika ingin menggunakan salah satu SIM Card. Semuanya dapat aktif bersamaan.

Chipsetnya mengalami peningkatan dari model Poco M3 sebelumnya
Chipsetnya mengalami peningkatan dari model Poco M3 sebelumnya

2. Performa Hebat dan Terbaik di Kelasnya

Jika Poco M3 menggunakan chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 dan fabrikasi 11nm, Poco M3 Pro 5G ini memakai chipset MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G dengan fabrikasi 7nm. Memang kedua chipset ini berbeda, akan tetapi Dimensity 700 5G adalah keluaran baru dan memiliki tingkatan yang lebih baik dari Snapdragon 662.

Dalam uji AnTuTu-nya, chipset Dimensity 700 5G mendapatkan nilai 329087. Sedangkan pada uji Geekbench 5 single-core, hasilnya adalah 558 dan pada tes multi-core, nilai yang didapatkan adalah sebesar 1734.

Prosesornya adalah Octa-core dengan clock speed 2.2 GHz serta kartu grafis Mali-G57 950MHz. Dan untuk digunakan memainkan game-game sekelas PUBG, untuk mendapatkan pengalaman bermain yang menyenangkan, maka Anda harus mengaktifkan mode Balance Graphics.

Layar Poco M3 Pro 5G memiliki kemampuan untuk menyesuaikan pencahayaan di sekitar secara otomatis
Layar Poco M3 Pro 5G memiliki kemampuan untuk menyesuaikan pencahayaan di sekitar secara otomatis

3. Layar Besar dengan Refresh Rate 90Hz

Tipe layar yang digunakan pada Poco M3 Pro 5G ini adalah IPS LCD 1080p. Layarnya yang berukuran 6,5 inci dengan punch hole kecil pada bagian atasnya tersebut sangat bagus untuk digunakan memperlihatkan gambar atau video dengan tingkat resolusi tertentu. Resolusinya sendiri adalah 1080 x 2400 pixels FHD+ dengan tingkat density 405 ppi. Jadi sangat detail ketika menampilkan apapun.

Layarnya yang sudah terlindungi dengan Corning Gorilla Glass ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, seperti Reading Mode 3.0 yang mana akan memproteksi mata penggunanya dari emisi cahaya biru yang dipancarkan. Selain itu, terdapat sensor cahaya 360° yang mana dapat mendeteksi pencahayaan sekitar dan kemudian secara otomatis akan menyesuaikan tingkat kecerahan layarnya.

Layar Poco M3 Pro 5G ini dapat mengadopsi refresh rate dari tingkatan terendah sampai tertinggi, yaitu mulai dari 30Hz, 50Hz, 60Hz sampai dengan 90Hz. Untuk ukuran smartphone kelas entry level, refresh rate sebesar ini tergolong langka.

Kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP
Kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP

4. Kamera Jernih untuk Menangkap Semua Momen

Total terdapat 4 buah kamera yang tersemat di body Poco M3 Pro 5G ini. Satu ada di depan dan 3 buah lensa terletak di belakang. Khusus untuk yang terdapat di belakang, lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP, sedangkan 2 lensa kameranya masing-masing memiliki resolusi yang sama, yaitu sebesar 2MP. Hanya saja keduanya mempunyai fungsi yang berbeda. Satu untuk macro dan satu lagi untuk sensor depth.

Walaupun tidak dilengkapi dengan lensa kamera ultra-wide, akan tetapi Anda masih dapat mengambil gambar secara penuh dan bagus dengan jarak tertentu. Hasil fotonya sangat bagus realistik dengan intensitas HDR yang termoderasi, namun warnanya tidak berlebihan. Terlebih lagi ketika mode AI diaktifkan. Lensa kamera utamanya juga akan menghasilkan foto atau video dengan kualitas terbaik walaupun digunakan pada saat malam hari.

Saat berpindah pada lensa kamera depannya yang memiliki resolusi 8MP, hasil fotonya juga tidak mengecewakan. Terlebih ketika Anda menggunakan mode portrait. Ketajaman dan saturasi warna yang dihasilkan tidak berlebihan. Ketika digunakan untuk merekam videopun hasilnya bagus dan stabil karena ada fitur IS di dalamnya.

Baterainya berkapasitas 5000 mAh dan support dengan teknologi fast charging 18W
Baterainya berkapasitas 5000 mAh dan support dengan teknologi fast charging 18W

5. Baterai Tahan Sampai Lebih dari 2 Hari

Poco M3 Pro 5G ini hadir dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas sangat besar, yaitu 5000 mAh. Baterainya support dengan teknologi fast charging 18W. Dalam pengisian selama setengah jam, baterainya akan terisi sampai 35% dan membutuhkan waktu satu jam untuk mencapai 67%. Untuk mengisi penuh baterainya, dibutuhkan waktu 116 menit.

Penggunaan selama 15 menit untuk bermain TikTok, mengonsumsi baterai sebesar 7% dan untuk menonton video streaming selama setengah jam, maka baterainya akan berkurang lagi sebesar 6%. Baterainya juga berkurang sebesar 5% apabila Anda menggunakan Poco M3 Pro 5G ini untuk bermain PUBG selama 23 menit.

Kelebihan dan Kekurangan Poco M3 Pro 5G

Kelebihan Poco M3 Pro 5G

Kelebihan yang dimiliki Poco M3 Pro 5G adalah pertama terletak pada supportnya perangkat mobile ini dengan jaringan 5G. Sampai saat ini masih amat sangat jarang ada smartphone kelas entry level yang sudah dirancang agar support dengan jaringan terbaru dan tercepat tersebut. Kelebihan kedua adalah chipsetnya yang bagus dan tergolong generasi terbaru dari MediaTek. Kelebihan selanjutnya adalah baterainya memiliki kapasitas yang cukup besar, 5000 mAh. Dengan baterai berkapasitas sebesar itu, maka Anda dapat menggunakan Poco M3 Pro 5G ini untuk berbagai aktivitas tanpa harus takut tiba-tiba baterai mendadak habis di tengah pemakaian.

Kekurangan Poco M3 Pro 5G

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri, Poco M3 Pro 5G tidak dilengkapi dengan teknologi fast charging yang besar. Fitur fast charging adalah 18W yang mana cukup lama ketika harus menunggu baterainya penuh. Dari posisi 0 sampai 100% saja, Anda harus membutuhkan waktu lebih dari 100 menit. Kekurangan kedua adalah terletak pada jenis layarnya yang masih menggunakan IPS LCD dan tentu saja, kualitasnya masih di bawah AMOLED atau sejenisnya. Selanjutnya adalah smartphone ini masih belum mengantongi sertifikat kekuatan fisik serta pelindung layarnya masih Corning Gorilla Glass 3.

hp Poco M3 Pro 5G
Poco M3 Pro 5G adalah smartphone entry level 5G pertama di tahun 2021

Review Akhir Poco M3 Pro 5G

Poco M3 Pro 5G adalah smartphone terbaru dari Xiaomi yang dirilis untuk pasaran India. Smartphone ini merupakan perangkat mobile kelas entry level pertama di dunia yang support jaringan 5G di tahun 2021. Fasilitas di dalamnya masih cukup lumayan untuk ukuran smartphone kelas entry level, seperti resolusi layar yang besar, tingkat densitas tinggi, OS dan UI terbaru, chipset sampai kartu grafis bagus sampai dengan baterai berkapasitas super besar. Walaupun ada beberapa kekurangan, terutama di sisi fitur kameranya, akan tetapi Poco M3 Pro 5G masih tetap layak untuk dimiliki. Terlebih lagi, dengan desain yang bagus dan terkesan mewah tersebut, Poco M3 Pro 5G hanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau oleh semua kalangan.

Artikel: Spesifikasi Poco M3 Pro 5G by PortalHP.com
Sumber gambar: po.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here