Poco X3 NFC

hp Poco X3 NFC
Poco X3 NFC miliki performa gahar dan pas dipakai untuk bermain game ‘cadas’

Poco X3 NFC merupakan generasi penerus dari jajaran Pocophone yang dibesut oleh Xiaomi. Di awal rumor, banyak yang hanya mengetahui bahQwa namanya nanti adalah Poco X3 saja. Namun ketika sudah resmi diperkenalkan, pihak Xiaomi ternyata menambahkan NFC pada belakang nama produk baru tersebut. Penambahan itu dilandasi dari tambahan fitur NFC di dalam perangkat ini yang mana tidak terdapat pada model-model sebelumnya. Dan berbicara masalah kemampuannya, Poco X3 NFC memiliki performa mesin yang andal juga tangguh ketika digunakan untuk bermain game dengan grafis tinggi sekalipun. Selain itu, baterainya yang berkapasitas besar, 5,160 mAh, dapat mendukung aktivitas bermain game menjadi lebih leluasa.

Harga Poco X3 NFC di Indonesia

Seperti sebelumnya, pasar Tanah Air bukanlah menjadi pasar pertama yang didahulukan Xiaomi dalam merilis produk smartphone terbarunya. Hal tersebut juga dapat dibuktikan dengan diboyongnya Poco X3 NFC ini ke Malaysia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi pasar smartphone baru itu. Selain di Malaysia, Xiaomi juga membawa Poco X3 NFC ini ke daratan Inggris sebagai negara pasar di area Eropa. Untuk harganya sendiri dengan mengacu pada website resmi Xiaomi di Inggris, Poco X3 NFC dengan RAM 6GB dan ROM 64GB dijual dengan harga GBP199 atau sekitar Rp3,85 jutaan, sedangkan yang dilengkapi dengan RAM 6GB dan ROM 128GB dibanderol sebesar GBP299 atau sekitar Rp5,78 jutaan.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Poco X3 NFC

Nama model Poco X3 NFC
Kode produksi M2007J20CG, M2007J20CT
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan September 2020
Dirilis resmi September 2020
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA / WCDMA / LTE (LTE-TDD, LTE-FDD) / Wi-Fi 5
Eksternal
Dimensi 165,3 x 76,8 x 9,4 mm
Berat 215 gram
SIM Card Hybrid SIM (nano-SIM + nano-SIM / microSD), Dual standby3, Dual VoLTE
Layar
Jenis IPS LCD DotDisplay capacitive touchscreen
Ukuran 6,67 inci (91,25% screen-to-body ratio)
Resolusi 2400 × 1080 pixels FHD+ (~395 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5, IP53 splash-proof protection
Model Bezel-less dengan punch hole, HDR10, Wildvine L1 certified, TÜV Rheinland Low Blue Light certification, 240Hz touch sampling rate, 120Hz refresh rate
Internal
Sistem Operasi Android 10
User Interface (UI) MIUI 12 + POCO Launcher 2.0
Chipset Qualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G (8 nm) + 4th Generation Qualcomm AI Engine
Prosesor Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)
Kartu grafis Adreno 618 +  Elite Gaming features (> 800MHz)
ROM 64GB / 128GB UFS 2.1 (kapasitasnya masih dapat ditambah sampai dengan 256GB menggunakan microSDXC)
RAM 6GB LPDDR4X
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 20MP
Fitur 4-in-1 Super Pixel, AI camera, Portrait mode, Panorama selfie, Full screen camera frame, Palm Shutter, Front camera HDR,Front camera flash (via display), Selfie timer, AI Beautify, AI scene detection, AI studio lighting, AI Beautify, Short video mode, Short video filter
Belakang 64MP + 13MP + 2MP + 2MP
Fitur PDAF, Up to 4K 30fps, video recording, AI Skyscaping 3.0, Night Mode, ShootSteady video, Vlog mode, AI SkyScaping 3.0, New photo filters: cyberpunk, gold vibes, black ice, 6 long exposure modes, AI photo clones, Timed burst, Pro mode, Night mode, Document mode 2.0, AI scene detection, Google Lens, AI Beautify, AI portrait mode, Movie frame, AI dynamic studio, Kaleidoscope video, Video Pro mode, Support LOG format, ShootSteady Video, Video macro mode, AI Beautify video, Movie frame
Loudspeaker Ya,  Dual Stereo Speakers (supports self-cleaning), Hi-Res audio certification
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama AI Face Unlock, Proximity sensor, Ambient light sensor, Accelerometer, Gyroscope, Electronic compass, Linear motor, IR Blaster
Sensor sidik jari Ya (di samping)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, WiFi 2×2 MIMO, WI-FI 5
Bluetooth v5.1, , A2DP, LE
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
NFC Ya (multifunctional, IR Blaster)
GPS GPS, A-GPS, GLONASS, Beidou
Radio FM Radio, recording
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5,160 mAh (support fast charging 33W)
Warna Shadow Gray, Cobalt Blue
Harga 6GB + 64GB – GBP199 (Rp3,85 jutaan)

6GB + 128GB – GBP 299 (Rp5,78 jutaan)

Fitur Unggulan Poco X3 NFC

Spesifikasi Poco X3 NFC Qualcomm Snapdragon 732G
Performa Qualcomm Snapdragon 732G lebih bagus dibandingkan Qualcomm Snapdragon 730G

1. Menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 732G yang Cepat dan Berperforma Tinggi

Apabila ada yang bertanya, apa arti huruf G dalam Qualcom Snapdragon 732G, maka jawabannya adalah chipset tersebut diciptakan untuk para gamer karena performa dan kecepatannya lebih baik dibanding dengan chipset selain itu. Dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 730G, Snapdragon 732G lebih tinggi nilai uji AnTuTu-nya. Nilai hasil uji AnTuTu dari Snapdragon 732G adalah 301,581, sedangkan Snapdragon 730G hanya 271,473.

Qualcomm Snapdragon 732G mampu meningkatkan proses dari GPU dan juga meningkatkan kemampuan teknologi AI di dalamnya. Prosesornya sendiri adalah Octa-core dengan clock speed mencapai 2.3GHz. Kartu grafis yang digunakan adalah Adreno 618 yang juga telah mendapatkan fitur-fitur Elite Gaming.

Dikarenakan proses mesin yang cepat, maka akan meningkatkan temperatur di dalam perangkat. Oleh karenanya, Xiaomi menambahkan LiquidCool Technology 1.0 Plus untuk dapat meredam hawa panas tersebut. Teknologi pendingin tersebut dapat menekan hawa panas sampai stabil di angka 6 derajat Celcius saja.

Layarnya memiliki refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz
Layarnya memiliki refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz

2. Layarnya Besar dan Sangat Lancar Ketika Dioperasikan

Layar yang digunakan pada Poco X3 NFC ini berjenis IPS LCD dengan ukuran 6,67 inci. Desain yang digunakan masih menggunakan model generasi sebelumnya yaitu bezel-less yang akan sangat melegakan ketika digunakan untuk bermain game. Terlebih rasio screen-to-body nya mencapai 91,25 persen dan tidak ada notch di bagian atas karena telah tergantikan dengan punch hole berukuran kecil. Resolusinya sendiri adalah 2400 x 1080 pixels FHD+ dengan kerapatan antar-pixel sebesar 395 ppi.

Yang diunggulkan dari layar Poco X3 NFC adalah refresh ratenya sebesar 120Hz dan juga touch sampling ratenya 240Hz. Dengan kata lain, besaran refresh rate dan touch sampling rate tersebut dapat membuat pengguna smartphone ini lebih leluasa dalam mengoperasikan setiap karakter game pada layarnya tanpa takut terjadi keterlambatan dalam bergerak.

Layarnya juga telah mengantongi sertifikasi TÜV Rheinland Low Blue Light yang memiliki artian layarnya mampu mereduksi besaran emisi cahaya biru yang dapat membuat mata sakit. Selain itu, layarnya juga telah terlindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 serta sudah mengantongi sertifikat IP58.

Audinya diputar secara maksimal, hasilnya tetap jernih
Audinya diputar secara maksimal, hasilnya tetap jernih

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

3. Audionya Menggelegar tapi Tidak Menyakitkan Telinga

Untuk urusan audio, Xiaomi menggunakan dua speaker stereo di dalam perangkat yang untuk kualitasnya telah lulus uji Hi-Res Audio. Efek suara dalam kondisi maksimal akan terdengar seperti sedang mendengarkan Home Theater. Ditambah lagi, untuk urusan audionya ini, Xiaomi telah menambahkan teknologi vibrasi 4D yang dapat memberikan pengalaman baru berupa suara dengan kualitas baik serta efek getar saat perangkat digunakan untuk bermain game.

Ada banyak fitur untuk membuat aktivitas bermain lebih menyenangkan
Ada banyak fitur untuk membuat aktivitas bermain lebih menyenangkan

4. Game Turbo 3.0 untuk Pengalaman Bermain Game via Mobile Lebih Baik

Ketika sedang asik-asiknya bermain game, tiba-tiba ada pesan, panggilan atau notifikasi masuk, maka akan membuat semuanya menjadi kurang menyenangkan, bukan? Nah, dikarenakan itu, maka Xiaomi menambahkan 4 antena internal yang dapat menyelesaikan masalah tersebut sekaligus untuk mengatasi hal-hal mengganggu terkait dengan koneksi.

Untuk urusan game ini, Poco X3 NFC juga dilengkapi dengan Game Turbo 3.0 yang dapat mengoptimalkan frame rate game serta meningkatkan stabilitas permainan sampai dengan 37,9 persen dibandingkan dengan versi sebelumnya. Tidak hanya itu saja, dengan fitur ini, maka akselerasi sentuhan sampai dengan performa mesin akan meningkat sangat drastis.

Lensa kamera utamanya memiliki resolusi 64MP yang dapat menghasilkan foto atau video dengan kualitas tinggi
Lensa kamera utamanya memiliki resolusi 64MP yang dapat menghasilkan foto atau video dengan kualitas tinggi

5. Memotret atau Merekam Video Semakin Menyenangkan dengan 5 Lensa Kamera

Total ada 5 lensa kamera yang tersemat di dalam Poco X3 NFC ini. 4 lensa terletak di bagian belakang dan 1 lensa ada di sisi depan. Untuk yang terletak di belakang, lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 64MP. Sensor lensa kamera utamanya ini menggunakan produk buatan Sony, yaitu Sony IMX682 yang sangat bagus digunakan untuk memotret ataupun merekam video.

Sedangkan lensa kamera keduanya memiliki resolusi sebesar 13MP yang berfungsi sebagai lensa ultra-wide angle. Jarak terluar yang dapat dijangkau oleh lensanya ini adalah sejauh 119 derajat dengan minor distorsi. Lensa kamera ketiga dan keempatnya mempunyai resolusi masing-masing 2MP. Satu lensa berfungsi sebagai kamera macro dengan jarak terdekat 4 cm dari objek dan satu lagi difungsikan sebagai lensa depth untuk urusan pengambilan foto portrait.

Beralih ke bagian depan, terdapat lensa kamera dengan resolusi 20MP yang telah didukung oleh teknologi AI. Lensa kameranya ini mampu menangkap objek utama dengan sangat akurat walaupun ada di kondisi yang sangat ramai. Bahkan bokeh yang dihasilkan pun terlihat sangat natural.

Baterainya hanya butuh waktu 65 menit untuk diisi ulang secara penuh
Baterainya hanya butuh waktu 65 menit untuk diisi ulang secara penuh

6. Baterai Berkapasitas Besar dengan Teknologi Fast Charging 33W

Sebagai energi utamanya, Poco X3 NFC dilengkapi dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer yang memiliki kapasitas jumbo, 5160 mAh. Dengan kapasitas besar seperti ini, maka tidak akan membuat kenyamanan bermain game terganggu karena tiba-tiba daya baterainya drop setelah digunakan cukup lama.

Tidak hanya itu saja, untuk urusan pengisian ulang, Xiaomi telah menyematkan teknologi fast charging 33W. Dengan teknologi pengisian cepat ini, hanya dibutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi baterainya dari posisi 0 ke 62 persen atau 65 menit untuk 100 persen. Pada kondisi baterai 100 persen, maka perangkat dapat digunakan selama 10 jam untuk bermain game, 17 jam untuk menonton video non-stop atau 153 jam untuk mendengarkan musik.

Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 NFC

Kelebihan Poco X3 NFC

Kelebihan utama yang dimiliki Poco X3 NFC adalah pada chipset Qualcomm Snapdragon 732G yang ada di dalamnya. Dengan chipset tersebut ditambah dengan prosesor, GPU Adreno 618 dan juga RAM serta ROM besar, maka perangkat dapat digunakan untuk berbagai aktivitas tanpa lelet. Kedua, baterai yang terdapat di dalam smartphone satu ini sangat besar. Dengan baterai berkapasitas 5160 mAh tersebut, maka Anda dapat bermain game tanpa takut kehabisan baterai tiba-tiba. Kelebihan lainnya adalah terdapat pada sistem audionya yang memang berkualitas dan andal.

Kekurangan Poco X3 NFC

Tentu saja, selain kelebihan, terdapat juga kekurangan pada produk mobile satu ini. Kekurangan pertama adalah terletak pada jenis layar yang digunakan. Pada umumnya, untuk smartphone mid-range premium, rata-rata sudah menggunakan layar berjenis minimal OLED atau AMOLED, sedangkan Poco X3 NFC baru menggunakan IPS LCD. Kekurangan kedua terletak pada hilangnya satu lensa kamera depan. Pada Poco X2, di bagian depan terdapat 2 lensa kamera dan di produk baru ini, hanya tersisa satu saja. Kekurangan selanjutnya ada di spesifikasi mayoritas yang mana hampir 80 persen masih sama seperti yang terdapat pada Poco X2.

hp Poco X3 NFC
Poco X3 NFC miliki performa gahar dan pas dipakai untuk bermain game ‘cadas’

Review Akhir Poco X3 NFC

Poco X3 NFC merupakan smartphone yang diciptakan bagi para penggemar teknologi serta gamer muda. Desainnya sangat minimalis dan mengadopsi model futuristik dengan dock lensa kamera belakang yang sengaja dibuat terkumpul di tengah agar terlihat semakin keren. Untuk urusan performanya, Poco X3 NFC ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 732G yang memang diciptakan khusus untuk gaming. Baterai yang dimilikinya berkapasitas cukup besar, 5160 mAh, yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas selama seharian penuh. Sedangkan fasilitas lainnya, kurang lebih masih sama seperti model sebelumnya, Poco X2. Sementara ini, Poco X3 NFC ini belum hadir di pasaran Tanah Air dan baru dapat ditemui di sedikit negara terpilih saja, seperti salah satunya adalah Malaysia.

Artikel: Poco X3 NFC – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: mi.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here