Redmi Note 12 Pro+

hp Redmi Note 12 Pro+
Redmi Note 12 Pro+ adalah produk flagship dari Xiaomi yang dilengkapi kamera tercanggih untuk saat ini

Redmi Note 12 Pro+ menjadi salah satu produk terbaru dari Xiaomi yang diperbincangkan banyak orang saat ini. Betapa tidak, smartphone yang diperkenalkan di penghujung bulan Oktober 2022 tersebut dilengkapi dengan banyak sekali fasilitas menarik. Salah satu yang paling diunggulkan adalah resolusi lensa kamera utamanya adalah sebesar 200MP. Hal ini menjadikan Redmi Note 12 Pro+ adalah smartphone pertama dari Xiaomi yang memiliki lensa kamera dengan resolusi sebesar itu. Selain itu, layarnya juga besar berukuran 6,67 inci yang refresh ratenya mencapai 120Hz serta touch samplingnya adalah 240Hz dan global maximum untuk tingkat kecerahannya mencapai 900 nit. Desain dari Redmi Note 12 Pro+ juga tidak kalah keren jika dibandingkan dengan banyak smartphone anyar dari vendor lainnya.

Harga Redmi Note 12 Pro+

Redmi Note 12 Pro+ ini kali pertama diperkenalkan dan dirilis adalah untuk pasaran Cina dan Hong Kong saja. Namun kabarnya, smartphone satu ini bakal dirilis juga dalam waktu dekat untuk pasaran India dan Taiwan. Terdapat 3 varian warna resmi dari Redmi Note 12 Pro+ ini, yaitu Midnight black, Time Blue dan Mirror Porcelain White. Tapi Xiaomi kemudian menambahkan satu varian lagi yang merupakan hasil kolaborasi dengan Wang Yibo yang kemudian diberi nama Trendy Yibo Green. Sedangkan untuk harganya sendiri, Redmi Note 12 Pro+ yang dilengkapi RAM 8GB dan ROM 256GB, dijual dengan harga CNY 2199 atau sekitar Rp4,85 jutaan. Sedangkan yang memiliki RAM 12GB dan ROM 256GB, harganya adalah CNY 2399 atau sekitar Rp5,29 jutaan.

Spesifikasi Redmi Note 12 Pro+

Nama model Redmi Note 12 Pro+
Kode produksi
Segmen pasar Flagship
Diperkenalkan Oktober 2022
Dirilis resmi November 2022
Jaringan GSM (2G) / WCDMA (3G) / 4G LTE (FDD-LTE & TDD-LTE) / 5G
Eksternal
Dimensi 162,9 x 76 x 8,98 mm
Berat 208,4 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis OLED (1B colors)
Ukuran 6,67 inci (~86.8% screen-to-body ratio)
Resolusi 2400 x 1080 pixels (~395 ppi density)
Perlindungan
Model Bezel-less dengan punch hole, 1920Hz High Frequency PWM Dimming, DCI-P3, HDR10+, 10bit Color Depth, Dolby Vision, Sunshine Screen, Eye Protection Mode, IP53
Internal
Sistem Operasi Android 12
User Interface (UI) MIUI 13
Chipset MediaTek Dimensity 1080 (6 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.6 GHz Cortex-A78 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
Kartu grafis Mali-G68 MC4 (AI APU 3.0)
ROM 256GB UFS 2.2
RAM 8GB / 12GB LPDDR4X
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 16MP
Fitur Album beauty, AI watermark, Timed continuous shooting, Night scene mode, Dynamic photo, Slow motion photography, Face recognition, Movie mode
Belakang 200MP + 8MP + 2MP
Fitur Film Camera, Film Frame, Magic Sky Change, Video Super Anti-Shake, Privacy Protection Watermark, Time Lapse Macro, Time Lapse Photography, Focus Peaking,

Album Beauty, AI Watermark, Tilt Shift Effect, VLOG, Long Exposure, 4K Video, Dynamic photos, Gesture photography, Voice subtitles, Voice-activated photography, Timed continuous shooting, Exposure feedback, ID card photocopying mode, Intelligent composition

Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Ultrasonic Distance Sensor, Ambient Light Sensor, Acceleration Sensor, Electronic Compass, Gyroscope, Infrared Remote Control, X-axis Linear Motor
Sensor sidik jari Ya (di samping)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 6, Wi-Fi 5, Wi-Fi 4 and 802.11a/b/g, 2.4G WiFi, 5G WiFi, 2×2 MIMO, WiFi Direct, Miracast
Bluetooth 5.2, SBC, AAC, LDAC, LHDC
USB USB Type-C double-sided charging interface
NFC Ya
GPS Beidou, GPS, Galileo, GLONASS, QZSS, A-GPS, data network positioning, Wi-Fi network positioning, sensor assisted positioning
Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer (MTW multi-pole single cell)
Kapasitas daya 5000 mAh (support 120W wired fast charging, mobile phone supports PD2.0 / PD3.0 fast charging protocol)
Warna Midnight black, Time Blue, Mirror Porcelain White, Wang Yibo Green
Harga RAM 8GB + ROM 256GB = CNY 2199 (Rp4,85 jutaan)

RAM 12GB + ROM 256GB = CNY 2399 (Rp5,29 jutaan)

Baca juga:

Fitur Unggulan Redmi Note 12 Pro+

Spesifikasi Redmi Note 12 Pro+punya sensor dengan resolusi 200MP
Smartphone pertama yang punya sensor dengan resolusi 200MP

1. Lensa Kelas Flagship dengan Resolusi Super-besar

Redmi Note 12 Pro+ diperkenalkan secara langsung berbarengan dengan Redmi Note 12 seri lainnya, termasuk Redmi Note 12 Pro. Dan perbedaan mendasar antara Redmi Note 12 Pro+ dan Redmi Note 12 Pro terletak pada sisi lensa kameranya. Pada Redmi Note 12 Pro, Xiaomi menggunakan sensor dari Sony, yaitu Sony IMX766, sedangkan pada Redmi Note 12 Pro+ adalah buatan Samsung, yaitu Samsung HPX 200MP yang support dengan teknologi optical image stabilization (OIS).

Samsung HPX ini memiliki area fotosensitif 1/1.4 inci yang 24% lebih besar dari IMX766 dan tentu saja semakin besar pixels yang dimiliki lensanya, maka akan membawa hasil yang sangat bagus, detail dan juga tajam. Bahkan hasil rekam atau foto dari Redmi Note 12 Pro+ ini tidak jauh beda dengan kamera yang dimiliki Apple iPhone 14 Pro.

Sebagai pembantu lensa kelas flagship dengan resolusi 200MP tersebut, Xiaomi menambahkan lensa kedua dengan resolusi 8MP yang berfungsi sebagai wide-angle lens dan lensa ketiganya adalah lensa macro dengan resolusi 2MP. Sedangkan untuk yang bagian depannya sendiri, Redmi Note 12 Pro+ dilengkapi dengan lensa yang mempunyai resolusi 16MP dan memang didedikasikan untuk para pecinta swafoto.

Baterai besar dan tahan lama untuk aktivitas seharian
Baterai besar dan tahan lama untuk aktivitas seharian

2. Baterai Berkapasitas 5000 mAh yang Kuat dan Tahan Lama

Untuk masalah baterainya, Xiaomi melengkapi Redmi Note 12 Pro+ ini dengan sumber daya berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas 5000 mAh. Dengan baterai yang berkapasitas besar tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir lagi harus repot membawa powerbank sebagai cadangan daya darurat.

Selain itu, Xiaomi juga menambahkan chip khusus untuk baterainya, yaitu Xiaomi Surging P1 yang membuat baterai dari Redmi Note 12 Pro+ dapat diisi ulang dengan sangat cepat dan membuatnya tidak boros walaupun dipakai untuk berbagai aktivitas. Menurut hasil uji lab di Xiaomi, baterai Redmi Note 12 Pro+ ini mampu bertahan sampai dengan 1 hari lebih hanya dalam sekali pengisian sampai penuh, 15 jam untuk menonton video streaming atau 19 jam untuk beraktivitas di jejaring sosial.

Isi ulang baterainya hanya butuh 19 menit saja dari 0-100%
Isi ulang baterainya hanya butuh 19 menit saja dari 0-100%

3. Support Teknologi Fast Charging 120W untuk Pengisian Cepat dan Singkat

Seperti yang dijelaskan di atas, Redmi Note 12 Pro+ ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar. Dan tentu saja dibutuhkan teknologi yang tepat agar perangkat dapat mengisi ulang baterainya yang besar itu. Oleh karenanya, Xiaomi membuat Redmi Note 12 Pro+ support dengan teknologi pengisian cepat 120W yang hanya membutuhkan waktu 19 menit untuk mengisi dari 0% menuju 100%.

Lempengan grafitnya mampu meredam panas berlebih di dalam perangkat
Lempengan grafitnya mampu meredam panas berlebih di dalam perangkat

4. Dilengkapi dengan Sistem Pendingin yang Mutakhir

Dikarenakan mesin yang dimilikinya cukup canggih dan dapat bekerja dengan sangat cepat, maka secara otomatis akan membuat bagian dalam perangkat menjadi mudah panas. Untuk mengatasinya, Xiaomi telah menyematkan sistem pendingin berupa lempengan grafit khusus yang dapat meredam panas agar tidak menyebar ke seluruh bagian lainnya. Lempengan grafit tersebut mampu menekan turun temperatur dari 40 derajat menjadi seminimal mungkin.

Desain menarik dan tidak ketinggalan zaman
Desain menarik dan tidak ketinggalan zaman

5. Desainnya Berbeda dengan Model Sebelumnya

Jika model sebelumnya atau generasi Redmi Note 11 Series masih memakai model desain dengan banyak lengkungan di setiap sisinya, pada Redmi Note 12 Pro+ ini memakai gaya yang sedikit berbeda. Pada setiap sisi-sisinya dibuat flat dengan ujung-ujung yang tidak terlalu tajam. Sedangkan pada bagian case belakangnya menggunakan desain model Deco yang sangat nyaman ketika dalam genggaman.

Terdapat 3 warna pilihan untuk Redmi Note 12 Pro+ ini, yaitu Mirror porcelain White, Time blue dan Midnight Black. Kesemuanya tidak dibuat dengan gaya mengkilap atau glossy, melainkan sedikit temaram. Tapi dari ketiga warna itu, ada satu varian berwarna hijau yang merupakan hasil kolaborasi antara Xiaomi dengan selebriti terkenal dari Cina, yaitu Wang Yibo.

Tersedia juga edisi kolaborasi antara Xiaomi Redmi dengan Wang Yibo
Tersedia juga edisi kolaborasi antara Xiaomi Redmi dengan Wang Yibo

6. Edisi Kolaborasi Wang Yibo × Redmi Note 12 Pro+

Satu varian yang menarik dari Redmi Note 12 Pro+ ini adalah merupakan hasil kolaborasi dengan selebriti terkenal Cina, Wang Yibo. Hasil kolaborasi tersebut memunculkan varian dari Redmi Note 12 Pro+ yang dinamakan Trendy Yibo berwarna hijau muda dengan tulisan RACING di bagian belakangnya. Pembuatan varian ini juga mengadopsi pewarnaan yang pernah digunakan pada Redmi Note 11 series, yaitu Holographic Suspension Craft.

Layar OLED berukuran lebar dengan kualitas menawan
Layar OLED berukuran lebar dengan kualitas menawan

7. Layar Berukuran Besar yang Cocok untuk Nonton Video atau Bermain Game

Ada sedikit perbedaan antara Redmi Note 12 Pro+ dengan Redmi Note 11 Pro+ 5G. Perbedaan tersebut terletak pada jenis layar yang digunakan. Pada seri Note 11 Pro+ 5G memakai jenis Super AMOLED, sedangkan pada Note 12 Pro+ ini adalah OLED. Walaupun begitu, satu hal yang menarik adalah layarnya mampu menampilkan lebih dari 1 miliar warna, melebihi dari yang dipunyai Note 11 Pro+ 5G tersebut.

Ukuran layar dari Redmi Note 12 Pro+ adalah 6,67 inci dengan resolusi 2400 x 1080 pixel, rasio layar 20:9, kecerahan layar 500/900nits, peredupan PWM frekuensi tinggi 1920Hz, kedalaman warna 10bit, dan support dengan teknologi HDR10 serta HDR10+. Tidak hanya itu saja, refresh ratenya juga besar, yaitu 120Hz dengan touch sampling rate mencapai 240Hz.

Selain itu, layarnya ini juga dilengkapi dengan penekan emisi cahaya biru sebagai pelindung mata. Setelah menyalakan mode pelindung mata, tidak akan ada efek rendering warna kekuningan. Dan satu hal yang menarik adalah layarnya memiliki ketebalan bingkai hanya mencapai 2,9 mm yang akhirnya membuat tampilan layarnya benar-benar tanpa bingkai.

Menggunakan chipset MediaTek Dimensity 1080
Menggunakan chipset MediaTek Dimensity 1080

8. Kinerja Mesin Cepat dan Gahar

Beranjak ke sisi dalam, Redmi Note 12 Pro+ ini dilengkapi dengan chipset yang andal untuk berbagai aktivitas, mulai dari kerja harian sampai dengan gaming. Chipset yang dipakai adalah MediaTek Dimensity 1080 dengan fabrikasi 6 nanometer yang ditandemkan dengan prosesor berarsitektur Octa-core yang memiliki clock speed maksimal 2.6GHz. Untuk kartu grafisnya sendiri adalah Mali-G68. Ditambah lagi, smartphone ini dilengkapi dengan RAM dan ROM yang besar.

Dari hasil pengujian, nilai yang didapatkan dengan menggunakan AnTuTu V9.5.0 adalah 489898 poin. Kinerja prosesornya juga sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan game mainstream di pasaran. Misalnya, game dengan persyaratan konfigurasi kelas menengah dapat berjalan lancar dengan kualitas gambar penuh. Perlu disebutkan bahwa Redmi Note 12 Pro+ juga dilengkapi dengan motor linier sumbu-X dan speaker stereo ganda Dolby Atmos dan mempertahankan jack headphone 3,5mm.

Baca juga:

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 Pro+

Kelebihan Redmi Note 12 Pro+

Kelebihan pertama yang dipunyai Redmi Note 12 Pro+ adalah terletak pada lensa kamera utamanya yang memiliki resolusi sebesar 200MP. Kemudian kelebihan keduanya adalah smartphone satu ini memiliki baterai besar, 5000 mAh, yang juga support dengan teknologi fast charging 120W. Kemudian, layarnya juga berkualitas dengan refresh rate 120Hz serta touch sampling rate mencapai 240hz. Kinerja mesinnya juga menjadi kelebihan dari Redmi Note 12 Pro+ ini karena memang andal untuk dipakai dalam berbagai kebutuhan.

Kekurangan Redmi Note 12 Pro+

Sedangkan kekurangannya sendiri yang pertama terletak pada layarnya yang mengalami downgrade jika dibandingkan dengan yang dimiliki Redmi Note 11 Pro+ 5G. Yaitu dari Super AMOLED menjadi hanya OLED saja. Kemudian tingkat density layarnya juga rendah. Kekurangan selanjutnya adalah Redmi Note 12 Pro+ ini tidak dilengkapi dengan slot tambahan untuk external memory.

hp Redmi Note 12 Pro+
Redmi Note 12 Pro+ adalah produk flagship dari Xiaomi yang dilengkapi kamera tercanggih untuk saat ini

Review Akhir Redmi Note 12 Pro+

Nampaknya Redmi Note 12 Pro+ menjadi salah satu andalan Xiaomi menghadapi penghujung tahun 2022. Banyak fasilitas disematkan di produk ini, termasuk salah satu yang sangat diunggulkan adalah lensa kamera dengan resolusi 200MP. Lensa kameranya ini juga sudah bukan lagi menggunakan produk dari Sony, melainkan dari Samsung. Kemudian Redmi Note 12 Pro+ juga dilengkapi baterai 5000 mAh yang dapat diisi ulang dengan cepat karena telah support teknologi 120W fast charging. Hanya saja, layarnya mengalami penurunan jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Walaupun begitu bukan suatu hal yang negatif. Chipsetnya sangat cepat karena didukung dengan RAM serta ROM besar. Smartphone satu ini dijual dengan harga mulai Rp4,85 jutaan.

Artikel: Spesifikasi Redmi Note 12 Pro+ by PortalHP.com

Sumber gambar: https://www.mi.com/shop/buy/detail?product_id=16646

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here