Samsung Galaxy A10

hp samsung a10
Samsung Galaxy A10 adalah smartphone entry level yang miliki desain menarik

Samsung Galaxy A10 merupakan salah satu dari 2 smartphone baru yang dirilis Samsung di awal kuartal kedua tahun 2019. Sedikit berbeda dengan 2 generasi pendahulunya, Samsung Galaxy A30 atau Samsung Galaxy A50 yang masuk kelas mid-range, Samsung Galaxy A10 ini dibuat untuk para pengguna mobile yang butuh smartphone dengan desain menarik, spesifikasi yang lumayan dan harganya sangat terjangkau.

Untuk desainnya sendiri, Samsung Galaxy A10 ini memiliki desain mirip seperti yang dipakai di semua seri Galaxy A lainnya, mulai dari Samsung Galaxy A20, A30 atau juga A50. Layarnya menggunakan desain Infinity-V dengan casing bagian belakang Glasstic. Untuk fasilitas kameranya, terdapat 2 lensa di bagian belakang dan depan. Baterai yang dimiliki memiliki kapasitas 3400 mAh.

Harga Samsung Galaxy A10 di Indonesia

Toko Online Kisaran Harga
Lazada Rp1,670,000
Shopee Rp1,625,000
Tokopedia Rp1,625,000
Bukalapak Rp1,800,000

(harga terdekat dengan e-commerce lain)

JD.ID
Blibli Rp1,638,000

Dirilis bersamaan dengan Samsung Galaxy A20, Samsung Galaxy A10 hadir di pasaran Tanah Air dengan harga yang relatif terjangkau, yaitu Rp1,799,000. Namun sekarang ini harga dari Samsung Galaxy A10 sudah turun, walaupun tidak terlalu drastis. Harga rata-rata di e-commerce Indonesia sekarang ini adalah di kisaran Rp1,6 jutaan. Hanya saja, khusus di Bukalapak, harga terendah untuk Samsung Galaxy A10 adalah Rp1,8 jutaan dan produk mobile satu ini tidak tersedia di JD.ID.

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Samsung J7 Pro – Harga & Spesifikasi
Samsung M30 – Harga & Spesifikasi
Harga dan Spesifikasi iPhone 6
Harga dan Spesifikasi Oppo F11

Spesifikasi Samsung Galaxy A10

Nama model Samsung Galaxy A10
Kode produksi SM-A105F/DS, SM-A105FN/DS (Global), SM-A105G/DS, SM-A105M/DS
Segmen pasar Entry Level
Diperkenalkan Februari 2019
Dirilis resmi Maret 2019
Jaringan GSM/ WCDMA/ HSPA/ HSDPA/ LTE (LTE-TDD, LTE-FDD, LTE Cat4)
Eksternal
Dimensi 155,6 x 75,6 x 7,9 mm
Berat 168 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM (4FF), dual stand-by)
Layar
Jenis TFT IPS LCD (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,2 inci (~81.6% screen-to-body ratio)
Resolusi 720 x 1520 pixels HD+ (~271 ppi density)
Perlindungan Tidak diketahui
Model Bezelless dengan waterdrop notch
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) Samsung One UI
Chipset Exynos 7884 (14 nm)
Prosesor Octa-core (2×1.6 GHz Cortex-A73 & 6×1.35 GHz Cortex-A53)
Kartu grafis Mali-G71 MP2
ROM 32GB (masih dapat ditambah sampai dengan 512GB dengan menggunakan microSD)
RAM 2GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 13MP
Fitur LED flash, Panorama, HDR
Belakang 8MP
Fitur Auto Focus, LED flash, Panorama, HDR
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, proximity
Sensor sidik jari Ya (di layar)
Konektivitas
WLAN 802.11 b/g/n 2.4GHz, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v5.0, A2DP, LE
USB USB 2.0
NFC Tidak
GPS A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Radio FM radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Ion
Kapasitas daya 3400 mAh (tidak support fast charging)
Warna Blue, Black, Red, Gold
Harga Rp1,799,000 (harga resmi saat kali pertama dirilis di Indonesia)

Fitur Unggulan Samsung Galaxy A10

spesifikasi samsung a10 dengan layar yang jernih dan terang
Layarnya cukup jernih dan terang walaupun digunakan di bawah sinar matahari langsung

Layar besar untuk menampilkan sesuatu secara maksimal

Samsung Galaxy A10 ini menggunakan layar TFT IPS LCD berukuran 6,2 inci yang miliki resolusi sebesar 720 x 1520 pixels HD+. Screen-to-body ratio yang dimiliki mencapai 81,6 persen yang menandakan layarnya sangat lebar dan mendorong sampai batas samping atau bezelless. Dengan ukuran sebegitu besar, maka Anda dapat menonton video atau bermain game dengan leluasa.

Walaupun layarnya berjenis TFT IPS LCD, akan tetapi masih cukup terang, jernih dan bagus ketika digunakan untuk menampilkan gambar atau video. Bahkan gambar atau video dengan kualitas HD pun masih mampu untuk ditampilkan secara baik.

Dan ketika diujicobakan di bawah sinar matahari langsung, layarnya baru akan flickering atau memudar ketajaman dan kecerahannya ketika brightness-nya diturunkan di bawah 10 persen. Secara umum, walaupun tidak flickering, untuk mata yang normal, brightness layar di bawah 10 persen dapat mengakibatkan mata sakit dan terkadang sampai membuat kepala pusing.

kameranya dilengkapi dengan banyak fitur
Terdapat banyak fitur dan mode untuk lensa kamera yang dimiliki Samsung Galaxy A10 ini

Kamera depan dan belakang untuk abadikan momen berharga

Smartphone ini dilengkapi dengan 2 lensa kamera yang masing-masing berada di depan dan di belakang. Untuk lensa kamera belakang yang juga berperan sebagai lensa utama, memiliki resolusi 13MP yang mana menjadi standarisasi untuk lensa-lensa smartphone pada umumnya sekarang ini.

Walaupun hanya memiliki resolusi 13MP, namun hasil yang didapatkan tetap tajam, terang dan detail. Anda juga dapat menggunakan beberapa fitur dan mode lain sebagai pendukung lensa kamera belakangnya, seperti LED flash yang bertugas untuk memberikan tambahan cahaya ketika obyek ada di tempat yang kurang pencahayaan, panorama sampai dengan HDR.

Dan untuk digunakan merekam video, Anda dapat merekam dengan resolusi 1080P pada 30 frame per second (fps). Bahkan ketika diujicobakan, videonya dapat bekerja secara optimal dengan percobaan pengaturan cahaya. Jadi dapat dikatakan, jika hanya digunakan untuk merekam video dengan durasi singkat, maka tidak akan ada masalah yang berarti.

Sedangkan untuk lensa kamera depannya yang memiliki resolusi 5MP, hasilnya masih setara dengan kebanyakan smartphone kelas entry level pada umumnya. Hasilnya jernih dan terang. Ditambah lagi, Anda dapat menyematkan AR sticker, stamps atau mengaplikasikan filter agar hasil fotonya menjadi lebih menarik lagi. Dan satu hal yang menarik dari lensa depannya adalah terdapatnya fasilitas LED flash yang mana cukup jarang tersemat di kebanyakan smartphone kelas entry level lainnya.

baterainya tahan berhari-hari dengan mode stand by
Baterainya diklaim dapat bertahan berhari-hari dalam mode stand-by

Baterai tahan lama untuk pemakaian sehari-hari

Baterai yang dipakai Samsung Galaxy A10 ini adalah berjenis non-removable dari Lithium Polymer dengan kapasitas sebesar 3400 mAh. Apabila untuk smartphone kelas mid-range ke atas, mungkin kapasitas baterai yang dimiliki smartphone ini dirasa kurang cukup, akan tetapi untuk smartphone berjenis entry level, 3400 mAh sudah lebih dari cukup.

Bahkan Samsung mengklaim dalam mode stand-by, baterainya dapat bertahan berhari-hari atau untuk pemakaian standar, baterainya kuat sampai berjam-jam lamanya dalam sekali pengisian. Bahkan untuk digunakan mengoperasikan aplikasi, bermain game, mendengarkan musik atau memutar video baik yang offline atau streaming, baterainya tetap dapat bertahan lama.

Hal tersebut dikarenakan Samsung Galaxy A10 ini dilengkapi dengan teknologi khusus yang dapat mengatur dan penyuplai daya baterai ke setiap sistem atau aplikasi yang membutuhkan. Jadi ketika ada aplikasi yang butuh daya besar, maka akan dikalkulasikan untuk mendapatkan berapa persen daya dari baterai yang dimiliki.

face unlock yang cepat dan akurat
Keakuratan dan kecepatan Face Unlock pada Samsung Galaxy A10 ini cukup tinggi

Fitur pengaman Face Unlock yang canggih

Memamg Samsung Galaxy A10 ini tidak dilengkapi dengan fitur sensor pemindai sidik jari, akan tetapi Samsung telah menggantinya dengan sistem pengaman lainnya yang tak kalah hebat, yaitu Face Unlock. Dengan fitur ini, maka hanya pengguna atau pemilik perangkat saja yang dapat membuka smartphone yang bersangkutan karena sistem hanya dapat menerima hasil pemindaian kontur wajah pemilik saja.

menggunakan fitur samsung one ui
Sistem antar-muka yang digunakannya adalah Samsung One UI

Sistem antar-muka keren dan terkini

Samsung Galaxy A10 ini tidak menggunakan sistem antar-muka bawaan dari Android, melainkan memakai user interface buatan Samsung sendiri, yaitu Samsung One UI. Dengan sistem antar-muka ini, maka antara hardware dan software sampai dengan tampilan dan juga icon-icon yang terpampang di layar akan bekerja dan terlihat sangat bagus. Bahkan terdapat juga Night Mode yang dapat membantu Anda untuk mengoperasikan perangkat di tempat yang gelap agar tidak membuat mata sakit.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10

Kelebihan

Kelebihan pertama yang dimiliki Samsung Galaxy A10 adalah terletak pada layarnya yang berukuran 6,2 inci tersebut. Dengan ukuran layar yang besar, maka Anda dapat menonton video atau bermain game dengan leluasa. Kedua adalah terletak di dapur pacunya yang cukup bertenaga, cepat dan memiliki performa bagus.

Kelebihan lainnya adalah pada desainnya yang tidak mengesankan bahwa Samsung Galaxy A10 merupakan smartphone kelas entry level, melainkan mid-range ke atas. Terlebih lagi, model layar bezelless dengan waterdrop notch membuat smartphone ini terlihat mewah.

Kekurangan

Di sisi kekurangannya, Samsung Galaxy A10 ini memiliki kekurangan pada kealpaan fitur fingerprint sensor atau sensor pemindai sidik jari yang cukup jamak digunakan di banyak perangkat mobile di semua kelas. Selain tidak dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari, fitur NFC juga tidak disertakan di dalam Samsung Galaxy A10 ini.

Selain itu, para pengguna smartphone ini juga harus menunggu waktu cukup lama ketika harus mengisi baterainya karena Samsung Galaxy A10 tidak dilengkapi dengan teknologi fast charging.

Review Akhir Samsung Galaxy A10

hp samsung a10
Samsung Galaxy A10 adalah smartphone entry level yang miliki desain menarik

Samsung Galaxy A10 adalah smartphone kelas entry level yang banyak dikira sebagai produk kelas mid-range. Hal itu dikarenakan tampilan luar dari smartphone satu ini mirip dengan seri-seri Galaxy A lainnya. Ditambah lagi, layarnya yang besar dengan desain bezelless serta waterdrop notch pada bagian atasnya.

Terdapat 2 lensa kamera yang masing-masing berada di bagian depan dengan resolusi 5MP dan di sisi belakang dengan resolusi 13MP. Untuk ukuran smartphone kelas entry level, dapur pacu yang dimiliki tergolong cukup bagus, cepat dan memiliki performa yang tinggi. Baterai yang dipunyai berkapasitas 3400 mAh. Sedangkan harganya di pasaran Tanah Air, Samsung Galaxy A10 adalah Rp1,6 jutaan.

Artikel: Samsung Galaxy A10 – Harga & Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: samsung.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here