Samsung Galaxy F22

hp Samsung Galaxy F22
Samsung Galaxy F22 adalah smartphone kelas entry level paling baru dari Samsung

Samsung Galaxy F22 merupakan produk smartphone yang diciptakan untuk menyasar kelas low-end. Perangkat smartphone yang memiliki body dan desain mirip Samsung Galaxy M32 tersebut memiliki keunggulan utama yaitu layar yang digunakan adalah berjenis Super AMOLED. Hal ini cukup jarang ada sebuah produk mobile yang masuk kategori entry level namun layar yang dipakai berjenis Super AMOLED. Layarnya ini berukuran 6,4 inci dan support dengan refresh rate sampai dengan 90Hz. Selain itu, keunggulan selanjutnya adalah baterainya yang cukup besar, yaitu 6000 mAh yang mampu dipakai seharian penuh. Fasilitas kamera utamanya memiliki resolusi 48MP dengan lensa kamera depan yang mempunyai resolusi sebesar 13MP.

Harga Samsung Galaxy F22

Samsung Galaxy F22 adalah produk yang benar-benar masih baru dan belum juga dirilis. Samsung pun baru mengumumkannya saja. Produk mobile ini baru akan secara resmi diluncurkan ke pasaran India sebagai negara pertama yang dijadikan Samsung sebagai tempat perilisan adalah pada pertengahan bulan Juli 2021. Sampai sekarang, merunut pada website resmi Samsung India, belum ada harga yang tercantum, hanya saja Samsung memberikan tombol notifikasi agar ketika produk tersebut benar-benar dirilis nantinya, siapa saja yang menekan tombol itu akan mendapatkan pemberitahuan terlebih dahulu. Akan tetapi di pasaran, sudah banyak bocoran mengenai spesifikasi sampai dengan dengan harga untuk Samsung Galaxy F22 ini. Rumornya, Samsung Galaxy F22 dijual dengan harga INR 12.499 atau sekitar Rp2,43 jutaan.

Spesifikasi Samsung Galaxy F22

Nama model Samsung Galaxy F22
Kode produksi SM-E225F, SM-E225F/DS
Segmen pasar Entry Level
Diperkenalkan Juli 2021
Dirilis resmi Juli 2021
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA / 4G LTE (LTE-A)
Eksternal
Dimensi 160 x 74 x 9.4 mm
Berat 203 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Super AMOLED
Ukuran 6,4 inci (~83.5% screen-to-body ratio)
Resolusi 720 x 1600 pixels  (274 ppi density)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5
Model Bezel-less dengan tear drop notch, refresh rate 90Hz, 600 nits (HDR)
Internal
Sistem Operasi Android 11
User Interface (UI) One UI Core 3.1
Chipset Mediatek Helio G80 (12 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
Kartu grafis Mali-G52 MC2
ROM 64GB / 128GB (kapasitas internal storagenya masih dapat ditambah sampai dengan 1TB menggunakan microSD)
RAM 4GB / 6GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 13MP
Fitur Selfie Cam, HDR
Belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Fitur LED flash, panorama, HDR, Night Mode
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Virtual Light Sensor, Virtual Proximity Sensor
Sensor sidik jari Ya (di samping)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak ada
GPS A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Radio Ya
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 6000 mAh (support fast charging 15W)
Warna Denim Black, Denim Blue
Harga INR 12.499 atau sekitar Rp2,43 jutaan

Fitur Unggulan Samsung Galaxy F22

Spesifikasi Samsung Galaxy F22 Layarnyat Tajam
Layarnya sangat tajam dan berkualitas untuk menampilkan segala sesuatu

1. Layar sAMOLED untuk Tampilan Cinematic

Mungkin sudah ada beberapa produk dari Samsung yang masuk kategori entry level yang mana sudah dilengkapi dengan layar berjenis Super AMOLED dan ternyata perusahaan asal Korea Selatan ini terus melanjutkan dengan bukti bahwa Samsung Galaxy F22 juga memakai layar jenis ini.

Layar yang digunakan Samsung Galaxy F22 berukuran 6,4 inci Infinity-U Display yang dapat digunakan untuk menampilkan segala sesuatu dengan jelas, detail dan terang. Terlebih lagi, layarnya support refresh rate 90Hz yang mana akan sangat nyaman ketika digunakan untuk scrolling tulisan atau apapun termasuk juga saat dipakai untuk bermain game.

Baterainya berkapasitas 6000 mAh yang tahan untuk berbagai aktivitas
Baterainya berkapasitas 6000 mAh yang tahan untuk berbagai aktivitas

2. Baterai Jumbo untuk Penggunaan Seharian Penuh

Smartphone satu ini dilengkapi dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas sangat besar untuk ukuran perangkat mobile kelas entry level. Kapasitas baterainya adalah sebesar 6000 mAh dan dapat digunakan selama seharian penuh untuk berbagai aktivitas hanya dalam sekali pengisian sampai 100%.

Ketika diujicobakan untuk dipakai berselancar di internet baik menggunakan koneksi WI-Fi ataupun jaringan 4G LTE, baterainya mampu bertahan sampai dengan 29 jam. Saat dipakai untuk menonton video play time, baterainya kuat sampai dengan 35 jam atau sampai dengan 133 jam untuk digunakan memutar musik play time. Ketika dalam mode bicara, baik itu menerima atau melakukan panggilan telepon, baterainya tetap bertahan sampai dengan 45 jam. Hal itu juga serupa saat dipakai untuk video call.

Kameranya sangat bagus baik untuk memotret ataupun untuk merekam video
Kameranya sangat bagus baik untuk memotret ataupun untuk merekam video

3. Kamera Utama 48MP untuk Abadikan Semua Momen dengan Kualitas Tinggi

Seperti halnya kebanyakan produk smartphone entry level dan mid-range besutan Samsung lainnya, Samsung Galaxy F22 ini juga tetap mengusung model 4 kamera di belakang dan 1 di depan. Untuk kamera yang terletak di belakang, lensa utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP.  Lensa kamera utamanya ini dapat digunakan untuk memotret ataupun merekam dengan kualitas bagus. Bahkan terdapat pula Night Mode untuk pemotretan di malam hari atau di tempat yang minim cahaya.

Sedangkan untuk lensa kamera keduanya, resolusinya adalah 8MP dan berfungsi sebagai ultra-wide lens. Lensa kameranya ini mampu memotret atau merekam dengan rentang terjauh sampai dengan 123 derajat. Dan untuk 2 lensa kamera sisanya, keduanya memiliki resolusi yang sama, yaitu 2MP. Hanya saja, kedua lensa itu mempunyai fungsi yang berbeda. Satu untuk macro dan satu lagi untuk depth of field.

Beranjak ke sisi depan, tepatnya di modul tear drop notchnya terdapat satu buah lensa kamera yang memiliki resolusi 13MP. Kamera depannya ini berfungsi sebagai media untuk selfie dan juga video call yang dilengkapi dengan fitur HDR untuk menambah sisi dramatis saat digunakan untuk memotret.

Dapur pacunya memang diciptakan lebih khusus untuk gaming
Dapur pacunya memang diciptakan lebih khusus untuk gaming

4. Jeroan Andal untuk Multi-Tasking Activities

Untuk bagian dalamnya, Samsung Galaxy F22 ini menggunakan dapur pacu yang sama seperti 2 produk Samsung sebelumnya, yaitu Samsung Galaxy M32 dan Samsung Galaxy A22. Seperti yang diketahui, dapur pacu dari kedua produk smartphone sebelumnya itu adalah memang difungsikan untuk gaming.

Chipset yang terdapat di dalamnya adalah MediaTek Helio G80 dengan prosesor Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55) serta kartu grafis Mali-G52 MC2. Chipset, prosesor dan GPU yang dimilikinya juga sangat menunjang sekali ketika dipakai untuk berbagai aktivitas atau multi-tasking.

Sedangkan sebagai pendukung lainnya adalah Samsung Galaxy F22 dilengkapi dengan 2 varian RAM dan ROM. RAM-nya adalah sebesar 4GB dan 6GB, sedangkan ROM-nya adalah berkapasitas 64GB dan 128GB yang mana internal storagenya masih dapat ditambah sampai dengan 1TB menggunakan microSD.

Untuk Face Unlock-nya dapat menggunakan lensa kamera depan
Untuk Face Unlock-nya dapat menggunakan lensa kamera depan

5. Sistem Pengaman yang Canggih dan Aman

Selain sudah dilengkapi dengan sistem pengaman bawaan dari Android, seperti pattern dan keyword, Anda masih dapat menggunakan sistem pengaman lain yang merupakan fitur buatan Samsung, yaitu Face Unlock. Fitur pengaman ini dapat dioperasikan dengan merekam wajah Anda terlebih dahulu dan kemudian mengaktifkannya dengan menghadapkan perangkat agar lensa kamera depannya dapat memindai wajah Anda.

Selain itu, terdapat pula tombol fingerprint scanner yang diletakkan di sebelah kanan, di bawah tombol Volume. Penempatan tombol fingerprint scanner di samping ini mengadopsi kebanyakan smartphone-smartphone kelas atas lainnya. Sensitivitasnya juga sangat tinggi sehingga tidak perlu membutuhkan waktu 1 detik untuk membuka perangkat apabila memang alur sidik jarinya cocok.

Sistemnya sangat ringan dan sederhana dan tidak memberatkan perangkat
Sistemnya sangat ringan dan sederhana dan tidak memberatkan perangkat

6. Operating System Android 11 dengan User Interface One UO Core 3.1 yang Bagus

Walaupun masuk kategori smartphone kelas entry level, akan tetapi Samsung tetap melengkapi produk barunya ini dengan operating system paling baru untuk saat ini dari Google, yaitu Android 11. Belum diketahui apakah nantinya Samsung Galaxy F22 akan dapat upgrade ke Android 12 apabila sudah keluar atau tidak.

Sedangkan untuk user interfacenya, Samsung tetap memakai UI buatan mereka sendiri, yaitu Samsung One UI Core 3.1 yang berbasis pada Android 11. Dengan menggunakan UI ini, maka perangkat tidak terbebani karena tampilannya yang relatif flat dan minimalis serta tidak banyak memakai grafis 3D.

Ada 2 macam varian warna untuk Samsung Galaxy F22 ini yaitu Denim Black dan Denim Blue
Ada 2 macam varian warna untuk Samsung Galaxy F22 ini yaitu Denim Black dan Denim Blue

7. Desain Trendi dan Bergaya Muda

Seperti yang disebutkan di atas bahwa Samsung Galaxy F22 ini memiliki kemiripan desain dengan model sebelumnya yaitu Samsung Galaxy M32. Mulai dari tampilan depan sampai dengan penggunaan notchnya pun sama. Bahkan di bagian belakang, pemakaian gradasi warna antara kedua perangkat pun juga sama. Hanya saja, alur grid vertikal pada permukaan casing yang dipunyai Samsung Galaxy F22 lebih rapat dan halus dibandingkan dengan Samsung Galaxy M32.

Ada 2 varian warna untuk Samsung Galaxy F22 ini, yaitu Denim Black dan Denim Blue yang mana Samsung sendiri mengklaim bahwa warna-warna tersebut merupakan warna trendi dan cocok untuk digunakan oleh para anak muda sekarang ini.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy F22

Kelebihan Samsung Galaxy F22

Kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy F22 adalah smartphone ini memiliki layar besar berjenis Super AMOLED dengan ukuran 6,4 inci. Layarnya ini tergolong bagus untuk ukuran smartphone entry level. Ditambah lagi, Samsung Galaxy F22 juga sudah menggunakan perlindungan layar yaitu Corning Gorilla Glass 5. Kelebihan kedua adalah smartphone ini memiliki baterai besar berkapasitas 6000 mAh yang sangat tahan untuk digunakan selama seharian penuh. Kemudian lensa kamera utamanya juga mempunyai resolusi yang besar, 48MP yang mana jarang dimiliki smartphone kelas entry level lainnya.

Kekurangan Samsung Galaxy F22

Sedangkan untuk kekurangan dari Samsung Galaxy F22 sendiri pertama adalah material casingnya masih menggunakan plastik yang membuat kesan ringkih atau tidak kokoh. Terlebih lagi, smartphone ini bukan tergolong perangkat mobile tahan banting. Kemudian teknologi fast charging yang support dengannya hanya sampai 15W yang mana akan sangat lama untuk mengisi baterai berkapasitas 6000 mAh itu sampai penuh. Kekurangan selanjutnya adalah dengan spesifikasi tersebut, maka harga yang ditawarkan dirasa terlalu tinggi.

hp Samsung Galaxy F22
Samsung Galaxy F22 adalah smartphone kelas entry level paling baru dari Samsung

Review Akhir

Samsung Galaxy F22 adalah smartphone entry level besutan Samsung paling baru. Smartphone ini dipasarkan untuk pasar India dan sekitarnya. Namun tidak menutup kemungkinan nantinya akan dipasarkan di beberapa negara lainnya. Samsung Galaxy F22 memiliki keunggulan di sisi layar, baterai dan kapasitas RAM juga ROM-nya. Sedangkan kekurangannya adalah kekuatan fisiknya yang rendah, desainnya yang masih mengadopsi model sebelumnya sampai dengan dapur pacunya yang cukup standar. Kabarnya, setelah Samsung Galaxy F22 dirilis di India, ada kabar bahwa Samsung juga akan merilis kembaran produk ini dengan nama berbeda, yaitu Samsung Galaxy A22 untuk pasaran Indonesia. Harga dari Samsung Galaxy F22 ini adalah sekitar Rp2,43 jutaan.

Artikel: Spesifikasi Samsung Galaxy F22 by PortalHP.com
Sumber gambar: samsung.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here