Samsung Galaxy F41

hp Samsung Galaxy F41
Samsung Galaxy F41 adalah smartphone kelas mid-range dengan kapasitas RAM dan baterai super besar

Samsung Galaxy F41 dapat dikatakan sebagai smartphone besutan Samsung dari seri F pertama yang benar-benar dirilis ke pasaran. Dikatakan begitu karena memang dulu sempat ada produk bernama Samsung Galaxy F yang akhirnya batal diperkenalkan sekaligus dirilis karena suatu hal. Jadi, Galaxy F41 ini benar-benar menjadi smartphone seri F pertama dari Samsung.  Layar yang digunakan adalah Super AMOLED dengan ukuran 6,4 inci yang mana memiliki densitas sebesar 403 ppi. Chipsetnya sama seperti yang dipakai di Samsung Galaxy M31s, yaitu Samsung Exynos 9611 dengan dukungan RAM 6GB dan ROM 64GB/128GB. Terdapat 4 lensa kamera di body Galaxy F41 ini. Dan yang cukup menyenangkan adalah kapasitas baterai dari smartphone satu ini adalah berkapasitas 6000 mAh.

Harga Samsung Galaxy F41 di Indonesia

Untuk saat ini, Samsung Galaxy F41 belum secara resmi dirilis untuk cakupan global. Smartphone satu ini kali pertama diperkenalkan di pasaran India pada tanggal 8 Oktober 2020 dan rencananya baru akan dibuka first sale pada tanggal 16 Oktober 2020. Belum diketahui kapankan smartphone ini bakal dirilis secara global atau setidaknya masuk ke pasaran Tanah Air. Untuk harganya sendiri, Samsung Galaxy F41 dibandrol dengan harga INR16.999 atau sekitar Rp3,41 jutaan.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Samsung Galaxy F41

Nama model Samsung Galaxy F41
Kode produksi SM-F415F/DS
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Oktober 2020
Dirilis resmi Oktober 2020
Jaringan GSM / WCDMA / HSPA/ HSDPA / LTE (LTE-FDD, LTE-TDD)
Eksternal
Dimensi 159,2 x 75,1 x 8,9 mm
Berat 191 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Super AMOLED Capacitive Touchscreen, Multi-touch
Ukuran 6,4 inci (~84.1% screen-to-body ratio)
Resolusi 1080 x 2340 pixels Full HD+ (~403 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 3
Model Bezel-less dengan tear drop notch atau Infinity-U Display
Internal
Sistem Operasi Android 10
User Interface (UI) OneUI 2.1
Chipset Exynos 9611 (10nm)
Prosesor Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
Kartu grafis Mali-G72 MP3
ROM 64GB / 128GB UFS 2.1 (kapasitas internal storagenya masih dapat ditambah sampai dengan 512GB menggunakan microSD)
RAM 6GB LPDDR4x
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 32MP
Fitur Smart beauty, single take, original video, hyperlapse, boomerang, smart crop, filters, live focus, HDR
Belakang 64MP + 8MP + 5MP
Fitur Bokeh Effect, Depth Camera, Single Take, Original Video, Hyperlapse, Boomerang, Smart Crop, Filters, Led Flash, Panorama, HDR, Digital Zoom, Auto Flash, Face Detection, Touch To Focus, Continuous Shooting
Loudspeaker Ya (Dolby Atmos)
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Light Sensor, Virtual Proximity Sensing, Google Chrome, Samsung S-Browser 11.0
Sensor sidik jari Ya (di belakang)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB USB Type-C 2.0
NFC
GPS A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Radio FM radio, RDS, recording
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 6000 mAh (support fast charging 15W)
Warna Fusion Black, Fusion Green, Fusion Blue
Harga RAM 6 – ROM 64GB – INR16.999 atau sekitar Rp3,41 jutaan

RAM 6 – ROM 128GB – INR17.999 atau sekitar Rp3,61 jutaan

Fitur Unggulan Samsung Galaxy F41

Spesifikasi Samsung Galaxy F41 fast charging
Baterainya juga support dengan teknologi fast charging

1. Baterai Besar dan Kuat Berjam-jam

Walaupun bukan smartphone pertama besutan Samsung yang dilengkapi baterai berkapasitas besar, tapi cukup menyenangkan apabila memiliki perangkat mobile dengan baterai jumbo. Nah, Galaxy F41 ini memiliki baterai berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas 6000 mAh. Dengan baterai besar seperti itu, maka Anda dapat memakai perangkat untuk berbagai aktivitas tanpa harus takut kehabisan baterai di tengah pemakaian.

Selain berkapasitas besar, smartphone ini juga sudah support dengan teknologi fast charging 15W dengan charger USB Type-C. Dari posisi 0 sampai 100 persen hanya membutuhkan waktu 160 menit. Dalam pemakaian di posisi 100 persen, baterainya dapat dipakai selama 48 jam dalam mode bicara. Sedangkan ketika dipakai untuk memutar video, baterainya kuat bertahan sampai dengan 26 jam. Dipakai untuk browsing, baterainya kuat bertahan 21 jam dan dipakai untuk memutar musik dapat bertahan lama, 119 jam.

Semua yang tertampil pada layarnya masih akan sangat terlihat jelas walaupun berada di bawah sinar matahari
Semua yang tertampil pada layarnya masih akan sangat terlihat jelas walaupun berada di bawah sinar matahari

2. Layar Besar dan Cocok untuk Segala Aktivitas

Layar yang dimiliki Galaxy F41 berjenis sAMOLED atau Super AMOLED dengan kualitas yang sudah tidak dapat disanksikan lagi. Sedangkan ukurannya sendiri adalah 6,4 inci atau sebesar 16,21 cm dengan resolusi sebesar 1080 x 2340 pixels Full HD+. Pada bagian atas terdapat tear drop notch atau menurut istilah Samsung sendiri adalah Infinity-U. Dengan meminimalisir tambahan fitur fisik di layar, maka ketika dipakai untuk menonton video atau bermain game, tidak lagi ada hal yang mengganggu.

Lensa kamera utamanya 64MP yang cukup andal untuk dipakai memotret di tempat terang atau gelap
Lensa kamera utamanya 64MP yang cukup andal untuk dipakai memotret di tempat terang atau gelap

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

3. Kamera dengan Resolusi Besar untuk Abadikan Momen Berharga

Pada bagian belakang dari Samsung Galaxy F41 ini terdapat 3 lensa kamera dengan lensa utama yang memiliki resolusi sebesar 64MP. Ada banyak fitur tambahan untuk lensa kameranya ini. Bahkan Anda dapat menarik atau dragging fitur-fitur tersebut ke deretan shortcut di bawah layar agar lebih mudah mengaksesnya. Hasil dari foto atau video untuk lensa 64MP-nya tersebut sangat detail, jelas dan berkualitas.

Sedangkan untuk lensa kamera keduanya yang berfungsi sebagai lensa wide-angle memiliki resolusi sebesar 8MP. Dengan menggunakan lensa kameranya ini, Anda dapat mengabadikan pemandangan dengan jangkauan terluas sampai 123 derajat. Dan untuk lensa kamera ketiganya memiliki resolusi sebesar 5MP yang berfungsi sebagai lensa live focus dan juga depth. Dengan lensa kamera ini, maka Anda dapat mendapatkan efek bokeh super halus di sekeliling objek utama.

Beralih ke lensa kamera depannya yang memiliki resolusi sebesar 32MP, Anda akan mendapatkan hasil foto selfie yang sangat jernih dan detail. Bahkan saat dipakai untuk melakukan video call, hasilnya tidak pecah. Seperti halnya lensa-lensa kamera belakangnya, lensa depannya ini juga telah dilengkapi dengan banyak fitur pendukung lain.

Tidak hanya cepat, mesin di dalamnya miliki performa bagus kala dipakai mengoperasikan aplikasi berat
Tidak hanya cepat, mesin di dalamnya miliki performa bagus kala dipakai mengoperasikan aplikasi berat

4. Performa Gahar dengan RAM serta ROM Besar

Selayaknya smartphone baru lainnya, Samsung Galaxy F41 menggunakan operating system Android Q atau versi ke-10 dan untuk tampilannya, Samsung memakai OneUI 2.1 yang minimalis dan mudah digunakan serta dapat mengefisienkan segala aktivitas penggunanya.

Beranjak ke bagian mesinnya, smartphone ini menggunakan chipset Samsung Exynos 9611 SoC yang sangat bagus performanya. Begitu pula dengan prosesor Octa-core serta GPU-nya yang tidak kalah bagus, ketika diujicobakan, score AnTuTu-nya adalah 184871.

Selain itu, kinerja mesinnya juga menjadi sangat mulus dan lancar karena RAM yang dimilikinya memiliki kapasitas sebesar 6GB. Sedangkan internal storagenya terbagi menjadi 2 varian, yaitu sebesar 64GB dan 128GB yang mana masih dapat ditambah lagi kapasitasnya sampai 512GB menggunakan microSD.

Ada 2 gradasi warna yang terlihat pada bagian belakang perangkat mobile satu ini
Ada 2 gradasi warna yang terlihat pada bagian belakang perangkat mobile satu ini

5. Desain Minimalis dengan Efek Hologram

Samsung Galaxy F41 memiliki ukuran yang relatif sama seperti Samsung Galaxy M31s atau perangkat mobile kelas mid-range lainnya. Hanya saja smartphone ini memiliki ketebalan hanya mencapai 8,9 mm dan berbobot hanya sebesar 191 gram saja. Sangat nyaman dan aman ketika digunakan atau dioperasikan dengan menggunakan satu tangan saja.

Dari desainnya sendiri masih sama seperti kebanyakan smartphone terbaru besutan Samsung lain. Untuk warnanya, ada 3 pilihan yaitu Fusion Black, Fusion Blue dan Fusion Green. Jika membaliknya, maka ada efek hologram yang akan terlihat ketika ada cahaya yang menerpa. Selain itu, Samsung sengaja membagi space belakang untuk 2 warna yang berbeda, seperti contohnya satu sisi hitam dan satu sisi lagi biru.

Untuk fasilitas fisik lainnya juga masih sama, seperti port microphone, port untuk charger, tombol volume, tombol On/Off sampai dengan terdapatnya tempat untuk fingerprint sensor pada bagian belakang. Semuanya sama seperti kebanyakan smartphone mid-range besutan Samsung lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy F41

Kelebihan Samsung Galaxy F41

Kelebihan utama yang dimiliki Samsung Galaxy F41 adalah terletak pada kapasitas baterainya yang super jumbo. Baterainya memiliki kapasitas 6000 mAh yang dapat bertahan lama untuk digunakan selama berjam-jam dalam sekali pengisian. Kelebihan lainnya adalah pada kapasitas RAM dan ROM yang sangat besar untuk ukuran smartphone kelas mid-range. Chipset yang andal, layar Super AMOLED sampai dengan lensa kamera depan 32MP juga masuk sebagai kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy F41 ini.

Kekurangan Samsung Galaxy F41

Kekurangan Samsung Galaxy F41 pertama adalah terletak pada bodynya yang terbuat dari plastik dan rentan retak atau pecah ketika terbentur atau terjatuh. Selain itu, seri pelindung kacanya bukanlah yang terbaru, Corning Gorilla Glass 3. Kekurangan selanjutnya adalah smartphone ini tidak dilengkapi dengan fasilitas NFC yang sekarang sedang ngetren ditambahkan banyak vendor mobile dunia lain pada produk barunya. Dan kekurangan lainnya adalah terletak pada harganya yang masih tergolong mahal untuk ukuran smartphone mid-range low budget seperti ini.

Samsung Galaxy F41 adalah smartphone kelas mid-range dengan kapasitas RAM dan baterai super besar

Review Akhir Samsung Galaxy F41

Samsung Galaxy F41 adalah smartphone kelas mid-range yang menggunakan operating system Android 10 dan diperkuat dengan chipset Samsung Exynos 9 Octa 9611, prosesor Octa-core dengan GPU Mali-G72 MP3. RAM yang dimilikinya berkapasitas 6GB dengan ROM sebesar 64GB dan 128GB. Untuk layarnya sendiri adalah Super AMOLED dengan ukuran 6,4 inci. Lensa kamera belakangnya ada 3 buah dengan lensa utama yang memiliki resolusi sebesar 64MP, sedangkan di bagian depan, lensa kameranya beresolusi sebesar 32MP.  Dan seperti smartphone mid-range umumnya, Galaxy F41 dilengkapi dengan fingerprint sensor pada bagian belakang. Untuk sementara ini smartphone tersebut belum dirilis secara resmi dan baru akan diluncurkan perdana di India dengan harga sekitar Rp3,41 jutaan.

Artikel: Spesifikasi Samsung Galaxy F41 by PortalHP.com
Sumber gambar: samsung.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here