Samsung Galaxy F62

hp Samsung Galaxy F62
Samsung Galaxy F62 merupakan smartphone kedua dari Samsung yang ada di jajaran Galaxy F

Samsung Galaxy F62 akhirnya kembali merilis produk smartphone mid-rangenya di pertengahan kuartal pertama tahun 2021. Satu hal yang menarik adalah Samsung Galaxy F62 adalah smartphone kedua di jajaran Samsung Galaxy F series setelah Samsung Galaxy F41. Dikatakan begitu karena memang dari awal masuk ke ranah smartphone, baru ada 2 smartphone dari Samsung yang memiliki awalan seri F.

Layar dari Galaxy F62 ini cukup besar, yaitu 6,7 inci dengan ketebalan hanya mencapai 9,5 mm saja dan memiliki berat hanya 218 gram. Sisi internal yang dimilikinya pun tidak mengecewakan untuk ukuran smartphone kelas menengah. Salah satu kekuatan utama yang dimiliki oleh Galaxy F62 ini adalah baterai berkapasitas 7000 mAh yang baru dan tertinggi di antara semua smartphone kelas mid-range di dunia.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Harga Samsung Galaxy F62

Samsung Galaxy F62 kali pertama diperkenalkan adalah untuk pasaran India dan sekitarnya. Untuk itu, website Samsung resmi yang update mengenai smartphone satu ini baru Samsung India saja. Untuk pasaran India sendiri, Samsung Galaxy F62 dirilis resmi pada tanggal 15 Februari 2021 dan baru pada tanggal 22 Februari 2021 akan diluncurkan secara global. Untuk harganya sendiri, merunut dari website resminya, terdapat 2 varian yang mana dibedakan dari besaran RAM yang dimiliki. Untuk Samsung Galaxy F62 dengan RAM 6GB dan ROM 128 dijual dengan harga INR 23999 atau sekitar Rp4,59 jutaan, sedangkan untuk versi RAM 8GB dan ROM 128GB dipasarkan dengan harga INR 25999 atau sekitar Rp4,98 jutaan.

Spesifikasi Samsung Galaxy F62

Nama model Samsung Galaxy F62
Kode produksi SM-E625F, SM-E625F/DS
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Februari 2021
Dirilis resmi Februari 2021
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA / 4G LTE (LTE-TDD, LTE-FDD)
Eksternal
Dimensi 163,9 × 76,3 × 9,5 mm
Berat 218 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Super AMOLED Plus
Ukuran 6,7 inci (~86.7% screen-to-body ratio)
Resolusi 1080 x 2400 pixels FHD+ (~393 ppi)
Perlindungan
Model Bezel-less dengan punch hole atau Infinity-O Display
Internal
Sistem Operasi Android 11
User Interface (UI) OneUI 3.1
Chipset Exynos 9825 (7 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.73 GHz Exynos M4 & 2×2.40 GHz Cortex-A75 & 4×1.95 GHz Cortex-A55)
Kartu grafis Mali-G76 MP12
ROM 128GB (kapasitas internal storagenya masih dapat ditambah sampai 1TB menggunakan microSD)
RAM 6GB / 8GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 32MP
Fitur Selfie Photo, AI Beauty, HDR
Belakang 64MP + 12MP + 5MP + 5MP
Fitur Single take, Ultra-wide, Macro, Live focus (Portrait), Night mode, Super slow motion, Hyperlapse, Super steady, 4K(UHD) video recording
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, gyro, proximity, compass
Sensor sidik jari Ya (di samping)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
NFC Ya
GPS A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Radio Ya, FM Radio + recording
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 7000 mAh (support teknologi fast charging 25W)
Warna Laser Green, Laser Blue, Laser Grey
Harga RAM 6GB – ROM 128GB = INR23,999 (Rp4,59 jutaan)

RAM 8GB – ROM 128GB = INR 25,999 (Rp4,98 jutaan)

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:

Fitur Unggulan Samsung Galaxy F62

Spesifikasi Samsung Galaxy F62 Sisi internal di dalamnya memberikan pengalaman berbeda
Sisi internal di dalamnya memberikan pengalaman berbeda baik untuk pengoperasian harian atau bermain game

1. Dilengkapi dengan Chipset Flagship untuk Ciptakan Performa yang Menawan

Samsung Galaxy F62 hadir dengan chipset andal, yaitu Samsung Exynos 9825 yang memiliki fabrikasi 7nm. Dengan chipset ini, maka Anda dapat memperoleh paket lengkap untuk pemakaian sehari-hari, mengoperasikan aplikasi berat ataupun digunakan untuk bermain game. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat memakai jerohan yang dimiliki Galaxy F62 ini.

Integrasi Neural Processing Unit (NPU) dengan fabrikasi 7nm tersebut membuat teknologi AI di dalamnya dapat semakin optimal dalam bekerja dan membuat sistem di dalamnya juga terbantu karenanya.

Prosesor di dalamnya pun tidak kalah andalnya, yaitu berkaki Octa-core dengan clock speed 2.73GHz. Prosesornya juga berfiturkan tri-cluster architecture yang berisikan 2 CPU generasi ke-4 dan Cortex A75 untuk menunjang performa serta 4 Cortex A55 untuk efisiensi mesin. Perpaduan antara chipset dan prosesornya ini juga dapat membuat baterai yang digunakan untuk dapat bertahan lama.

Sedangkan untuk kartu grafisnya sendiri, Samsung telah melengkapi Galaxy F62 dengan Mali-G76 MP12 yang dapat bekerja secara optimal saat dipakai untuk bermain game-game berkaliber berat. Ditambah lagi terdapat game booster di dalamnya yang dapat meningkatkan performa mesin.

Baterainya berkapasitas 7000 mAh dan support fast charging 25W
Baterainya berkapasitas 7000 mAh dan support fast charging 25W

2. Baterai dengan Kapasitas Terbesar di Pasaran

Samsung Galaxy F62 dilengkapi dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer yang memiliki kapasitas 7000 mAh. Dapat dikatakan kapasitas baterai yang dimiliki Galaxy F62 ini adalah yang terbesar di kelasnya. Bahkan di kelas flagship pun, belum ada smartphone yang menggunakan baterai berkapasitas 7000 mAh.

Samsung sendiri memang menargetkan bahwa Galaxy F62 ini untuk segmen generasi muda atau setidaknya para Gen Z yang sangat peka teknologi dan sering menggunakan perangkat mobile dalam keseharian mereka. Oleh karenanya, diciptakanlah Galaxy F62 dengan baterai berkapasitas besar agar dapat menyokong aktivitas para generasi muda tersebut tanpa terkendala habis baterai di tengah pemakaian.

Selain itu, untuk masalah baterainya ini, Samsung juga telah merancang Galaxy F62 agar support dengan teknologi fast charging 25W. Dengan menggunakan teknologi pengisian cepat seperti itu, dari posisi 0 sampai 100 persen hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam.

Layarnya berukuran 6,7 inci dan mengadopsi desain Infinity-O
Layarnya berukuran 6,7 inci dan mengadopsi desain Infinity-O

3. Layar Berjenis Super AMOLED Plus yang Sangat Berkualitas

Samsung Galaxy F62 dilengkapi dengan layar berjenis Super AMOLED Plus dengan ukuran 6,7 inci. Layarnya ini sangat jernih dan detail ketika menampilkan segala sesuatunya. Selain itu, layar Galaxy F62 support untuk menampilkan sampai dengan 16 juta warna serta memiliki tingkat kecerahan 420 nits dan mempunyai rasio kontras 1000000:1.

Resolusi layarnya adalah 1080 x 2400 pixels FHD+ yang mempunyai tingkat density 393. Jadi dengan resolusi besar dan juga tingkat density yang seimbang seperti itu, maka ketika digunakan untuk menampilkan gambar sekualitas HD pun tidak menjadi masalah. Layarnya mengadopsi desain bezel-less dengan Infinity-O atau punch hole di bagian atas tengah.

Lensa kameranya berfungsi sebagai media untuk mengabadikan segala momen indah
Lensa kameranya berfungsi sebagai media untuk mengabadikan segala momen indah

4. Lima Buah Lensa Kamera Tersemat di Body

Samsung Galaxy F62 secara total memiliki 5 buah lensa kamera yang tersemat di bodynya. Untuk bagian belakang, terdapat 4 buah lensa yang berkualitas. Lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 64MP dengan sensor buatan Sony, Sony IMX682 yang sangat bagus untuk digunakan memotret pada saat siang ataupun malam hari.

Lensa kamera keduanya memiliki resolusi 12MP yang berfungsi sebagai ultra-wide lens dengan 123 derajat field of view dan terdapat 2 lensa yang masing-masing memiliki resolusi sama, 5MP. Satu berfungsi sebagai lensa macro serta dapat dipakai juga untuk close-up shot dan satu lagi untuk depth lens yang sangat bagus ketika digunakan dalam mode portrait.

Lensa belakang pada Galaxy F62 ini juga sangat bagus saat dipakai untuk merekam video yang mana hasilnya sampai dengan resolusi 4K. Bahkan terdapat juga fitur night hyperlapse, slow-mo sampai dengan super-steady modes untuk perekaman. Sedangkan di bagian depan terdapat lensa kamera dengan resolusi sebesar 32MP yang juga support untuk digunakan merekam video sampai resolusi 4K dan slomo selfie.

Satu hal yang menarik dari fitur kamera di Galaxy F62 ini adalah terdapatnya fitur Intelli-Cam yang dapat mengoreksi semua jepretan yang dilakukan sebelum nantinya dapat ditampilkan di layar. Dengan fitur ini, maka pengguna hanya perlu mengambil satu kali jepretan saja untuk mendapatkan hasil yang bagus. Dengan kata lain, tidak perlu mengulang-ulang karena hasilnya blur, shaking, out of focus dan lainnya karena mesin di dalamnya sudah dapat mengoreksi secara maksimal dengan istilah Single Take.

Ada 3 buah pilihan warna untuk Samsung Galaxy F62 ini
Ada 3 buah pilihan warna untuk Samsung Galaxy F62 ini

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

5. Desain Unik dengan Gradasi Laser untuk Tampilkan Kesan Elegan

Samsung menjelaskan bahwa dalam pembuatan casingnya, mereka menggunakan model desain cutting laser yang mana dapat menciptakan hasil presisi serta membuat permukaan bagian belakangnya memiliki seperti memiliki tekstur. Oleh karenanya, 3 varian yang didasarkan pada warnanya ini, semuanya menggunakan kata Laser pada bagian depan namanya, seperti Laser Green, laser Grey dan Laser Blue.

Samsung Galaxy F62 ini memiliki panjang 163,9 mm dengan lebar 76,3 mm serta ketebalannya hanya 9,5 mm saja. Sedangkan berat dari perangkat satu ini hanya mencapai 218 gram. Pada bagian depannya terbuat dari kaca, sedangkan pada bagian belakangnya menggunakan material plastik keras yang sangat glossy dengan gradasi warna dari gelap ke terang.

Pada bagian sisi kanan terdapat tombol Fingerprint Scanner yang juga berfungsi sebagai tombol Power. Di atasnya ada tombol Volume Rocker (Up/Down). Sedangkan di sisi sebelah kirinya ada slot untuk memasukkan SIM Card dan microSD. Sedangkan pada bagian bawah terdapat lubang 3.5mm jack dan port untuk memasukkan kabel USB Type-C 2.0. Di sampingnya terdapat speaker out. Untuk sisi atasnya tidak terdapat port atau tombol apapun.

Samsung Galaxy F62 menggunakan user interface buatan Samsung terbaru
Samsung Galaxy F62 menggunakan user interface buatan Samsung terbaru

6. Sistem Antarmuka yang Menarik, Simple dan Desainnya Minimalis

Samsung Galaxy F62 menggunakan operating system Android 11 dan untuk sistem antar-mukanya, Samsung menyematkan user interface terbaru mereka, yaitu Samsung One UI 3.1. Perpaduan antara Android 11 dan Samsung One UI 3.1 tersebut akan memunculkan tampilan yang minimalis dan dapat diatur secara mudah. Terlebih lagi, sistemnya pun dapat membantu sistem lain di dalam perangkat untuk bekerja secara optimal.

Terdapat 2 sistem pengaman di Samsung Galaxy F62
Terdapat 2 sistem pengaman di Samsung Galaxy F62

7. Menggunakan Sistem Pengaman Knox yang Mampu Amankan Perangkat Secara Total

Untuk masalah pengamanan, Samsung telah melengkapi Samsung Galaxy F62 ini dengan banyak fitur keamanan yang tercanggih. Salah satunya adalah yang memang dirilis khusus di India sebelumnya, yaitu AltZLife. Fitur ini juga terdapat di 2 produk Samsung lainnya, yaitu Samsung Galaxy A71 dan Samsung Galaxy A51.

AltZLife ini berfungsi sebagai pengaman perangkat dan segala konten atau data di dalam perangkat. Pengguna Galaxy F62 dalam secara cepat mengalihkan tampilan dari mode normal ke mode privasi hanya dalam sekali menekan tombol khususnya saja.

Selain AltZLife, seperti kebanyakan produk smartphone Samsung lainnya, Galaxy F62 ini juga dilengkapi dengan teknologi pengaman Knox. Hanya saja, teknologi yang digunakan pada perangkat ini adalah versi paling baru, yaitu Knox 3.7 yang sudah lebih kuat dan aman. Terdapat juga fitur Secure Folder sampai dengan integrasi antara sistem pengaman dengan teknologi AI di dalamnya untuk menciptakan mode keamanan yang paling canggih. Anda juga dapat memakai sistem pengaman lain, mulai dari fingerprint scanner, Face Unlock atau juga yang bawaan dari Android, yaitu pattern atau yang memakai sandi.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy F62

Kelebihan

Kelebihan yang dipunyai Samsung Galaxy F62 adalah chipset yang terdapat di dalamnya sangat bagus dan berkualitas. Dengan chipset, prosesor dan GPU tersebut maka semua sistem dapat berjalan dengan lancar. Ditambah lagi dengan terdapatnya RAM dan ROM berkapasitas besar, maka membuat perangkat anti-lag. Kedua adalah kapasitas baterai yang dimiliki sangat besar, 7000 mAh, yang dapat membuat penggunanya merasa nyaman ketika harus memakai perangkat selama berjam-jam hanya dalam sekali pengisian baterai saja. Kelebihan lainnya adalah jenis layar yang digunakan sangat berkualitas, Super AMOLED Plus, yang sangat jarang dimiliki oleh smartphone kelas mid-range.

Kekurangan

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri, Samsung Galaxy F62 masih belum support untuk digunakan di jaringan 5G. Padahal sekarang ini sudah banyak vendor mobile lainnya yang berlomba-lomba menciptakan perangkat smartphone yang support jaringan 5G. Kekurangan kedua adalah perangkat mobile satu ini bukan termasuk smartphone yang tahan banting karena tidak memiliki sertifikasi kekuatan seperti IP58, IP68 ataupun IP69. Kekurangan selanjutnya adalah teknologi fast charging yang dipakai terlalu rendah untuk ukuran baterai dengan kapasitas 7000 mAh. Seharusnya Samsung dapat mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi fast charging di atas 25W.

hp Samsung Galaxy F62
Samsung Galaxy F62 merupakan smartphone kedua dari Samsung yang ada di jajaran Galaxy F

Review Akhir Samsung Galaxy F62

Samsung kembali memperkenalkan dan merilis produk smartphone mid-range terbaru mereka, yaitu Samsung Galaxy F62. Walaupun tergolong dalam kelas mid-range, akan tetapi spesifikasi dalamnya bukan main-main. Mulai dari layar dengan jenis Super AMOLED Plus berukuran 6,7 inci, chipset Exynos 9825 dengan kalibrasi 7nm, 5 buah lensa kamera sampai dengan baterai berkapasitas sangat besar, 7000 mAh, membuat perangkat mobile satu ini menjadi yang terunggul di kelasnya. Setelah dipasarkan di India, Galaxy F62 ini akan segera hadir di pasaran negara-negara lainnya di akhir bulan Februari 2021 dengan 2 varian harga yang didasarkan pada besaran RAM di dalamnya, yaitu mulai Rp4,59 jutaan.

Artikel: Samsung Galaxy F62 – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: samsung.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here