Samsung Galaxy J2 Prime – Harga, Spesifikasi, Review Fitur Unggulan

hp samsung j2 prime
Samsung Galaxy J Prime merupakan smartphone paling bergengsi di tahun 2016

Samsung Galaxy J2 Prime merupakan salah satu andalan di jajaran perangkat murah. Meskipun smarphone ini dibanderol dengan harga murah, tentu kualitasnya tidak murahan. Bahkan smartphone ini merupakan salah satu yang memiliki aura mewah di jajaran Samsung Galaxy J Series.

Sejatinya J2 Prime bukanlah smartphone baru, namun hingga kini keberadaannya hampir selalu dicari orang. Tentu tidak hanya karena harganya yang terjangkau, spesifikasi yang dibawa juga menarik. Rilis di tahun 2016, Samsung Galaxy J2 Prime mampu mendongkrak penjualan produsen asal Korea Selatan ini di deretan smartphone murah. Untuk lebih jelasnya, mari kita melihat bagaimana pesona dari Samsung Galaxy J2 Prime ini yang sampai laku keras di pasaran.

Harga Samsung Galaxy J2 Prime di Indonesia

Toko Online Kisaran Harga
Lazada Rp 1.399.000
Shopee Rp 1.300.000
Tokopedia Rp 1.300.000
Bukalapak Rp 1.295.000
JD.ID
Blibli Rp 1.375.000

Harga Samsung Galaxy J2 Prime ini dipatok pada kisaran Rp1.800.000. Akan tetapi saat ini anda bisa mulai mencarinya di beberapa toko online. Bahkan di antara toko online ternama di Indonesia ada yang menjualnya di bawah harga pasaran. Tentu saja hal ini karena adanya sejumlah promo terkait marketing dari masing-masing e-commerce. Jangan lupa memilih toko online yang memiliki review terbaik dari konsumen.

Dengan harga yang cukup terjangkau ini, Samsung Galaxy J2 Prime menjadi salah satu smartphone Samsung yang paling banyak dicari.

Spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime

Nama model Samsung Galaxy J2 Prime
Kode produksi G532M/DS
Segmen pasar Mid-Range
Diperkenalkan November 2016
Dirilis resmi November 2016
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA/ WCDMA/ LTE (LTE-TDD, LTE-FDD)
Eksternal
Dimensi 144.8 x 72.1 x 8.9 mm
Berat 160 gram
SIM Card Hybrid Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis PLS TFT LCD (capacitive touchsreen)
Ukuran 5.0 inci
Resolusi 540 x 960 pixels qHD (~220 ppi density)
Perlindungan
Model Classic
Internal
Sistem Operasi Android 6.0 Marshmallow
User Interface (UI)
Chipset MediaTek MT6373T (2 nm)
Prosesor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
Kartu grafis Mali-T720MP2
ROM 8GB (dapat ditambah sampai dengan 256GB menggunakan microSD)
RAM 1,5GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 5MP
Fitur LED Flash
Belakang 8MP (CMOS)
Fitur LED Flash, Auot focus, HD Video
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, proximity
Sensor sidik jari Tidak
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n 2.4GHz, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth Bluetooth v4.2, A2DP, LE, AVRCP, DI, HFP, HID, HOGP, HSP, MAP, OPP, PAN, PBAP
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak
GPS GPS Glonass
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Removable Lithium Ion
Kapasitas daya 2600 mAh
Warna Black, Gold, Silver, Pink
Harga Rp 1.300.000 (harga di awal perilisan di pasaran Indonesia)

Fitur Unggulan Samsung Galaxy J2 Prime

spesifikasi samsung j2 prime dengan layar yang jernih dan terang
Layarnya dapat menampilkan segala sesuatu dengan jernih dan terang

Layar yang Cukup Mewah di Kelasnya

Samsung membekali J2 Prime dengan layar berukuran 5 inci. Memang bukan layar jumbo, namun kenyamanan dengan mengenggam smartphone ini tidak bisa dikalahkan. Resolusi yang ditawarkan oleh Samsung dengan J2 Prime adalah 960 x 540 piksel yang sudah memiliki teknologi PLS TFT. Meski tidak menggunakan Full HD, layar dari smartphone ini masih nyaman digunakan untuk menonton video, gambar, maupun dokumen.

dapur pacu yang tergolong bagus di kelasnya
Untuk kelasnya di tahun 2016, daur pacu Samsung Galaxy J Prime ini tergolong yang terbagus

Dapur Pacu J2 yang Mentereng

Dibanderol murah, bukan berarti Samsung memberikan fitur unggulan pada J2 Prime secara asal-asalan. Terbukti dengan kepedulian Samsung terhadap kinerja sebuah smartphone. Perusahaan asal Korea Selatan ini dengan bijaksananya menanamkan chipset MediaTek MT6737 yang dikombinasikan dengan prosesor quad-core bekecepatan 1,4 GHz. Penambatan RAM berkapasitas 1,5 Gb juga sebuah keputusan apik dari Samsung. Meski terbilang kecil, di tahun perilisan J2 Prime, smartphone ini sudah cukup mumpuni. Memori internalnya cukup lega dengan 8 GB yang tentunya masih diberikan kemurahan hati dengan penambahan microSD hingga 256 GB.

Spesifikasi semacam ini membuat Samsung Galaxy J2 Prime sangat ideal digunakan sehari-hari, baik untuk berkomunikasi atau pun bekerja.

Kamera Utama dengan sensor 8 MP

Smartphone murah Samsung dengan nama J2 Prime ini juga sangat memperharikan keinginan para penggemarnya akan budaya fotografi. Samsung sudah benar menempatkan kamera dengan sensor 8 MP di bagian belakang sekaligus menjadikannya sebagai kamera utama. Menariknya, dengan kamera bersensor 8 MP tersebut Anda sudah dimanjakan dengan hadirnya aperture f/2., Autofocus, dan LED Flash. Tentu saja hal tersebut akan membantu Anda menghasilkan sebuah gambar yang lebih baik dan cukup layak untuk dipamerkan di sosial media.

Tren fotografi yang berkembang di masyarakat khususnya Indonesia semakin mendapat dukungan dari Samsung lewat J2 Prime ini. Pasar yang dibidik Samsung memang mengarah ke anak muda. Lebih spesifik lagi anak muda yang menginginkan sebuah smartphone murah dan memiliki kamera yang jempolan. Mereka yang ingin tampil memukau di kamera tidak perlu membeli smartphone yang mahal dan justru dapat menjatuhkan pilihannya untuk memiliki Samsung Galaxy J2 Prime.

baterainya dapat diganti jika terjadi kerusakan
Baterainya dapat diganti dengan mudah jika terjadi kerusakan

Baterai Dapat Dilepas dan Memiliki Mode Hemat Daya

Meski tidak seperti format baterai pada smartphone sebayanya, Samsung Galaxy J2 Prime justru sangat percaya diri menempatkan baterai yang dapat dilepas. Di saat banyak produsen yang menerapkan format non-removable battery, perangkat yang satu ini justru sebaliknya. Samsung sepertinya mempertimbangkan segala kemungkinan bagi para penggemarnya. Menerapkan format baterai yang dapat dilepas memiliki keuntungan tersendiri. Apabila terjadi kerusakan pada baterai, maka penggunanya dapat mengganti dengan mudah dan lebih terjangkau.

Baterai Samsung Galaxy J2 Prime berkapasitas 2600 mAh. Meski tak cukup besar, namun di tahun perilisannya ukuran itu sudah sangat OK. Selain itu, Samsung juga sudah mengantisiasi segala kemungkinan terhadap baterai ini. Sebagai ganti akan kecilnya kapasitas baterai, perusahaan yang bermarkas di Negeri Ginseng ini sudah dilengkapi oleh mode hemat daya. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir mengalami baterai yang ngedrop. Pasalnya, dengan hadirnya mode hemat daya ini akan ada sistem yang mematikan semua aplikasi latar yang berjalan. Efeknya, akan secara drastis menghemat konsumsi pemakaian baterai.

kamera samsung j2 prime dilengkapi dengan led flash
Fasilitas kamera depannya dilengkapi dengan LED Flash yang dapat menerangi wajah ketika selfie

Kamera Depan Khusus untuk Anda yang Doyan Narsis

Kamera depan Samsung Galaxy J2 Prime tidak seperti smartphone kebanyakan baru-baru ini. Namun di tahun 2016, hadirnya kamera dengan sensor 5 MP cukup menggiurkan. Samsung berkesempatan menanam kamera depan dengan sensor 5 MP yang sudah dilengkapi dengan LED Flash. Ini akan membuat Anda dapat selfie meskipun berada di tempat yang minim cahaya.

Bahkan Samsung juga telah menempelkan fitur Quick Launch. Bagi yang belum tahu, fitur ini berguna untuk mempercepat menuju view finder kamera, yakni kurang dari satu detik. Ini akan sangat berguna untuk mereka yang tengah mengejar sebuah momen langka. Dengan fitur Quick Launch Anda dapat dengan mudah menangkap momen-momen penting.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2 Prime

Kelebihan

Menggunakan layar berukuran 5,0 inci memang sebuah keputusan yang menarik. Hasilnya, jika dipadukan dengan desain simpel, Samsung Galaxy J2 Prime sangat nyaman digenggam. Meski bukan FHD, J2 Prime sudah cukup mumpuni dengan qHD, yang mana tetap memiliki 16 juta wana di dalamnya. Selain itu menempatkan prosesor quad-core atau empat inti dengan kecepatan 1,4 GHz sama sekali tidak membuat smartphone ini jatuh kualitas perkara performa.

Kekurangan

Menyandang status sebagai smartphone murah, tentu banyak fitur yang dilewatkan Samsung untuk menghemat budget dan membedakan J2 Prime dengan perangkat lain yang lebih mahal. Salah satu pembeda yang cukup terlihat adalah tidak adanya sensor sidik jari di deretan keamanan perangkat. Mengandalkan fitur keamanan default seperti unlock pattern, password, dan PIN rasanya masih kurang di era saat ini.

Belum lagi untuk ketahanannya, smartphone ini tidak dilengkapi dengan kemampuan tahan air dan debu. Sebenarnya ini adalah sebuah kekurangan yang tidak mutlah, namun setidaknya smartphone di tahun 2016 seharusnya sudah mulai ditanamkan.

Review Akhir Samsung J2 Prime

hp samsung j2 prime
Samsung Galaxy J Prime merupakan smartphone paling bergengsi di tahun 2016

Berjajar di deretan smartphone kelas menengah atau murah, Samsung Galaxy J2 Prime memang sepadan. Bukan berarti spesifikasinya asal-asalan, hanya saja harga dan fitur yang dibawanya cukup sepadan. Tidak terlalu wah juga tidak terlalu buruk. Tak heran jika penggemar dari smartphone ini banyak karena memang apa yang ditawarkan berbanding lurus dengan harganya. Sangat berbeda dengan kebiasaan Samsung yang mematok sebuah perangkat mobile terlalu mahal untuk spesifikasi yang sebenarnya bisa dibanderol lebih murah.

Untuk Anda yang ingin memiliki smartphone yang dapat memainkan game berat, J2 Prime tidak cocok. RAM 1,5 GB tentu tidak akan mumpuni memainkan game berat. Namun juga Anda mengiginkan smartphone murah dan tidak ingin banyak menginstall aplikasi, Samsung Galaxy J2 Prime ini sangat cocok untuk Anda. Demikianlah review dari kami, semoga bermanfaat.

Artikel: Samsung J2 Prime – Harga & Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: samsung.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here