Samsung Galaxy M10

hp samsung galaxy m10
Samsung Galaxy M10 merupakan smartphone pertama di generasi Galaxy M

Samsung Galaxy M10 merupakan sebuah smartphone yang digunakan oleh perusahaan untuk ikut meramaikan perangkat canggih entry level. Smartphone ini didapuk Samsung sebagai suksesor dari Galaxy J Series yang kini tak lagi diproduksi. Samsung berharap dengan menyasar segmen entry level, penjualan perusahaan yang bermarkas di Korea Selatan ini tetap terjaga di semua lini, baik flagship, mid range, maupun entry level.

Secara spesifikasi, Galaxy M10 memang tidak mentereng, namun patut diperhitungkan. Dari segi desain, perangkat ini sudah terlihat mewah dengan adanya notch mungil dengan bentuk waterdrop untuk wadah kamera depan. Layarnya cukup lega dengan ukuran 6,22 inci yang sama sekali tidak seperti smartphone murah.

Harga Samsung Galaxy M10 di Indonesia

Toko Online Harga Samsung M10
Lazada Rp 1.695.000
Shopee Rp 1.569.000
Tokopedia Rp 1.560.000
Bukalapak Rp 1.575.000
Blibli Rp 1.699.00

Karena memang tidak berada di jajaran smartphone flagship, oleh karena itu Samsung membanderol Galaxy M10 dengan harga yang sangat terjangkau. Rata-rata perangkat ini dijual dengan harga Rp 1.600.000 tergantung di mana Anda biasanya berbelanja secara online. Tentukan juga toko online yang Anda kunjungi.

Tentunya Anda juga harus memilih toko online yang memiliki label star seller atau yang sudah melayani penjualan tinggi untuk perangkat Samsung Galaxy M10. Hal ini guna menghindari penipuan.

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Samsung Galaxy M10

Nama model Samsung Galaxy M10
Kode produksi SM-M105F/DS
Segmen pasar Low End
Diperkenalkan Januari 2019
Dirilis resmi Februari 2019
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA/ WCDMA/ LTE (LTE-TDD, LTE-FDD)/ Dual VoLTE/ GPRS/ EDGE
Eksternal
Dimensi 156.5 x 75.6 x 7.7 mm
Berat 163 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM (4FF), dual stand-by)
Layar
Jenis PLS TFT (Capacitive Touchscreen, Multi-touch)
Ukuran 6.22 inci (82,86 % screen to body ratio)
Resolusi 720 x 1520 pixels HD+ (~207 ppi density)
Perlindungan Tidak (hanya menggunakan tempered glass)
Model Bezelless dengan waterdrop notch
Internal
Sistem Operasi Android 8.1 Oreo (dapat diupgrade ke Android 9.0 Pie)
User Interface (UI) One UI
Chipset Exynos 7870 Octa (14 nm)
Prosesor Octa core 1.6 GHz Cortex-A53
Kartu grafis Mali-T830 MP1
ROM 16GB/ 32GB (dapat ditambah sampai dengan 512GB menggunakan microSD)
RAM 2GB/ 3GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 5MP
Fitur HDR
Belakang 13MP +  5MP
Fitur LED flash, HDR, panorama, PDAF, Digital Zoom, Auto Flash, Face detection, Touch to focus, Continuos Shooting
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Proximity Sensor, Virtual Light Sensing, Face Unlock
Sensor sidik jari Tidak
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n 2.4GHz, Wi-Fi Direct, Mobile Hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
USB microUSB 2.0
NFC Tidak
GPS A-GPS, GLONASS, BDS
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Ion
Kapasitas daya 3400 mAh
Warna Ocean Blue, Charcoal Black
Harga Rp 1.700.000 (harga resmi waktu kali pertama dirilis di Indonesia)

Fitur Unggulan Samsung Galaxy M10

spesifikasi samsung galaxy m10 dengan layar yang lebar
Layarnya memiliki ukuran besar yang melegakan untuk dipakai bermain game atau menonton video

Layar yang Lega dengan ukurang 6,2 inci

Samsung masih ingin memanjakan para penggemarnya dengan layar yang cukup besar. Perangkat Galaxy M10 yang notabene merupakan smartphone murah nyatanya dibekali dengan layar yang OK. Berukuran 6,2 inci, Samsung menempatkan layar Infinity-V Display yang edge to edge. Hal ini akan memberikan Anda pengalaman menarik saat menggunakannya. Baik untuk bermain game maupun menonton video. Selain itu, layar milik Galaxy M10 ini memang dirancang untuk sangat support dengan user interface ONE UI. Sehingga dalam hal kinerja sudah sangat lancar.

Pada bagian atas layar terdapat poni mungil yang biasa disebut sebagai notch bergaya waterdrop. Fungsinya adalah sebagai wadah untuk membingkai kamera depan. Aspek rasio dari smartphone ini menjadi lebih luas saat Samsung membuatnya menjadi 19:9. Belum lagi penggunaan ukuran bezel yang sangat tipis membuatnya makin tampak menarik dan elegan.

desain yang bagus dan elegan
Desain dari Samsung Galaxy M10 ini cukup bagus dan terkesan elegan

Desain Mewah dengan Nyaman Digenggam

Pemilihan desain yang sederhana namun berkelas sepertinya sudah menjadi ciri khas Samsung. Baik itu perangkat low end, mid end, hingga flagship, Samsung dengan konsisten menerapkan konsep yang elegan dan mewah itu. Pun dengan Galaxy M10 yang juga mendapat kesempatan merasakan bagaimana sentuhan desain Samsung yang cukup menarik.

Secara look, perangkat yang rilis di awal tahun 2019 ini memang sangat modern. Sanggup memenuhi keinginan pasar akan smartphone murah namun terlihat mahal. Bagian belakang dari Galaxy M10 sangat halus saat disentuh dan cukup nyaman saat digenggam. Hal ini disebabkan oleh 7,7 mm casing plastik glossy yang membuat Anda ingin berlama-lama bersentuhan dengan perangkat satu ini. Untuk penggunaan sehari-hari, Anda tentu tidak akan ada keluhan untuk hal tekstur.

Di sisi lain, tampilan cantik dari Samsung Galaxy M10 ini juga turut didukung oleh varian warna yang disediakan. Hadir dengan hanya dua pilihan warna, tidak membuat Samsung minder.  Justru karena smartphone ini hadir dengan warna yang tidak biasa, Samsung percaya diri mendapatkan hati para penggemarnya dengan Charcoal black dan Ocean Blue.

fitur dan mode kamera yang beragam
Terdapat mode dan fitur yang dimiliki fasilitas kameranya

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Kamera Samsung Galaxy Layak Diperhitungkan

Hadir di pasar smartphone dengan menyandang status sebagai perangkat murah, rupanya Samsung sudah membekali Galaxy M10 dengan pesona dari sisi kamera. Dual camera terpasang dengan indahnya di bagian belakang lengkap dengan fitur Ultra Wide Angle.

Samsung Galaxy M10 dibekali dengan dua lensa kamera belakang dan satu lensa kamera depan. Kamera belakangnya mengusung lensa berukuran 13MP yang sudah didukung teknologi phase detection auto focus untuk mengunci fokus pada objek foto yang akan dibidik.

Sementara satu lensa lagi di bagian belakang berukuran 5 MP. hadirnya dua lensa kamera di bagian belakang ini tentu tidak sendiri. Tepat di bawahnya telah tertanam LED Flash serta fitur HDR dan panorama. Untuk menjajal hasil foto landscape rasanya Galaxy M10 tidak mengecewakan.

Beralih ke kamera depan. Samsung Galaxy M10 dibekali dengan kamera yang memiliki sensor 5 MP untuk selfie. Fitur HDR sudah dibawa oleh kamera depannya. Sehingga untuk merekam sebuah video, Anda sudah mampu mendapatkan kualitas yang bagus lantaran 1080p @30fps.

fitur face unlock yang akurat
Sistem keamanan Face Unlock-nya sangat akurat dalam pemindaian

Memiliki Fitur Keaman Face Unlock

Yang menarik di sini adalah sisi keamanan Samsung Galaxy M10. Meskipun berlabel smartphone murah, sistem keamanan yang diterapkan pada perangkat ini sudah canggih.

Samsung Galaxy M10 sudah dilengkapi dengan fitur face unlock yang mana biasanya hany aterdapat di perangkat mid range saja. Namun Samsung cukup baik hati menambahkan fitur ini seagai salah satu daya tarik. Dengan hadirnya fitur keamanan berupa face unlock ini, setidaknya Samsung Galaxy M10 memiliki standar yang setara dengan perangkat mid range lainnya.

Bagi yang belum tahu, face unlock merupakan sistem keamanan yang berbasis pada pengenalan wajah. Dengan pemindai wajah, Anda hanya perlu mengarahkan smartphone ke arah wajah, kemudian secara otomatis penguncian akan terbuka. Tentunya hanya wajah yang telah didaftarkan di face unlock saja yang akan dapat mengakses kunci smartphone. Menarik, kan?

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M10

Kelebihan

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy M10 adalah adanya fitur face unlock. Fitur ini biasanya memang hadir untuk smartphone kelas menengah ke atas. Sehingga apabila ada smartphone yang mengadopsi fitur ini maka setara dengan perangkat yang canggih. Seperti sebelumnya, penggunaan baterai yang berkapasitas 3400 mAh di gadget ini ternyata bisa menjadi poin yang ditekankan oleh Samsung. Biasanya, untuk perangkat yang harganya di bawah Rp 2 juta tidak memiliki kapasitas baterai sebesar itu.

Kekurangan

Kekurangan yang terdapat pada perangkat satu ini adalah tidak adanya teknologi pemindai sidik jari. Padahal hampir semua smartphone masa kini menghadirkan teknologi ini sebagai salah satu sistem keamanan standar mereka. Sayangnya Samsung enggan memasukkannya di tubuh Galaxy M10. Namun Anda tidak perlu khawatir lantaran perusahaan sudah memberinya sistem keamanan lain, yaitu face unlock seperti yang sudah kita bahas sebelumnya.

Tidak hanya itu, salah satu kekurangan Galaxy M10 ini adalah layarnya yang masih relatif kecil dalam urusan resolusi. Padahal dengan layar sebesar itu seharusnya sudah menggunaakan minimal HD. Akan tetapi semua itu kembali ke segmentasinya. Jika memang Samsung ingin memangkas budget produksi dengan signifikan untuk menjual Galaxy M10 di pasar low end, maka ini adalah keputusan yang tepat.

Review Akhir Samsung Galaxy M10

hp samsung galaxy m10
Samsung Galaxy M10 merupakan smartphone pertama di generasi Galaxy M

Kesimpulannya, smartphone ini cukup meriah di jajaran perangkat low end. Dibanderol sangat murah akan membuat Galaxy M10 cepat laku mengingat bagaimana Samsung membekali perangkat ini dengan cukup keren. Hanya saja smartphone ini tidak memiliki layar yang jempolan. Bahkan di sisi layarnya pun tidak dilindungi oleh proteksi seperti Gorilla Glass.

Jika Anda menginginkan smartphone yang kuat dan tahan lama secara penggunaan, mungkin smartphone ini kurang cocok. Mengingat kapasitasnya yang kecil. Akan tetapi jika Anda menginginkan perangkat yang tahan baterainya dalam penggunaan sehari-hari dan harganya yang murah, Galaxy M10 bisa menjadi solusi terbaik. Bagaimana? Anda sudah mulai tertarik? Itulah sedikit review tentang Galaxy M10. Semoga bermanfaat.

Artikel: Samsung Galaxy M10 – Harga & Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: samsung.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here