Samsung Galaxy S10+

hp samsung s10 plus
Samsung Galaxy S10+ memiliki desain yang sangat menawan dan mewah

Samsung Galaxy S10+ merupakan salah satu dari tiga serangkai smartphone flagship yang diperkenalkan oleh Samsung awal tahun 2019. Bersamaan dengan Galaxy S10e dan Galaxy S10, smartphone Samsung Galaxy S10+ menjadi yang paling bongsor di antara saudara kembarnya. Secara dimensi, Galaxy S10+ memang jauh lebih besar dan tentunya memiliki perbedaan yang akan meningkatkan value untuk menarik lebih banyak pengguna.

Kehadiran tiga perangkat ini sekaligus bertepatan dengan perayaan satu dekade smartphone Galaxy. Hal itu juga yang membuat Samsung rasanya ingin memberikan semua yang terbaik yang pernah dilakukan untuk memproduksi perangkat ini. Mulai dari layar, kamera, dan segi performa, Samsung seperti tidak ingin menyia-nyiakan dengan membekali Samsung Galaxy S10+ dengan kekuatan yang nyaris sempurna.

Salah satu yang sangat menonjol adalah desain layar. Samsung menggunakan Infinity-O Display untuk menempatkan kamera depan di sisi kanan atas layar guna menghindari adanya notch. Kamera depannya benar-benar tertanam di layar. Ini adalah inovasi yang cukup menggiurkan di industri smartphone.

Harga Samsung Galaxy S10+ di Indonesia

Toko Online Kisaran Harga
Lazada Rp11.850.000
Shopee Rp11.800.000
Tokopedia Rp 11.999.000
Bukalapak Rp 11.850.000
Blibli Rp 11.799.000

Harga Samsung Galaxy S10+ ini sebenarnya cukup mahal, mengingat angkanya yang berada di atas Rp 10 juta. Namun jika dibandingkan dengan apa yang ditawarkan Samsung lewat spesifikasi serta fitur-fitur canggih lainnya, rasanya sudah sepadan.

Dari tabel di atas terlihat bahwa rata-rata harganya berada di kisaran Rp 11 jutaan. Hanya satu e-commerce di Indonesia yang menjualnya dengan harga lebih mahal, yaitu JD.ID. Itu disebabkan oleh hanya ada satu satu toko online yang menyediakan Samsung Galaxy S10+ . Itu pun untuk varian tertinggi, yaitu yang memiliki RAM 12 GB dan ROM 1 TB. Sedangkan harga lain yang tertera di tabel di atas adalah harga untuk varian terendah, yakni RAM 8 GB dan ROM 128 GB.

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Samsung Note8 – Harga & Spesifikasi
Samsung A50 – Harga & Spesifikasi
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 9 Lite
Harga dan Spesifikasi Nokia 2.3

Spesifikasi Samsung Galaxy S10+

Nama model Samsung Galaxy S10+
Kode produksi SM-G975F/DS, SM-G975U, SM-G975W
Segmen pasar Flagship
Diperkenalkan Februari 2019
Dirilis resmi Maret 2019
Jaringan GSM/ CDMA/ WCDMA/ HSPA/ HSDPA/ EVDO/ LTE (LTE-TDD, LTE-FDD)
Eksternal
Dimensi 157.6 x 74.1 x 7.8 mm
Berat 175 gram
SIM Card Hybrid Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Dynamic AMOLED (capacitive touchscreen)
Ukuran 6.4 inci (~88.9% screen-to-body ratio)
Resolusi 1440 x 3040 pixels (522 ppi density)
Perlindungan Front glass (Gorilla Glass 6), back glass (Gorilla Glass 5), aluminum frameFront glass (Gorilla Glass 6), ceramic body
Model Bezelless, Infinity-O
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) Samsung One UI
Chipset Exynos 9820 (8 nm) – EMEA/LATAM

Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm) – USA/China

Prosesor Octa-core (2×2.73 GHz Mongoose M4 & 2×2.31 GHz Cortex-A75 & 4×1.95 GHz Cortex-A55) – EMEA/LATAM

Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485) – USA/China

Kartu grafis Mali-G76 MP12 – EMEA/LATAM

Adreno 640 – USA/China

ROM 128GB/ 512GB/ 1TB
RAM 8GB/ 12GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 10MP + 8MP
Fitur Dual Pixel PDAF, Dual video call, Auto-HDR
Belakang 12MP + 16MP
Fitur Dual Pixel PDAF, OIS, Super Steady video, LED flash, auto-HDR, panorama, HDR10+, dual-video rec., stereo sound rec., gyro-EIS & OIS
Loudspeaker Ya (Dolby Atmos, AKG)
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2ANT+Bixby natural language commands and dictationSamsung DeX (desktop experience support)
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar, ultrasonic)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX
USB 3.1, Type-C 1.0 reversible connector
NFC Ya
GPS A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
Radio FM Radio (hanya untuk pasaran Amerika Serikat dan Kanada)
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Ion
Kapasitas daya 4100 mAh (support fast charging 15W), Power Delivery 2.0Fast Qi, PMA wireless charging, Reverse wireless charging 9W
Warna Prism White, Prism Black, Prism Green, Prism Blue, Canary Yellow, Flamingo Pink, Ceramic Black, Ceramic White, Cardinal Red, Smoke Blue
Harga RAM 8GB/ ROM 128GB = Rp13,999,000

RAM 8GB/ ROM 512GB = Rp18,499,000

RAM 12GB/ ROM 1TB = Rp23,999,000

(harga resmi saat kali pertama hadir di pasaran Tanah Air)

Fitur Unggulan Samsung Galaxy S10+

Spesifikasi Samsung Galaxy S10+ Hasil jepretannya menawan
Tak Hanya OK dalam jumlah, hasil jepretannya juga menawan

Desain Elegan dengan Infinity-O Display

Desain Samsung Galaxy S10+ banyak menyita perhatian, bahkan sebelum rilis. Karena desain ini sudah lebih dulu bocor sebagai rumor. Lahirnya smartphone ini benar-benar menjadi sebuah gebrakan baru di industri ponsel pintar. Infinity-O Display benar-benar full screen. Hanya ada secuil lubang sebagai tempat untuk kamera depan.

Desain Infinity-O sebenarnya bukan yang pertama dibawa Samsung, melainkan sudah disematkan pada lini Galaxy A8s dan A9 Pro. Namun, dua seri tersebut khusus dipasarkan di China dan Korea Selatan.

Jadi, secara global, Galaxy S10 resmi menjadi yang pertama mengusung layar dengan lubang kamera. Selain target pasar, letak lubang kamera di Galaxy S pun berbeda. Ini adalah trik Samsung untuk tetap memberikan full screen kepada pengguna tanpa menggunakan notch seperti iPhone.

Di bagian punggung Samsung Galaxy S10+ ini sudah tidak ditemukan sensor sidik jari. Jadi, di bagian belakang hanya menyisakan tiga kamera, LED flash, dan logo Samsung. Benar-benar elegan dengan balutan kaca dan keramik.

Hasil jepretan kameranya sangat memukau
Hasil jepretan kameranya sangat memukau

Punya 5 Kamera dalam 1 Smartphone Lengkap dengan Fitur Canggih

Beralih ke sisi kamera. Smartphone jumbo ini telah dilengkapi dengan lima kamera sekaligus. Tiga di bagian belakang dan dua sebagai kamera selfie.

Baik kamera belakang maupun depan Galaxy S10 mendukung perekaman video 4K. Khusus untuk kamera depan, fitur ini merupakan yang perdana. Galaxy S10 juga menjadi perangkat mobile pertama yang mendukung perekaman video HDR10+. Video tersebut akan menawarkan pengalaman multimedia yang menarik, salah satunya memberikan dynamic range video yang lebih tinggi.

Untuk konfigurasi kameranya, Samsung Galaxy S10 terdiri dari kamera belakang beresolusi 12 MP (F/2.4) telephoto, 12 MP (f/1.5) wide angle, dan 16 MP (f/2.2) ultra wide angle. Sementara kamera depannya beresolusi 10 MP (f/1.9) dan 8 MP (f/2.2) yang didukung teknologi Dual Pixel PDAF.

Performa ngebut Samsung Galaxy S10+ berkat dukungan Exynos terbaru
Performa ngebut Samsung Galaxy S10+ berkat dukungan Exynos terbaru

Chipset Exynos Terbaru Tertanam untuk Performa Juara

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dari sisi performa Samsung Galaxy S10+ tidak bisa diremehkan. Penempatan chipset teranyar Snapdragon 855 benar-benar mampu menunjang kinerja. Chipset ini terdiri dari 8 inti 64-bit yang diklaim memiliki performa 45 persen lebih baik dari Snapdragon 845. Namun, biasanya hanya beberapa tertentu saja yang mendapat jatah prosesor ini. Sebagian negara, trmasuk Indonesia, biasanya mendapatkan versi Exynos. Tapi, chipset Exynos yang digunakan juga keluaran terbaru yakni Exynos 9820.

Jangan lupakan dukungan RAM besar yaitu 6 GB/8 GB/12 GB dan memori internal 128 GB/512 GB/1 TB. Dengan spesifikasi itu, membuka aplikasi dan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain saat multitasking jadi terasa mudah dan cepat. Performa Samsung Galaxy S10 juga sudah mumpuni untuk penggunaan main game berat seperti ‘PUBG Mobile’ dan ‘Mobile Legends: Bang Bang’.

Ditambah lagi, Samsung telah menyematkan Intelligent Performance yang akan membuat Samsung Galaxy S10+ lebih efisien dari sisi kinerja.

Menatap masa depan dengan Samsung Galaxy S10+ yang canggih
Menatap masa depan dengan Samsung Galaxy S10+ yang canggih

Lengkap dengan Dukungan Konektivitas 5G

Berikutnya adalah dukungan konektivitas 5G yang belum banyak dimiliki oleh smartphone kekinian. Untuk pertama kalinya, Samsung menelurkan tiga varian seri Galaxy S, di mana sebelumnya hanya terdiri dari dua varian. Tapi tak hanya tiga, Samsung menambah varian lain dengan label edisi khusus 5G. Dengan demikian, Samsung sah menjadi salah satu vendor ponsel gelombang pertama yang merilis ponsel 5G secara komersil. Teknologi 5G pada Galaxy S10 lebih dimanfaatkan untuk mendukung fitur augmented reality (AR).

Pemindai Sidik Jari Ultrasonik Pertama di Industri Smartphone

Terakhir adalah sensor sidik jari ultrasonik. Lagi-lagi, Samsung pertama kalinya mengadopsi fitur pemindai sidik jari di layar (in-display fingerprint scanner) pada Galaxy S10 reguler dan Samsung Galaxy S10+ . Ini menjadi salah satu langkah signifikan bagi Samsung yang selama ini masih mengandalkan panel sensor sidik jari yang biasa diletakan di punggung atau samping perangkat.

Samsung menggunakan teknologi ultrasonik yang diklaim lebih aman dan cepat dengan cara mendeteksi denyut nadi pengguna. Menariknya, sensor pemindai sidik jari dalam layar ini bisa berfungsi bahkan saat ponsel dalam mode tidur.

Debut sensor pemindai sidik jari ultrasonik ini sekaligus menandai akhir dari pemindai iris yang selama ini melekat di seri Galaxy S.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S10+

Kelebihan

Salah satu kelebihan yang diusung oleh smartphone jumbo ini adalah penggunaan layar model terbaru. Dengan teknologi Dynamic AMOLED yang didukung HDR10+, ini menjadi fitur terkuat yang cukup mengejutkan. Di samping itu, sensor fingerprint yang tertanam di layar menggunakan teknologi ultrasonik juga makin menambah daya tarik Samsung Galaxy S10+.

Selain itu, dari sisi kamera pun tidak perlu diragukan lagi. Lima kamera yang tertanam di tubuh Samsung Galaxy S10+ benar-benar memukau. bahkan dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence (AI) serta fitur-fitur lainnya yang mendukung hobi fotografi Anda.

Dari segi performa pun perangkat ini juga sangat OK. Arsitektur octa-core canggihnya membuat Galaxy 10 Plus bisa melakukan pekerjaan komputasi berat.

Kekurangan

Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S10+ adalah harganya yang mahal. Hingga saat ini, Samsung Galaxy S10+ menjadi salah satu smartphone flagship termahal yang pernah dikeluarkan oleh Samsung di jajaran Galaxy S-Series.

Selain dari segi harga, body cantik Samsung Galaxy S10+ juga agak licin di tangan. Karena bezel super slim, tidak menutup kemungkinan kamu bisa secara tidak sengaja menyentuh layar. Mungkin kelemahan-kelemahan tersebut tidak masalah bagi sebagian orang, tapi akan merasa sangat disayangkan ketika ternyata Samsung Galaxy S10+ jatuh saat dipegang lantaran licin.

Review Akhir Samsung Galaxy S10+

Hp Samsung Galaxy S10+
Samsung Galaxy S10+ memiliki desain yang sangat menawan dan mewah

Samsung Galaxy S10+ memiliki kekuatan dari sisi performa. Bahkan untuk urusan fotografi, smartphone jumbo ini cukup menarik. Sederet fitur yang ada di tubuh Samsung Galaxy S10+ sangat canggih dan mampu menunjang kegiatan sehari-hari Anda.

Hanya saja banderol yang mahal terkadang membuat orang berpikir dua kali saat ingin membeli. Jika Anda mencari smartphone dengan kamera yang jauh lebih baik dari perangkat ini, tentu banyak sekali. Sensor kamera di atas 10 MP pun berserakan di toko online. Anda bisa bebas memilih.

Namun jika Anda memiliki uang lebih saat mencari sebuah perangkat dengan kinerja yang luar biasa, mungkin Samsung Galaxy S10+ bisa menjadi pilihan yang baik. Apalagi nama besar Samsung akan meningkatkan pride Anda juga.

Artikel: Samsung Galaxy S10+ plus – Harga & Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: samsung.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here