Samsung Galaxy S8

hp samsung galaxy s8
Samsung Galaxy S8 adalah smartphone flagship besutan Samsung di tahun 2017 | samsung.com

Samsung Galaxy S8 merupakan satu dari 2 produk yang dirilis langsung oleh Samsung secara global dan juga khususnya di Indonesia beberapa saat kemudian. Smartphone satu ini merupakan produk flagship yang dimiliki Samsung waktu itu karena spesifikasi yang dipunyainya tidak tanggung-tanggung hebatnya.

Mulai dari desainnya, kekuatan fisiknya, jeroan sampai dengan fitur-fitur yang dimiliki merupakan nomor satu dari semua produk yang pernah dibuat Samsung. Contohnya saja, layar Samsung Galaxy S8 ini mengadopsi desain sedikit melengkung dengan menyingkirkan frame samping kanan dan kiri walaupun belum dapat dikatakan sebagai bezelless. Kekuatan layarnya sangat bagus karena didukung oleh terdapatnya Corning Gorilla Glass 5 sebagai pelindung. Tidak hanya itu, smartphone ini telah mengantongi sertifikat IP68 yang berarti tahan air, debu sampai dengan benturan. Untuk bagian internal sampai dengan kameranya pun juga tidak mengecewakan.

Harga Samsung Galaxy S8 di Indonesia

Toko Online Harga Samsung S8
Lazada Rp4.875.000
Shopee Rp4.131.000
Tokopedia Rp4.000.000
Bukalapak Rp3.980.000
Blibli Rp4.950.000

Di awal perilisannya di Tanah Air pada awal bulan Mei 2017, Samsung Indonesia membandrol harga yang cukup fantastis untuk Samsung Galaxy S8 ini. Hal tersebut cukup masuk akal karena pada tahun tersebut, Samsung Galaxy S8 masih tergolong smartphone kelas flagship. Pada tahun 2017, Samsung Galaxy S8 dijual dengan harga Rp10,5 jutaan. Akan tetapi di tahun 2019, harga smartphone ini turun drastis di bawah Rp5 jutaan.

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Samsung Galaxy S8

Nama model Samsung Galaxy S8
Kode produksi G950F, G950FD, G950U, G950A, G950T, G950V, G950R4, G950W, G950S/G950K/G950L, G9500
Segmen pasar Flagship
Diperkenalkan Maret 2017
Dirilis resmi April 2017
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ WCDMA/ TD-SCDMA/ LTE (LTE-FDD, LTE-TDD, LTE Cat.16)
Eksternal
Dimensi 148.9 x 68.1 x 8.0 mm
Berat 155 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Dual Edge Super AMOLED (capacitive touchscreen)
Ukuran 5,8 inci (screen-to-body ratio 83,6%)
Resolusi 2960 x 1440 pixel Full Quad HD+ (WQHD+) (~570 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5, IP68,
Model Edge free, aluminum frame, HDR10, 3D Touch, Always-on display
Internal
Sistem Operasi Android 7.0 Nougat (dapat diupgrade ke Android 9.0 Pie)
User Interface (UI) One UI
Chipset Exynos 8895 (10 nm) – EMEA / Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 (10 nm) – USA & China
Prosesor Octa-core (4×2.3 GHz Mongoose M2 & 4×1.7 GHz Cortex-A53) – EMEA / Octa-core (4×2.35 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo) – USA & China
Kartu grafis Mali-G71 MP20 – EMEA / Adreno 540 – USA & China
ROM 64GB (masih dapat ditambah sampai dengan 256GB menggunakan microSD)
RAM LPDDR4 4GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 8MP
Fitur Wide selfie, VDIS, Grid line, HDR, Virtual shot, Filters, Stickers, Stamps, Location tags, Voice control, Selective focus (Bokeh effect), Timer
Belakang 12MP
Fitur PDAF, LED flash, OIS, Pro mode, Slow motion, Hyperlapse, Food mode, Panorama, VDIS, Grid line, HDR, Virtual shot, Filters, Stickers, Stamps, Location tags, Voice control, Selective focus (Bokeh effect), Timer, Face detection, Playback zoom
Loundspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Barometer, Fingerprint Sensor, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, HR Sensor, Iris Sensor, Pressure Sensor, Proximity Sensor, RGB Light Sensor
Sensor sidik jari Ya
Konektivitas
WLAN WiFi 802.11 a/b/g/n/ac 2.4G+5GHz, VHT80 MU-MIMO,1024-QAM, Wi-Fi Direct
Bluetooth v5.0 (LE up to 2 Mbps), A2DP, AVRCP, DI, HFP, HID, HOGP, HSP, MAP, OPP, PAN, PBAP, aptX
USB USB Type-C, USB 3.1 Gen 1
NFC Ya
GPS A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
Radio Tidak
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Ion
Kapasitas daya 3000 mAh (support fast charging 15W – Quick Charge 2.0, Qi/PMA wireless charging)
Warna Midnight Black, Orchid Gray, Arctic Silver, Coral Blue, Maple Gold, Rose Pink, Burgundy Red
Harga (Harga di awal perilisan di Indonesia) Rp10,5 juta

Fitur Unggulan Samsung Galaxy S8

spesifikasi samsung galaxy s8 dengan dual edge super amoled
Layarnya cukup besar dengan jenis Dual Edge Super AMOLED

Selain besar, layar Samsung Galaxy S8 sangat jernih, tajam dan imersive

Dapat dikatakan bahwa Samsung Galaxy S8 ini merupakan generasi pelopor dari penggunaan desain baru untuk banyak produk mobile Samsung lainnya. Dikatakan begitu karena berhenti di Samsung Galaxy 7 dan Samsung Galaxy 7 Edge, Samsung Galaxy S8 tidak lagi menggunakan desain kaku dan mendorong frame untuk lebih mengecil agar layar menjadi lebih lebar.

Layar dari Samsung Galaxy S8 ini adalah Dual Edge Super AMOLED dengan ukuran 5,8 inci serta memiliki rasio screen-to-body sebesar 83,6 persen. Resolusi layarnya adalah 1440 x 2960 pixel Full Quad HD+ yang memiliki kerapatan antar-pixel mencapai 570 ppi. Ditambah lagi, terdapat teknologi 3D Touch serta Always-On Display membuat smartphone ini menjadi yang terdepat di kelasnya.

spesifikasi kamera belakang samsung s8 dengan kualitas 12 MP
Lensa bagian belakangnya yang memiliki resolusi 12MP memiliki kualitas yang bagus

Kamera Samsung Galaxy S8 diciptakan untuk menangkap dan mengabadikan setiap momen

Samsung Galaxy S8 ini memiliki 2 lensa kamera yang masing-masing terletak di depan dan di belakang. Untuk lensa kamera di belakang yang menjadi lensa kamera utama, memiliki resolusi sebesar 12MP. Samsung mengklaim bahwa kameranya tetap dapat menghasilkan foto atau video yang bagus dan berkualitas baik digunakan di waktu siang atau malam hari, di tempat terang atau yang minim pencahayaan.

Kamera depannya pun, walaupun hanya memiliki resolusi sebesar 8MP, akan tetapi tetap dapat berfungsi maksimal dengan hasil yang berkualitas. Bahkan ketika Anda menggunakan tongkat selfie atau tongsis yang pastinya akan ada getaran karena dipegang dengan menggunakan satu tangan saja, hasilnya tetap akan fokus dan tajam. Hal itu dikarenakan terdapat fitur Smart Auto Focus yang dapat otomatis melacak wajah dan juga OIS yang meredam getaran.

fitur keamanan dengan iris scanner
Fitur pengaman yang sangat diunggulkan pada Samsung Galaxy S8 ini adalah iris scanner

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Sisi keamanan Samsung Galaxy S8 sangat kuat dan susah diterobos

Seperti halnya smartphone canggih keluaran tahun 2019, Samsung Galaxy S8 yang dirilis tahun 2017 sudah dilengkapi dengan pengaman yang jempolan, yaitu fingerprint sensor. Fitur pemindai sidik jarinya diklaim memiliki kecepatan dalam pemrosesan dan juga sangat akurat dalam pembacaannya.

Selain fingerprint sensor, ada beberapa fitur pengamanan yang tersemat di Samsung Galaxy S8 tersebut, salah satunya yang diunggulkan adalah pendeteksi iris mata dan wajah. Memang terkesan seperti Face Unlock, akan tetapi lebih canggih lagi. Dengan menggunakan iris scanner ini, maka pengguna dari perangkat mobile satu ini tidak perlu lagi repot-repot mengingat PIN atau password, pattern atau juga tidak perlu memindai sidik jari.

chipset tercepat di kelasnya
Chipset yang dimiliki adalah salah satu yang tercepat di kelasnya

Performa dapur pacu Samsung Galaxy S8 sangat bagus, walaupun digunakan di tempat ekstrem

Cukup masuk akal kenapa Samsung Galaxy S8 ini masih menggunakan operating system Android 7.0 Nougat. Hal itu dikarenakan di tahun 2017 atau tahun perilisannya, Android OS masih sampai di versi Nougat. Walaupun begitu, Samsung Galaxy S8 sudah dapat menerima upgrade ke Android 9.0 Pie. Untuk urusan sistem antar-mukanya, Samsung Galaxy S8 dilengkapi dengan One UI.

Beralih ke jeroannya, walaupun merupakan smartphone keluaran 2017, akan tetapi chipset yang dipakai Samsung Galaxy S8 ini tergolong yang paling baru dan tercepat di kelasnya, yaitu Exynos 8895 (10 nm) untuk pasaran EMEA atau Qualcomm Snapdragon 835 (10 nm) untuk pasaran Amerika Serikat dan Cina. Sedangkan prosesornya adalah Octa-core (4×2.3 GHz Mongoose M2 & 4×1.7 GHz Cortex-A53) dengan GPU Mali-G71 MP20 atau Adreno 540.

fitur bixby dengan teknologi kecepatan buatan
Fitur Bixby di dalam Samsung Galaxy S8 ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan

Bixby, asisten digital yang dapat membantu pengguna Samsung Galaxy S8 dalam keseharian

Ada satu fitur yang menarik yang dimiliki Samsung Galaxy S8 ini, yaitu asisten digital yang diberi nama Bixby. Asisten digital satu ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial inteligence yang dapat membantu penggunanya dalam melakukan banyak hal atau aktivitas secara cepat, seperti mengakses aplikasi, mengirimkan pesan, mencatat, menjadi pengingat sampai dengan melakukan panggilan langsung.

Bixby ini memiliki kemampuan yang setara dengan Siri di perangkat mobile buatan Apple atau Cortana di produk buatan Microsoft. Bahkan Bixby tersebut dapat menganalisis beberapa bahasa yang diterimanya untuk dapat menjalankan perintah yang diberikan.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S8

Kelebihan Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S8 ini memiliki kelebihan pada sisi desain yang memukau dengan layar besar yang berkualitas. Selain itu, fitur-fitur yang dimilikinya juga sangat banyak yang membuat penggunanya akan lebih leluasan dalam melakukan aktivitas atau sesuatu menggunakan perangkat tersebut.

Terlebih lagi, internal system atau sisi jeroannya memiliki performa dan kinarja yang bagus. Bahkan chipset yang dimilikinya tergolong salah satu yang tercepat di kelasnya, yaitu Qualcomm Snapdragon 835. Tidak hanya itu saja, Samsung Galaxy S8 ini memiliki ketahanan fisik yang sangat bagus. Hal itu dikarenakan produk mobile ini telah mengantongi sertifikat IP68.

Kekurangan Samsung Galaxy S8

Kekurangan yang dimiliki Samsung Galaxy S8 adalah terletak pada ketahanan baterainya yang dirasa kurang begitu bagus. Memang perangkat mobile ini sudah support teknologi fast charging, akan tetapi dengan baterai berkapasitas 3000 mAh, maka ketika dipakai untuk banyak aktivitas dalam sehari-hari, baterainya akan cepat habis terkuras.

Satu hal lagi yang menjadi salah satu ciri khas Samsung adalah membanjirnya bloatware atau aplikasi-aplikasi tambahan lain dirasa cukup menguras memory dan menghabiskan kapasitas internal storagenya. Dan lagi tidak banyak pengguna Samsung Galaxy S8 ini yang membutuhkan aplikasi-aplikasi tersebut.

Review Akhir Samsung Galaxy S8

Walaupun sekarang sudah ada Samsung Galaxy 9 sampai dengan Samsung Galaxy 10 dan lainnya, Samsung Galaxy S8 masih tergolong smartphone kelas atas yang diperuntukkan bagi siapa saja yang suka akan perangkat mobile hebat. Dari sisi desain sampai dengan kekuatan fisik yang dimiliki tidak kalah dengan smartphone-smartphone keluaran terbaru.

Bahkan untuk dapur pacu sampai dengan fasilitas yang dimiliki, Samsung Galaxy S8 masih dirasa layak untuk dibeli sekarang ini. Memang ada beberapa poin yang dirasa cukup ketinggalan, seperti contohnya kamera depan untuk sekelas smartphone flagship kurang begitu bagus, akan tetapi masih tertutupi dengan kehebatan lain yang dimiliki.

Di awal perilisan, Samsung Galaxy S8 ini memang dibandrol cukup tinggi, namun sekarang harganya sudah tereduksi drastis. Bagi Anda yang ingin membelinya dapat langsung mengunjungi toko retail resmi Samsung di seluruh Indonesia atau memesannya secara online

Artikel: Samsung Galaxy S8 – Harga & Spesifikasi by PortalHP.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here