Samsung Galaxy S9

Hp Samsung Galaxy S9
Samsung Galaxy S9 adalah salah satu smartphone flagship yang dimiliki Samsung di tahun 2018

Samsung Galaxy S9 merupakan satu dari 2 smartphone kelas flagship yang pernah diperkenalkan Samsung di ajang Mobile World Congress (MWC) beberapa tahun lalu. Dan setelah menunggu beberapa minggu setelah produk mobile itu dirilis di beberapa negara utama, akhirnya pada kuartal pertama tahun 2018, Samsung Galaxy S9 hadir juga di pasaran Tanah Air.

Dari segi desainnya, Samsung Galaxy S9 masih mengadopsi model desain yang digunakan di Samsung Galaxy S8, yaitu memiliki layar sedikit melengkung dengan mendorong frame kanan-kiri ke batas terluar. Chipset yang dipakainya adalah Exynos 9810 dengan dukungan kartu grafis G72 MP18. RAM dan ROM-nya pun sangat besar. Baterai yang dipunyainya berkapasitas 3000 mAh.

Harga Samsung Galaxy S9 di Indonesia

Setelah diluncurkan kali pertama pada pertengahan bulan Februari 2018, dalam beberapa jam saja, Samsung telah membuka keran pre-order untuk para pengguna produknya, termasuk yang ada di Indonesia. Dan baru di minggu pertama bulan Maret 2018, smartphone tersebut hadir secara resmi di pasaran Tanah Air. Harga di awal perilisannya adalah sebesar Rp11,499,000. Namun kini telah berkurang drastis. Dan berikut ini adalah harga promo Samsung Galaxy S9 di beberapa e-commerce besar di Indonesia.

  • Di Blibli.com, harga promo dari Samsung Galaxy S9 adalah Rp7.9000
  • Di Bukalapak, harga promo dari Samsung Galaxy S9 adalah Rp8.999.000
  • Di Tokopedia, harga promo dari Samsung Galaxy S9 adalah Rp 8.450.000
  • Di Lazada, harga promo dari Samsung Galaxy S9 adalah Rp980.000
  • Di Shopee, harga promo dari Samsung Galaxy S9 adalah Rp7.999.000 – Rp8.150.000
  • Di JD.ID, Samsung Galaxy S9 tidak tersedia

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Samsung Galaxy S9

Nama model Samsung Galaxy S9
Kode produksi SM-G960F/DS
Segmen pasar Flagship
Diperkenalkan Februari 2018
Dirilis resmi Maret 2018
Jaringan GSM/ CDMA/ HSPA/ HSDPA/ ECDO/ LTE
Eksternal
Dimensi 147.7 x 68.7 x 8.5 mm
Berat 163 gram
SIM Card Hybrid Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Super AMOLED (capacitive touchscreen)
Ukuran 5,8 inci (screen-to-body ratio 83,6%)
Resolusi 2960 x 1440 pixel Quad HD+ (~570 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5, IP68, aluminium frame
Model Infinity Display, HDR10, 3D Touch, Always-on display
Internal
Sistem Operasi Android 8.0 Oreo (dapat diupgrade ke Android 9.0 Pie)
User Interface (UI)
Chipset
  • Exynos 9810 (10 nm) – EMEA
  • Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm) – USA/LATAM, China
Prosesor
  • Octa-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.8 GHz Cortex-A55) – EMEA
  • Octa-core (4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver) – USA/LATAM, China
Kartu grafis
  • Mali-G72 MP18 – EMEA
  • Adreno 630 – USA/LATAM, China
ROM 64GB (masih dapat ditambah sampai 512GB menggunakan microSD)
RAM 4GB
Kamera
Depan 8MP
Fitur Selfie focus, Wide selfie, VDIS, HDR, Floating camera button, AR Emoji, Motion photo, Filters, Stamps, Grid lines, Location tags, Timer, Quick launch
Belakang 12MP (Super Speed Dual Pixel)
Fitur Food cam, Panorama, Super Slow-mo, Auto/Pro, Hyperlapse, OIS, Selective Focus, Digital zoom up to 8x, VDIS, HDR, Floating camera button, AR Emoji, Motion photo, Filters, Stamps, Grid lines, Location tags, Timer, Quick launch, High CRI LED Flash, Continuous autofocus video, Tracking AF, Face detection, Playback zoom, PDAF
Loudspeaker Ya (Dolby Atmos)
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Iris sensor, Fingerprint sensor, HR sensor, Pressure sensor, Gyro sensor, Proximity sensor, Accelerometer, Geomagnetic sensor, RGB Light sensor, Barometer, Hall sensor, heart rate, SpO2
Sensor sidik jari Ya (di belakang)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5GHz), VHT80 MU-MIMO, 1024QAM, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v5.0 (LE up to 2Mbps), A2DP, aptX
USB USB Type-C 1.0 reversible connector, v 3.1
NFC Ya
GPS A-GPS, Galileo, Glonass, BeiDou
Radio FM radio (untuk pasaran Amerika Serikat dan Kanada saja)
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Ion
Kapasitas daya 3000 mAh (support fast charging 15W (Quick Charge 2.0)), Qi/PMA wireless charging
Warna Midnight black, Coral blue, Lilac purple (warna untuk pasaran Indonesia)
Harga Rp11,499,000 (harga waktu perilisan pertama di Indonesia)

Fitur Unggulan Samsung Galaxy S9

Spesifikasi Samsung Galaxy S9 Kameranya sangat bagus
Hasil dari kamera Samsung Galaxy S9 ini sangat bagus, terutama ketika digunakan di tempat yang kaya cahaya

Kameranya mampu beradaptasi dengan segala kondisi seperti mata manusia

Dalam perilisannya dalam sebuah acara yang bertajuk “Galaxy Unpacked 2018,” pihak Samsung mengklaim bahwa fasilitas kamera yang dimiliki Samsung Galaxy S9 akan dapat beradaptasi secara langsung dengan keadaan sekitarnya, sehingga penggunanya mampu melakukan eksperimen dalam hal fotografi atau videografi. Hal tersebut dikarenakan lensa kamera pada smartphone satu ini merupakan gabungan dari lensa beraperture f/2.4 dan f/1.5 (Dual Aperture Galaxy S9).

Dengan mampu beradaptasi terhadap segala kondisi di lingkungan sekitarnya, maka dapat dikatakan bahwa lensa kameranya mirip seperti cara kerja mata manusia ketika harus menyesuaikan diri dengan kondisi setempatnya.

Berbicara masalah lensa kamera, secara total terdapat 2 buah lensa yang tersemat dalam body Samsung Galaxy S9 ini, yaitu 1 di bagian depan dengan resolusi 8MP dan satu lagi di belakang yang berposisi sebagai lensa kamera utama dengan resolusi 12MP.Terdapat banyak sekali fasilitas pendukung untuk fitur kameranya ini, termasuk juga dukungan teknologi AI yang membuat hasil foto atau video akan sangat bagus.

Samsung Galaxy S9 ini dilengkapi dengan beragam pengaman untuk perangkat dan juga untuk sistem di dalamnya
Samsung Galaxy S9 ini dilengkapi dengan beragam pengaman untuk perangkat dan juga untuk sistem di dalamnya

Tingkat pengamanan yang berlapis

Untuk masalah pengamanannya, Samsung Galaxy S9 ini mempunyai beragam sistem keamanan, mulai dari yang standar atau bawaan dari Android 8.0 Oreo sampai dengan yang tingkat atas. Total ada sistem keamanan dengan menggunakan PIN, pattern dan password sebagai sisi yang standard. Namun apabila Anda masih kurang nyaman dengan sistem pengamanan tersebut, maka dapat menggunakan fitur pengamanan lain yang sudah tersemat di dalam perangkat ini.

Untuk sistem pengamanan tingkat lanjut dengan menggunakan biometric antara lain iris scanner, pemindai sidik jari dan face recognition. Memang dirasa masih sama seperti yang dimiliki perangkat mobile besutan vendor lain, namun Samsung mengklaim bahwa fitur pengamanannya ini memiliki kecepatan dan keakuratan yang lebih tinggi.

Dan untuk sistem pengamanan bagian internal, Samsung menggunakan Knox protection yang dapat bekerja siang dan malam. Tidak hanya itu saja, terdapat juga produk dari McAfee yang menyertai Knox protection yang bernama Virus. Dan satu lagi adalah Secure Folder yang berfungsi untuk mengunci folder khusus, seperti aplikasi, foto, video dan lainnya.

Walaupun tidak sebesar Samsung Galaxy S8, layar Samsung Galaxy S9 ini cukup lebar untuk dipakai berbagai aktivitas
Walaupun tidak sebesar Samsung Galaxy S8, layar Samsung Galaxy S9 ini cukup lebar untuk dipakai berbagai aktivitas

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Layar lebar tanpa batasan yang membelenggu

Layar yang dimiliki Samsung Galaxy S9 ini berjenis Super AMOLED dengan ukuran 5,8 inci. Dengan ukuran begitu serta rasio screen-to-body yang mencapai 83,6 persen tersebut, maka penggunanya dapat dengan leluasa ketika memakai perangkat ini untuk menonton video atau bermain game.

Tidak hanya luas dan lebar saja, layarnya juga sangat tajam. Terbukti dengan tingkat kerapatan antar-pixelnya saja mencapai 570 ppi yang menjadi salah satu yang terbesar di antara banyaknya smartphone flagship di pasaran. Layar dari Samsung Galaxy S9 ini juga dilengkapi dengan fasilitas HDR10, 3D Touch dan Always –on display.

Suara yang dihasilkan sangat empuk dan tidak membuat telinga sakit ketika mendengarkannya
Suara yang dihasilkan sangat empuk dan tidak membuat telinga sakit ketika mendengarkannya

Audio menawan dengan dukungan Dolby Atmos

Beralih ke masalah audionya, Samsung Galaxy S9 ini dapat dikatakan tidak hanya berfungsi sebagai perangkatnya para pebisnis atau orang-orang yang aktif melakukan pekerjaan, namun juga dapat difungsikan sebagai media hiburan portable yang berkualitas. Dikatakan begitu karena Anda tetap dapat melakukan aktivitas, sembari mendengarkan musik dengan menggunakan perangkat mobile ini.

Audio yang dikeluarkannya sangat nyaring tanpa membuat telinga sakit. Ditambah lagi dengan penggunaan speaker stereo AKG yang membuat hasil suaranya menakjubkan. Tidak hanya itu saja, Samsung juga menambahkan efek Dolby Atmos di dalamnya agar pengguna Samsung Galaxy A9 ini akan mendapatkan sensasi audio surround 360.

Jeroan dari Samsung Galaxy S9 ini merupakan salah satu yang tercepat di kelasnya
Jeroan dari Samsung Galaxy S9 ini merupakan salah satu yang tercepat di kelasnya

Performa dapur pacu yang jempolan dengan dukungan teknologi AI

Bicara masalah dapur pacunya, chipset yang digunakan dalam perangkat mobile satu ini tidak kalah dengan smartphone-smartphone kelas atas keluara 2019. Chipsetnya adalah Exynos 9810 (10nm) atau Qualcomm Snapdragon 845 (10nm) yang memiliki clock speed mencapai 2,7 GHz. GPU yang dipakainya adalah Mali-G72 MP18 atau Adreno 630.

RAM yang tersemat di dalamnya memiliki kapasitas sebesar 4GB, sedangkan ROM-nya adalah sebesar 64GB dan masih dapat ditambah dengan menggunakan microSD sampai dengan 512GB. Tidak berhenti di situ saja, Samsung masih menambahkan teknologi AI sebagai penyokong dapur pacunya agar performanya semakin bagus dan lancar.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S9

Kelebihan

Samsung Galaxy S9 memiliki kelebihan pada desainnya yang firm dan mewah. Tidak hanya terlihat anggun saja, kekuatan fisik yang dimiliki smartphone satu ini juga patut diacungi jempol karena Samsung Galaxy S9 sudah mengantongi sertifikat IP68 yang berarti tahan terhadap debu, goncangan, benturan atau juga dapat diajak menyelam untuk kedalaman dan waktu tertentu.

Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki perangkat mobile satu ini adalah terletak pada layarnya yang sangat berkualitas. Tidak hanya itu saja, dapur pacunya juga sangat bertenaga serta cepat dalam pemrosesan segala sesuatu.

Kekurangan

Memang dalam klaimnya, Samsung mengatakan bahwa lensa kameranya akan tetap mampu menghasilkan foto berkualitas di segala kondisi, akan tetapi ketika diujicobakan di tempat yang kurang pencahayaan atau malam hari, hasilnya sedikit blurry dan muncul banyak noise. Kekurangan lain adalah terdapat pada fitur 3D avatar yang cukup buruk dalam pengoperasian dan hasilnya.

Dan pastinya kekurangan selanjutnya adalah terletak pada kapasitas baterainya yang dirasa terlalu minim untuk ukuran smartphone kelas flagship dengan segudang fitur ini.

Hp Samsung Galaxy S9
Samsung Galaxy S9 adalah salah satu smartphone flagship yang dimiliki Samsung di tahun 2018

Review Akhir Samsung Galaxy S9

Samsung Galaxy S9 selain memiliki desain yang cantik, frame aluminiumnya yang berpadu dengan kaca menjadikannya semakin terlihat anggun dan mewah. Walaupun terdapat lapisan kaca pada bodynya, akan tetapi smartphone ini telah terlindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 serta sudah mengantongi sertifikat IP68.

Untuk masalah dapur pacunya, Anda tidak perlu khawatir karena performa dan kinerja dari chipset sampai dengan GPU yang dimiliki sangat memuaskan. Fasilitas kameranya pun tidak kalah canggih dengan yang dimiliki smartphone-smartphone keluaran terbaru. Baterai yang dimilikinya memiliki kapasitas 3000 mAh yang sudah support fast charging 15W.

Untuk masalah harganya sendiri, di pasaran Indonesia, Samsung Galaxy S9 dibandrol dengan harga Rp11,499,000 dengan asuransi resmi Samsung selama 1 tahun.

Samsung Galaxy S9 – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: samsung.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here