Spesifikasi Asus Zenfone Live (L2) – Harga, Kamera, Baterai, Review Fitur

asus zenfone live l2
Asus ZenFone Live (2), smartphone para anak muda yang bergaya

Asus ZenFone Live (L2) adalah salah satu produk besutan Asus yang dirilis pertengahan tahun 2019. Produk mobile ini diciptakan untuk menyasar pasar entry level. Walaupun segmen pasarnya terbawah, namun Asus ZenFone Live (L2) tidak diciptakan asal-asalan. Terbukti dari desainnya yang sangat cantik. Bahkan sekilas terlihat seperti perangkat mobile mahal. Terlebih lagi Asus telah mengadopsi tren warna casing populer sekarang ini, gradasi satu warna, dari gelap ke terang atau sebaliknya.

Secara umum, Asus ZenFone Live (L2)  diciptakan satu produk saja, namun Asus ternyata membuat 2 versi yang dibedakan berdasarkan dapur pacunya. Versi pertama adalah yang menggunakan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm), prosesor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 308 dan kedua adalah yang memakai chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 (28 nm), prosesor Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 dan kartu grafis Adreno 505. Sayangnya, Asus tidak menjelaskan untuk apa membuat Asus ZenFone Live (L2)  dalam 2 versi berdasarkan dapur pacunya.

Spesifikasi Asus ZenFone Live (L2)

Nama model Asus ZenFone Live (L2)
Kode produksi
Segmen pasar Entry level
Diperkenalkan April 2019
Dirilis resmi Mei 2019
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ LTE
Eksternal
Dimensi 147,3 x 71,8 x 8,2 mm
Berat 140 gram (dengan baterai)
SIM Card Dual SIM (Nano SIM, dual standby)
Layar
Jenis IPS LCD (capacitive touchscreen)
Ukuran 5,5 inci (body ratio 82.3%)
Resolusi 720 x 1440 pixel (~293 ppi)
Perlindungan 2.5D Curved Glass Screen
Model Non-bezelless
Internal
Sistem Operasi Android 8.0 Oreo
User Interface (UI) ZenUI 5
Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm)

Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 (28 nm)

Prosesor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53

Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53

Kartu grafis Adreno 308

Adreno 505

ROM 16GB/ 32GB (dapat ditambah sampai 2TB dengan microSD)
RAM 2GB
Kamera
Depan 5MP, f/2.4
Fitur Night HDR, Beauty
Belakang 8MP/ 13MP, f/2.0
Fitur Phase-detection autofocus, Night HDR, Beauty, Panorama, Timelapse
Resolusi gambar 4160 x 3120 pixel
Resolusi video 1920 x 1080 pixel
Loundspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, gyro, proximity, compass, face unlock, ambient light sensor
Sensor sidik jari Tidak
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 4.0, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, OTG
NFC Tidak
Wireless Charging Tidak
GPS A-GPS, GLONASS, BDS
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 3000 mAh
Warna Cosmic Blue dan Rocket Red
Harga Rp1.049.000 (2GB/16GB)
spesifikasi asus zenfone live l2 yang mewah
Asus ZenFone Live (L2) smartphone murah dengan desain mewah

Harga Asus ZenFone Live (L2)

Asus ZenFone Live (L2) merupakan smartphone entry level yang datang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu ke publik. Sesaat setelah dirilis di beberapa negara tertentu dan kemudian hadir di pasaran Tanah Air, tidak sedikit yang justru tak sadar akan keberadaan produk baru dari Asus tersebut. Untung saja, melalui toko online dan juga e-commerce di Indonesia, Asus ZenFone Live (L2) langsung diketahui pasar.

Untuk masalah harganya, Asus membanderol produknya ini dengan harga Rp1.049 jutaan untuk versi yang dilengkapi dengan ROM sebesar 16GB dan RAM 2GB. Hanya saja harganya menjadi sedikit lebih tinggi di e-commerce atau toko online lainnya.

Berbagai Keunggulan Asus ZenFone Live (L2)

Desain Cantik dengan Gradasi Warna Menawan

Dalam pembuatan Asus ZenFone Live (L2), nampaknya Asus tetap mempertahankan model dari desain model sebelumnya, Asus ZenFone Live (L1). Desainnya simple dan terkesan sleek menjadi andalannya. Dengan desain seperti ini membuat perangkat mobile entry level milik Asus ini terkesan seperti smartphone kelas atas yang mahal.

desain yang sleek dan warna tergradasi
Desain yang sleek dan warna tergradasi membuat Asus ZenFone Live (L2) menawan

Ditambah lagi pengunakan warna yang menarik dengan gradasi dari terang ke gelap atau sebaliknya membuat Asus ZenFone Live (L2) menjadi semakin elegan. Asus sendiri menamainya Rocket Red dan Cosmic Blue. Sayangnya tidak ada penjelasan kenapa Asus menggunakan nama-nama bertemakan luar angkasa tersebut untuk disematkan pada produknya.

Layar dengan Body Ratio Tinggi

Sekilas tampilan depan layar yang dimiliki Asus ZenFone Live (L2), Asus ZenFone Live (L1) dan Asus ZenFone Live tidak menunjukkan perbedaan yang terlalu signifikan. Akan tetapi jika melihat berdasarkan rasio screen-to-body antara ketiga perangkat dari seri yang sama ini, layar pada ZenFone Live (L2) lebih besar dan semakin dibuat lebih mepet ke arah frame samping kanan dan kiri. Dengan semakin lebarnya layar yang dimiliki, maka pengalaman menonton video, mengoperasikan aplikasi sampai dengan bermain game akan semakin melegakan. Ditambah dengan ketiadaan notch yang banyak dipakai kebanyakan smartphone yang beredar di pasaran sekarang ini dan membuat layar menjadi terkesan sempit.

Selain lebar dan melegakan, layar dari ZenFone Live (L2) ini juga sangat jernih dan sangat cerah. Tingkat kecerahannya pun mencapai 400 nits. Besaran 400 nits sendiri merupakan standarisasi dari luminasi tingkat kecerahan suatu layar perangkat elektronik.

Memang layar yang dipunyai ZenFone hanya berukuran 5,5 inci saja, namun Asus sendiri memiliki alasan kenapa mereka tidak melebihkan ukuran tersebut agar dapat bersaing dengan smartphone selevel besutan vendor lainnya. Alasannya selain karena memang smartphone ini adalah perangkat kelas low-end, dengan ukuran yang tidak terlalu besar tersebut agar penggunanya tidak merasa capek ketika menggunannya dengan satu tangan dan tetap muat untuk dimasukkan ke dalam saku kemeja atau celana. Dan yang menarik lagi, layar dari Asus ZenFone Live (L2) ini dapat dioperasikan walaupun penggunanya memakai sarung tangan.

Kameranya Support PDAF

kamera asus zenfone live l2
Kameranya mampu mengunci titik fokus kurang dari 1 detik

Asus ZenFone Live (L2) ini dilengkapi dengan 2 lensa kamera pada bagian belakang dan depan. Untuk bagian depannya terdapat lensa kamera yang memiliki resolusi sebesar 5MP. Bagi Anda yang doyan melakukan selfie, maka tidak perlu khawatir hasilnya jelek karena kamera depan dari ZenFone Live (L2) ini sudah dilengkapi dengan 8 jenis filter. Selain itu, terdapat pula beberapa mode menarik, seperti salah satunya Night HDR yang dapat membuat kualitas foto terjaga walaupun diambil dengan tingkat pencahayaan yang kurang.

Sedangkan untuk kamera pada bagian belakangnya memiliki resolusi sebesar 13MP. Lensa kamera yang dimilikinya sudah dilengkapi dengan PDAF atau phase-detection auto-focus yang memiliki kecepatan untuk dapat mengunci titik api hanya dalam 0,3 detik saja. Tentu saja dengan kecepatan menangkap fokus tersebut maka sangat tepat untuk digunakan memotret obyek bergerak.

Pada website resminya, Asus menuliskan bahwa lensa kamera ZenFone Live (L2) ini terdapat tanda 5P. Arti dari 5P ini merupakan terdapat 5 lapisan sensor lensa yang terbuat dari plastik. Lensa 5P ini merupakan standarisasi terkini untuk lensa kamera yang digunakan di kebanyakan smartphone kelas entry level ataupun yang masuk kategori mid-range.

Dapur Pacu Secepat Roket

Asus ZenFone Live (L2) ini menggunakan platform mobile yang sama seperti 2 pendahulunya, yaitu produk dari Qualcomm. Seperti yang disinggung di atas, terdapat 2 versi untuk masalah dapur pacunya ini, yaitu pertama yang menggunakan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm), prosesor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 308 dan yang kedua adalah yang dilengkapi dengan chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 (28 nm), prosesor Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 dan kartu grafis Adreno 505.

Pihak Asus sendiri memang tidak menjelaskan secara detail kenapa terdapat 2 versi yang dibedakan dari dapur pacunya tersebut, hanya saja keduanya memiliki kecepatan yang relatif tinggi di kelasnya. Ditambah lagi dengan terdapatnya RAM sebesar 2GB di dalamnya, Asus mengklaim bahwa digunakan untuk aktivitas apapun, perangkat mobile tersebut tidak akan mengalami time lags yang sangat menjengkelkan.

Metode Keamanan 3 Tingkat

Memang Asus ZenFone Live (L2) ini tidak dilengkapi dengan fitur fingerprint sensor atau pemindai sidik jari, akan tetapi untuk masalah pengamanannya, Anda tidak perlu khawatir karena Asus telah melengkapi produknya ini dengan 3 metode pengamanan yang memiliki tingkat sekuritas tinggi.

face unlock dan otentifikasi biometrik
Ganti fingerprint sensor adalah face unlock dan otentifikasi biometrik

Pengaman pertama adalah dengan menggunakan face unlock, yang kedua adalah otentifikasi biometrik dan yang terakhir adalah akan ada notifikasi pesan setelah perangkat terbuka nantinya. Kecanggihan tingkat pengamanannya ini tidak lain karena perpaduan antara operating system Android 8.0 Oreo dengan user interface ZenUI 5 yang digunakannya.

3 Slot untuk Masing-masing Kartu

Pada umumnya smartphone hanya akan dilengkapi dengan 2 slot saja di dalamnya. 1 slot tersedia untuk SIM Card dan satu slot lagi adalah dapat digunakan bergantian untuk menyematkan SIM Card kedua atau juga dapat dipakai untuk memasukkan microSD. Hanya saja di Asus ZenFone Live (L2) ini Anda tidak perlu repot-repot untuk membuka-tutup atau menggonta-ganti antara SIM Card dengan microSD karena Asus sudah menyediakan 3 slot untuk masing-masing kartu.

Asus ZenFone Live (L2) Vs Oppo A71/Xiaomi Redmi 7a/Vivo Y53

oppo a71 2018
Oppo A71 (2018) © oppo.com

Asus ZenFone Live (L2) vs Oppo A71 (2018)

Sama-sama berada di kelas entry level, layar yang digunakan Oppo A71 ternyata masih kalah besar 5 persen dibandingkan dengan yang dipunyai Asus ZenFone Live (L2), yaitu 5,5 inci melawan 5,2 inci. Tentunya akan cukup merepotkan jika digunakan untuk browsing, menonton film atau game, bukan? Selain memiliki layar lebih besar, resolusi layar dari ZenFone Live (L2) juga lebih tinggi.

Hanya saja jika membandingkan dari dapur pacunya, chipset dan prosesor yang digunakan Oppo A71 lebih cepat. Hal itu dikarenakan ZenFone Live (L2) hanya menggunakan prosesor Quad-core yang kalah bertenaga dibandingkan dengan Octa-core milik Oppo A71.

Asus ZenFone Live (L2) vs Xiaomi Redmi 7a

xiaomi redmi 7a
Xiaomi Redmi 7a © mi.com

Walaupun sama-sama berada di kelas entry level, namun nampaknya Asus ZenFone Live (L2) belum mampu menandingi Xiaomi Redmi 7a. Keunggulan satu-satunya produk dari Asus ini hanya terletak pada masalah besaran layar, lebih ringan dan lebih tipis saja, selebihnya Xiaomi Redmi 7a unggul segalanya.

Contohnya, dari segi dapur pacu sudah barang tentu prosesor Octa-core yang dipakai Xiaomi Redmi 7a lebih unggul dari Quad-core nya ZenFone Live (L2). Tidak hanya itu, dari fasilitas kamera sampai dengan besaran kapasitas baterainya pun produk dari Xiaomi tersebut menang atas ZenFone Live (L2).

Asus ZenFone Live (L2) vs Vivo Y53

Vivo Y53 © vivo.com
Vivo Y53 © vivo.com

Memandingkan dari sisi dapur pacunya, kedua perangkat mobile ini nampaknya seimbang. Hanya saja jika membandingkan dari sisi lainnya, seperti besaran layar, resolusi layar, operating systemy ang digunakan dan kapasitas baterainya, Asus ZenFone Live (L2) unggul atas Vivo Y53. Menjadi satu hal yang masuk akal karena Vivo Y53 sendiri adalah smartphone keluaran tahun 2017, sedangkan Asus ZenFone Live (L2) dirilis di tahun 2019.

Untuk masalah besaran RAM, ROM dan juga resolusi kamera depan dan belakangnya, Vivo Y53 dan Asu ZenFone Live (L2) kembali mendapatkan hasil yang seri. Harga dari Vivo Y53 sendiri sekarang masih berada di kisaran Rp1,4 jutaan dan ZenFone Live (L2) di harga Rp1 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Asus ZenFone Live (L2)

Kelebihan Asus ZenFone Live (L2)

Untuk ukuran smartphone entry level, layar yang dimiliki Asus ZenFone Live (L2) tergolong besar. Terlebih screen-to-body rationya pun cukup tinggi dibandingkan smartphone sekelas buatan vendor lainnya. Dan kelebihan lainnya adalah sebagai smartphone low budget, kapasitas baterai yang dimilikinya pun cukup besar walaupun bukan yang terbesar. Saat ini ada banyak smartphone low-end yang memiliki spesifikasi bagus, akan tetapi hanya dilengkapi dengan baterai berkapasitas rendah.

Selain itu, Asus ZenFone Live (L2) ini juga tergolong cukup ringan dan tipis. Jadi tidak terlalu membuat capek ketika menggunakannya dengan satu tangan saja. Terlebih lagi, desainnya yang terkesan sleek serta warna gradasinya tersebut membuat smartphone satu ini terkesan mahal dan berkelas.

Kekurangan Asus ZenFone Live (L2)

Berbicara masalah kekurangan, yang akan muncul menjadi perhatian pertama adalah pada sisi penggunaan operating systemnya. Ketika sudah banyak perangkat mobile dilengkapi dengan basis OS Android 9.0 Pie, justru Asus ZenFone Live (L2) memakai Android 8.0 Oreo, walaupun dapat diupgrade ke versi 9.0.

Saat banyak vendor mobile dunia yang berbondong-bondong meninggalkan port microUSB 2.0 dan menggantinya dengan USB Type-C yang lebih praktis dan efisien, justru Asus masih melengkapi ZenFone Live (L2) ini dengan microUSB 2.0. Selain itu, smartphone ini juga tidak dilengkapi dengan beberapa fitur terkini seperti NFC, wireless charger sampai dengan fingerprint sensor. Terlebih lagi, Asus ZenFone Live (L2) belum support dengan teknologi fast charging yang kini semakin marak digunakan banyak vendor lainnya.

Tidak hanya itu saja, kekurangan yang sangat mendasar adalah tidak dilengkapinya Asus ZenFone Live (L2) ini dengan pengaman luar yang betul-betul mumpuni, seperti contohnya produk buatan Corning, Gorilla Glass atau sejenisnya. Dengan ketiadaan pelindungan atau pengaman luar yang kuat tersebut, maka layar dari ZenFone Live (L2) rentan pecah atau retak. Dan lagi, material yang digunakan untuk membuat casingnya bukan yang berjenis anti-air atau tahan benturan.

Review Akhir Asus Zenfone Live (L2)

asus zenfone live l2
Asus ZenFone Live (2), smartphone para anak muda yang bergaya

Asus ZenFone Live (L2) merupakan produk di kelas entry level besutan Asus yang muncul secara mengejutkan karena vendor tersebut tidak pernah sekalipun menyinggung masalah perangkat mobile satu ini sebelumnya. Memiliki body yang cantik, sleek serta warna gradasi mengkilap, membuat Asus ZenFone Live (L2) terlihat seperti smartphone mewah.

Dapur pacu ngebut, kamera yang telah dilengkapi berbagai mode, terdapat 3 slot untuk 2 SIM Card dan 1 untuk memory card sampai dengan dilengkapinya fitur face unlock di dalamnya membuat Asus ZenFone Live (L2) sangat layak untuk dibeli. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu hanya Rp1.049.000 untuk versi RAM 2G dan ROM 16GB.

Artikel: Spesifikasi Asus Zenfone Live (L2) by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here