Spesifikasi Black Shark 2 Pro – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

black shark 2 pro
Black Shark 2 Pro merupakan smartphone gaming yang dilengkapi banyak fasilitas menarik di dalamnya

Black Shark 2 Pro merupakan penantang nyata dari produk mobile milik Asus, yaitu Asus ROG yang memang sengaja diciptakan untuk para mobile gamer. Tentu saja karena memang dikhususkan untuk nge-game, maka spesifikasi yang dimiliki sangat jempolan.

Mulai dari chipset, prosesor, GPU sampai dengan keberadaan Liquid Cooling 3.0+ atau juga layarnya yang berkualitas, semuanya dimiliki Black Shark 2 Pro tersebut. Bahkan RAM dan ROM yang dimiliki pun setara dengan smartphone-smartphone kelas flagship. Dan walaupun memang khusus diciptakan untuk nge-game, smartphone ini masih dilengkapi dengan fitur-fitur umum lain, seperti kamera, GPS, fingerprint sensor dan banyak lagi.

Mungkin banyak yang mengira bahwa Black Shark merupakan perusahaan mobile yang berada di bawah bendera Xiaomi sehingga tidak sedikit yang menyebut produknya dengan nama Xiaomi Black Shark. Padahal sebenarnya Xiaomi dan Black Shark adalah 2 vendor berbeda yang mana Xiaomi hanya menanam saham saja di sana dan semua hal lainnya merupakan milik Black Shark secara utuh, termasuk produk-produk yang mereka ciptakan, seperti contohnya Black Shark 2 Pro.

Spesifikasi Black Shark 2 Pro

Nama model Black Shark 2 Pro
Kode produksi
Segmen pasar Premium mid-range
Diperkenalkan Juli 2019
Dirilis resmi September 2019
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ CDMA (EVDO)/ WCDMA/ TD-SCDMA/ LTE (TD-LTE, FDD LTE)
Eksternal
Dimensi 163,61 x 75,01 x 8,77 mm
Berat 205 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis AMOLED (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,39 inci (screen-to-body ratio 81,7%)
Resolusi 1080 × 2340 pixel (~403 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 6
Model Bezelless, Always-On display, 240 Hz touch-sensing
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) Black Shark OS UI
Chipset Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm)
Prosesor Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)
Kartu grafis Qualcomm Adreno 640
ROM UFS 3.0 128GB/ 256GB (tidak dapat ditambah)
RAM LPDDR4X (2133 MHz) 8GB/ 12GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 20MP
Fitur AI beauty mode, Countdown selfile, portrait
Belakang 48MP + 12MP
Fitur LED flash, PDAF, low-light enhancement technology,  HDR, portrait, panorama, super night mode
Loundspeaker Ya
Port jack 3,5mm Tidak
Sensor utama Gravity, Ambient light, Proximity, Gyroscope, Compass,  display touch sensitivity
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar)
Konektivitas
WLAN 802.11a/b/g/n/ac, 2.4G&5.0G, WIFI Display, WFI Direct, WIFI hotspot
Bluetooth v 5.0, aptX, aptX HD, aptX Adaptive, LDAC, LE
USB Type-C
NFC Tidak
GPS Galileo, GLONASS, Beidou, QZSS, A-GPS
Radio Tidak
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Ion
Kapasitas daya 4000 mAh (support Qualcomm Quick Charge 27W)
Warna RAM 8GB/ ROM128GB Shadow Black, Iceberg Grey, RAM 12GB/ ROM 256GB Shadow Black, Iceberg Grey, Gulf Blue
Harga RAM 8GB/ ROM128GB RM2499 (Rp 8,39 jutaan)dan RAM 12GB/ ROM 256GB RM2999 (Rp10 jutaan)

Harga Black Shark 2 Pro

Black Shark 2 Pro merupakan penerus dari Black Shark 2 yang cukup fenomenal tersebut. Dengan spesifikasi kelas hi-end, walaupun sebenarnya smartphone ini masuk ranah premium mid-range, membuat banyak orang, terutama para gamer berkeinginan untuk dapat memilikinya. Sayangnya, smartphone ini belum dapat dirilis di pasaran Tanah Air untuk sekarang ini karena menurut kabar yang beredar, pihak Black Shark masih mengurus perizinan untuk dapat memasarkan produknya ini di Indonesia.

Untuk harganya, terdapat 2 varian yang dibedakan berdasarkan dari besaran RAM dan ROM yang dimiliki. Untuk yang dilengkapi dengan RAM sebesar 8GB dan ROM 128GB dijual dengan harga sekitar Rp8,39 jutaan, sedangkan untuk yang memiliki RAM 12GB dengan ROM 256GB dibanderol sebesar Rp10 jutaan.

spesifikasi blackshark 2 pro chipset terbaik
Chipset yang digunakan merupakan yang paling tinggi di kelasnya, Qualcomm Snapdragon 855+

Fitur Unggulan Black Shark 2 Pro

Dapur Pacu Jempolan

Dikarenakan memang semua perangkat gaming, baik itu smartphone, laptop, konsol sampai dengan desktop komputer, membutuhkan spesifikasi handal, terutama pada sisi dapur pacunya, maka tidak heran kenapa Black Shark melengkapi Black Shark 2 Pro ini dengan jerohan yang sangat jempolan.

Untuk chipsetnya saja, smartphone satu ini menggunakan Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm) yang untuk sementara ini masih tergolong paling tinggi di kelasnya dan ditambah dengan prosesor Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485) yang sangat cepat dan stabil. Kartu grafisnya pun tak kalah hebatnya, Black Shark 2 Pro ini menggunakan GPU Adreno 640 (700 MHz).

Khusus untuk internal storagenya, Black Shark menggunakan teknologi UFS 3.0 yang dapat dengan cepat menyimpan, membaca dan mentransfer data atau apapun yang dibutuhkan sistem atau aplikasi sebesar 82 persen dibandingkan internal storage lainnya. Dan dengan perpaduan RAM dan ROM besar serta UFS 3.0, maka dapat meningkatkan performa mesin sampai 27 persen.

Liquid Cooling 3.0+

liquid cooling 3.0+
Tedapat Liquid Cooling 3.0+ yang dapat mereduksi temperatur berlebih di dalam perangkat

Dengan meningkatnya performa dan cepatnya kinerja mesin, maka secara otomatis akan menaikkan temperatur di dalam perangkat. Oleh karena itu, dibutuhkan pendingin khusus yang dapat menekan laju temperatur tersebut. Itu sebabnya Black Shark menambahkan teknologi Liquid Cooling 3.0+ di dalam Black Shark 2 Pro.

Menggunakan proses micro-welding, lempeng Liquid Cooling yang digunakan dapat secara langsung bekerja ketika temperatur di dalam perangkat naik. Bahkan teknologi pendingin ini dapat menjaga stabilitas suhu di semua komponen penting, termasuk di prosesor, chipset dan GPU-nya sampai 14 derajat Celcius.

Layar Amoled + TrueView Display

layar yang sangat berkualitas
Layarnya sangat berkualitas dan disokong banyak mode, teknologi serta fitur menarik lainnya

Fasilitas unggulan teratas yang dimiliki Black Shark 2 Pro terletak pada layarnya. Perangkat mobile satu ini dilengkapi dengan layar AMOLED buatan Samsung berukuran 6,39 inci. Resolusi layarnya sebesar 1080 x 2340 pixel dengan tingkat kerapatan antar-pixelnya mencapai 403 ppi yang mana sangat terang dan jernih ketika harus menampilkan gambar atau apapun dalam berbagai format.

Sebenarnya layar AMOLED sendiri sudah sangat berkualitas, namun Black Shark tidak ingin berhenti di situ saja dan menambahkan teknologi TrueView Display untuk layarnya. Teknologi tersebut dapat mengoptimalkan efek visual sampai dengan mengatur pencahayaan yang ditampilkan layarnya.

Teknologi atau fitur yang digunakan untuk layarnya seperti TrueClarity MEMC, HDR Gaming Visuals, Gaming Night Mode, Precision Screen Calibration, Delta E<1 Color Accuracy dan beberapa lagi lainnya.

Untuk urusan sensitivitasnya, layar dari Black Shark 2 Pro ini diklaim oleh Black Shark paling peka di antara smartphone sekelas atau pun di antara perangkat mobile gaming lainnya. Selain peka, ketika Anda menggeserkan jari ke satu arah ke arah lainnya dengan cepat dan berganti-ganti, tidak ada jeda atau time lags sama sekali. Dengan begitu, maka akan membuat para gamer yang menggunakan perangkat mobile ini semakin nyaman dalam bermain, klaim Black Shark. Bahkan, terdapat teknologi pemindaian berukuran micro di layarnya yang dapat mengidentifikasi pergerakan penggunanya secara cepat dan tepat.

Terdapat juga DC Dimming 2.0 di dalam Black Shark 2 Pro ini yang berfungsi untuk menurunkan tingkat kecerahan dan emisi warna biru sampai 2 nits. Dengan penurunan tersebut maka akan membuat mata Anda tidak cepat merasa lelah atau pedih serta mereduksi risiko mata kering, terutama ketika menggunakan perangkat untuk bermain mobile game secara maraton atau terus menerus.

Game Dock 4.0

Memang sebenarnya pengguna dari Black Shark 2 Pro ini dapat saja menggunakan dua ibu jari saja dalam memainkan permainan. Terlebih lagi layarnya memiliki ukuran cukup besar dengan screen-to-body ratio sebesar 81,7 persen. Akan tetapi jika Anda ingin bermain dengan menggunakan banyak tombol fisik seperti halnya permainan konsol, maka Anda dapat menggunakan Game Dock 4.0.

Game Dock 4.0 ini merupakan ultimate gaming dashboard yang dapat mengubah perangkat menjadi gaming gadget atau konsol portable. Tidak hanya berfungsi untuk membantu gamer dalam bermain saja, Game Dock 4.0 juga dapat ‘membungkam’ semua notifikasi yang masuk agar tidak mengganggu penggunanya saat bermain. Selain itu, Game Dock 4.0 juga memiliki kemampuan untuk memonitori statistik permainan ataupun performa dari perangkat itu sendiri, seperti framerate, temperatur sistem sampai dengan tingkat baterai yang dimiliki.

3 lensa kamera black shark 2 pro
Terdapat 3 buah lensa yang tersemat di tubuh smartphone satu ini

Kamera Belakang 48MP dan Kamera Depan 20MP

Seperti halnya smartphone lain pada umumnya, Black Shark 2 Pro ini juga dilengkapi dengan fasilitas kamera. Terdapat 3 lensa kamera secara total yang terletak di bagian depan satu buah dan 2 buah di bagian belakang. Untuk kamera utamanya di belakang memiliki resolusi 48MP dengan sensor Sony IMX586 yang memiliki aperturef/1.75.

Lensa kamera utamanya ini sudah dilengkapi dengan banyak sekali fitur pendukung lain, seperti Super Night Mode, RAW multi-frame, algoritma untuk mereduksi noise sampai dengan dapat untuk merekam video super slow motion dengan framerate 1920 fps. Sedangkan lensa kamera keduanya yang di belakang memiliki resolusi sebesar 12MP dengan aperture f/2.2.

Untuk lensa kamera depannya memiliki resolusi sebesar 20MP yang juga telah disokong dengan berbagai fitur menarik, seperti AI beauty mode, Countdown selfile atau juga mode portrait.

Baterai 4000 mAh + PD Quick Charge 2W

Baterai yang digunakan Black Shark 2 Pro ini berjenis non-removable yang terbuat dari Lithium Ion dengan kapasitas 4000 mAh. Memang cukup standar mengenai baterai yang dimiliki perangkat mobile satu ini, akan tetapi yang menarik adalah terdapatnya teknologi PD Quick Charge 2W yang mampu mereduksi durasi pengisian baterainya dengan sangat cepat. Bahkan Anda pun masih aman untuk menggunakan smartphone ini bermain game mobile sembari mengisi ulang baterainya.

Black Shark 2 Pro VS ASUS ROG Phone ZS600KL/ZTE Nubia Red Magic 3/Vivo iQOO Pro 5G

Black Shark 2 Pro vs ASUS ROG Phone ZS600KL

asus rog phone zs600kl
ASUS ROG Phone ZS600KL © asus.com

Memang dari ukurannya, Balck Shark 2 Pro lebih besar dibandingkan ASUS ROG Phone ZS600KL, akan tetapi masih di sisi fisiknya, produk dari Asus tersebut lebih tahan banting dibandingkan dengan perangkat mobilenya Black Shart itu. ASUS ROG Phone ZS600KL merupakan smartphone yang memiliki ketahanan fisik cukup bagus, tahan air dan goresan.

Dilihat dari dapur pacunya, Black Shark 2 Pro sedikit lebih unggul dibandingkan ASUS ROG Phone ZS600KL. Mulai dari chipset, prosesor dan GPU yang digunakan ASUS ROG Phone ZS600KL satu tingkat di bawah yang dipunyai Black Shark 2 Pro.

Black Shark 2 Pro vs ZTE Nubia Red Magic 3

smartphone zte nubia red magic 3
ZTE Nubia Red Magic 3 © na.redmagic.gg

Mungkin dapat dikatakan bahwa ZTE Nubia Red Magic 3 merupakan pesaing terkuat dari Black Shark 2 Pro. Dikatakan begitu karena memang spesifikasi dari Nubia Red Magic 3 tak kalah hebat dari Black Shark 2 Pro. Jika Black Shark 2 Pro dilengkapi dengan Liquid Colling 3.0+, Nubia Red Magic 3 dilengkapi dengan kipas pendingan mini di dalamnya.

Dari layarnya, ukuran layar Black Shark 2 Pro sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan yang dipunyai Nubia Red Magic 3. Hanya saja tingkat kerapatan antar-pixel pada layar produk dari ZTE tersebut lebih rendah dari Black Shark 2 Pro. Ditambah lagi dapur pacu Nubia Red Magic 3 juga masih di bawah Black Shark 2 Pro. Namun kapasitas baterai Nubia Red Magic 3 lebih besar dari produk Black Shark tersebut, 5000 mAh vs 4000 mAh.

Black Shark 2 Pro vs Vivo iQOO Pro 5G

vivo iqoo pro 5g
Vivo iQOO Pro 5G © vivo.com.cn

Jika melihat desainnya, tidak banyak orang mengira bahwa Vivo iQOO Pro 5G merupakan smartphone gaming karena memang desainnya yang mirip smartphone pada umumnya. Akan tetapi dengan sekali lihat, banyak orang yang langsung notice bahwa Black Shark 2 Pro merupakan perangkat mobile khusus untuk nge-game.

Jenis layar yang dimiliki Vivo iQOO Pro 5G lebih bagus dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan yang dipunyai Black Shark 2 Pro. Menang di dapur pacu, Black Shark 2 Pro kalah di sisi kapasitas baterainya dengan Vivo iQOO Pro 5G.

Kelebihan dan Kekurangan Black Shark 2 Pro

Kelebihan Black Shark 2 Pro

Kelebihan yang dimiliki Black Shark 2 Pro adalah pada dapur pacunya. Chipset Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm), prosesor Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485) dan GPU Qualcomm Adreno 640 membuat performa perangkat menjadi sangat bagus. Terlebih lagi disokong dengan RAM besar serta ROM UFS 3.0 dengan kapasitas 128GB dan 256GB.

Dan kelebihan utama dari produk mobile satu ini adalah terletak pada layarnya yang memang sangat berkualtias. Layarnya menggunakan jenis AMOLED buatan Samsung dengan ukuran 6,39 inci yang memiliki tingkat kerapatan antar-pixel sebesar 403 ppi. Selain itu, terdapat juga banyak fitur, mode dan teknologi pendukung yang disematkan di dalamnya khusus untuk layar Black Shark 2 Pro tersebut.

Selain itu, perangkat mobile satu ini juga support untuk dipasangkan dashboard game, yaitu Game Dock 4.0. Dengan menggunakan gashboard game ini, maka Anda dapat lebih leluasa dalam bermain karena dapat mengubah smartphone menjadi seperti portable konsol.

Kekurangan Black Shark 2 Pro

Walaupun memiliki spesifikasi jempolan, bukan berarti Black Shark 2 Pro tidak memiliki kekurangan. Perangkat mobile ini memiliki kekurangan di sisi ketiadaan fasilitas NFC serta wireless chargernya. Padahal kedua fitur tersebut cukup penting untuk dipunyai, terutama bagi yang doyan nge-game via smartphone.

Dengan NFC, maka pembayaran paketan atau apapun yang akan digunakan bermain semakin cepat dan tidak menyita waktu, sedangkan wireless charger dapat membuat pengguna bermain di manapun berada tanpa terkendala kabel charger.

Kekurangan lain terdapat pada ketiadaan slot untuk menambah kapasitas internal storagenya. Padahal setiap gamer membutuhkan perangkat yang memiliki kapasitas penyimpanan dalam yang cukup besar. Selain itu, ketiadaan port untuk jack 3.5mm nya juga merupakan satu kekurangan yang utama. Hal itu disebabkan pengguna akan dapat mendengarkan audio atau juga efek suara game secara jelas dengan menggunakan headset atau earphone yang tertancap di perangkat.

Satu kekurangan lainnya adalah pada kapasitas baterainya. Memang jika Black Shark 2 Pro merupakan smartphone seperti pada umumnya, maka kapasitas baterainya tersebut dapat masuk dalam daftar kelebihan, akan tetapi sebagai perangkat mobile gaming, maka kapasitas sebesar 4000 mAh dirasa terlalu kecil.

Review Akhir Black Shark 2 Pro

black shark 2 pro
Black Shark 2 Pro merupakan smartphone gaming yang dilengkapi banyak fasilitas menarik di dalamnya

Black Shark 2 Pro merupakan smartphone terbaru dari Black Shark yang dilengkapi dengan spesifikasi jempolan. Dapur pacunya sangat tangguh dan cepat ketika digunakan untuk bermain game. Bahkan game-game mobile dengan grafis tinggi pun dapat dimainkan melalui smartphone ini tanpa hambatan atau time lags.

Selain itu yang menjadi unggulan utamanya terletak pada layar AMOLED yang dimilikinya. Banyak teknologi dan juga mode atau fitur menarik yang mendukung layarnya agar dapat memberikan pengalaman kepada pengguna dalam bermain game lebih baik dan menyenangkan.

Untuk masalah harganya, terdapat 2 varian yang dibedakan dari besaran RAM dan ROM yang dimiliki. Menurut kabar yang beredar, memang untuk sekarang Black Shark 2 Pro belum masuk pasaran Indonesia, akan tetapi dalam jangka waktu dekat bakal dirilis secara resmi di Tanah Air.

Artikel: Spesifikasi Black Shark 2 Pro by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here