Spesifikasi Honor 9X Pro – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

honor 9x pro
Presdir Honor, George Zhao, memperkenalkan Huawei Honor 9X dan Huawei Honor 9X Pro

Honor 9X Pro merupakan smartphone yang diciptakan dengan segala hal baru serta inovasi modern sekarang ini. Mulai dari penggunaan chipset HiSilicon Kirin 810 (7 nm) dan prosesor Octa-core 2.27GHz sampai dengan RAM dan ROM besar di dalamnya membuat performa dari perangkat ini sangat layak untuk diadu dengan smartphone kelas premium mid-range besutan vendor lainnya.

Tidak hanya itu saja, fasilitas kamera, baterai sampai dengan fitur-fitur lain yang dimilikinya pun juga sangat andal. Baterai yang dimilikinya pun cukup besar dan juga tahan lama. Jadi tidak salah jika Honor menjadikan 9x Pro ini sebagai tolok ukur untuk produk mobile dari Huawei selanjutnya.

Spesifikasi Huawei Honor 9X Pro

Nama model Huawei Honor 9X Pro
Kode produksi HLK-AL10, HLK-TL10
Segmen pasar Premium mid-range
Diperkenalkan Juli 2019
Dirilis resmi Agustus 2019
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ LTE

Spesifikasi Huawei Honor 9X Pro: Eksternal

Dimensi 163,1 x 77,2 x 8,8 mm
Berat 206 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by, Dual VoLTE)
Layar
Jenis LTPS IPS LCD (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,59 inci (~92% screen-to-body ratio)
Resolusi 1080 x 2340 pixel (~391 ppi)
Perlindungan
Model Bezelless, motorized pop-up camera

Spesifikasi Huawei Honor 9X Pro: Internal

Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) EMUI 9.1
Chipset HiSilicon Kirin 810 (7 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.27 GHz Cortex-A76 & 6×1.88 GHz Cortex-A55)
Kartu grafis Mali-G52
ROM 128GB/ 256GB (masih dapat ditambah sampai 512GB via microSD)
RAM 8GB

Spesifikasi Huawei Honor 9X Pro: Kamera, Speaker, & Sensor

Depan 16 MP
Fitur HDR, panorama
Belakang 48 MP (wide) + 8 MP (ultrawide) + 2 MP (depth sensor)
Fitur Auto LED Flash, Face detection, Continuos Shooting, HDR, Panorama
Loundspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Light sensor, Proximity sensor, Accelerometer, Compass, Gyroscope
Sensor sidik jari Ya (di samping)

Spesifikasi Huawei Honor 9X Pro: Konektivitas

WLAN i-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Mobile Hotspot
Bluetooth v5.0, A2DP, LE
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
NFC Tidak
GPS A-GPS, Glonass, BDS
Radio FM Radio

Spesifikasi  Huawei Honor 9X Pro: Baterai

Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4000 mAh (support fast charging 10W)
Warna Magic Night Black, Phantom Purple
Harga Rp4,4 jutaan ke atas
Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Spesifikasi Huawei Nova 5i
Spesifikasi Huawei Nova 5 Pro

Harga Honor 9X Pro

Huawei Honor 9X Pro merupakan smartphone terbaru yang dirilis oleh Honor pada bulan Agustus 2019 untuk wilayah Cina. Mengenai harganya, Huawei Honor 9X Pro ini dijual dalam 2 harga berbeda, yaitu Rp4,4 jutaan untuk yang dilengkapi dengan RAM 8GB dan ROM 128GB atau Rp4,8 jutaan untuk versi yang memiliki RAM sebesar 8GB dengan ROM 256GB.

Dan bagi penggemar produk Huawei di Tanah Air yang ingin memiliki Huawei Honor 9X Pro harus bersabar sejenak karena smartphone satu ini belum muncul di website resmi Huawei atau Honor yang menandakan bahwa pre-order secara online belum dibuka secara resmi.

spesifikasi honor 9x pro
Efek bayangan huruf X menekankan pada kemisteriusan perangkat

Fitur Unggulan Huawei Honor 9X Pro

Desain yang menarik

Desain dari Huawei Honor 9X Pro ini dapat dikatakan menarik dan juga cantik. Memang sekilas mirip dengan kebanyakan smartphone pada umumnya, namun jika ditelisik lebih dalam, maka Anda akan menemukan sedikit perbedaannya. Pada bagian muka memang kurang lebih sama seperti perangkat mobile pada umumnya, namun di bagian belakang, ada lekukan yang cukup dalam untuk memberikan kesan lebih tumpul pada setiap sisi-sisinya.

Terlebih lagi, untuk masalah pewarnaan di bagian belakangnya, pihak Honor menggunakan teknik 3D gradient atau gradiasi 3 dimensi untuk memunculkan kesan hologram. Ditambah dengan munculnya efek bayangan yang membentuk huruf X di belakang perangkat menjadikan smartphone ini semakin menarik dan terkesan mewah.

Layar yang lebar, 9,59 inci

Layar dari Huawei Honor 9X Pro ini tergolong besar di antara smartphone-smartphone kelas mid-range lainnya. Dengan ukuran 9,59 inci tersebut, maka Anda dapat menonton video, bermain game atau mengoperasikan sesuatu dengan leluasa dan lega. Terlebih lagi dengan tidak digunakannya notch ataupun punch hole serta memiliki screen-to-body ratio sebesar 92 persen membuat tampilannya semakin terlihat besar dan lebar.

Layarnya yang multi-touch yang mampu menampilkan sampai dengan 16 juta warna tersebut memiliki tingkat kerapatan antar-pixel sebesar 391 pixel per inch (ppi).

layar multi touch
Terdapat 3 layar di bagian belakang dan 1 di bagian depan

Kamera utama beresolusi tinggi, hingga 48MP

Secara total, ada 4 buah lensa kamera yang tersemat dalam Huawei Honor 9X Pro ini yang mana terbagi menjadi 1 buah terletak di depan dan 3 buah di bagian belakang. Untuk kamera utama yang terletak di belakang memiliki resolusi sebesar 48MP yang mana lensanya merupakan buatan Sony, yaitu Sony IMX582 Exmor RS tipe CMOS BSI. Aperture untuk kamera utamanya adalah sebesar f/ 1.8 yang sangat bagus dalam menciptakan bokeh atau pengaburan background belakang obyek utama.

Tidak hanya memiliki resolusi besar dan juga berkualitas, kamera utamanya sudah dilengkapi dengan mode night vision. Dalam hal ini bukan night vision seperti kamera infrared pada umumnya, melainkan sensor lensa kameranya sangat sensitif terhadap cahaya dibandingkan mata manusia. Dengan menggunakan sensor lensa tersebut maka digunakan di ruangan yang kurang pencahayaan pun hasilnya masih sangat bagus.

Untuk kamera keduanya memiliki resolusi 8MP berukura 13 mm yang memiliki fungsi untuk pengambilan gambar secara melebar (ultrawide) dengan aperture sebesar f/2.4 dan kamera ketiganya memiliki resolusi sebesar 2MP yang mana berfungsi untuk menjelajahi kedalaman gambar agar hasil foto yang dihasilkan akan sangat jelas, terang dan detail.

Untuk kamera keempatnya terletak di dalam box yang dapat muncul atau tenggelam saat diaktif atau dinonaktifkan (motorized pop-up camera). Kamera keempat ini berfungsi sebagai kamera slefie yang akan menghasilkan kualitas foto bagus. Bahkan dengan bantuan teknologi AI di dalamnya, maka Anda tidak perlu repot lagi untuk melakukan editing agar hasil foto akan semakin maksimal.

chipset terbaru
Chipset yang digunakan tergolong yng terbaru dari HiSilicon © mightygadget.co.uk

Dapur pacu yang bertenaga

Salah satu hal yang menjadi andalan dari Huawei Honor 9X Pro adalah terletak pada dapur pacunya yang terbaru dan memiliki kecepatan juga ketahanan yang lebih baik dibandingkan model-model sebelumnya. Chipset yang digunakan pada 9X Pro ini adalah HiSilicon Kirin 810 (7 nm) yang mana lebih cepat dibandingkan Qualcomm Snapdragon 730. Walaupun super ngebut, akan tetapi chipset dan prosesor yang digunakan tidak memakan banyak daya baterai.

Selain itu, chipset dan prosesor Octa-core (2×2.27 GHz Cortex-A76 & 6×1.88 GHz Cortex-A55) yang terdapat di dalam perangkat mobile ini juga sudah terintegrasi penuh dengan algoritma artificial inteligence dan teknologi GPU Turbo 3.0 yang mana sangat bagus ketika harus digunakan untuk bermain game atau juga saat dipakai untuk mengoperasikan aplikasi besar dan berat.

Ditambah lagi, Honor telah menyematkan teknologi AI Smart Communication 2.0 yang berfungsi untuk menstabilkan dan meningkatkan kecepatan koneksi internet bagi pengguna yang sering online.

Untuk masalah operating system yang digunakan, untuk sementara Honor masih menggunakan produk Google, Android 9.0 Pie. Namun ada kabar bahwa jika perang dagang antara Cina dan Amerika Serikat tak kunjung usai, maka ada kemungkinan operating system tersebut akan diganti dengan menggunakan OS buatan Huawei sendiri.

Baterai tahan lama, 4.000 mAh

Baterai yang digunakan pada Huawei Honor 9X Pro ini berjenis non-removable yang terbuat dari lithium polymer dengan kapasitas daya sebesar 4000 mAh. Dengan besaran daya baterai itu, maka sangat memuaskan para penggunanya yang malas untuk membawa baterai cadangan atau juga powerbank ke mana-mana.

Pihak Honor mengklaim bahwa dari posisi baterai 100 persen, baterainya dapat digunakan selama 10 jam nonstop untuk bermain game dengan grafis tinggi atau juga memutar video dengan format HD. Tidak hanya itu saja, Honor telah menambahkan pula kemampuan pada perangkat mobile ini untuk dapat support dengan teknologi fast charging 10W yang mana mampu memperpendek durasi pengisian baterainya.

fingerprint sensor terletak di samping
Berbeda dengan kebanyakan smartphone lain, fingerprint sensor terletak di samping © dealntech.com

Fingerprint sensor

Mungkin kebanyakan vendor mobile lain menempatkan fitur pemindai sidik jari di bagian belakang ataupun di layar depannya, namun Honor justru membuat tombol khusus yang mana diletakkan di sebelah samping untuk mengoperasikan fasilitas fingerprint sensor tersebut.

Sensor pemindai sidik jari yang digunakan Huawei Honor 9X Pro juga sangat responsif serta memiliki tingkat keakuratan yang tinggi dalam membaca alur sidik jari dari siapa saja yang ingin membukanya. Jadi ketika digunakan bukan dari pemilik aslinya, maka perangkat akan terkunci secara otomatis.

Honor 9X Pro VS Samsung Galaxy A70/Xiaomi Redmi K20 Pro/Oppo F11 Pro

Huawei Honor 9X Pro vs Samsung Galaxy A70

samsung galaxy a70
Samsung Galaxy A70 © samsung.com

Jika melihat dari tampilannya, semua akan mengira kedua perangkat ini sama hebatnya, namun dari bagian internalnya, dapur pacu Huawei Honor 9X Pro lebih bertenaga dibandingkan dengan Samsung Galaxy A70. Terlebih lagi, RAM yang menyokong sistem milik 9X Pro sebesar 8GB, sedangkan A70 hanya dilengkapi RAM sebesar 6GB saja.

Akan tetapi ketika membandingkan dari sisi besaran resolusi lensa kamera depannya, produk Samsung tersebutlah yang keluar sebagai pemenangnya. Samsung Galaxy A70 dilengkapi dengan lensa depan yang miliki resolusi sebesar 32MP, sedangkan 9X Pro hanya 16MP. Baterai A70 pun lebih besar 12 persen dibandingkan 9X Pro.

Huawei Honor 9X Pro vs Xiaomi Redmi K20 Pro

xiaomi redmi k20 pro
Xiaomi Redmi K20 Pro © mi.com

Memang dari segi harga, Xiaomi Redmi K20 Pro sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Huawei Honor 9X Pro. Hanya saja, ada beberapa hal yang menjadikan produk dari Huawei tersebut lebih unggul. Contohnya saja di bidang besaran RAM dan juga masalah terdapatnya slot untuk microSD, 9X Pro masih unggul dibandingkan K20 Pro.

Namun untuk masalah lain, K20 Pro memiliki dapur pacu yang lebih bertenaga dan cepat. Begitu pula dari sisi kamera belakangnya, K20 Pro dilengkapi 3 lensa belakang kamera yang memiliki resolusi tinggi. Kekalahan K20 Pro jika didasarkan pada fasilitas kamera belakangnya adalah terletak pada ketiadaan lensa untuk depth sensor, sedangkan 9X Pro memiliki fasilitas tersebut.

Huawei Honor 9X Pro vs Oppo F11 Pro

oppo f11 pro
Oppo F11 Pro © oppo.com

Sama-sama mengusung embel-embel ‘Pro’ pada bagian belakang namanya, ternyata kualitas dari Honor 9X Pro masih lebih tinggi dibandingkan Oppo F11 Pro. Mungkin dari ukuran dan bobot, Oppo 11 Pro masih sedikit lebih dibandingkan 9X Pro, namun di sisi lain, banyak hal yang tidak dapat dilampauinya.

Contohnya saja mulai dari tingkat kerapatan antar-pixel, kecepatan dapur pacu, besaran RAM dan ROM, kualitas lensa kamera belakang dari Oppo F11 Pro ini masih belum dapat menyamai apa yang dipunyai Honor 9X Pro. Hanya saja, Oppo F11 Pro sudah support teknologi fast charging 20W (VOOC 3.0) yang dapat mengisi ulang baterai lebih cepat dibandingkan teknologi yang digunakan 9X Pro.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Honor 9X Pro

Kelebihan Huawei Honor 9X Pro

Huawei Honor 9X Pro ini memiliki beberapa kelebihan sebagai smartphone kelas menengah, seperti layar besar, resolusi besar dan juga screen-to-body ratio yang tak kalah besarnya. Dengan begitu, pengguna dari 9X Pro akan lebih leluasan ketika akan menggunakannya untuk bermain game, menonton video atau mengoperasikan aplikasi lainnya. Ditambah lagi, perangkat mobile ini tidak dilengkapi dengna notch ataupun punch hole di layarnya yang justru membuatnya semakin lega.

Kelebihan utama dari smartphone satu ini adalah terletak pada dapur pacunya yang memang jempolan dan keluaran terbaru dari HiSilicon, yaitu HiSilicon Kirin 810 (7 nm). Ditambah lagi dengan prosesor yang digunakannya, Octa-core (2×2.27 GHz Cortex-A76 & 6×1.88 GHz Cortex-A55), GPU Mali-G52 sampai dengan besaran RAM yang dimiliki membuat performa perangkat menjadi sangat bagus.

Fasilitas kamera utamanya pun sangat mumpuni ketika digunakan untuk memotret atau merekam video karena resolusinya cukup besar, 48MP. Tidak hanya itu saja, kapasitas baterainya juga besar, 4000 mAh, yang memiliki ketahanan cukup lama saat dipakai dalam berbagai aktivitas.

Kekurangan Huawei Honor 9X Pro

Selain memiliki kelebihan, Honor 9X Pro ini juga mempunyai kekurangan di sisi tertentu. Contohnya saja perangkat mobile ini memiliki tingkat kerapatan antar-pixel yang rendah untuk kelas smartphone premium mid-range. Dengan begitu, saat digunakan untuk menonton video dengan kualitas di atas HD, 4K contohnya, maka akan kurang begitu tajam.

Bobot perangkat yang relatif berat juga menjadi kekurangan tersendiri untuk Honor 9X Pro ini. Lensa utamanya memang cukup besar, namun 2 lensa di belakang dan 1 lensa di depannya dirasa kurang begitu besar resolusinya untuk ukuran smartphone kelas premium mid-range.

Selain itu, Honor 9X Pro tidak dilengkapi dengan pengaman fisik yang benar-benar bagus agar dapat meminimalisir terjadinya kerusakan saat terbentur, terjatuh ataupun terkena air. Dan satu hal lagi, dengan beberapa kekurangan yang dimiliki tersebut, harga yang ditawarkan cukup mahal.

Review Akhir Honor 9X Pro

honor 9x pro
Presdir Honor, George Zhao, memperkenalkan Huawei Honor 9X dan Huawei Honor 9X Pro

Huawei Honor 9X Pro merupakan smartphone baru yang menggunakan operating system Android 9.0 Pie. Untuk masalah dapur pacunya, smartphone ini dilengkapi dengan chipset HiSilicon Kirin 810 (7 nm), prosesor Octa-core (2×2.27 GHz Cortex-A76 & 6×1.88 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G52 serta disokong oleh RAM sebesar 8GB di dalamnya.

Layarnya berukuran 6,59 inci dengan resolusi sebesar 1080 x 2340 pixel dan tingkat kerapatan antar-pixelnya mencapai 391 ppi. Smartphone ini juga dilengkapi dengan 4 lensa kamera serta dipersenjatai baterai berkapasitas besar. Sayangnya, untuk saat ini Huawei Honor 9X Pro belum secara resmi dirilis di kawasan Asia Tenggara atau Indonesia pada khususnya.

Artikel: Spesifikasi Honor 9X Pro by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here