Spesifikasi Infinix Hot 7 Pro – Harga, Kamera, Baterai, Review Fitur

Infinix Hot 7 Pro
Infinix Hot 7 Pro adalah smartphone murah yang tidak murahan

Infinix Hot 7 Pro adalah smartphone yang masuk kategory entry level. Walaupun begitu, smartphone satu ini sudah dilengkapi dengan lensa AI Quad yang dapat membuat gambar menjadi semakin menarik dan terlihat alami.

Hanya saja dalam hal ini AI Quad yang dimaksud bukanlah dalam satu sisi terdapat 4 lensa kamera yang tersemat secara bersamaan karena pihak Infinix Mobility membaginya menjadi 2 bagian, yaitu di sisi depan dan belakang masing-masing terdapat 2 lensa kamera yang memiliki besaran resolusi yang juga sama, yaitu 13MP dan 2MP.

Dengan menggunakan lensa ini maka foto yang dihasilkan pun juga semakin menarik karena akan terlihat efek bokeh. Sedangkan teknologi artificial inteligence-nya sendiri salah satunya berfungsi untuk dapat mendeteksi wajah dari orang yang tertangkap oleh kamera, mulai dari usia, jenis kelamin sampai dengan menambahkan efek beautify yang dapat membuat pengalaman selfie semakin menarik. Selain itu, perangkat mobile satu ini juga dilengkapi dengan layar yang memiliki ukuran 6,2 inci dan baterai yang memiliki kapasitas besar.

Spesifikasi Infinix Hot 7 Pro

Nama model Infinix Hot 7 Pro
Segmen pasar Entry level
Diperkenalkan Maret 2019
Dirilis resmi Maret 2019
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA/ LTE
Eksternal
Dimensi 155 x 74,8 x 8 mm
Berat 165 gram
Casing
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM)
Layar
Jenis IPS LCD (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,2 inci (body ratio 82,8%)
Resolusi 720 x 1520 pixel (~271 ppi)

Internal

Sistem operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) XOS 5.0 Cheetah
Chipset Mediatek MT6757T Helio P25 (16 nm) – untuk yang versi 32GB/2GB

Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm) – untuk yang versi 32GB dan 64GB/3GB atau 6GB

Prosesor Octa-core (4×2.4 GHz Cortex-A53 & 4×1.6 GHz Cortex-A53) – untuk yang versi 32GB/2GB

Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 – untuk yang versi 32GB dan 64GB/3GB atau 6GB

Kartu grafis Mali-T880MP2 – untuk yang versi 32GB/2GB

PowerVR GE8320 – untuk yang versi 32GB dan 64GB/3GB atau 6GB

ROM 32GB/ 64GB (dapat ditambah sampai dengan 128GB menggunakan microSD)
RAM 2GB/ 3GB/ 6GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 13MP + 2MP (depth sensor)
Fitur LED Flash
Belakang 13MP + 2MP (depth sensor)
Fitur Dual-LED flash, panorama, HDR
Loudspeaker Ya
Jack port Ya, 3,5mm
Sensor utama G-sensor, Light Sensor, eCompass, Proximity Sensor, Gyroscope
Pemindai sidik jari Ya (di bagian belakang)
Konektivitas
WLAN IEEE 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
GPS A-GPS
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4000 mAh
Warna Midnight Black, Bordeaux Red, Mocha Brown, Aqua Blue
Harga Rp1.899.000 (Flash sale Rp1.699.000)
harga infinix hot 7 pro
Harga asli dari Infinix Hot 7 Pro adalah Rp1.899.000

Harga Infinix Hot 7 Pro

Diumumkan sekaligus dirilis secara resmi pada bulan Maret 2019, akhirnya Infinix Mobile meluncurkan Infinix Hot 7 Pro di pasar Tanah Air pada bulan Mei 2019 dengan harga Rp1.899.000. Sayangnya, Anda tidak dapat membeli atau memesan produk mobile satu ini secara langsung atau melalui situs resminya, infinixmobility.com karena toko retailnya hanya ada di 4 negara saja, yaitu di Nigeria, Zambia, Pakistan dan Togo.

Untuk pemasarannya di Tanah Air, Infinix Hot 7 pro dapat dibeli di salah satu e-commerce besar di Tanah Air, Lazada dengan harga yang sama. Bahkan Anda dapat membelinya secara kredit dengan cicilan sebesar Rp158.250 per bulannya selama 12 bulan yang mana telah dicover garansi distributor selama 1 tahun.

Keunggulan Infinix Hot 7 Pro

Dilengkapi dengan 4 Lensa Kamera

kamera infinix hot 7 pro
2 kamera di belakang dan di depan memiliki resolusi 13MP dan 2MP

Baik pada sisi depan atau belakangnya, Infinix Hot 7 Pro ini menggunakan masing-masing 2 lensa dengan resolusi yang sama, yaitu 13MP dan 2MP. Keempat lensanya ini didukung dengan teknologi artificial inteligence (AI) yang memiliki fungsi cukup beragam yang mana ketika digunakan untuk memotret suatu obyek atau juga saat dipakai untuk selfie, hasilnya sangat bagus.

Untuk kamera belakangnya terdapat mode bokeh yang cukup halus menyapu bagian terluar dari obyek utama. Terdapat juga fasilitas phase detection auto focus atau PDAF yang merupakan teknologi untuk mengunci fokus terhadap obyek utama lebih akurat, cepat dan tepat. Ditambah lagi dengan keberadaan mode wide-aperture di dalamnya, maka Anda memiliki keleluasaan untuk memperbaiki fokus agar terlihat lebih baik lagi setelah tombol shutter pada layar ditekan.

Baterai Tahan Lama, 4000 mAh

baterai infinix hot 7 pro
Baterai berkapasitas besar dan tahan lama

Baterai yang dimiliki oleh Infinix Hot 7 Pro cukup besar, yaitu berjenis Lithium Polymer dengan kapasitas sebesar 4000 mAh. Pihak Infinix Mobility sendiri mengklaim bahwa baterainya mampu bertahan sampai dengan 30 hari lamanya dalam mode standby. Dengan ketahanan baterainya tersebut maka penggunanya dapat menggunakan perangkat secara leluasa tanpa harus tergantung dengan media powerbank lagi.

Dalam pengujian, ketika digunakan dalam satu hari penuh untuk menggunakan aplikasi WhatsApp, menjalankan beberapa uji benchmarks, melakukan pemotretan sampai dengan memakainya untuk navigasi Google Maps, baterai yang tersisa adalah 45 persen. Dan ketika digunakan untuk menonton video dengan format HD secara terus menerus, baterainya mampu bertahan sampai dengan 15 jam dan 10 menit.

Layar Lebar dan Berkualitas

Ketika banyak smartphone entry level yang masih belum sepenuhnya menggunakan model bezelless, justru Infinix Mobility sudah menggunakannya pada Infinix Hot 7 Pro. Dengan layar yang lebar berukuran 6,2 inci dan body ratio sebesar 82,8 persen tersebut, maka akan membuat pengguna lebih leluasa dalam bermain game, menonton video atau mengoperasikan aplikasi lainnya.

Ditambah lagi layar berjenis IPS LCD yang digunakannya juga sudah support dengan full view HD+ yang mampu menampilkan apapun secara jelas, jernih dan detail. Tingkat kerapatan per pixel atau pixel per inchi (ppi) yang dimilikinya sebesar 271 dengan artian walaupun tidak terlalu tinggi, akan tetapi sudah cukup bagus untuk smartphone entry level seperti Infinix Hot 7 Pro ini.

Sensor Pengaman yang Canggih

2 metode pengamanan
Infinix Hot 7 Pro menggunakan 2 metode pengamanan yang canggih

Dibandingkan dengan kebanyakan smartphone entry level lainnya, Infinix Hot 7 Pro tergolong cukup canggih karena sudah tersemat sensor pemindai sidik jari di dalamnya. Fungsi dari sensor satu ini adalah sebagai pengaman perangkat. Fingerprint sensornya terletak di bagian belakang yang mana dapat diakses dengan mudah menggunakan jari telunjuk.

Tidak hanya satu saja, Infinix Mobility juga telah menyematkan pengaman lain yang dapat membuat tingkat keamanan perangkat lebih tinggi lagi, yaitu menempatkan sensor wajah pada layarnya. Dengan keberadaan fingerprint sensor dan juga Face Unlock tersebut, maka Anda tidak memerlukan lagi aplikasi pengamanan third-party atau widget lainnya yang tersedia di Google Play Store.

Dapur Pacu Bertenaga

Infinix Hot 7 Pro sudah dilengkapi dengan prosesor Octa-core (4×2.4 GHz Cortex-A53 & 4×1.6 GHz Cortex-A53) – untuk yang versi 32GB/2GB atau Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 – untuk yang versi 32GB dan 64GB/3GB atau 6GB di dalamnya. Chipset yang digunakannya adalah Mediatek MT6757T Helio P25 (16 nm) – untuk yang versi 32GB/2GB dan Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm) – untuk yang versi 32GB dan 64GB/3GB atau 6GB. Sedangkan untuk kartu grafisnya, Infinix Hot 7 Pro dilengkapi dengan Mali-T880MP2 – untuk yang versi 32GB/2GB atau PowerVR GE8320 – untuk yang versi 32GB dan 64GB/3GB atau 6GB.

Untuk versi dengan RAM yang tertinggi, yaitu 6GB, chipset, prosesor sampai dengan GPU yang dimilikinya dapat berjalan secara cepat ketika mengoperasikan satu aplikasi tertentu. Hanya saja disarankan untuk tidak membiarkan banyak aplikasi di bawah background terlalu banyak. Dalam pengujian benchmark AnTuTu, nilai yang didapatkan adalah 79,283 dan ketika menggunakan 3D Mark Ice Storm Unlimited, nilainya adalah 10,580. Di pengujian GFXBench T-Rex sendiri, dapur pacu Infinix Hot 7 Pro mendapatkan nilai 28fps dan di Geekbench memperoleh nilai 819 untuk single-core dan 3,864 untuk multi-core.

Google Lens

dilengkapi dengan fitur google lens
Dilengkapi dengan fitur Google Lens

Satu hal yang menyenangkan dan dimiliki oleh Infinix Hot 7 Pro ini adalah terdapatnya fitur Google Lens yang masih tergolong baru di ranah mobile. Google Lens ini berfungsi untuk mendapatkan detail informasi mengenai suatu obyek di suatu tempat, seperti pakaian, buku, selebaran, bangunan, lukisan, tanaman, hewan sampai dengan kode produksi dari suatu barang yang dijual.

Dengan memanfaatkan Google Lens ini, maka Anda dapat mempelajari berbagai hal secara langsung karena aplikasi ini berbasis fitur kamera pada perangkat. Jadi dapat dikatakan Anda dapat memotret obyek tertentu dengan menggunakan kamera pada perangkat dan kemudian mencari informasinya melalui Google Lens.

Infinix XOS 5.0 Cheetah

Infinix XOS 5.0 Cheetah merupakan user interface buatan Infinix Mobility berbasis Android 9.0 Pie. User interface ini menjadi semakin canggih karena disokong dengan teknologi AI yang terdapat di dalamnya. Infinix XOS 5.0 Cheetah juga sudah memiliki 12 fitur bawaan yang tidak dimiliki oleh Android, mulai dari AI Beauty for Video Chat, Brand New Icon Design, AI Reading Mode, Smart Photo Clean Up, Smart Xboard, Intelligent Voice Notification, Intelligent Notification Management, Revamp Bike Mode, Smart Panel, Privacy Protection, Data Switcher dan Fingerprint Reset Password.

Infinix Hot 7 Pro VS Oppo A5s (AX5s)/Samsung Galaxy A20/Realme 3

Infinix Hot 7 Pro vs Oppo A5s (AX5s)

oppo a5s
Oppo A5s © oppo.com

Dari segi kapasitas baterainya, sumber daya utama yang dimiliki oleh Oppo A5s (AX5s) ini 5 persen lebih besar dibandingkan yang dipunyai Infinix Hot 7 Pro. Baterai Oppo A5s (AX5s) memiliki kapasitas sebesar 4230 mAh, sedangkan baterai Infinix Hot 7 Pro hanya 4000 mAh. Dengan kapasitas baterai lebih besar, maka durasi pemakaian pun lebih lama, walaupun tergantung aplikasi yang dioperasikan.

Sedangkan dari versi Android yang digunakan, Infinix Hot 7 Pro memakai yang terbaru, yaitu Android 9.0 Pie, sedangkan Oppo A5s (AX5s) adalah model sebelumnya, Android 8.0 Oreo. Dan lagi, keunggulan Infinix Hot 7 Pro atas Oppo A5s (AX5s) adalah terletak pada besaran RAM terbesarnya, yaitu 6GB berbanding 4GB.

Infinix Hot 7 Pro vs Samsung Galaxy A20

samsung galaxy a20
Samsung Galaxy A20 © samsung.com

Kedua perangkat mobile ini sama-sama keluaran baru, namun dari sisi dapur pacu, Infinix Hot 7 Pro nampaknya lebih unggul dibandingkan dengan Samsung Galaxy A20. Hal itu dikarenakan processor clock speed Infinix Hot 7 Pro sebesar 2,4GHz, sedangkan Samsung Galaxy A20 hanya 1,6GHz. Dalam artian, kecepatan prosesor Infinix Hot 7 pro lebih tinggi dibandingkan dari produk milik Samsung tersebut.

Hanya saja, Infinix Hot 7 Pro tidak dilengkapi dengan fasiltias NFC yang mana mulai banyak diadopsi oleh berbagai smartphone lainnya, termasuk Samsung Galaxy A20. Dengan fasilitas NFC ini, maka Anda dapat melakukan pembayaran secara cepat dengan menempelkan perangkat ke media yang kompatibel dengannya.

Infinix Hot 7 Pro vs Realme 3

realme 3
Realme 3 © realme.com

Realme 3 dilengkapi baterai 5 persen lebih besar dibandingkan yang dipunyai Infinix Hot 7 Pro, yaitu sebesar 4230 mAh. Hanya saja dari segi dapur pacunya, Infinix Hot 7 Pro lebih bertenaga karena prosesor yang dipunyai Realme 3 memiliki clock speed di bawah produk dari Infinix Mobility tersebut.

Untuk masalah kamera depannya, tentu saja Infinix Hot 7 Pro menjadi juaranya karena terdapatnya 2 lensa kamera dengan resolusi dan fungsi yang berbeda, sedangkan lensa kamera depan yang dimiliki Realme 3 hanya satu saja.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 7 Pro

Kelebihan Infinix Hot 7 Pro

Walaupun tergolong smartphone di kelas entry level, namun layar Infinix Hot 7 Pro tergolong besar dibandingkan dengan kebanyakan smartphone sekelasnya. Layarnya yang berjenis IPS LCD ini memiliki ukuran 6,2 inci dengan body ratio 82,8% yang mana membuat para penggunanya sangat nyaman ketika memakainya untuk bermain game atau menonton video.

Selain itu, kapasitas baterainya juga besar yang dapat digunakan untuk beraktivitas selama seharian penuh. Baterainya mamu bertahan selama 27 jam lamanya dalam mode bicara dan 30 hari dalam mode standby. Tidak hanya itu, dengan desain menarik yang sudah menggunakan tren terkini, notch, harga yang relatif terjangkau menjadi kelebihan tersendiri untuk Infinix Hot 7 Pro ini. Terlebih lagi, Infinix Hot 7 Pro walaupun tergolong smartphone entry level namun sudah dilengkapi dengan fasilitas fingerprint di bagian belakangnya. Sebagai informasi, jarang smartphone entry level yang dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari. Satu hal yang paling menarik dan tidak banyak smartphone yang dipasarkan memilikinya adalah tersematkannya fasilitas Google Lens di dalam perangkat mobile satu ini.

Kekurangan Infinix Hot 7 Pro

Memang prosesor yang digunakannya adalah Octa-core (4×2.4 GHz Cortex-A53 & 4×1.6 GHz Cortex-A53) – untuk yang versi 32GB/2GB atau Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 – untuk yang versi 32GB dan 64GB/3GB atau 6GB, akan tetapi chipset yang dipakainya tergolong masih di tingkat bawah. Oleh karenanya, ketika banyak aplikasi yang sedang aktif, baik yang tertampil di layar atau yang tersembunyi di balik background, maka membuat performa dan kinerjanya menjadi melambat.

Dikatakan bahwa kapasitas baterai Infinix Hot 7 Pro cukup besar untuk ukuran smartphone kelas entry level, hanya saja teknologi pengisian baterainya tergolong yang paling belakang karena hanya sampai 10W yang dalam artian durasi pengisian baterainya masih di atas 30 menit dari 0 sampai 100%. Satu hal yang kerap menjadi keluhan penggunanya adalah ketika digunakan beraktivitas dalam jangka waktu relatif lama, perangkat akan terasa panas, terutama pada bagian belakangnya.

Review Akhir Infinix Hot 7 Pro

Infinix Hot 7 Pro
Infinix Hot 7 Pro adalah smartphone murah yang tidak murahan

Infinix Hot 7 Pro adalah smartphone yang didesain cantik untuk para muda yang suka bergaya. Dikatakan begitu karena desainnya elegan dengan warna yang menarik, seperti Midnight Black, Bordeaux Red, Mocha Brown dan Aqua Blue. Ditambah lagi, biarpun tergolong smartphone entry level, akan tetapi telah disematkan notch pada bagian layar depannya yang mana sekarang ini banyak digunakan di smartphone kelas menengah ataupun atas.

Salah satu keunggulan yang dimiliki Infinix Hot 7 Pro ini terletak pada fasilitas kameranya. Infinix Mobility selaku vendor pembuatnya telah menyematkan 4 buah lensa kamera (2 lensa dengan resolusi 13MP dan 2 lensa dengan resolusi 2MP) yang mana diletakkan masing-masing 2 buah untuk sisi depan dan belakang.

Artikel: Spesifikasi Infinix Hot 7 Pro by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here