Spesifikasi iPhone 11 Pro Max – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Fitur

iphone 11 pro max
Dari ketiga smartphone terbaru Apple, iPhone 11 Pro Max yang berdiri sebagai flagship product

iPhone 11 Pro Max merupakan smartphone terbaru dari Apple yang diluncurkan pada bulan September 2019, bersamaan dengan peluncuran iPhone 11 dan iPhone 11 Pro. Smartphone satu ini adalah yang paling besar ukurannya dibanding 2 lainnya, baik dari dimensi ataupun besaran layarnya.

Untuk masalah dapur pacunya, iPhone 11 Pro Max masih menggunakan chipset, prosesor dan GPU yang sama seperti yang dimiliki iPhone 11 dan iPhone 11 Pro. Bahkan besaran RAM-nya pun masih sama, 4GB. Untuk fasilitas kameranya, iPhone 11 Pro Max ini dilengkapi dengan 4 buah lensa yang juga sama persis dengan yang ada di iPhone 11 Pro.

Untuk hal lainnya, iPhone 11 Pro Max ini masih sama persis dengan yang ada dan digunakan Apple di iPhone 11 Pro. Perbedaannya hanyalah terletak pada dimensi, berat, besaran layar termasuk pada resolusi, kerapatan antar-pixel dan screen-to-body ratio, dan pada kapasitas baterainya saja.

Spesifikasi iPhone 11 Pro  Max

Nama model Apple iPhone 11 Pro  Max
Kode produksi A2218, A2161, A2220
Segmen pasar Flagship
Diperkenalkan September 2019
Dirilis resmi September 2019
Jaringan GSM/ HSPA+/ DC-HSDPA/ UMTS/ EDGE/ CDMA EVDO Rev.A/ LTE-FDD
Eksternal
Dimensi 158 x 77,8 x 8,1 mm
Berat 226 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, eSIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Super Retina XDR OLED (multi-touch, Haptic Touch, capacitive touchscreen)
Ukuran 6,5 inci (screen-to-body ratio 83,7%)
Resolusi 1242 x 2688 pixel (~458 ppi)
Perlindungan Corning Glass, IP68 (di bawah IEC standard 60529), fingerprint resistant oleophobic coating, scratch resistant
Model Bezel free-screen dengan notch klasik
Internal
Sistem Operasi iOS 13
User Interface (UI) iOS 13 UI
Chipset Apple A13 Bionic (7 nm+)
Prosesor Hexa-core (2×2.65 GHz Lightning + 4×1.8 GHz Thunder)
Kartu grafis Apple GPU (4-core graphics)
ROM 64GB/ 256GB/ 512GB (tidak dapat ditambah)
RAM 4GB
Kamera, Speaker, & Sensor
Depan 12MP
Fitur Portrait mode, Depth Control, Portrait Lighting, Animoji & Memoji, Slo-mo, Smart HDR, Cinematic video stabilization, Retina Flash, Burst mode, TrueDepth, TOF 3D
Belakang 12MP (wide) + 12MP (ultrawide) + 12MP telephoto 2x optical zoom
Fitur Portrait Lighting, Depth Control, Dual optical image stabilization (Wide and Telephoto), Elements, Brighter True Tone, Panorama, HDR, Night Mode, Live Photos, Geotagging, Burst mode, Audio Zoom, QuıckTake, Slo‑mo, Time-lapse, Cinematic video stabilization, Playback zoom, Quad-LED dual-tone flash
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Tidak
Sensor utama Siri, Face ID, Barometer, three-axis gyro, accelerometer, proximity, ambient light sensor, compass, barometer
Sensor sidik jari Tidak
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, hotspot, Wi‑Fi 6 with 2×2 MIMO, Voice over LTE (VoLTE)
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB USB-C, USB Power Delivery 2.0
NFC Ya (dengan reader mode)
GPS GNSS, A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
Radio Tidak
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Ion
Kapasitas daya 3969 mAh (support fast charging 18W, wireless charging, Qi charger)
Warna Gold, Space Gray, Silver, Midnight Green
Harga 64GB USD1.799 atau Rp18,3 jutaan, 256GB USD2.039 atau Rp20,8 jutaan, 512GB USD2.349 atau Rp23,9 jutaan

Harga iPhone 11 Pro  Max

Sama seperti iPhone 11 dan iPhone 11 Pro, untuk saat ini para pencinta produk Apple atau Apple fanboys harus menahan diri terlebih dahulu jika ingin membeli langsung perangkat mobile satu ini. Hal itu dikarenakan iPhone 11 Pro Max masih belum diedarkan secara resmi ke pasaran Tanah Air. Dan bagi yang sudah tidak sabar untuk memilikinya, maka dapat memesan melalui beberapa e-commerce di Indonesia yang menawarkan jasa pre-order atau juga langsung melalui website resmi Apple.

Untuk harganya sendiri cukup jauh lebih mahal dibandingkan iPhone 11 atau iPhone 11 Pro. Terdapat 3 varian harga yang dibedakan dari besaran ROM yang dimiliki, yaitu mulai Rp18,3 jutaan untuk yang memiliki kapasitas internal storage sebesar 64GB.

Fitur Unggulan iPhone 11 Pro  Max

spesifikasi iphone 11 pro max dengan desain yang elegan
iPhone 11 Pro Max memiliki desain yang elegan dan anggun serta memiliki layar kuat

Desain dan layar yang menarik juga berkualitas

Agar semakin memancarkan sisi elegannya, Apple menggunakan casing yang terbuat dari stainless steel dengan warna-warna fresco yang terkesan pucat dan doff pada iPhone 11 Pro Max. Walaupun terlihat elegan dan kalem, namun bukan berarti iPhone 11 Pro Max ini juga memiliki kekuatan yang ‘kalem’ karena telah mengantongi sertifikat IP68 yang tahan benturan, anti-air ataupun goresan.

Bahkan pelindung layarnya pun juga anti-gores karena telah menggunakan produk ‘misterius’ buatan Corning yang diklaim memiliki kekuatan melebihi produk asli Corning sendiri, yaitu Gorilla Glass. Pembuatan layar tersebut setelah Apple menyuntikkan dana investasi yang sangat besar kepada perusahaan tersebut untuk dapat digunakan membuat pelindung layar smartphone terkuat yang pernah ada.

Berbicara seputar layarnya, iPhone 11 Pro Max ini menggunakan layar berjenis Super Retina XDR OLED yang dapat menampilkan kualitas terbaik kepada para penggunanya. Tingkat kecerahannya mencapai 1,200 nits. Super Retina XDR OLED yang digunakan berfiturkan system wide color management dan True Tone yang mampu menampilkan warna asli dari gambar atau objek yang dimunculkan pada layarnya.

Selain bagus dalam menampilkan sesuatu, layar yang digunakan juga sangat peka ketika dioperasikan. Terlebih terdapatnya fitur Haptic Touch yang terintegrasi langsung dengan operating system yang digunakan, iOS 13, dan membuat segalanya dapat diakses dan dioperasikan secara mudah dan cepat.

Apple A13 Bionic memiliki kecepatan dan performa yang bagus serta efisien terhadap daya baterai

Performa tangguh dan cepat dengan baterai yang tahan lama

Seperti halnya iPhone 11 dan iPhone 11 Pro, smartphone satu ini juga dilengkapi dengan dapur pacu yang hebat. Bahkan kehebatan dapur pacunya tersebut diklaim menduduki posisi teratas di dunia mobile. Chipset yang digunakan iPhone 11 Pro Max ini adalah Apple A13 Bionic (7nm) yang memiliki kecepatan yang luar biasa.

Dalam penjelasannya saat memperkenalkan iPhone 11 Pro Max ini, Apple mengatakan bahwa chipset tersebut diciptakan untuk dapat mempelajari kebiasaan penggunanya, seperti ketika digunakan untuk mengambil foto, merekam video dan lainnya. Hal tersebut dikarenakan keberadaan Neural Engine dan Machine learning Accelerator terbaru di dalamnya.

Selain itu, teknologi tersebut juga dapat membuat dapur pacu meningkat performa dan kecepatannya untuk pemrosesan data dalam hitungan data saja. Dan dapat dikatakan bahwa Apple A13 Bionic dan iOS 13 merupakan perpaduan yang sangat serasi.

Kartu grafis atau GPU yang terdapat di dalamnya juga mampu membuat kinerja perangkat semakin mulus dan lancar. Terlebih terdapatnya RAM yang sangat besar, 4GB, yang mampu menyokong kinerja mesin menjadi lebih baik dan jauh dari time lags. Chipset, prosesor dan GPU yang digunakan iPhone 11 Pro Max ini juga dirancang sedemikian rupa agar tidak rakus terhadap daya baterainya.

Berbicara tentang baterai, smartphone satu ini dilengkapi dengan baterai yang memiliki daya tahan cukup lama. Memang jika dilihat dari kapasitasnya, terkesan baterainya akan sangat mudah habis ketika digunakan secara nonstop dalam hitungan jam saja, akan tetapi hal tersebut terbantahkan karena Apple telah menciptakan teknologi khusus yang dapat membuat daya baterainya tahan lama.

Ketika diujicobakan, dari posisi 100 persen, baterainya mampu bertahan sampai dengan 20 jam lamanya untuk memutar video atau 12 jam untuk memutar video streaming. Untuk memutar lagu secara nonstop, baterainya mampu bertahan sampai dengan 80 jam. Ditambah lagi, iPhone 11 Pro Max ini sudah support dengan teknologi pengisian baterai secara cepat 18W yang mana untuk mencapai 50 persen dari posisi 0 hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

kamera dengan perpaduan wide, ultra wide, dan telephoto
Perpaduan antara lensa wide, ultra wide dan telephoto mampu menghasilkan foto atau video yang menakjubkan

Pro Camera System untuk semua orang yang gemar fotografi atau videografi

Nah, yang paling Apple banggakan selain chipset bionicnya adalah fasilitas kamera yang terdapat pada iPhone 11 Pro Max ini. Dikatakan begitu karena smartphone ini telah mengadopsi sistem triple-camera yang setiap lensanya memiliki fungsi sendiri-sendiri, namun dapat bekerja secara bersamaan untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang sangat bagus.

3 lensa tersebut terletak pada bagian belakang yang mana masing-masing memiliki resolusi sama, yaitu 12MP. Fungsinya sendiri adalah sebagai lensa ultra wide, wide standar dan telephoto. Kesemua lensanya tersebut telah terintegrasi dengan iOS 13 agar dapat membuat hasil foto menjadi lebih indah.

Yang menjadi unik pada fasilitas kamera iPhone 11 Pro Max ini adalah setiap lensanya mampu untuk digunakan merekam video dengan kualitas 4K dengan dynamic range yang bagus serta cinematic video stabilization kelas atas. Dan seperti yang disebutkan di atas di mana ketiga lensanya walaupun memiliki fungsi berbeda, namun dapat bekerja menjadi satu, maka ketika dipakai untuk merekam video, hasilnya pun sangat bagus.

Ketika merekam dari jarak dekat dan kemudian secara cepat berganti merekam latar melebar dan langsung melakukan zooming ke spot atau objek tertentu, dapat dilakukan dengan mudah dan hasilnya sangat memuaskan. Ditambah lagi karena terintegrasi langsung dengan iOS 13, maka Anda dapat melakukan editing, seperti merotasi, memotong sampai dengan mengatur tingkat pencahayaan atau juga menambahkan filter dapat dilakukan segera dan secara mudah.

ios 13 yang terintegrasi dengan software hardware lain
Tidak seperti operting system lain, iOS 13 mampu terintegrasi dengan software dan hadrware secara langsung

iOS 13 yang mampu integrasikan antara software dan hardware secara tepat

Setiap seri dari operating system yang diciptakan Apple, selalu membawa perubahan, pembenahan dan lebih baik dari seri sebelumnya. Begitu pula dengan iOS 13 ini. Ketika disematkan di dalam iPhone 11 Pro Max, maka smartphone yang sudah dilengkapi dengan spesifikasi dan fitur canggih tersebut akan semakin menjadi perangkat yang seakan mengerti keinginan penggunanya. Tidak hanya itu saja, iOS 13 ini secara langsung telah memiliki sistem antar-muka sendiri yang dapat digunakan langsung pada perangkat.

iPhone 11 Pro  Max VS Huawei Mate 20 RS PORSCHE DESIGN/Samsung Galaxy Note10/OnePlus 6T McLaren

huawei mate 20 rs porsche design
Huawei Mate 20 RS PORSCHE DESIGN © consumer.huawei.com

iPhone 11 Pro  Max vs Huawei Mate 20 RS PORSCHE DESIGN (Rp22.999.000)

Secara umum jika melihat dari tampilan fisiknya, kedua perangkat ini hampir memiliki kesamaan, mulai dari dimensinya, besaran layar sampai dengan ketebalan dan bobot yang dimiliki. Hanya saja, resolusi dan kerapatan antar-pixel yang dipunyai Huawei Mate 20 RS PORSCHE DESIGN lebih tinggi dibandingkan dengan yang dimiliki iPhone 11 Pro Max. Untuk jenis layarnya juga kurang lebih sama, walaupun memiliki nama yang berbeda, Super Retina XDR dengan OLED.

Jika melihat dari prosesornya, mungkin dapat dikatakan keduanya kembali imbang, namun tidak dengan chipsetnya. Apple A13 Bionic yang dimiliki iPhone 11 Pro Max ini lebih cepat dibandingkan HiSilicon Kirin 980 miliki Huawei Mate 20 RS PORSCHE DESIGN. Akan tetapi untuk fasilitas kamera dan kapasitas baterainya, Huawei Mate 20 RS PORSCHE DESIGN menang telak atas iPhone 11 Pro Max tersebut.

samsung galaxy note 10
Samsung Galaxy Note10 © samsung.com

iPhone 11 Pro  Max vs Samsung Galaxy Note10 (Rp12.000.000)

Sama-sama mengantongi sertifikat IP68, tapi casing luar dari kedua perangkat berbeda. iPhone 11 Pro Max menggunakan stainless steel, sedangkan Samsung Galaxy Note10 memakai aluminium. Membandingkan dari sisi ukurannya, iPhone 11 Pro Max sedikit lebih besar dari Samsung Galaxy Note10, namun produk dari Samsung tersebut memiliki berat yang lebih ringan dan juga lebih tipis.

Dari sisi layarnya, apa yang digunakan pada Samsung Galaxy Note10 lebih bagus dibandingkan Super Retina XDR miliki iPhone 11 Pro Max. Namun resolusi dan kerapatan antar-pixelnya, produk dari Apple tersebut lebih unggul. Dapur pacu dan fasilitas kamera dari iPhone 11 Pro Max juga mengungguli apa yang dimiliki Samsung Galaxy Note10.

oneplus 6t mclaren edition
OnePlus 6T McLaren Edition © oneplus.com

iPhone 11 Pro  Max vs OnePlus 6T McLaren (Rp12.000.000)

Walaupun dirilis hampir satu tahun lebih awal daripada iPhone 11 Pro Max, namun ternyata OnePlus 6T McLaren memiliki layar yang lebih berkualitas. Hanya saja, tingkat kerapatan antar-pixel, besaran layar dan juga resolusinya masih kalah dengan produk Apple tersebut.

Fasilitas kamera OnePlus 6T McLaren sedikit unggul dari iPhone 11 Pro Max, namun dari chipset yang digunakan, Apple A13 Bionic masih menang atas Snapdragon 845. Kapasitas baterai OnePlus 6T McLaren pun ternyata jauh di bawah kapasitas baterai yang dimiliki iPhone 11 Pro Max.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 11 Pro  Max

Kelebihan iPhone 11 Pro  Max

iPhone 11 Pro Max ini memiliki desain yang solid dan kuat. Hal tersebut dikarenakan casingnya yang terbuat dari stainless steel yang selain membuat perangkat tersebut terlihat menarik secara estetika juga durabel atau tahan banting. Terlebih lagi, smartphone satu ini telah kantongi sertifikat IP68 yang berarti tahan benturan, debu, goresan atau pun air. Bahkan iPhone 11 Pro Max dapat diajak menyelam sampai kedalaman 2 meter selama kurang lebih 30 menit.

Kelebihan kedua terletak pada jenis layar yang digunakan, yaitu Super Retina XDR OLED. Dengan jenis layar ini, maka Anda dapat melihat semua yang tertampil secara jelas, terang dan juga jernih. Bahkan layarnya mampu menghemat energi baterai sebesar 15 persen dibandingkan layar lain sejenisnya. Dan dengan ukuran layar yang cukup besar tersebut plus kualitas yang bagus, maka akan sangat mengasyikkan jika menonton video atau bermain game menggunakan iPhone 11 Pro Max ini.

Kelebihan ketiga adalah pada 3 lensa kamera belakangnya. Walaupun jika dibandingkan dengan kamera smartphone flagship lainnya, maka terkesan sangat kecil, akan tetapi teknologi yang berada di balik fasilitas inilah yang membuat fitur tersebut menjadi jempolan.

Kekurangan iPhone 11 Pro  Max

Kekurangan pertama dari iphone 11 Pro Max ini terletak pada bobotnya. Smartphone ini lebih berat dibandingkan model sebelumnya. Tidak terdapatnya slot untuk menambah kapasitas internal storage di dalamnya juga dapat dikatakan sebagai salah satu kekurangan lain dari iPhone 11 Pro Max.

Dan yang cukup mengecewakan adalah untuk ukuran smartphone kelas atas, resolusi kamera depan yang diperuntukkan bagi para pencinta selfie memiliki resolusi yang cukup rendah, 12MP. Padahal banyak smartphone lain sekelasnya yang sudah dilengkapi lensa kamera dengan resolusi jauh di atasnya.

Kekurangan selanjutnya adalah terletak pada harganya yang sangat tinggi. Perbandingan harga antara iPhone 11 dan iPhone 11 Pro Max sangat mencolok padahal keduanya memiliki spesifikasi jeroan yang kurang lebih sama.

Review Akhir iPhone 11 Pro Max

iphone 11 pro max
Dari ketiga smartphone terbaru Apple, iPhone 11 Pro Max yang berdiri sebagai flagship product

iPhone 11 Pro Max merupakan smartphone ketiga dari 3 produk mobile yang dirilis Apple. Berada di urutan ketiga karena smartphone ini dilengkapi fitur dan spesifikasi lebih tinggi dari 2 produk lainnya. Smartphone ini masuk kategori perangkat mobile tahan banting karena telah mengantongi sertifikat IP68.

Untuk fasilitas lain sampai dengan dapur pacunya yang dimiliki iPhone 11 Pro Max tidak perlu diragukan lagi kualitas dan kehebatannya. Bahkan chipset yang dimilikinya menduduki peringkat tertinggi di dunia mobile untuk saat ini.

Smartphone satu ini untuk sementara belum hadir di pasaran Indonesia secara resmi. Untuk harganya sendiri, iPhone 11 Pro Max dijual dalam 3 varian yang dibedakan dari besaran ROM di dalamnya. Harganya mulai dari Rp18,3 jutaan untuk yang memiliki kapasitas internal storage sebesar 64GB.

Artikel: Spesifikasi iPhone 11 Pro Max by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here