Spesifikasi Iphone 11 Pro – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

iphone 11 pro
iPhone 11 Pro merupakan senjata baru buatan Apple untuk para fotografer dan videografer

iPhone 11 Pro merupakan smartphone dari Apple yang ditujukan untuk para petualang, enthusiasm atau juga para fotografer dan videografer. Dikatakan begitu karena memang smartphone ini memiliki fisik yang andal dan disertai dengan fasilitas kamera yang mumpuni.

Dikatakan lebih cocok untuk digunakan oleh para fotografer atau videografer karena memang 3 kamera belakangnya memiliki resolusi dan fungsi berbeda serta telah didukung dengan berbagai mode, fitur dan teknologi yang dapat membuat hasil foto atau video menjadi istimewa.

Sedangkan di sisi dapur pacunya, sama seperti iPhone 11 dan iPhone 11 Pro, chipset yang digunakan adalah Apple A13 Bionic (7nm) yang mana disokong oleh prosesor dan GPU bagus. Serta terdapat pula RAM sebesar 4GB dan 3 jenis ROM untuk 3 varian yang berbeda.

Baterai yang dimilikinya sedikit lebih besar kapasitasnya dibandingkan dengan yang digunakan iPhone 11, yaitu sebesar 3190 mAh yang telah support teknologi fast charging 18W.

Spesifikasi iPhone 11 Pro

Nama model Apple iPhone 11 Pro
Kode produksi iPhone12,3 (A2215, A2160, A2161)
Segmen pasar Hi-end (mid-tier model)
Diperkenalkan September 2019
Dirilis resmi September 2019
Jaringan GSM/ HSPA+/ DC-HSDPA/ UMTS/ EDGE/ CDMA EVDO Rev.A/ LTE-FDD
Eksternal
Dimensi 144 x 71,4 x 8,1 mm
Berat 188 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, eSIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Super Retina XDR OLED (multi-touch, Haptic Touch, capacitive touchscreen)
Ukuran 5,85 inci (screen-to-body ratio 82,1%)
Resolusi 1,125 x 2,436 pixel (~458 ppi), HDR Display, True Tone Display, Wide color display (P3), HDR10, Dolby Vision
Perlindungan Corning Glass, IP68 (di bawah IEC standard 60529), fingerprint resistant oleophobic coating, scratch resistant
Model Bezel free-screen dengan notch klasik
Internal
Sistem Operasi iOS 13
User Interface (UI) iOS 13 UI
Chipset Apple A13 Bionic (7 nm+)
Prosesor Hexa-core (2×2.65 GHz Lightning + 4×1.8 GHz Thunder)
Kartu grafis Apple GPU (4-core graphics)
ROM 64GB/ 256GB/ 512GB (tidak dapat ditambah)
RAM 4GB
Kamera
Depan 12MP
Fitur Portrait mode, Depth Control, Portrait Lighting, Animoji & Memoji, Slo-mo, Smart HDR, Cinematic video stabilization, Retina Flash, Burst mode, TrueDepth, TOF 3D
Belakang 12MP (wide) + 12MP (ultrawide) + 12MP telephoto 2x optical zoom
Fitur Portrait Lighting, Depth Control, Dual optical image stabilization (Wide and Telephoto), Elements, Brighter True Tone, Panorama, HDR, Night Mode, Live Photos, Geotagging, Burst mode, Audio Zoom, QuıckTake, Slo‑mo, Time-lapse, Cinematic video stabilization, Playback zoom, Quad-LED dual-tone flash
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Tidak
Sensor utama Siri, Face ID, Barometer, three-axis gyro, accelerometer, proximity, ambient light sensor, compass, barometer
Sensor sidik jari
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, hotspot, Wi‑Fi 6 with 2×2 MIMO, Voice over LTE (VoLTE)
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB USB-C, USB Power Delivery 2.0
NFC Ya (dengan reader mode)
GPS GNSS, A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
Radio Tidak
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Ion
Kapasitas daya 3190 mAh (support fast charging 18W, wireless charging, Qi charger)
Warna Space Gray, Midnight Green, Silver, Gold
Harga 64GB USD999 atau Rp14 jutaan, 256GB USD1.149 atau Rp16,1 jutaan, 512GB USD1.349 atau Rp18,9 jutaan
Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Spesifikasi iPhone 11

Harga iPhone 11 Pro

Berbeda dengan vendor-vendor smartphone lain yang selalu menggelontor produk baru mereka dari awal sampai akhir tahun, Apple justru hanya sekali saja dalam setahun. Di tahun 2019 ini, ada 3 smartphone baru yang dirilis Apple pada bulan September 2019 yang salah satunya adalah iPhone 11 Pro.

Dikarenakan masih sangat baru sekali, maka untuk sementara iPhone 11 Pro tersebut belum hadir dan menyambangi pasar Tanah Air. Bagi yang ingin mendapatkan atau membelinya, maka dapat memesan langsung di website resmi Apple atau juga langsung datang ke beberapa negara yang telah ditunjuk sebagai tempat perilisan. Untuk harganya, iPhone 11 Pro ini dibanderol mulai harga USD999 atau sekitar Rp14 jutaan.

Fitur Unggulan iPhone 11 Pro

spesifikasi iphone 11 pro dengan 3 kamera belakang
Ada 3 lensa kamera pada bagian belakang dengan resolusi yang sama

3 Lensa kamera dengan pro-camera system

Total ada 4 lensa kamera yang dimiliki iPhone 11 Pro ini. Satu terletak di sebelah muka atau di layar bagian atas dan 3 lainnya berada di bagian belakang. Lensa kamera utamanya memiliki resolusi yang sama seperti halnya lensa kamera lainnya, yaitu sebesar 12MP. Dengan lensa kamera utama yang berfungsi sebagai lensa wide standar dengan aperture f/1.8 tersebut, Anda akan mendapatkan foto yang sangat bagus dengan warna yang sempurna.

Lensa keduanya berfungsi sebagai pengambil view melebar atau ultra wide-angle dengan sudut mencapai 120 derajat. Focal lenghtnya sebesar 13 mm dengan 5 elemen lensa. Dan lensa ketiganya merupakan lensa telephoto yang sesuai namanya, fungsinya untuk memotret dari jarak yang jauh. Hasilnya pun tidak mengecewakan, tidak blur atau bahkan berbayang.

Night mode, ketika teknologi tinggi bertemu cahaya rendah

Lensa kamera utamanya juga dilengkapi dengan mode malam yang dapat menghasilkan foto sangat bagus. Night mode pada iPhone 11 Pro ini dapat memotret di tempat yang cukup gelap sekalipun atau mencapai 98 persen tanpa cahaya.

Hal tersebut dikarenakan terdapatnya software khusus di dalam perangkat yang bekerja dengan chipset Apple A13 Bionic untuk dapat mengunci fokus pada sebuah objek dan menerangkan sekitarnya semaksimal mungkin. Bahkan Anda tidak perlu takut dengan noise lagi ketika memotret di tempat minim cahaya atau di malam hari.

Rekam dan edit video dengan format 4K seperti profesional

Seperti halnya ketika digunakan untuk memotret objek atau tempat, lensa kamera belakang yang dimiliki iPhone 11 Pro ini juga sangat hebat ketika dipakai untuk merekam dalam mode video. Bahkan Anda dapat merekam dengan format 4K. Kecerahan, detail dan juga kejernihan yang didapatkan sangat bagus.

Untuk mengoperasikan fitur ini pun, Anda tidak perlu repot-repot harus keluar atau menutup mode kameranya terlebih, karena keberadaan QuickTake, semua dapat dilakukan dengan mudah. Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menggeser tombol shutternya saja, ke kiri atau ke kanan, untuk memilih apa yang ingin dilakukan, fotografi atau videografi.

kamera yang cocok untuk selfie
Lensa kamera depannya sangat cocok untuk digunakan para pencinta selfie

Lensa kamera depan dengan banyak teknologi pendukung

Seperti yang disebutkan di atas, lensa kamera yang terletak di bagian depan pun memiliki resolusi yang sama seperti 3 lensa di belakangnya, yaitu 12MP. Lensa bagian belakangnya ini difungsikan sebagai media pengambilan foto diri dengan cepat atau selfie. Dan akan menjadi satu hal yang menyenangkan bagi para pencinta swafoto karena lensa kamera depannya ini sudah dilengkapi dengan banyak fitur, mode, lensa atau teknologi lainnya.

Salah satu contohnya adalah fitur Smart HDR yang menggunakan algoritma tingkat tinggi untuk memunculkan warna dan memaksimalkan saturasi serta detail gambar. Tidak hanya itu saja, lensa pada iPhone 11 Pro ini juga dapat langsung mengetahui wajah yang tertangkap ketika penggunanya sedang akan melakukan selfie.

Selain dapat digunakan memotret, lensa kamera depannya juga dapat digunakan untuk merekam video. Dan hal menariknya adalah, dengan menggunakan mode TrueDepth, maka Anda dapat melakukan slofie atau slow-selfie di frame rate 120 fps atau 60 fps dalam format 4K.

layar super retina xdr oled yang terbaru
Layar yang digunakan iPhone 11 Pro adalah Super Retina XDR OLED yang paling baru dari Apple

Super Retina XDR, layar terbaru dan terbaik dari Apple

Layar yang digunakan iPhone 11 Pro ini adalah Super Retina XDR OLED. Selain jernih dan terang, layarnya ini dapat mencapai 800 nits ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung. Maka Anda masih dapat melihat apa yang tertampil pada layar ketika sinar matahari menyorot langsung.

Fitur-fitur lain pendukung layarnya, antara lain

  • VCustom OLED yang berfungsi untuk mengatur tingkat saturasi dan kecerahan
  • Wide color gamut yang berfungsi untuk pengaturan akurasi warna
  • True Tone yang berfungsi untuk mencocokkan white balance dari ruangan atau tempat tertentu
  • Haptic Touch berfungsi untuk menjaga kestabilan dan kepekaan layar
  • Night Shift berfungsi untuk mengubah secara cepat tingkat kecerahan layar saat dipakai di malam hari
  • True blacks merupakan tampilan khusus yang dibawa iOS 13 yang mana dinamakan Dark Mode

Dapur pacu hebat yang belum terjangkau oleh produk lainnya

Dapur pacu, khususnya chipset yang dimiliki iPhone 11 Pro sangatlah hebat. Bahkan klaim Apple tidaklah salah jika mengatakan bahwa Apple A13 Bionic (7nm) tersebut merupakan chipset tercepat dan bertenaga dari semua chipset untuk smartphone yang pernah dibuat manusia.

Uniknya, walaupun chipset dan prosesornya cepat, akan tetapi tidak menguras tenaga baterainya. Dengan begitu, maka Anda dapat menonton video atau bermain game dalam waktu lama tanpa takut kehabisan baterai lagi.

Baterai tahan lama walaupun digunakan seharian penuh

Baterai yang digunakan iPhone 11 Pro berjenis non-removable Lithium Ion dengan kapasitas 3190 mAh. Walaupun terkesan berkapasitas kecil, namun Apple telah menyematkan teknologi khusus untuk dapat memperlama usia baterai.

Selain tahan lama, untuk baterainya ini, Apple juga telah menambahkan teknologi khusus yang mana membuat perangkat support dengan pengisian cepat 18W. Dengan menggunakan teknologi tersebut, maka Anda dapat mengisi ulang baterainya sampai dengan 50 persen selama 30 menit saja.

smartphone tahan benturan, anti gores, suhu ekstrem
Diajak menyelam pun, smartphone satu ini masih dapat berfungsi dengan baik

Kekuatan fisiknya sangat luar biasa!

Seperti halnya iPhone 11, iPhone 11 Pro ini telah mengantongi sertifikat IP68 yang memiliki artian bahwa smartphone tersebut kuat terhadap benturan, anti-gores dan juga dapat digunakan untuk menyelam sampai kedalaman 2 meter selama 30 menit. Bahkan iPhone 11 Pro dapat diajak ke tempat dengan suhu ekstrem sekalipun.

iPhone 11 Pro VS Samsung Galaxy A90 5G/Oppo Find X/OnePlus 7 Pro

samsung galaxy a90 5g
Samsung Galaxy A90 5G © samsung.com

 

iPhone 11 Pro vs Samsung Galaxy A90 5G

Merupakan produk baru yang dirilis pada bulan September 2019 dan sama-sama memiliki harga di atas Rp10 jutaan, nampaknya Samsung Galaxy A90 5G masih cukup tangguh untuk dijadikan lawan ‘sparingnya’ iPhone 11 Pro. Dikatakan begitu bukan tanpa dasar, karena memang dari sisi spesifikasinya, produk dari Samsung tersebut memiliki nilai lebih dibandingkan dengan iPhone 11 Pro tersebut.

Di sisi dimensi, besaran dan jenis layar, kamera utama belakang dan depan, besaran RAM sampai dengan kapasitas baterainya, Samsung Galaxy A90 5G lebih unggul atas iPhone 11 Pro. Ditambah lagi Samsung Galaxy A90 5G sudah support untuk digunakan di jaringan 5G, sedangkan produk dari Apple tersebut masih belum. Akan tetapi iPhone 11 Pro menang atas Samsung Galaxy A90 5G di sisi resolusi dan kerapatan antar-pixel layarnya dan dapur pacu. Dan harga iPhone 11 Pro sedikit lebih murah dari produk Samsung itu.

oppo find x
Oppo Find X © oppo.com

iPhone 11 Pro vs Oppo Find X

Oppo Find X merupakan smartphone keluaran Oppo di tahun 2018. Kenapa ditarungkan dengan iPhone 11 Pro yang dirilis 2019 karena harga dari kedua perangkat ini sama-sama berada di atas Rp9 jutaan. Hanya saja ketika ditarungkan dari sisi spesifikasinya, ada beberapa hal yang dimenangkan iPhone 11 Pro dan beberapa lainnya, Oppo Find X yang lebih unggul.

Contohnya saja pada sisi desain, dimensi, jenis dan besaran layar, RAM, lensa kamera depan dan kapasitas baterainya, Oppo Find X lebih bagus, sedangkan dari sisi resolusi dan kerapatan antar-pixel layar, dapur pacu, operating system dan kekuatan fisiknya, iPhone 11 Pro yang layak jadi juaranya.

oneplus 7 pro
OnePlus 7 Pro © oneplus.com

 iPhone 11 Pro vs OnePlus 7 Pro

Dari segi dimensi, besaran layar, resolusi sampai dengan kerapatan antar-pixelnya, iPhone 11 Pro belum mampu mengalahkan OnePlus 7 Pro. Bahkan dari sisi layarnya pun, Super Retina XDR OLED juga tidak seberkualitas Fluid AMOLED yang digunakan OnePlus 7 Pro.

Akan tetapi ketika harus membandingkan dari sisi dapur pacunya, Apple A13 Bionic yang digunakan iPhone 11 Pro mampu melampaui kecepatan Snapdragon 855 yang dipunyai OnePlus 7 Pro. Sayangnya, keunggulan iPhone 11 Pro tersebut berhenti di situ saja ketika harus bertarung melawan kualitas kamera, besaran RAM serta kapasitas baterai yang dipunyai produk dari OnePlus tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 11 Pro

Kelebihan iPhone 11 Pro

Kelebihan pertama yang dimiliki iPhone 11 Pro ini terletak pada dapur pacunya. Smartphone tersebut menggunakan dapur pacu Apple A13 Bionic (7 nm+) dengan prosesor Hexa-core yang memiliki clock speed mencapai 2.65 GHz. Mesin dan sistem di dalamnya mampu berjalan mulus karena terdapatnya RAM sebesar 4GB di dalamnya.

Selain itu, fasilitas kameranya juga merupakan kelebihan kedua yang dimiliki iPhone 11 Pro ini. Dikatakan begitu karena terdapat 4 lensa kamera secara total di tubuh smartphone tersebut yang mana terbagi menjadi 1 di bagian depan dan 3 di bagian belakang. Untuk 3 lensanya tersebut memiliki kualitas yang bagus. Terlebih terdapatnya filter, mode dan teknologi pendukung lain yang dapat menghasilkan foto atau video dengan kualitas tinggi.

Kelebihan lainnya adalah terdapat di fitur-fitur terkini seperti NFC dan wireless charging. Tidak hanya itu saja, iPhone 11 Pro juga memiliki resolusi serta kerapatan antar-pixel pada layarnya yang cukup tinggi dan hal tersebut merupakan kelebihan selanjutnya yang dimiliki produk mobile ini. Dan pastinya, tidak boleh dilupakan, kekuatan fisik dari layar serta body iPhone 11 Pro juga termasuk nilai plus yang dimiliki.

Kekurangan iPhone 11 Pro

Ketika banyak vendor mobile dunia berlomba-lomba memproduksi smartphone dengan dimensi serta layar yang besar, justru iPhone 11 Pro yang sudah mengantongi embel-embel ‘pro’ tersebut hanya memiliki dimensi sebesar 144 x 71,4 x 8,1 mm dengan layar berukuran 5,85 inci saja. Tentu saja hal tersebut menjadi kekecewaan bagi para penggunanya yang gemar menonton video atau bermain game dengan layar yang lebar.

Selain itu, resolusi lensa kamera depannya juga dapat masuk kategori kekurangan yang dimiliki iPhone 11 Pro. Memang dari sisi mode, filter atau teknologi pendukung untuk lensa depannya ini sangat mumpuni, akan tetapi resolusi lensanya yang difungsikan untuk para pencinta swafoto terlalu kecil.

Memang sekarang ini sudah banyak perangkat yang dapat dioperasikan secara nirkabel atau menggunakan wireless atau Bluetooth, namun keberadaan port jack 3,5 mm masih cukup penting untuk disematkan ke sebuah perangkat mobile dan hal tersebut tidak didapatkan di iPhone 11 Pro ini.

Review Akhir iPhone 11 Pro

iphone 11 pro
iPhone 11 Pro merupakan senjata baru buatan Apple untuk para fotografer dan videografer

Mungkin dapat dikatakan iPhone 11 Pro merupakan produk smartphone Apple pertama yang menggunakan embel-embel ‘pro’ di namanya. Dari 3 smartphone terbaru yang dirilis Apple pada bulan September 2018, iPhone 11 Pro memiliki ukuran paling kecil dibandingkan iPhone 11 atau juga iPhone 11 Pro Max.

Walaupun memiliki ukuran body yang kecil akan tetapi jangan remehkan smartphone satu ini. Dapur pacunya sangat ngebut dan bertenaga dibandingkan dengan produk smartphone lainnya. Chipset Apple A13 Bionic yang dipakai di iPhone 11 lebih tangguh dibandingkan dengan Snapdragon, Kirin, Exynos atau juga Mediatek Helio tertinggi sekalipun.

Selain itu, terdapat juga 4 lensa kamera di tubuh iPhone 11 Pro ini yang masing-masing memiliki resolusi sama, yaitu 12MP. Smartphone satu ini dipasarkan mulai harga sebesar Rp14 jutaan.

Artikel: Spesifikasi iPhone 11 Pro by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here