Spesifikasi iPhone 11 – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

iphone 11
iPhone 11 merupakan smartphone paling anyar yang dirilis Apple

iPhone 11 merupakan salah satu dari 3 produk smartphone paling anyar yang dirilis Apple di tahun 2019. Produk mobile ini merupakan predesedor atau penerus dari Apple iPhone XR yang terlebih dahulu rilis di tahun 2018.

Uniknya, tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya yang mana harus menunggu beberapa minggu atau bulan terlebih dahulu untuk dapat membeli produk smartphone terbaru dari Apple setelah dirilis di Amerika Serikat, justru smartphone satu ini, Apple langsung menggelar penjualan di sejumlah negara secara langsung.

iPhone 11 dilengkapi dengan berbagai hal baru yang diciptakan Apple, seperti layar Liquid Retina IPS LCD HD berukuran 6,1 inci, operating system iOS terbaru, iOS 13, chipset Apple terbaru, Apple A13 Bionic sampai dengan penggunaan dua kamera dengan resolusi sama di bagian belakang. Tidak hanya itu saja, smartphone ini sudah mengantongi sertifikat IP68 dan menggunakan pelindung kaca terkuat buatan Corning.

Material casingnya terbuat dari campuran aluminium yang tersedia dalam 5 warna pilihan, yaitu Black, Green, Yellow, Purple, Red, White.

Spesifikasi iPhone 11

Nama model Apple iPhone 11
Kode produksi A2221, A2111, A2223
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan September 2019
Dirilis resmi September 2019
Jaringan GSM/ CDMA/ HSPA/ HSDPA/ EVDO/ LTE
Eksternal
Dimensi 150,9 x 75,7 x 8,3 mm
Berat 194 gram (dengan baterai)
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Liquid Retina IPS LCD HD (Haptic Touch, capacitive touchscreen)
Ukuran 6,1 inci (screen-to-body ratio 79.0%)
Resolusi 828 x 1792 pixel (~326 ppi), True Tone display, Dolby Vision, HDR10
Perlindungan Corning Glass
Model Bezel, IP68 (IEC standard 60529)
Internal
Sistem Operasi iOS 13
User Interface (UI) iOS 13
Chipset Apple A13 Bionic (7 nm+)
Prosesor Hexa-core (2×2.65 GHz Lightning + 4×1.8 GHz Thunder)
Kartu grafis Apple GPU (4-core graphics)
ROM 64GB/ 128GB/ 256GB (tidak dapat ditambah)
RAM LPDDR4X 4GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 12MP
Fitur TOF 3D camera, HDR, Gyro EIS
Belakang 12MP (wide) + 12MP (ultra wide)
Fitur Quad-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Loundspeaker Ya, Dolby Atmos, Dolby Digital Plus
Port jack 3,5mm Tidak
Sensor utama Accelerometer, three-axis gyro, proximity, compass, barometer, Siri, Face ID
Sensor sidik jari Tidak
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB 2.0
NFC Ya
GPS A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
Radio Tidak
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Ion
Kapasitas daya 3046 mAh (support fast charging 18W, USB Power Delivery 2.0, Qi wireless charging)
Warna Black, Green, Yellow, Purple, Red, White
Harga USD699 atau Rp9,8 jutaan

Harga iPhone 11

Setelah melewati serangkaian rumor berupa informasi sampai dengan foto penampakan dari produknya, akhirnya iPhone 11 dirilis ke pasaran beserta 2 ‘saudaranya’ yaitu iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Khususnya untuk iPhone 11, Apple selaku produsen dari smartphone canggih satu ini melepasnya ke pasaran dengan harga sebesar USD699 atau jika dikurskan ke Rupiah menjadi Rp9,8 jutaan.

Bagi para Apple fansboy atau pecinta produk Apple yang ingin memiliki smartphone ini maka hanya ada 2 cara untuk mendapatkannya, yaitu membeli dengan cara mengikuti pre-order atau juga langsung terbang ke negara-negara yang dijadikan tempat perilisan Apple 11 secara langsung.

Fitur Unggulan iPhone 11

kamera iphone 11 lebih bagus dibandingkan iphone xr
Kualitas kameranya lebih bagus dibandingkan iPhone XR

Dual-Camera system yang mempersulit pengguna dapatkan hasil foto jelek

Tidak seperti pendahulunya, pada iPhone 11 ini, Apple menggunakan 3 lensa kamera secara langsung yang mana 1 terletak di bagian depan dan 2 di sisi belakang. Untuk fasilitas kamera bagian belakangnya, Apple menggunakan sistem Dual-Camera yang memiliki artian 2 buah lensa dengan resolusi sama walaupun fungsi utamanya berbeda.

Satu lensa berdiri sebagai lensa utama dengan resolusi 12MP yang dapat digunakan untuk memotret obyek dengan hasil yang bagus. Mungkin untuk digunakan memotret di tempat terang atau pada saat siang hari sudah terlalu mainstream dan hasilnya pun kurang lebih sama seperti yang dihasilkan lensa kamera smartphone lain, akan tetapi yang menjadi pembeda adalah saat dipakai di tempat yang nyaris benar-benar tanpa cahaya (97 persen gelap), hasilnya sangat mengagumkan.

Hal tersebut dikarenakan iPhone 11 sudah dilengkapi dengan fitur Night mode yang mana dapat digunakan untuk memotret di tempat gelap sekalipun dengan hasil seperti pada saat siang hari. Bahkan hasilnya pun tidak mengecewakan, walaupun ada sedikit noise yang terlihat, akan tetapi overall sangat bagus untuk ukuran lensa kamera dengan resolusi 12MP. Dan dapat dikatakan Night mode milik iPhone 11 ini mampu berbicara banyak ketika ditarungkan dengan Night Sight milik Google Pixel 3.

Baik di tempat yang terang atau juga di tempat gelap, lensa kamera utamanya ini mampu dengan cepat menangkap dan mengunci titik api. Hal itu dikarenakan terdapatnya mode Focus Pixel yang dapat mengunci titik api 3 kali lebih cepat dibandingkan lensa sejenis lainnya.

Untuk lensa keduanya juga memiliki resolusi sebesar 12MP yang mana berfungsi sebagai lensa ultra wide-angle atau untuk mengambil gambar secara melebar tanpa membuat pada bagian ujung terkesan tertarik. Dengan lensa ini, maka Anda dapat mengambil foto landscape atau banyak orang secara sekaligus tanpa harus takut ada bagian yang terpotong.

Dan tidak hanya bagus untuk digunakan memotret saja, lensa kamera utamanya juga tidak mengecewakan saat dipakai untuk merekam video. Bahkan hasilnya pun setajam format 4K yang mana dapat mengambil dengan framerate 60 fps. Anda juga tidak perlu merekam terlebih dahulu baru mengeditnya, karena Anda dapat langsung melakukannya saat proses perekaman berlangsung.

Terdapat berbagai mode, efek atau juga filter yang tersedia untuk digunakan para pemakai iPhone 11, seperti High-Key Light Mono, Portrait Lighting Control, Smart HDR, QuickTake, Slofie dan banyak lagi lainnya.

mengantongi sertifikat ip68
iPhone 11 mengantongi sertifikat IP68

Memiliki kekuatan fisik yang bagus + Sertifikat IP68

Memang iPhone 11 ini masuk kategori smartphone kelas menengah, akan tetapi jangan ditanyakan lagi seberapa kuat fisik dari perangkat tersebut. iPhone 11 ini sudah mengantongi sertifikat IP68 yang menandakan tahan terhadap, benturan, goresan, debu, air atau bahkan masih kuat ketika digunakan di tempat dengan suhu ekstrem sekalipun.

Bagi Anda yang memiliki hobi atau pekerjaan yang berkaitan dengan air, maka tidak perlu khawatir lagi karena smartphone ini tahan air. Bahkan Anda dapat mengajaknya menyelam sampai kedalaman 2 meter sampai 30 menit lamanya. Kekuatan fisiknya dua kali lebih hebat dibandingkan iPhone XR.

Satu hal lagi, pada saat pembuatan iPhone 11 dan kedua saudaranya tersebut, Apple telah menginvestasikan dana yang sangat besar ke Corning agar dapat dibuatkan layar kaca yang sangat kuat atau bahkan lebih kuat dari produk Corning sendiri, Gorilla Glass. Dan setelah iPhone 11 diperkenalkan, layar buatan Corning tersebut tersemat dalam produk tersebut. Sayangnya, tidak diketahui apa nama dari layar pelindung tersebut.

Layar jernih, tajam dan sangat berkualitas

liquid retina lcd
Layarnya berjenis Liquid Retina LCD yang sangat bagus dan tajam

Sejak beberapa tahun lalu, Apple memang telah menciptakan jenis layar baru yang mereka namakan Retina display  dan dari tahun ke tahun, produknya tersebut terus dikembangkan semakin canggih lagi. Liquid Retina LCD merupakan jenis yang baru dan langsung digunakan pada iPhone 11 ini. Tentu saja tidak perlu ditanyakan seperti apa kualitasnya.

Dengan menggunakan Liquid Retina LCD, maka semua yang tertampil di layar akan nampak sangat nyata. Mulai dari saturasi warna, kecerahan, kerjenihan sampai detailnya pun juara. Tidak hanya itu saja, layarnya juga dilengkapi dengan pengaturan white balance untuk mencocokkan pada temperatur cahaya sekitar yang diberi nama True Tone.

Selain itu, layarnya juga super sensitif karena Apple menggunakan teknologi baru yang mereka namakan Haptic Touch. Dengan teknologi ini, maka semua hal dapat Anda akses dan lakukans ecara cepat. Bahkan Anda hanya perlu mengetuk layarnya saja jika ingin mengaktifkan perangkat, tanpa perlu memencet tombol atau sejenisnya.

Baterai yang tahan digunakan seharian penuh

baterai tahan lama seharian penuh
Digunakan seharian secara maraton, baterainya tahan lama

Baterai yang digunakan Apple iPhone 11 ini berjenis non-removable dari Lithium Ion yang memiliki kapasitas daya sebesar 3046 mAh. Walaupun terlihat sedikit saja kapasitasnya, akan tetapi Apple mengklaim bahwa baterai pada produk mobile terbarunya ini sangat tahan lama. Diklaim juga bahwa dalam satu kali pengisian ulang dari 0 sampai 100 persen, maka perangkat dapat digunakan selama seharian penuh. Hal tersebut dikarenakan terdapatnya teknologi baru untuk memperpanjang daya baterai ketika digunakan secara maraton.

Terlebih lagi, perangkat mobile ini sudah support dengan mode pengisian cepat 18W yang dapat memperpendek durasi pengisian baterainya. iPhone 11 ini juga telah dilengkapi dengan fitur wirelss charging (Qi wireless charging) serta support dengan USB Power Delivery 2.0.

Chipset tercepat, terkuat dan terbaik yang pernah dibuat

Salah satu yang sangat mengagumkan yang dimiliki iPhone 11 adalah digunakannya chipset bertenaga dan cepat, yaitu Apple A13 Bionic. Apple mengklaim bahwa chipsetnya ini merupakan chipset smartphone tercepat yang pernah dibuat manusia. Selain cepat dan bertenaga, chipsetnya tersebut sangat hemat baterai.

iPhone 11 VS Samsung Galaxy Note9/Oppo Reno 10x Zoom/Huawei Mate 9 Pro

iPhone 11 vs Samsung Galaxy Note9

samsung galaxy note 9
Samsung Galaxy Note9 © samsung.com

Walaupun dirilis pada tahun 2018, akan tetapi dari segi harga, Samsung Galaxy Note9 dan iPhone 11 ini dirasa cukup imbang. Akan tetapi ketika dibandingkan dari spesifikasinya, ada banyak keunggulan yang disabet produk dari Samsung tersebut atas iPhone 11. Contohnya saja dari dimensi dan besaran layarnya, Samsung Galaxy Note9 lebih besar dibandingkan iPhone 11. Bahkan resolusi dan kerapatan antar-pixel Note9 tersebut jauh lebih tinggi dari smartphone besutan Apple itu.

Untuk masalah jenis layar dan chipset, kedua perangkat dapat dikatakan seimbang atau sama kuat, namun prosesor Note9 lebih ngebut dibandingkan dengan yang dipunyai iPhone 11. Dan kapasitas baterai iPhone 11 lebih kecil dibandingkan Note9. Hanya saja, iPhone 11 unggul di sisi resolusi lensa depannya dari produk Samsung itu.

iPhone 11 vs Oppo Reno 10x Zoom

oppo reno 10x zoom
Oppo Reno 10x Zoom © oppo.com

Kedua perangkat ini tergolong produk baru dari masing-masing vendor. Dan untuk ketebalannya, iPhone 11 lebih tipis 10 persen dibandingkan Oppo Reno 10x Zoom, 8,3 mm vs 9,3 mm. Tidak hanya tipis, iPhone 11 juga lebih ringan dari produk Oppo tersebut.

Hanya saja dari dapur pacu, lensa kamera utama, lensa kamera depan, resolusi layar, besaran layar, fitur fingerprint sensor sampai dengan kapasitas baterainya, Oppo Reno 10x Zoom lebih unggul dan lebih komplet dibandingkan iPhone 11.

iPhone 11 vs Huawei Mate 9 Pro

huawei mate 9 pro
Huawei Mate 9 Pro © huawei.com

Huawei Mate 9 Pro adalah smartphone dari Huawei yang dirilis pada tahun 2016. Dibandingkan dengan iPhone 11 yang dirilis pada tahun 2019 karena dari harganya, kedua perangkat ini setara nilanya. Dan ketika berbicara masalah perbandingan, dimensi, besaran dan jenis layar yang dipunyai Huawei Mate 9 Pro belum dapat mengimbangi apa yang dimiliki iPhone 11. Hanya saja, ketebalan, resolusi dan juga kerapatan antar-pixel Huawei Mate 9 Pro lebih unggul dari iPhone 11.

Sama-sama memiliki 3 lensa kamera yang tersemat di bodynya, kedua perangkat dapat dikatakan seimbang. Hanya saja pembagiannya adalah untuk lensa kamera depan, iPhone 11 lebih unggul, sedangkan untuk lensa kamera belakang, Huawei Mate 9 Pro yang jadi juaranya. Di sisi kapasitas baterai, Huawei Mate 9 Pro dilengkapi baterai yang lebih besar kapasitasnya dibandingkan produk Apple tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 11

Kelebihan iPhone 11

Jika dikatakan lebih baik dibandingkan dengan smartphone terbaru di kelas mid-range lainnya, mungkin belum, akan tetapi fasilitas kamera yang dipunyai iPhone 11 ini lebih unggul dibandingkan model-model sebelumnya. Terdapat 2 lensa di belakang dan 1 lensa di depan yang ketiganya memiliki resolusi sama, 12MP.

Kelebihan kedua yang dimiliki iPhone 11 adalah dalam beberapa model terakhir, iPhone hadir dengan warna yang sama dari waktu ke waktu, namun produk baru ini membawa banyak warna, mulai dari Black, Green, Yellow, Purple, Red dan White yang dapat dipilih oleh pengguna sesuai dengan selera masing-masing.

Dan kelebihan ketiga terletak pada baterainya. Memang jika hanya melihat dari kapasitasnya saja, banyak orang akan beranggapan bahwa baterainya bakal cepat habis, akan tetapi Apple telah mengembangkan teknologi khusus yang dapat menekan pengonsumsian daya baterai oleh sistem atau mesin di dalam perangkat. Jadi walaupun kapasitas yang dimiliki sedikit, akan tetapi baterai yang dipunyai iPhone 11 cukup tahan lama. Kelebihan lainnya adalah iPhone 11 sudah kantongi sertifikat IP68 yang tahan terhadap benturan, debu, air dan goresan.

Kekurangan iPhone 11

Mungkin dari sisi desain, iPhone 11 ini tidak memiliki perubahan yang cukup signifikan. Desain yang dimiliki iPhone 11 masih sangat mirip dengan yang dipunyai iPhone XR. iPhone 11 juga tidak dilengkapi dengan port untuk menancapkan headset, earphone atau earset, padahal fasilitas ini cukup diperlukan oleh banyak pengguna.

iPhone 11 ini juga tidak dilengkapi dengan fitur umum yang lagi tren lainnya, seperti NFC, USB type-C atau FM Radio. Terlebih lagi, tidak adanya fitur pengaman yang dulunya sempat digunakan, yaitu Touch ID atau fingerprint sensor di dalam iPhone 11 ini. Apple lebih mempercayakan fitur Face ID sebagai penggantinya.

Selain itu, desain notch lawas juga membuat tampilannya terkesan jadul atau jaman dulu karena sekarang ini banyak smartphone yang dilengkapi dengan notch u-shape atau v-shape berukuran mini. Dan satu lagi kekurangan iPhone 11 ini adalah masih belum support untuk digunakan di jaringan 5G.

Review Akhir iPhone 11

iphone 11
iPhone 11 merupakan smartphone paling anyar yang dirilis Apple

Apple iPhone 11 merupakan penerus dari Apple iPhone XR dan memiliki sebagian besar teknologi yang dipunyai Apple iPhone 11 Pro. Spesifikasi, fitur dan banyak hal lain yang dimilikinya lebih baik dan berkualitas dibandingkan model sebelumnya. Ditambah lagi, harganya cukup rendah untuk ukuran smartphone besutan Apple terbaru.

Layarnya yang berukuran 6,1 inci menggunakanjenis Liquid Retina Display yang menjadi pesaing dari Super AMOLED buatan Samsung. Tidak hanya dilengkapi dengan layar berkualitas seperti itu saja, iPhone 11 juga menggunakan operating system dan chipset Apple terbaru, yaitu iOS 13 dan Apple A13 Bionic.

Terdapat 3 lensa kamera di bodynya dan smartphone ini menggunakan baterai non-removable dengan kapasitas 3046 mAh. iPhone 11 dijual dengan harga Rp9,8 jutaan.

Artikel: Spesifikasi Iphone 11 by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here