Spesifikasi Oppo A1K – Harga, Review, & Fitur Unggulan

spesifikasi oppo a1k

Oppo A1K merupakan salah satu produk terbaru dari Oppo di tahun 2019. Apabila dibandingkan dengan vendor-vendor raksasa dunia seperti Sony, Samsung atau juga Apple, mungkin dapat dikatakan bahwa Oppo masih tergolong pemain baru di ranah mobile. Walaupun baru, namun bukan berarti produk-produk Oppo dapat dipandang sebelah mata.

Dari segi desainnya, Oppo A1K ini ternyata mirip dengan model terdahulu, yaitu Oppo A1. Dan ternyata, pihak Oppo sendiri menyebutkan bahwa Oppo A1K tersebut memang merupakan versi low budget-nya Oppo A1. Dikatakan begitu karena pada Oppo A1K tidak dilengkapi dengan fitur fingerprint scanner atau pemindai sidik jari. Namun terdapat sedikit penambahan pada body Oppo A1K yaitu penggunaan waterdrop notch pada bagian depannya.

Untuk mengenal lebih jauh, berikut spesifikasi Oppo A1K beserta harga dan review fitur unggulannya.

Spesifikasi Oppo A1K

Nama model Oppo A1K
Kode produksi CPH1923
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan April 2019
Dirilis resmi Mei 2019
Jaringan/Teknologi GSM (2G, 3G, 4G)/ HSPA/ WCDMA/ LTE
Eksternal
Dimensi 154,5 x 73,8 x 8,4 mm
Berat 170 gram (dengan baterai)
Casing Plastik
SIM Card Dual SIM (Nano SIM), GSM + GSM, Dual VoLTE
Layar
Jenis IPS LCD (multi-touch, Capacitive Touchscreen)
Ukuran 6,10 inci (15.49 cm)
Resolusi 720 x 1560 pixel (~282 pixel per inch)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 3 (anti-gores)
Model Bazelless dengan waterdrop notch
Internal
Sistem Operasi OS Android 9.0 Pie
User Interface (UI) ColorOS 6
Chipset Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
Prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
Kartu grafis IMG PowerVR GE8320, 680 MHz
Memori
ROM 32 GB (dapat ditambah sampai 256GB menggunakan microSD)
RAM 2 GB, 933 MHz
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 5 MP
Fitur HDR, Aperture f/2.0, Video 720p
Belakang 8 MP (CMOS)
Fitur Flash LED, HDR, Panorama, Auto Flash, Digital Zoom, Face Detection, Touch to Shot, Aperture f/2.2, Video 1080p@30fps
Resolusi gambar 3264 x 2448 pixel
Resolusi video 1920 x 1080 pixel
Mode kamera High Dynamic Range, Continous Shoot
Suara
Loundspeaker Ya
Port jack Ya, 3,5 mm
Sensor
Sensor utama E-Compass, Ambient light sensor, Proximity Sensor, dan terdapat G-sensor/Acceleration sensor
Sensor sidik jari Tidak
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, mobile hotspot, Wi-Fi Direct
Bluetooth v4.2, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, USB charge, mass storage
NFC Tidak
Wireless Charging Tidak
Fitur Lain
GPS A-GPS, GLONASS, BDS
Radio FM
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4000 mAh
Warna Hitam, merah
Harga Rp1,799.000

Harga Oppo A1K

Ketika kali pertama dirilis di India, Oppo mematok harga tidak begitu jauh berbeda dengan harga saat produknya ini hadir di Indonesia. Di India, Oppo A1K dijual dengan harga RS 8490 atau jika dikonversi ke Rupiah menjadi Rp1,739,271 (kurs tanggal 1 Agustus 2019), sedangkan ketika hadir kali pertama di pasaran Tanah Air, perangkat mobile tersebut dijual dengan harga Rp1,799.000. Hanya selisih beberapa puluh ribu Rupiah saja antara harga Oppo A1K di India dan Indonesia.

harga oppo a1k
Harga Oppo A1K: Rp1.799.000

Untuk ukuran kelas menengah atau mid-range dengan harga Rp1,799.000 tersebut, maka Anda seakan memiliki perangkat mobile kelas atas yang berfitur lengkap dan berbandrol harga murah. Ditambah lagi, kualitasnya tidak mengecewakan. Bagi yang ingin membelinya, sekarang ini sudah ada banyak tempat yang menjualnya baik secara langsung ataupun online. Tidak hanya itu, jika Anda masih ragu dengan tempat-tempat yang menawarkan produk satu ini, maka Anda dapat langsung mengunjungi laman resmi atau juga gerai Oppo Indonesia untuk melakukan pemesanan atau pembeliannya.

Fitur Unggulan dari Oppo A1K

Desain Kekinian dengan Waterdrop Notch

Seperti yang sempat disinggung di awal, memang Oppo A1K ini merupakan duplikasi 90 persen dari Oppo A1. Hanya saja perbedaan yang sangat mencolok terdapat pada desain bagian depannya, yaitu digunakannya waterdrop notch di layar bagian atas. Sedikit informasi, disebut dengan waterdrop karena bentuknya memang menyerupai tetesan air. Dan bagi yang belum mengetahui apa fungsi dari notch itu sendiri, fasilitas tersebut merupakan tempat untuk menyematkan kamera yang juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk sensor sampai dengan inframerah.

waterdrop notch
Desain Oppo A1k semakin cantik dengan adanya waterdrop notch

Selain terdapatnya waterdrop notch, Oppo sengaja mengusung desain terkini yang tipis dengan setiap ujung tumpul dan juga bezelless atau tanpa garis tepi. Model seperti ini di tahun 2019 sangat ngetren dan banyak digunakan oleh vendor-vendor mobile dunia, baik yang berskala kecil, sedang ataupun yang besar.

Sistem Antarmuka Terbaru yang Siap Memanjakan Pengguna

Membahas lebih lanjut mengenai spesifikasi Oppo A1K, smartphone ini dibekali dengan sistem antarmuka yang cukup mumpuni. Dikatakan begitu karena fitur tersebut membawa berbagai macam fasilitas baru mulai dari Smart Driving, Smart Bar sampai dengan Smart Assistant. Dan tentu saja, hal tersbeut sangat memudahkan pengguna dalam menjalani beragam macam aktivitas harian.

Smart Driving adalah sebuah fitur baru yang mampu meningkatkan keamanan serta kenyamanan pengguna ketika berkendara. Hal ini diwujudkan dengan melakukan pembatasan dari beberapa segi mulai dari notifikasi, mengizinkan panggilan ke beberapa kontak yang hanya didaftarkan dan serta terdapat pula fitur riding mode yang akan memungkinkan mensenyapkan notifikasi kecuali panggilan masuk saja. Riding mode juga sanggup mengubah antarmuka panggilan masuk menjadi tampilan ikon besar yang akan semakin mudah untuk dijangkau ketika berkendara.

Selain itu Oppo A1k juga menghadirkan fitur Smart Bar yang memungkinkan pengguna untuk menonton video streaming danĀ  chatting dalam waktu bersamaan. Menarik sekali, bukan? Dengan deretan fitur terbarunya, Oppo semakin percaya diri untuk dapat bersaing dengan banyak perusahaan mobile dunia di pasaran Indonesia.

User Interface Berbasis Android 9 Pie yang Sangat Cantik

Seperti halnya produk-produk Oppo lainnya, Oppo A1K masih tetap menggunakan Android sebagai operating systemnya. Untuk produknya ini, tidak tanggung-tanggung, Oppo langsung melesat menggunakan Android v9 Pie atau sistem operasi Android paling baru sekarang ini. Padahal, cukup jarang untuk smartphone kelas menengah yang bakal langsung menggunakan sistem operasi terbaru karena terkendala masalah spesifikasi, sedangkan hal itu tidak dijumpai pada Oppo A1K.

Tidak hanya menggunakan operating system Android v9 Pie saja, ternyata Oppo masih belum puas untuk membuat produknya ini semakin terlihat cantik. Hal itu dibuktikan dengan disematkannya UI atau user interface ColosOS 6 di dalamnya. Dengan ColorOS 6 berbasis Andrid v9 Pie ini, maka tampilan layar pada Oppo A1K menjadi anggun dan minimalis.

Ditambah lagi dengan terdapatnya fitur smart sidebar assistant yang dapat Anda akses dengan cara menggeser layarnya ke sebelah kanan dari layar utama, maka pengalaman bergawai ria dalam keseharian semakin mengasikkan.

Kamera Ciamik dengan Resolusi Tinggi yaitu 8MP dan 5MP

Beralih ke fitur kameranya, Oppo A1k ini dibekali dengan fasilitas kamera yang cukup bagus di kelasnya. Kamera pada bagian belakang memiliki sensor lensa dengan resolusi sebesar 8MP, sedangkan yang terletak di bagian depan, tepatnya di lingkup waterdrop notch, memiliki resolusi sebesar 5MP. Dengan besaran resolusi tersebut, maka hasil yang didapatkan juga memuaskan.

kamera Oppo A1K 8MP
Oppo A1k dilengkapi dengan kamera belakang 8MP

Tidak hanya itu saja, Oppo juga masih menambahkan beberapa hal lain sebagai penunjang dan pendukung fasilitas kameranya, seperti salah satunya adalah dibenamkannya fitur HDR Smart Technology. Dengan HDR Smart Technology ini, maka Anda dapat memotret sebuah obyek yang mana kemudian hasilnya akan sangat bagus layaknya smartphone kelas hi-end.

Bagi yang doyan selfie, maka kamera depan yang dimiliki Oppo A1K sudah lebih dari cukup untuk memfasilitasinya. Ditambah lagi dengan terdapatnya fitur Beautification Technology yang sesuai namanya, fasilitas ini dapat mempercantik hasil foto yang didapatkan. Oppo mengklaim, foto yang dihasilkan dengan menggunakan kamera pada Oppo A1K akan jauh lebih bagus dibandingkan dengan hasil yang didapatkan dengan menggunakan kamera smartphone besutan vendor lain di level yang sama.

beautification technology
Kamera depan dilengkapi dengan fitur Beautification Technology

Baterai Jumbo Berkapasitas 4000 mAh

Salah satu PR atau pekerjaan rumah bagi banyak vendor mobile di dunia adalah masalah baterai. Tidak sedikit pengguna smartphone yang kerap mengeluhkan baterai pada perangkat mobile yang dimilikinya sangat cepat habis ketika digunakan untk beraktivitas dalam jangka waktu tertentu.

Berkaca pada hal ini, Oppo sepertinya benar-benar tidak ingin membuat pada pencinta produknya kecewa. Pada Oppo A1K ini, Oppo menggunakan baterai berkapasitas besar dan mungin dapat dikatakan salah satu yang terbesar di kelas mid-range. Baterai Oppo A1K memiliki kapasitas sebesar 4.000 mAh.

Dalam pengujian, Oppo mengklaim bahwa baterai yang dimiliki Oppo A1K mampu bertahan selama 17 jam untuk pemakaian berkelanjutan. Bahkan yang menjadi satu klaim unik adalah pihak Oppo menjelaskan bahwa dengan pemakaian normal pengguna hanya perlu melakukan pengisian ulang baterai satu kali saja dalam satu hari.

kapasitas baterai hp oppo a1k
Baterai HP Oppo A1K dilengkapi baterai tanam berkapasitas 4.000 mAh yang mampu bertahan 17 jam pemakaian

Untuk mengisinya sampai penuh, baterai Oppo A1K ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit. Saat baterai 100 persen, dalam mode standby, Oppo A1K dapat bertahan sampai dengan 17 jam dan 31 menit.

Ternyata apa yang dilontarkan pihak Oppo bukan sekadar bualan atau kelakar belaka karena Oppo A1K ini telah dibekali dengan sistem Smart Management yang memungkinkan smartphone tersebut mampu melakukan pengaturan dan penghematan untuk masalah daya yang digunakan dan dikonsumsi setiap aplikasinya, termasuk juga untuk masalah pengisian ulangnya.

Dan sudah barang tentu, karena mampu tahan lama, maka bagi yang hobi bermain game mobile, Oppo A1K dapat dijadikan senjata andalan karena tak perlu khawatir lagi kehabisan baterai ketika sedang asik bermain di mana dan kapan saja.

Keunggulan Oppo A1K

Dari semua yang dimiliki oleh Oppo A1K, dapat disimpulkan bahwa fitur waterdrop notch, ColorOS 6 berbasis Android 9 Pie serta baterai yang berkapasitas besar merupakan keunggulannya. Dikatakan begitu karena untuk ukuran smartphone di range harga tersebut atau juga di kelas mid-end, cukup jarang ditemui smartphone yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik di dalamnya.

keunggulan oppo a1k
Oppo A1k layak disebut smartphone murah yang ciamik

Dan tentu saja waterdrop notch serta ColorOS 6 ini dapat dikatakan sebagai keunggulan Oppo A1K di sisi penampilannya, sedangkan baterai berkapasitas 4.000 mAh tersebut merupakan keunggulan di sisi energinya. Jadi komplet sudah ketika sebuah perangkat mobile memiliki tampilan ciamik dan baterai hebat yang dibanderol murah, maka akan menjadikannya sebuah pilihan yang tepat.

Kekurangan Oppo A1K

Tentu saja, tidak ada perangkat mobile di seluruh dunia ini yang tidak memiliki kekurangan, termasuk juga dengan Oppo A1K ini. Kekurangan yang dimiliki Oppo A1K terdapat pada sisi RAM atau memorinya yang relatif kecil untuk ukuran smartphone zaman sekarang. Oppo A1K ini hanya dibekali dengan RAM sebesar 2GB saja yang mana sekarang ini justru banyak smartphone hadir dengan RAM di atas 3GB.

Perlunya sebuah RAM besar karena semakin hari, banyak aktivitas pengguna yang membutuhkan perangkat yang dapat bekerja cepat dan tangkas. Jika memiliki perangkat canggih namun super lelet, maka akan menjadi satu hal yang mengecewakan, bukan?

Perbandingan Oppo A1K dengan 3 Smartphone Sekelasnya

Oppo A1K vs Samsung Galaxy A20

Kedua perangkat mobile ini dirilis hanya berselang satu bulan saja. Jika Samsung Galaxy A20 diluncurkan pada bulan April 2019, Oppo A1K baru hadir pada bulan Mei 2019. Dari segi ukuran, Samsung A20 memiliki dimensi sedikit lebih besar dibandingkan Oppo A1K, hanya saja 1 gram lebih ringan. Keduanya sama-sama menggunakan casing yang terbuat dari polycarbonate.

Keunggulan Samsung Galaxy A20 dari Oppo A1K adalah terdapat pada besaran RAM-nya, yaitu 3GB, kamera belakang dengan resolusi ganda (13MP + 5MP), serta kamera depan dengan 8MP, masih terdapatnya fingerprint sensor. Sedangkan keunggulan Oppo A1K dari Samsung Galaxy A20 terletak pada slot SIM-nya yang double dan juga harganya yang relatif terjangkau.

Oppo A1K vs Realme 3

Tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy A20, Realme 3 ini juga memiliki dimensi serta layar yang lebih besar dibandingkan dengan Oppo A1K. Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki Realme 3 dibandingkan dengan Oppo A1K terletak pada besaran RAM yang dibenamkan di dalamnya, yaitu sebesar 3 dan 4GB tergantung dari besaran internal storagenya.

oppo a1k vs realme 3
Oppo A1K vs Realme 3

Kembali Realme 3 hadir sebagai pemenang ketika membandingkan kedua perangkat dari fasilitas kameranya. Jika Oppo A1K hanya dilengkapi dengan kamera utama yang memiliki resolusi sebesar 8MP, Realme 3 dilengkapi dengan dual-camera dengan resolusi 13MP + 2MP.

Oppo A1K vs Asus Zenfone Max (M1)

Dari segi ukuran, Oppo A1K nampaknya lebih besar dibandingkan dengan Asus Zenfone Max (M1). Dirilis pada bulan Februari 2019 lalu, Asus Zenfone Max (M1) memiliki dimensi hanya sebesar 147,3 x 70,9 x 8,7 mm dengan layar berukuran 5,5 inci. Padahal dari segi harga, kedua perangkat ini tidak jauh berbeda.

Selain unggul dari sisi besaran body dan layar, operating system yang digunakan Asus Zenfone Max (M1) sedikit uzur karena masih menggunakan Android versi 8, Oreo. Hanya saja, keunggulan Asus Zenfone Max (M1) dari Oppo A1K terletak pada besaran RAM yang dimilikinya, yaitu 3GB dan juga resolusi lensa utamanya, yaitu 13MP + 8MP.

Review Akhir Oppo A1K

Oppo A1K merupakan smartphone kelas menengah yang memiliki spesifikasi dan model desain mirip dengan pendahulunya, Oppo A1. Hanya saja, dikarenakan memang diciptakan untuk menyasar kelas menengah, maka ada beberapa fitur yang sengaja dihilangkan, salah satunya adalah pemindai sidik jari. Dengan harga yang relatif murah dan spesifikasi yang tidak mengecewakan, maka layak rasanya bagi pengguna mobile memilih smartphone satu ini sebagai media untuk beraktivitas ringan sehari-hari.

Artikel: Spesifikasi Oppo A1K by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here