Spesifikasi Oppo K3 – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

oppo k3
Oppo K3, smartphone elegan dengan dapur pacu garang

Oppo K3 merupakan smartphone yang dilengkapi dengan layar panoramic berukuran 6,5 inci. Selain layarnya yang cukup besar tersebut, Oppo juga menggunakan model bezelless dengan screen-to-body ratio sebesar 91,1 persen yang cukup dekat jaraknya dengan frame samping kanan dan kiri. Ditambah lagi dengan tidak terdapatnya notch atau punch hole di layar, membuat pengguna perangkat mobile ini menjadi lebih leluasa ketika menggunakannya untuk bermain game atau menonton video.

Kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 16MP yang masih ditambah dengan satu lensa kamera lain dengan resolusi 2MP yang mampu mempertajam hasil gambarnya. Sedangkan kamera depannya yang memiliki resolusi sama seperti kamera utamanya tersembungi di dalam body karena Oppo K3 menggunakan desain motorized pop-up camera.

Perangkat mobile satu ini kini sudah hadir di pasaran Tanah Air dan dijual dengan harga Rp3.999.000 yang mana hanya dapat dibeli secara online melalui situs resminya ataupun membelinya di e-commerce yang telak dipilih Oppo sebagai rekanan di Indonesia, yaitu Lazada.

Spesifikasi Oppo K3

Nama model Oppo K3
Kode produksi CPH1955
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Mei 2019
Dirilis resmi Mei 2019
Jaringan GSM/ CDMA/ TD-SCDMA/ HSPA/ HSDPA/ LTE
Eksternal
Dimensi 161,2 x 76 x 9,4 mm
Berat 191 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by, VoLTE)
Layar
Jenis AMOLED (capacitive touchscreen)
Ukuran 6.5 inci (screen-to-body ratio 91,1%)
Resolusi 1080 x 2340 pixel (~394 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5
Model Bezelless dengan motorized pop-up camera
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) ColorOS 6
Chipset Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)
Kartu grafis Adreno 616
ROM 64GB/ 128GB/ 256GB (tidak ada slot untuk microSD)
RAM 6GB/ 8GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 16 MP, f/2.0, 26mm (wide)
Fitur HDR, EIS, Phase Detection Autofocus (PDAF), LED Flash
Belakang 16 MP, f/1.7, 1.12µm + 2 MP (depth sensor), f/2.4
Fitur PDAF, LED flash, HDR, panorama
Loundspeaker Ya, Dolby Atmos Audio
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, gyro, ambient light, proximity, compass, face unlock
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 а/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX HD
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
GPS A-GPS, GLONASS, BDS
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 3765 mAh (support fast charging 20W (VOOC 3.0))
Warna Black, Morning White, Nebula Purple
Harga Rp3,999.000
Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Spesifikasi Oppo Reno Z
Spesifikasi Oppo A1k

Harga Oppo K3

Setelah sempat hanya beredar di Cina, India dan beberapa negara saja, akhirnya para penggemar produk Oppo di Tanah Air berkesempatan juga untuk dapat membeli dan memiliki produk baru dari perusahaan asal Cina, Oppo K3, ini. Saat disinggung masalah harga dari produk itu, pihak Oppo Indonesia mengatakan bahwa perangkat mobile baru tersebut dibanderol dengan harga Rp3.999.000.

Sayangnya, pihak Oppo Indonesia mengatakan bahwa Oppo K3 tersebut bukanlan produk yang dapat ditemui di gerai-gerai resmi Oppo di Indonesia karena memang hanya dijual secara online saja. Untuk itu, Oppo menggandeng salah satu e-commerce besar di Tanah Air untuk menggelar penjualannya, yaitu Lazada.

spesifikasi oppo k3
Desainnya yang cantik berpadu dengan teknologi terkini di dalamnya

Fitur Unggulan Oppo K3

Desain Menarik dan Elegan

Dengan tagline pada website resminya, “Technical Innovation Meets Aesthetic Beauty,” Oppo benar-benar total dalam pembuatan Oppo K3 ini. Segala fitur menarik serta teknologi canggih disematkan di dalamnya yang mana dibalut dengan desain 3D sleek dan warna glossy yang membuat perangkat mobile ini semakin terlihat anggun.

Warna glossy itu sendiri berfungsi untuk menyamarkan plastik polycarbonate yang digunakan di casing belakang perangkat agar terlihat seperti terbuat dari kaca. Dan secara sekilas, tampilan desain serta warna yang digunakan pada K3 ini mirip dengan yang dipakai di Oppo Reno series.

Layar Panoramic untuk Pengalaman Visual yang Imersif

Layar Oppo K3 ini berukuran 6,5 inci dengan resolusi sebesar 1080 x 2340 pixel dan tingkat kerapatannya mencapai ~394 pixel per inch yang membuat foto atau video terlihat sangat jernih, terang, detail dan terkesan imersif atau nyata.

Dengan kualitas seperti ini, maka akan sangat menyenangkan ketika digunakan untuk bermain game dengan grafis tinggi ataupun menonton video berkualitas HD. Terlebih lagi, layarnya sudah tidak terganggu dengan keberadaan notch ataupun punch hole sehingga terlihat lebih besar. Ketiadaan notch ataupun punch hole tersebut, maka Oppo menyebutnya dengan istilah panoramic

Layar Oppo K3 ini juga sudah mengadopsi teknologi non-stroboscopic dan juga dilengkapi dengan teknologi pereduksi emisi warna biru yang dapat membantu mata untuk tetap sehat, tidak mudah lelah atau sakit dan juga sangat bagus ketika digunakan di tempat gelap atau pada saat malam hari.

kamera depan oppo k3 motorized pop up
Motorized pop-up camera ini berfungsi untuk melindungi lensa dari benturan

Kamera Depan dengan Desain Motorized Pop-Up Camera

Oppo K3 ini menggunakan desain kamera depan motorized pop-up yang selain memang sedang nge-tren di dunia mobile bersaing dengan punch hole dan notch, fungsi lainnya adalah agar dapat mengantisipasi kerusakan pada lensa akibat terjatuh atau terbentur.

Dan Anda jangan khawatir kabel fleksibel yang digunakan untuk menaikturunkan kamera depannya ini akan cepat rusak jika digunakan terlalu sering, karena Oppo sendiri sudah memberikan garansi bahwa fasilitas tersebut dapat digunakan sampai lebih dari 100 kali dalam sehari.

Kamera depan yang dimiliki K3 ini memiliki resolusi 16MP yang sangat bagus ketika digunakan untuk berswafoto atau selfie. Ditambah lagi dengan berbagai fitur pendukung, seperti AI Beautification, bokeh, beragam filter dan juga sticker, HDR, Gesture Shot, 10 kali Digital Zoom sampai dengan time-lapse membuat acara selfie semakin menyenangkan.

Ultra Night Mode2.0 untuk ‘Merekam’ Malam dengan Kualitas Terbaik

Kamera bagian belakangnya dilengkapi dengan satu mode yang sangat menarik, yaitu Ultra Nght Mode 2.0. Mode satu ini berfungsi untuk memotret di tempat gelap atau saat malam hari tanpa harus takut hasilnya buram (Superior Low-Light Performance), kurang detail atau bahkan dipenuhi noise. Dengan Ultra Night Mode 2.0, hasil yang didapatkan sangat bagus, bahkan lebih bagus dibandingkan apabila Anda menggunakan mode Auto.

Dalam pencitaan mode satu ini, Oppo mengombinasikan berbagai macam frame yang mampu mereduksi tingkat noise (Night-Scene Noise Reduction ) dan juga menggunakan teknologi HDR agar hasil yang didapatkan sangat detail serta warnanya tidak pucat. Di dalam mode ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Image Stabilization yang dapat menjaga fokus tetap di satu titik dan tidak membuat hasilnya blurry.

fingerprint yang akurat
Fitur fingerprint sensornya sangat cepat dan akurat

Fingerprint sensor yang akurat dan cepat

Jika kebanyakan smartphone kelas mid-range hanya dilengkapi dengan fingerprint sensor di bagian belakang, Oppo sengaja meletakkan fasilitas pengaman tersebut di layar depan bagian bawah. Fasilitas pemindai sidik jarinya tersebut baru akan muncul ketika dari posisi stand-by atau juga saat baru saja mengaktifkan perangkat setelah mati.

Firut fingerprint sensornya tersebut memiliki respon yang sangat cepat dan juga akurat. Memang akan ada sedikit masalah ketika baru pertama kali mengaktifkan fitur tersebut untuk kali pertama. Hal tersebut sangat wajar karena sistem sedang berusaha merekam ulir dari sidik jari pemilik perangkat dan setelah itu semuanya akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Dapur Pacu Kuat dan Cepat

Oppo K3 ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm), prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver) dan kartu grafis Adreno 616 serta telah disokong dengan RAM sebesar 6GB atau 8GB. Dengan spesifikasi dapur pacu tersebut ditambah dengan Game Boost 2.0 (Frame Boost dan Game Boost), maka acara bermain game pun semakin menyenangkan karena tidak terganggu dengan time lags.

Audio Menggelegar

Smartphone satu ini dilengkapi dengan fitur audio yang hebat karena Oppo telah menyematkan Dolby Atmos yang mampu menghasilkan suara 3D dengan kualitas suara setara sinema dan dapat bergema ke seluruh penjuru ketika penggunanya memperdengarkan audionya di volume maksimal.

teknologi fast charging 20w oppo
Teknologi fast charging 20W (VOOC 3.0) ini paling cepat dari semua teknologi serupa sebelumnya

Proses Charging Lebih Cepat dari Smartphone Lain

Oppo sangat sadar bahwa salah satu masalah yang sering dialami para pengguna smartphone adalah terkait dengan lamanya proses charging baterainya. Oleh karena itu, Oppo telah membuat Oppo K3 ini support dengan teknologi fast charging 20W (VOOC 3.0). Dengan teknologi ini, maka baterai Oppo K3 yang memiliki kapasitas 3765 mAh tersebut dapat diisi ulang dari 0 persen ke 100 persen kurang dari 30 menit.

VOOC 3.0 ini menggunakan algoritma VFC terbaru yang mana diklaim 25 persen lebih cepat dibandingkan generasi fast charging sebelum-sebelumnya. Tidak hanya itu saja, VOOC 3.0 ini juga dapat menstabilkan temperatur di dalam baterai ketika proses charging sedang berlangsung.

Oppo K3 VS Realme X/Samsung Galaxy A50/Vivo V11 Pro

Oppo K3 vs Realme X

realme x
Realme X © realme.com

Tidak diketahui apakah ada kesepakatan antara kedua vendor, namun Oppo K3 dan Realme X memiliki kemiripan spesifikasi di atas 90 persen. Mulai dari ukuran body, berat, jenis layar, resolusi layar, dapur pacu sampai dengan baterainya pun sama.

Fitur kamera depan kedua perangkat memang juga sama, akan tetapi ketika membandingkan untuk fasilitas kamera belakang, maka terlihat apa yang dipunyai Realme X lebih unggul dibandingkan Oppo K3. Realme X dipersenjatai lensa kamera dengan resolusi 48MP + 5MP, sedangkan Oppo K3 hanya 16MP + 2MP.

Oppo K3 vs Samsung Galaxy A50

samsung galaxy a50
Samsung Galaxy A50 © samsung.com

Sama-sama berada di kelas menengah, namun nampaknya produk dari Samsung, Samsung Galaxy A50, ini harus mengakui keunggulan Oppo K3 dari segi besaran body dan layar. Dari sisi dapur pacu, Samsung Galaxy A50 dilengkapi dengan hardware yang tangguh juga lebih cepat dari yang digunakan Oppo K3. Tidak hanya unggul di jenis layar dan dapur pacu, A50 juga menang atas K3 dari sisi resolusi kamera depan dan belakang serta kapasitas baterainya.

Unggul di sisi besaran kapasitas baterainya, Galaxy A50 masih kalah jika harus beradu cepat dalam pengisiannya. Hal itu dikarenakan Oppo K3 sudah support dengan teknologi fast charging 30W (VOOC v3.0), sedangkan Galaxy A50 masih standar saja.

Oppo K3 vs Vivo V11 Pro

vivo v11 pro
Vivo V11 Pro ©vivo.com

Dari sesi besaran tubuh dan juga layarnya, memang Vivo V11 Pro ini masih kalah dengan Oppo K3, hanya saja ketika membandingkan dari jenis layar yang digunakan sampai dengan tingkat kerapatan antar-pixelnya, produk dari Vivo tersebut yang justru keluar sebagai pemenang.

Untuk masalah dapur pacunya, nampaknya kedua perangkat masih cukup imbang. Hanya saja untuk fasilitas kamera belakangnya, Oppo K3 lebih unggul. Akan tetapi Vivo V11 Pro dapat membalik keunggulan ketika yang dibandingkan adalah fasilitas kamera depannya. Vivo V11 Pro dilengkapi dengan lensa depan dengan resolusi 25MP, sedangkan Oppo K3 hanya 16MP.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo K3

Kelebihan Oppo K3

Apabila disebutkan satu per  satu, maka akan ada sangat banyak sekali kelebihan yang dimiliki Oppo K3 ini. Kelebihan pertama dari perangkat mobile satu ini terletak pada layarnya yang cukup lebar di antara semua pesaingnya.

Dengan layar berukuran 6,5 dan screen-to-body ratio mencapai 91,1 persen lebih, maka penggunanya akan semakin leluasa menggunakannya untuk bermain game, mengoperasikan aplikasi ataupun menonton video. Selain itu, dengan tidak disertainya fitur lain pada layarnya, seperti notch ataupun punch hole, maka bagian depan dari perangkat ini semakin terlihat lebih besar.

Tidak hanya itu saja, dapur pacu yang dimilikinya cukup cepat dalam pemrosesan semua data. Perpaduan antara chipset Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm), prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver) dan GPU Adreno 616 serta sokongan RAM sebesar 6GB/ 8GB membuat kinerja atau performa perangkat mobile satu ini sangat mengagumkan.

Satu hal lagi yang paling memukau dan dipunyai Oppo K3 ini adalah tersematkannya teknologi fast charging 20W (VOOC 3.0) yang dapat membuat baterainya akan terisi penuh dari 0 sampai 100 persen kurang dari 30 menit.

Kekurangan Oppo K3

Memang Oppo K3 ini telah mendapatkan menggunakan produk perlindungan dari Corning, yaitu Gorilla Glass 5, akan tetapi bukan berarti perangkat tersebut kebal terhadap apapun. Bahkan smartphone satu ini bukanlah tipe perangkat yang tahan air. Ditambah lagi, Oppo K3 juga belum memiliki sertifikasi IP67 atau bahkan IP68.

Kekurangan kedua terletak pada kamera utama yang terletak di belakang. Untuk ukuran smartphone secanggih ini, akan cukup mengecewakan jika ternyata kamera utamanya hanya memiliki resolusi sebesar 16MP saja. Ditambah lagi, kapasitas baterainya yang masih di bawah 4000 mAh juga menjadi satu kekurangan lain yang dipunyai Oppo K3 ini. Tidak terdapatnya slot untuk microSD juga menjadi salah satu kekurangan Oppo K3 karena fasilitas tersebut masih cukup dibutuhkan oleh banyak pengguna.

Review Akhir Oppo K3

oppo k3
Oppo K3, smartphone elegan dengan dapur pacu garang

Oppo K3 merupakan smartphone dengan spesifikasi menarik yang dibalut desain serta warna menarik. Dengan dapur pacu yang memiliki performa bagus, maka penggunanya dapat menjalankan banyak aplikasi tanpa mengalami time lags. Tidak hanya itu saja, ketika digunakan untuk bermain game ‘berat’ sekalipun, bukan menjadi satu masalah besar untuk Oppo K3 ini.

Fitur-fitur yang dimilikinya pun tidak kalah canggih dengan smartphone kelas atas. Contohnya saja, Oppo K3 ini sudah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang terletak di bawah layar, motorized pop-up camera sampai dengan tersematkannya Dolby Atmos yang mampu menghasilkan suara empuk dan tidak cempreng ketika audionya diputar secara maksimal.

Artikel: Spesifikasi Oppo K3 by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here