Spesifikasi Oppo Reno Z – Harga, Kamera, Baterai, Review Fitur Unggulan

tampilan oppo reno z
Tampilan Oppo Reno Z

Oppo Reno Z merupakan salah satu varian dari keluarga Oppo Reno, yaitu Oppo Reno, Oppo Reno 5G, Oppo Reno Z, dan Oppo Reno 10X. Dari 4 produk ini, Oppo Reno Z sajalah yang dapat dikatakan sebagai yang medioker alias paling bawah dalam urusan spesifikasi di dalamnya. Walaupun dikatakan terbawah dari semua seri Reno, akan tetapi Reno Z bukanlah smartphone yang dapat dianggap enteng begitu saja, lho.

Smartphone satu ini dapat berjalan di berbagai jaringan yang ada dan juga dilengkapi dengan segudang teknologi canggih terkini. Untuk desainnya pun tidak kalah mewah karena Oppo telah menambahkan notch pada bagian atas di layarnya. Sebagai informasi, penggunaan notch sampai sekarang masih dapat dibilang cukup ngetren di kalangan vendor mobile dunia.

Dapur pacu, kamera, RAM dan juga ROM yang dimilikinya tidak kalah dengan smartphone-smartphone kelas menengah dan kelas hi-end yang telah hadir di pasaran. Satu hal yang menyenangkan dari Reno Z adalah terdapatnya baterai dengan kapasitas besar di dalamnya.

Spesifikasi Oppo Reno Z

Nama model Oppo Reno Z
Kode produksi PCDM10, CPH1979
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Mei 2019
Dirilis resmi Juni 2019
Jaringan GSM/ CDMA/ TD-SCDMA/ HSPA/ EVDO/ LTE/ LTE-A
Eksternal
Dimensi 157,3 x 74,9 x 9,1 mm
Berat 186 gram (dengan baterai)
Casing Depan dan belakang dari kaca, frame samping dari plastik
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM)
Layar
Jenis AMOLED (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,4 inci
Resolusi 1080 x 2340 pixel (~402 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5
Model Bezelless, waterdrop notch
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) ColorOS 6
Chipset Mediatek MT6779 Helio P90 (12 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A75 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
Kartu grafis PowerVR GM9446
ROM 128GB (pasaran Eropa), 128GB/256GB (pasaran Cina), tidak ada slot untuk microSD
RAM 4GB/ 6GB/ 8GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 32MP
Fitur HDR
Belakang 48MP (wide) + 5MP (depth sensor)
Fitur Dual-LED flash, Panorama, HDR
Resolusi gambar 8000 x 6000 pixel
Resolusi video 6528 x 4896 pixel
Loundspeaker Ya
Port jack 3,5 mm
Sensor utama Accelerometer, compass, gyro, proximity
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot, dual-band
Bluetooth 5.0, A2DP, EDR, LE, aptX HD
USB Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
NFC Ya
Wireless Charging Tidak
GPS Ya, A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Radio Tidak
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4035 mAh
Warna Jet Black dan Aurora Purple untuk pasaran Eropa

Star Purple, Coral Orange, Extreme Night Black dan Bead White untuk pasaran Cina

Harga Pre-order (belum dirilis resmi di Indonesia) dengan harga antara Rp6 jutaan
Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Spesifikasi Oppo A1k

Harga Oppo Reno Z

Dari sederet varian Reno yang telah diproduksi Oppo, sayangnya ternyata hanya Oppo Reno 10X Zoom saja yang dirilis di Indonesia. Itupun hanya 200 buah saja yang dirilis secara resmi, sedangkan untuk varian lainnya, termasuk dengan Oppo Reno Z, belum diketahui kapan akan hadir di pasaran Nusantara.

Namun bagi yang ingin memiliki perangkat canggih satu ini, maka dapat melakukan pre-order di beberapa toko online atau juga e-commerce yang ada di Indonesia. Untuk harganya, memang tidak ada patokan pasti, namun jika diambil rata-rata, Reno Z tersebut dibanderol dengan harga Rp6 jutaan.

Memang harga pre-ordernya cukup tinggi untuk ukuran smartphone kelas mid-range, namun tentunya harga tersebut akan terbayar lunas jika Anda sudah mengetahui dan menikmati kecanggihan yang dimiliki oleh Reno Z itu. Apabila ingin lebih murah, Anda dapat berburu Reno Z di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti di Filipina salah satu contohnya. Di negara tersebut, harga Reno Z hanya mencapai PHP21.485 atau sekitar Rp5,8 jutaan saja.

Fitur Unggulan Oppo Reno Z

Desain Canggih Nan Anggun

spesifikasi oppo reno z desain yang apik
Desain Apik Oppo Reno Z

Jika dilihat secara sekilas, Oppo Reno Z ini memang memiliki desain yang mirip dengan kebanyakan smartphone terbaru di pasaran. Hanya saja jika dilihat secara detail, ada keunikan dari desain casing yang dimiliki Reno Z tersebut. Keunikan yang dimaksud adalah perangkat mobile satu ini lebih cocok masuk dalam kategori hi-end karena memang desainnya memukau dan eye-catching. Banyak orang yang tidak mengetahuinya maka akan mengira Reno Z adalah smartphone kelas atas dengan harga yang cukup mahal.

Seperti model-model di versi Reno lainnya, Reno Z ini menggunakan desain casing yang mengesankan padat dan menghindari sisi-sisi runcing pada setiap sudutnya. Oppo pun dengan cermat menggabungkan model desainnya itu dengan warna mencolok, seperti salah satunya adalah Aurora Purple.

Dengan ukurannya yang lumayan besar dan juga menggunakan material bagian depan dan belakang yang terbuat dari kaca tersebut, maka ada kesan bahwa smartphone satu ini akan mudah terlepas atau tergelincir dari genggaman, akan tetapi pandangan tersebut akan berubah setelah Anda mencoba menggenggamnya. Saat berada di genggaman, Reno Z akan terasa kesat dan terkesan ada karet penahan di setiap bagiannya.

Layar Super-Jernih dengan Waterdrop Notch di Atasnya

Layar yang dipunyai Reno Z ini berukuran 6,4 inci yang mana memiliki resolusi sebesar 1080 x 2340 pixel dengan tingkat densitas 402 ppi. Dengan tingkat kerapatan pixel sebesar itu, maka tidak heran semua yang tertampil di layarnya akan sangat jelas, jernih, detail dan juga tajam. Ditambah lagi dengan desain bezelles, membuat layar dari perangkat mobile satu ini sangat nyaman ketika digunakan untuk bermain game atau menonton video.

layar super jernih dengan waterdrop notch
Resolusi tinggi layar Oppo Reno Z menghasilkan tampilan yang tajam dan detail

Jika Oppo Reno 10X Zoom memiliki desain motorized pop-up camera, di Reno Z ini, Oppo lebih menggunakan desain waterdrop notch yang sampai sekarang masih cukup populer. Menjadi satu nilai tambah sendiri untuk Reno Z ini karena masih mengusung model desain kekinian seperti yang saat sekarang nge-tren. Rasio STB atau screen-to-body pada Reno Z ini adalah sebesar 92 persen dan layarnya juga dinyatakan lulus uji kelaikan serta telah mengantongi sertifikat perlindungan mata, TÜV Rheinland.

Kamera Beresolusi Besar dengan Kualitas Hebat

Smartphone dari Oppo ini dilengkapi dengan dua kamera yang memiliki resolusi dan fungsi berbeda. Salah satu lensanya yang beresolusi sebesar 48MP memakain sensor buatan Sony, Sony IMX 586 yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Dengan menggunakan produk besutan Sony itu, maka pengguna Reno Z akan dapat mengabadikan momen atau obyek baik itu dalam format foto atau video dengan sangat jelas, resolusi tinggi dan juga tingkat akurasi warna yang menawan. Dan lagi, walaupun tidak menggunakan OIS, Reno Z ini telah dilengkapi dengan EIS sebagai gantinya untuk dapat menstabilkan segala sesuatu yang menyangkut kameranya serta kualitas videonya sudah 4K.

kamera oppo reno z
Ilustrasi dua kamera belakang Oppo Reno Z

Lantas bagaimana jika digunakan untuk memotret di tempat yang kurang pencahayaan atau di malam hari? Jawabannya adalah Anda tidak perlu khawatir karena Oppo telah menyematkan Ultra Night Mode 2.0 yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi terbaik yang dipadu dengan scene malam atau suasana remang-remang. Dan tentu saja, Anda tidak perlu khawatir akan masalah noise karena Oppo telah merancang sedemikian rupa agar masalah tersebut tidak muncul ketika kameranya harus digunakan di tempat yang kurang cahaya atau di malam hari.

Terdapat banyaka mode untuk pendukung kamera yang dimiliki Oppo Reno Z ini, seperti salah satunya adalah Dazzle Color Mode. Dengan menggunakan Dazzle Color Mode, maka Anda dapat mengatur tingkat pencahayaan sampai dengan warna dari apapun yang Anda potret menggunakan kamera Reno Z ini. Tentunya Dazzle Color Mode sangat bagus ketika diaplikasikan untuk fotografi malam hari.

Baterai Berkapasitas Besar dan Lega

kapasitas baterai oppo reno z yang besar dan fast charging
Baterai yang besar dan fast charging technology pada Oppo Reno Z

Seperti yang telah dijelaskan di bagian atas, Reno Z ini dibekali dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas daya sebesar 4035 mAh. Baterainya juga masih didukung oleh teknologi VFC terbaru, yaitu VOOC 3.0 yang mampu melakukan pengisian ulang baterai secara cepat. Di bawah kendali VOOC 3.0 ini, maka Anda tidak perlu khawatir perangkat mengalami over heated karena terlalu lama dicharge atau sebagainya.

Kelebihan Oppo Reno Z

Oppo Reno Z ini hadir dengan dilengkapi layar besar. Bahkan dapat dikatakan salah satu yang terbesar di kelas mid-end. Layarnya berukuran 6,4 inci yang dapat digunakan untuk menonton video atau bermain game secara jelas dan lega. Kualitas layarnya pun sangat bagus juga tinggi, sehingga apapun yang tertampil akan terlihat sangat jelas, detail dan tajam.

Kamera bagian belakangnya juga memiliki resolusi besar yang mana dapat menghasilkan foto dengan kualitas terbaik. Maka akan menjadi satu pengalaman yang menggembirakan ketika memotret dengan menggunakan kamera belakang Reno Z dan kemudian langsung dapat mengunggahnya di akun jejaring sosial yang dimiliki.

Oppo Reno Z mampu meningkatkan kepuasan Anda dalam bermain game.

Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki Reno Z terletak pada baterainya. Kapasitas baterai yang dipunyai Reno Z sebesar 4035 mAh yang dapat bertahan lama ketika digunakan untuk beraktivitas berat sehari-hari atau dipakai untuk menonton video atau bermain game ‘berat.’ Ditambah lagi, terdapatnya teknologi yang dapat memangkas waktu pengisian baterainya secara cepat.

Kekurangan Oppo Reno Z

Casing yang dimiliki Oppo Reno Z adalah terbuat dari kaca pada bagian depan dan belakangnya. Frame sampingnya saja yang terbuat dari plastik keras polycarbonate. Hanya saja, Oppo tidak melengkapi produknya ini dengan pengaman layar atau casing yang mana dapat membuatnya mudah retak atau pecah jika terbentur atau terjatuh. Tidak hanya itu saja, Reno Z bukanlah smartphone yang anti-air atau anti-debu.

Untuk masalah tempat penyimpanan internalnya, memang secara umum kapasitasnya besar, yaitu 128GB atau 256GB, hanya saja, Oppo tidak menambahkan slot untuk microSD. Dengan ketiadaan slot tersebut, maka ketika internal storagenya mulai penuh, maka akan menyusahkan penggunanya dan juga membuat performa perangkat menjadi menurun.

tidak dilengkapi dengan slot external microSD
Oppo Reno Z tidak dilengkapi dengan slot external microSD

Perbandingan Oppo Reno Z dengan 3 Smartphone Setingkatnya

Oppo Reno Z vs Google Pixel 3a

Sama-sama diperkenalkan pada bulan Mei 2019, Google Pixel 3a nampaknya bukan lawan seimbang bagi Oppo Reno Z. Hal itu dikarenakan dari sisi dimensi body dan juga besaran layarnya saja lebih besar produk buatan Oppo tersebut. Tidak hanya itu saja, Pixel 3a terlihat kurang begitu elegan jika dibandingkan Reno Z dari segi desain dan material casingnya. Casing depan dan belakang Reno Z adalah kaca, sedangkan yang digunakan Pixel 3a adalah kaca untuk bagian depan dan plastik di bagian belakangnya.

Ditambah lagi, chipset yang digunakan Reno Z, Mediatek MT6779 Helio P90 lebih bagus dibandingkan dengan apa yang dipunyai Pixel 3a, yaitu Qualcomm Snapdragon 670. Terlebih lagi jika membandingkan kedua perangkat dari sisi kameranya, sudah barang tentu kamera Reno Z keluar sebagai juaranya.

Oppo Reno Z vs Xiaomi Mi 9

Jika unggul dari Google Pixel 3a, nampaknya produk dari Xiaomi yaitu, Xiaomi Mi 9, menjadi lawan tangguh bagi Oppo Reno Z. Jika dilihat dari usianya, smartphone besutan Xiaomi tersebut lahir terlebih dahulu, namun spesifikasi di dalamnya tidak kalah hebat dari smartphone terbaru, salah satunya Reno Z.

Dari segi besaran body dan layarnya, kedua perangkat ini memiliki ukuran yang sama. Hanya saja jenis layar yang digunakan Mi 9 masih lebih bagus dibandingkan yang dipunyai Reno Z. Kamera bagian belakang dari Reno Z pun juga bukan tandingan dari Mi 9. Hanya saja untuk urusan kamera depan, Reno Z lebih hebat dibandingkan Mi 9.

Oppo Reno Z vs OnePlus 7

Menang dari Google Pixel 3a dan kalah bersaing dengan Xiaomi Mi 9, lawan seimbang bagi Oppo Reno Z adalah OnePlus 7. Dikatakan begitu karena spesifikasi dari kedua perangkat mobile ini kurang lebih sama. Dimensi body, layar sampai dengan resolusinya memiliki ukuran yang sama persis. Hanya saja jenis layar yang dipakai keduanya berbeda. Jika Reno Z menggunakan layar AMOLED, OnePlus 7 memakai layar berjenis Optic AMOLED.

Besaran resolusi kamera bagian belakang dari kedua perangkat juga masih sama, hanya saja Reno Z memiliki kamera depan dengan resolusi yang lebih besar dibandingkan OnePlus 7. Selain itu, Baterai Reno Z juga lebih besar kapasitasnya dibandingkan dengan OnePlus 7. Hanya saja, chipset yang dipakai OneOlus 7 jauh lebih bagus dibandignkan Reno Z.

oneplus 7
Oneplus 7

Review Akhir Oppo Reno Z

Oppo Reno Z adalah salah satu smartphone baru keluaran Oppo yang mana hadir dengan layar berukuran 6,4 inci. Perangkat mobile satu ini menggunakan prosesor 2GHz octa-core MediaTek Helio P90 yang mana disokong oleh RAM sebesar 6GB. Baterai yang dimilikinya berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas 4,035 mAh yang mana support dengan VOOC yang berfungsi untuk mempercepat proses pengisian ulang baterainya.

Kamera utama yang terletak di bagian belakangnya memiliki resolusi sebesar 48MP dan 5MP. Mungkin dapat dipandang biasa saja karena sekarang ini sudah banyak smartphone lain yang dilengkapi dengan kamera beresolusi besar seperti yang dimiliki Reno Z. Hanya saja yang mengagumkan adalah terletak pada sisi kamera depannya yang miliki resolusi sebesar 32MP. Tentunya dengan resolusi sensor lensa sebesar itu, maka akan sangat menyenangkan bagi para pencinta selfie.

Sayangnya, smartphone ini belum juga hadir di Indonesia. Bahkan tidak ada kabar bahwa di tahun ini Reno Z akan diluncurkan untuk pasar Tanah Air. Oleh karenanya, bagi yang ingin memilikinya maka harus memesannya terlebih dahulu atau melakukan pre-order melalui toko online atau e-commerce yang ada di Indonesia.

Artikel: Spesifikasi Oppo Reno Z by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here