Spesifikasi Oppo Reno2 – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

oppo reno2
Oppo Reno2 adalah smartphone kelas premium mid-range terbaru dari Oppo

Oppo Reno2 merupakan perangkat mobile yang masuk kelas premium mid-range. Disebut begitu karena spesifikasinya sudah nyaris mendekati kelas hi-end, hanya saja Oppo lebih memasukkannya ke kelas menengah.

Hal ini dapat dibuktikan dengan digunakannya layar berkualitas tinggi dengan ukuran 6,5 inci yang memiliki screen-to-body ratio sebesar 93,1 persen dengan tingkat kerapatan antar-pixelnya mencapai 401 ppi.

Selain itu, dapur pacunya sangat bertenaga yang mana disokong dengan RAM dan ROM besar. Secara total, ada 5 lensa kamera yang tersemat di tubuh smartphone Oppo Reno2 ini yang mana 4 buah terletak di belakang dan 1 di depan. Baterai Reno2 ini memiliki kapasitas sebesar 4000 mAh dan telah support dengan fast charging 20W (VOOC Flash Charge 3.0).

Spesifikasi Oppo Reno2

Nama model Oppo Reno2
Kode produksi CPH1907, PCKM70, PCKT00, PCKM00
Segmen pasar Premium mid-range
Diperkenalkan Agustus 2019
Dirilis resmi September 2019
Jaringan GSM/ CDMA/ CDMA2000 1xEV-DO/ WCDMA/ TD-SCDMA/ HSPA/ HSDPA/ LTE/ LTE FDD/ LTE TDD
Eksternal
Dimensi 160 x 74,3 x 9,5 mm
Berat 189 gram
SIM Card Hybrid Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis AMOLED (Capacitive Screen)
Ukuran 6,5 inci (screen-to-body ratio 93,1%)
Resolusi 1080 x 2400 pixel (~401 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 6 3D
Model Bezelless
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) ColorOS 6.1
Chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G (8 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)
Kartu grafis Adreno 618
ROM 256GB (dapat ditambah 512GB via microSD)
RAM 8GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 16MP
Fitur Panorama, portrait, night scene, time-lapse photography, slow motion, Photo Editing, LED flash, HDR
Belakang 48MP (wide) + 8MP (telephoto + 13MP (ultrawide) + 2MP (depth sensor)
Fitur Dual LED Flash, HDR, Digital zooming 20X, AI Noise Reduction, OIS+EIS, panorama, portrait, night scene, time-lapse photography, slow motion, Photo Editing
Loundspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Gyro-meter, Light Sensor, E-Compass, G-Sensor/Acceleration Sensor, Proximity Sensor
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar)
Konektivitas
WLAN 2.4/5GHz 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
NFC Ya
GPS A-GPS, Beidou, Glonass, GALILEO
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4000 mAh (support fast charging 20W (VOOC Flash Charge 3.0))
Warna Sunset Pink, Ocean Blue, Luminous Black
Harga Rp7,3 jutaan
Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Spesifikasi Oppo K3
Spesifikasi Oppo Reno Z

Harga Oppo Reno2

Seperti halnya produk-produk dari Oppo lainnya, Oppo Reno2 ini baru dirilis secara resmi di 2 negara saja untuk saat ini, yaitu di Cina dan di India. Bahkan ketersediaan produk mobile tersebut di India juga masih sangat terbatas, tidak sebanyak di Cina. Dan sampai sekarang pun belum ada informasi mengenai kapan perangkat mobile tersebut bakal hadir untuk pasaran Asia Tenggara atau Indonesia pada khususnya.

Bagi yang ingin membeli Oppo Reno2 ini, nampaknya harus bersabar terlebih dahulu karena produk tersebut masih sangat susah untuk ditemui di pasaran bebas. Untuk harganya, Oppo Reno 2 tersebut dipasarkan dengan harga CNY3,692.61 atau INR36,990 atau sekitar Rp7,3 jutaan.

Fitur Unggulan Oppo Reno2

Quad camera, 48MP

spesifikasi oppo reno2 quad camera
Kamera belakang Oppo Reno2 sangat bagus digunakan untuk memotret atau merekam video

Lensa kamera utama Oppo Reno2 memiliki resolusi sebesar 48MP yang menggunakan sensor Sony IMX586, dan memiliki aperture f/1.7 serta telah dilengkapi dengan fitur OIS atau Optical Image Stabilization dan EIS atau Electronic Image Stabilization. Lensa kamera keduanya memiliki resolusi sebesar 13MP yang berfungsi sebagai telephoto atau untuk dapat digunakan memotret obyek dari jarak jauh, 5 kali hybrid zoom dan 20 kali digital zoom. Pihak Oppo sendiri mengklaim bahwa walaupun diperbesar (zooming) secara maksimal, akan tetapi dikarenakan terdapatnya Fusion Imaging Technology, maka hasil fotonya akan tetap bagus, tidak memunculkan banyak grain, blurry atau perbedaan perspektif lainnya.

Lensa ketiganya memiliki resolusi sebesar 8MP yang berfungsi untuk mengambil gambar secara meluas atau ultrawide sampai dengan 116 derajat dan lensa kamera ke-4 yang dimiliki mempunyai resolusi sebesar 2MP mono lens yang berfungsi sangat bagus ketika digunakan dalam mode portrait.

Selain itu, dengan terdapatnya Ultra Dark Mode di dalam Oppo Reno2 ini, maka Anda tidak perlu khawatir ketika harus memotret di tempat yang minim cahaya atau saat malam hari. Hasil yang didapatkan mirip ketika Anda memotret di tempat yang kaya cahaya. Hal itu dikarenakan terdapatnya AI Noise Reduction dan Fine-Tuned Performance NPU Acceleration di dalamnya.

Fitur video yang menawan

Selain sangat bagus ketika digunakan untuk mengabadikan suatu momen atau obyek tertentu, kamera belakang Oppo Reno2 ini juga sangat bagus ketika dipakai untuk merekam dalam format video karena smartphone ini telah dilengkapi dengan Ultra Steady Video yang dapat membuat meredam. Selain itu high frame rate video yang dihasilkan adalah 60 frame per second (fps).

Tidak hanya itu saja, seperti halnya melakukan zooming obyek ketika dalam mode foto, saat dalam mode video, Anda juga dapat melakukan hal yang sama dengan menggunakan fasiltias Video Dynamic Zoom. Dengan fitur ini, Anda dapat memperbesar obyek sampai dengan 20 kali dan juga dapat mereduksi suara yang tidak diinginkan (wind noise) serta dapat fokus menangkap suara obyek utama yang sedang direkam (sound focus).

spesifikasi kamera depan oppo reno2
Kamera depannya dilengkapi dengan Portrait Mode 2.0

Kamera depan dengan banyak mode memukau

Lensa kamera untuk sisi depan dari perangkat mobile satu ini memiliki resolusi sebesar 16MP. Besaran resolusi tersebut sudah cukup bagus untuk digunakan berswafoto atau saat digunakan untuk videocall. Dan yang membuat fitur kamera depannya ini lebih menarik karena terdapatnya banyak mode yang salah satunya adalah Portrait Mode 2.0.

Dengan menggunakan Portrait Mode 2.0 ini maka Anda dapat memaksimalkan hasil swafoto dengan AI Beauty Mode atau juga memaksimalkan aperture f/2.0 yang mampu menghasilkan bokeh halus di sekeliling obyek utama. Untuk pewarnaan dan sejenisnya, Anda masih dapat menggunakan mode HDR.

Satu hal yang menarik dan hanya terdapat pada Oppo Reno2 dan Oppo Reno2 Z adalah keberadaan efek bokeh (Bokeh Effect Video) yang bakal berfungsi ketika digunakan untuk mode portrait. Dan Oppo Reno2 dan Oppo Reno2 Z ini merupakan smartphoner pertama yang menggunakan motorized pop-up camera yang support dengan Bokeh Effect Video.

layar amoled
Layar Oppo Reno2 ini adalah berjenis AMOLED

Layar Besar dan tahan gores atau benturan

Layar yang digunakan Oppo Reno2 ini tergolong besar yaitu berukuran 6,5 inci dengan toleransi screen-to-body ratio sebesar 93,1 persen dan memiliki resolusi 1080 x 2400 pixel serta kerapatan antar-pixelnya mencapai 401 pixel per inch (ppi). Dengan layar yang lebar atau besar ini maka Anda dapat menonton video atau bermain game secara lega. Ditambah lagi tidak terdapatnya punch hole, notch atau apapun yang dirasa menyita tempat pada bagian depannya.

Tidak hanya berkualitas, layar AMOLED yang digunakan sudah terlindungi oleh produk dari Corning, Corning Gorilla Glass 6 3D yang mana tahan benturan, debu atau juga goresan. Pada saat digunakan di bawah sinar matahari langsung atau saat digunakan di tempat yang kurang cahaya atau malam hari, layarnya akan secara otomatis mengatur tingkat kecerahannya. Terlebih lagi, layarnya memiliki pereduksi cahaya biru yang mampu mengurangi efeknya sampai 41,6 persen dan sudah mengantongi sertifikat TÜV Rheinland.

Dapur pacu bertenaga dengan sokongan RAM dan ROM besar

Pada bagian internalnya, Oppo telah membenamkan sejumlah hardware berkualitas, seperti chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G (8 nm), prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver) serta GPU Adreno 618 di dalam Oppo Reno2 ini. Tidak hanya itu, Oppo juga telah melengkapi perangkat mobile ini dengan internal storage sebesar 256GB yang masih dapat ditambah lagi kapasitasnya menggunakan microSD, serta RAM sebesar 8GB.

Sebagai informasi chipset dan prosesor yang digunakannya telah support algoritma AI yang mana tidak boros terhadap tenaga baterai, terutama ketika dipakai untuk mengoperasikan kamera. Hal itu dikarenakan terdapatnya NPU Accelerator yang mampu mengoptimalkan performa mesin

baterai oppo reno2 lithium polymer 4000 mah
Baterai yang dipunyai Oppo Reno2 ini berjenis non-removable Lithium Polymer 4000 mAh

Baterai tahan lama dengan VOOC 3.0

Oppo Reno2 ini dilengkapi dengan baterai berjenis non-removable yang terbuat dari Lithium Polymer berkapasitas 4000 mAh. Dan yang menjadi cukup menarik adalah perangkat ini telah support dengan fast charging 20W (VOOC Flash Charge 3.0) yang mana ketika digunakan untuk mengisi ulang baterai dari 0 – 51 persen hanya membutuhkan waktu 30 menit saja.

Oppo mengklaim bahwa baterainya mampu bertahan sampai dengan 8 jam untuk digunakan bermain game atau sampai 13 jam untuk memutar video secara non stop. Bahkan tim dari Oppo telah mengujicobakan kualitas dan ketahanan baterainya dengan menggunakan perangkat untuk bermain game Arena of Valor (AOV).

Oppo Reno2 VS ZTE Nubia Red Magic 3/Lenovo Z6 Pro/Huawei Honor 20 Pro

Oppo Reno2 vs ZTE Nubia Red Magic 3

zte nubia red magic 3
ZTE Nubia Red Magic 3 © na.redmagic.gg

Dari segi ukuran dan bobotnya, ZTE Nubia Red Magic 3 lebih besar dan berat dibandingkan Oppo Reno2, namun ukuran layarnya relatif sama besar. Akan tetapi produk dari ZTE itu kalah dari tingkat kerapatan antar-pixel serta screen-to-body rationya. Keunggulan Reno2 lainnya atas Nubia Red Magic 3 adalah terletak pada fitur kamera belakangnya. Hanya ada satu lensa kamera saja yang dimiliki Nubia Red Magic 3, sedangkan Reno2 memiliki 4 buah lensa.

Hanya saja jika membandingkan kedua perangkat dari sisi dapur pacu, Nubia Red Magic 3 lebih gahar dan cepat dibandingkan yang dipunyai Reno2. Bahkan RAM dan juga kapasitas baterainya pun lebih besar dibandingkan produk dari Oppo tersebut.

Oppo Reno2 vs Lenovo Z6 Pro

lenovo z6 pro
Lenovo Z6 Pro © lenovo.com

Kedua smartphone ini dari sisi eksternalnya kurang lebih memiliki kesamaan. Mulai dari dimensi, bobot, besaran layar, resolusi sampai tingkat kerapatan antar-pixelnya pun relatif sama. Hanya saja, jenis layar yang digunakan Lenovo Z6 Pro lebih bagus, yaitu Super AMOLED, sedangkan Oppo Reno2 hanya dibekali layar berjenis AMOLED saja.

Untuk fitur kameranya pun juga kurang lebih sama, karena keduanya dilengkapi dengan 4 lensa di belakang. Namun lensa kamera depan yang dimiliki Lenovo Z6 Pro lebih besar, 32MP, dibandingkan Reno2 yang hanya 16MP saja. Ditambah lagi dapur pacu Z6 Pro juga lebih ngebut dari produk besutan Oppo itu.

Oppo Reno2 vs Huawei Honor 20 Pro

huawei honor 20 pro
Huawei Honor 20 Pro © hihonor.com

Sekali lagi, untuk urusan dapur pacu, nampaknya Oppo harus berpikir ulang untuk meredesign produk barunya nanti, karena Oppo Reno2 yang masuk kategori premium mid-range masih kalah dengan smartphone sekelasnya, Huawei Honor 20 Pro. Dapur pacu Honor 20 Pro lebih cepat 6,84 persen dibandingkan dengan yang dipunyai Oppo Reno2.

Namun Oppo Reno2 memiliki jenis layar yang lebih bagus serta ukuran layar yang lebih besar dibandingkan produk dari Honor tersebut. Untuk baterainya, kedua perangkat sama-sama dilengkapi baterai dengan kapasitas 4000 mAh.

Keunggulan dan Kekurangan Oppo Reno2

Keunggulan Oppo Reno2

Ditanya mengenai keunggulan Oppo Reno2, maka jawaban utama akan jatuh pada fasilitas kamera belakangnya. Dengan 4 lensa kamera yang memiliki resolusi dan fungsi berbeda serta penambahan beberapa mode serta teknologi AI di dalamnya, maka hasil yang didapatkan sangat optimal. Kelebihan lain yang dipunyai smartphone ini adalah terdapatnya teknologi fast charging VOOC 3.0 yang mampu memperpendek durasi pengisian baterainya.

RAM dan ROM yang besar yang dimiliki smartphone ini termasuk dalam keunggulannya karena cukup jarang smartphone kelas menengah yang dilengkapi dengan RAM 8GB serta ROM di atas 128GB. Dengan RAM sebesar itu, maka akan sangat menyenangkan sekali ketika menggunakan perangkat untuk bermain game atau menonton video dalam durasi yang lama.

Salah satu keunggulan lain yang cukup bagus dimiliki Reno2 adalah perangkat ini walaupun bukan tergolong smartphone yang cocok digunakan untuk beraktivitas berat atau digunakan di tempat extrem, namun fisiknya cukup kuat terhadap debu, goresan atau benturan yang minor. Untuk masalah lain, seperti layar besar, sensor pemindai sidik jari dan tampilan premium merupakan kelebihan selanjutnya dari Oppo Reno2 tersebut.

Kekurangan Oppo Reno2

Selain memiliki kelebihan, tentu saja Oppo Reno2 juga mempunyai kekurangan tersendiri. Kekurangan tersebut antara lain tidak dilengkapinya fasilitas wireless charger yang sudah menjadi hal jamak untuk smartphone dengan spesifikasi bagus. Dan mungkin bagi sebagian orang, ketiadaan fasilitas infrared tidak begitu dipermasalahkan, akan tetapi tidak sedikit pula yang justru kecewa ketika sebuah smartphone tidak memiliki fasilitas tersebut dan Oppo Reno2 termasuk smartphone yang tidak dilengkapi dengan infrared.

Kekurangan lain dari Oppo Reno2 adalah penggunaan hybrid Dual SIM Card yang mana akan merepotkan pengguna ketika harus bergonta-ganti antara SIM Card dan microSD. Dan satu hal lagi, walaupun bagian layar atau casing belakangnya sudah diperkuat dengan Corning Gorilla Glass, akan tetapi smartphone satu ini bukan tergolong perangkat yang tahan terhadap air dan hal tersebut juga termasuk kekurangannya.

Review Akhir Oppo Reno2

oppo reno2
Oppo Reno2 adalah smartphone kelas premium mid-range terbaru dari Oppo

Secara umm, Oppo Reno2 merupakan smartphone yang sangat bagus. Oppo benar-benar berhasil menyeimbangkan antara sisi tampilan dan kinerja perangkat. Desainnya yang memukau serta nampak elegan juga mewah tersebut terkesan membalut performa menawan serta fitur-fitur canggih yang dimiliki smartphone ini.

Fasilitas kamera depan dan juga belakang beserta mode-mode yang dimilikinya, prosesor yang bertenaga serta RAM sebesar 8GB membuat perangkat mobile satu ini sangat cocok untuk digunakan para muda yang mempunyai mobilitas dan penuh kreativitas tinggi. Terlebih baterainya yang berkapasitas 4000 mAh mampu membuat perangkat dapat digunakan dalam jangka waktu lama tanpa harus memerlukan bantuan dari perangkat semacam powerbank atau sejenisnya lagi.

Artikel: Spesifikasi Oppo Reno2 by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here