Spesifikasi Realme X – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

realme x
Realme X memang diciptakan untuk para muda yang anti-mati gaya

Realme X merupakan salah satu produk andalan Realme yang menyasar pangsa pasar menengah. Produk ini dilengkapi dengan layar besar berukuran 6,53 inci yang mana sudah menanggalkan waterdrop notch pada bagian atasnya dan melengkapinya dengan sensor sidik jari pada bagian bawahnya untuk sistem pengamanannya.

Di sisi internalnya, selain dapur pacunya yang sangat bagus. Chipset Qualcomm Snapdragon 710 di dalamnya membuat perangkat mobile ini dapat melaju kencang. Tidak hanya itu saja, RAM besar yang tersemat di dalamnya juga berperan penting terhadap laju mulus setiap sistem di dalam perangkat.

Keunggulan lain yang dimiliki Realme X terletak pada kameranya yang memiliki resolusi tinggi dan sudah dilapisi dengan kaca safir yang juga kuat. Menggunakan model motorized pop-up untuk kamera bagian depannya membuat lensa lebih aman ketika terjatuh atau terbentur.

Dengan spesifikasi yang di atas rata-rata untuk kelas mid-range ini, Realme X dirasa sangat tepat untuk dimiliki, terlebih harganya tergolong tidak terlalu tinggi, Rp 3,7 jutaan.

Lihat juga harga dan spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Realme XT – Harga dan Spesifikasi
Realme XT – Realme 5

Spesifikasi Realme X

Nama model Realme X
Kode produksi RMX1901
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Mei 2019
Dirilis resmi Juli 2019
Jaringan GSM/ CDMA/ TD-SCDMA/ HSPA/ HSDPA/ LTE
Eksternal
Dimensi 161,3 x 76,1 x 8,6 mm
Berat 191 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM)
Layar
Jenis AMOLED (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,53 inci (body ratio 91,1%)
Resolusi 2340 x 1080 pixel (~394 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5
Model Bezelless dengan motorized pop-up camera
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) ColorOS 6
Chipset Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 AIE (10nm)
Prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)
Kartu grafis Adreno 616
ROM 64GB/ 128GB/ 256GB (tidak ada slot untuk microSD)
RAM 4GB/ 6GB/ 8GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 16MP (wide)
Fitur Binning flash, AI Intelligent Beauty, Portrait style mode HDR, HDR
Belakang 48MP (wide) + 5MP (depth sensor)
Fitur Super Nightscape, Chroma Boost, Portrait style mode HDR, Binning flash, Electronic image stabilization (EIS), Camera delay
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Geomagnetic sensor, Acceleration sensor, Gyroscope, Light and distance sensor, Compass
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot, dual-band
Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX HD
USB Type-C 1.0 reversible connector
NFC
GPS aGPS, GLONASS, BDS (BeiDou)
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Lithium Polymer
Kapasitas daya 3765 mAh (support VOOC Flash Charge 3.0 20W)
Warna Space Blue, Polar White
Harga Rp3.799.000

Harga Realme X

Sama seperti ketika dirilis di berbagai negara lain, Realme X juga hadir di Indonesia di bulan Juli 2019. Untuk masalah harganya sendiri, Realme X dengan internal storage sebesar 128GB dan RAM 4GB dijual dengan harga Rp3,8 jutaan, sedangkan yang memiliki ROM sebesar 128GB dengan RAM 8GB, dipasarkan dengan harga Rp4,2 jutaan. Selain itu, terdapat harga-harga khusus ketika membelinya di e-commerce yang khusus menjadi rekanan Realme, yaitu Shopee.

Bahkan terdapat juga Realme X edisi “Spiderman Far for Home” yang dibanderol dengan harga yang sangat spesial. Pembeliannya pun hanya dapat dilakukan di Shopee saja. Untuk harganya, Realme X edisi “Spiderman Far for Home” dibanderol Rp4 jutaan.

Fitur Unggulan Realme X

spesifikasi realme x dengan layar amoled
Walaupun hanya AMOLED, namun segala yang tertampil sangat tajam dan jelas

Layar dengan Tampilan Sinematik

Realme X memiliki layar berukuran 6,53 inci yang cukup besar dibandingkan smartphone sekelas besutan vendor lainya. Ditambah lagi, body rationya sebesar 91,1% membuatnya nampak seperti benar-benar tanpa batas tepi dan Anda akan lebih leluasa dalam menonton video atau menggunakannya untuk bermain game.

Layar AMOLED yang digunakan Realme X ini telah dirancang khusus agar tetap mampu menampilkan apa yang tertampil secara jelas baik di bawah terik matahari langsung ataupun di tempat yang kurang cahaya. Selain ada fasilitas untuk mengganti-ganti temperatur warna layar, mengatur tingkat kecerahan sampai juga yang berfungsi mereduksi tingkat pencahayaan, layar Realme X juga sudah dilengkapi dengan fitur Always-On Display yang mana akan selalu muncul ketika smartphone sedang tidak dalam keadaan aktif.

Fingerprint Sensor yang Sensitif dan Akurat

Realme X dilengkapi dengan modul fingerprint terbaru, yaitu Goodix G2.4. Dengan menggunakan modul tersebut maka perangkat dapat merancang optikal biometrics scanner atau in-display biometrics yang membuat sensornya sangat sensitif dan juga akurat ketika diaktifkan.

Ditambah lagi penggunaan mesin dengan akselerasi DSP maka dapat mempercepat pemindaian sidik jarinya sangat cepat atau 28,5 persen lebih cepat dibandingkan dengan sistem sensor sidik jari generasi sebelumnya. Terlebih lagi, fitur ini tidak membutuhkan banyak daya baterai dalam pengoperasiannya.

hasil foto tidak terganggu dengan banyaknya noise
Hasil foto pada waktu malam pun tidak akan terganggu dengan banyaknya noise

Kamera dengan Teknologi AI

Pada bagian belakang perangkat ini terdapat 2 kamera dengan lensa utama yang memiliki resolusi besar, yaitu 48MP dengan sensor Sony IMX586 dengan aperture f/1.7 serta lensa yang memiliki fungsi untuk menjelajahi kedalaman foto (depth sensor) dengan resolusi sebesar 5MP.

Bagi Anda yang suka selfie, kamera depan yang dipunyai Realme X ini memiliki resolusi sebesar 16MP dengan sensor lensa buatan Sony, Sony IMA 471 dan aperture f/2.0. Memang ada anggapan jika Anda melakukan selfie lebih dari 50 kali dalam sehari, maka kameranya akan cepat rusak karena sistem motorized pop-up yang digunakan akan menjadi aus. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena digunakan sesering mungkin pun, motor flexi untuk kamera depannya akan tetap berfungsi sempurna.

Baik kamera pada bagian belakang ataupun yang depan, semuanya telah disokong oleh teknologi artificial intelligence (AI) agar menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik. Tidak hanya itu saja, terdapat berbagai macam mode untuk lebih dapat membantu penggunanya dalam mengabadikan sesuatu atau objek khusus.

Terdapat pul Nightscape Mode untuk mengabadikan momen atau objek di tempat yang kurang cahaya atau juga di malam hari dengan sempurna tanpa takut hasilnya menjadi gelap, pucat atau bahkan terganggu dengan banyaknya noise.

VOCC Fast Charge 3.0

Realme X sudah dilengkapi support dengan teknologi pengisian ulang baterai yang singkat atau fast charging, yaitu Voltage Open Loop Multi-step Constant-Current Charging (VOOC) Flash Charge 3.0. Dengan menggunakan teknologi ini, maka Realme X dapat mengisi ulang baterainya dari posisi 0 ke 80 persen ke atas hanya dalam waktu kurang lebih 20 menit saja. Bahkan Realme mengklaim bahwa VOOC Flash Charge 3.0 ini mampu mengisi baterai 6 kali lebih cepat dibandingkan dengan teknologi standar pada umumnya.

Teknologi fast charging yang digunakan pada Realme X ini mampu menurunkan temperatur pada saat proses pengisian ulang yang mana hal tersebut dapat meningkatkan kecepatan charger dalam menyalurkan listrik ke baterai. Suhu tertinggi pada perangkat saat menggunakan VOOC Flash Charge 3.0 hanya 15 persen lebih rendah dibandingkan teknologi fast charging versi sebelumnya atau model lainnya.

dapur pacu yang kuat untuk main game seharian
Dapur pacunya digunakan untuk nge-game seharian pun tidak terasa lemot

Dapur Pacu yang Cepat dan Bertenaga

Smartphone satu ini menggunakan chipset Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 AIE (10nm), prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver) dan GPU Adreno 616, serta disokong dengan RAM LPDDR4X besar, mulai dari 4GB sampai 8GB. Selain itu, ROM yang dimilikinya tak kalah besar, yaitu mulai dari 64GB sampai 256GB. Dan yang menjadi kelebihan lain dari Realme X menggunakan UFS 2.1 Flash Storage yang memiliki kecepatan bagus dalam membaca atau penyimpanan data.

Untuk masalah game, smartphone satu ini dilengkapi dengan Hyper Boost 2.0 (Frame Boost dan Touch Boost) yang dapat membuat mesin semakin bertenaga dan melaju dengan mulus. Tidak hanya itu saja, terdapat juga Game Space dan Game Assistant yang sangat berguna bagi para mobile gamer. Terlebih, Realme menambahkan gel jenis baru yang mana terintegrasi dengan foi tembaga yang dapat menurunkan suhu di dalam perangkat sampai dengan 15,2 persen agar mesin tetap dapat bekerja secara optimal

desain yang sederhana namun keren
Desainnya memang terlihat sederhana, akan tetapi cukup keren di tangan

Desain dengan Pola 3D yang Menarik

Selama beberapa tahun belakangan sampai sekarang, ketika banyak vendor dunia berlomba-lomba menciptakan perangkat mobile dengan tambahan notch di bagian atas layarnya atau juga menggunakan desain u-shape atau v-shape, namun Realme X justru menanggalkannya. Dengan dihilangkannya notch ataupun punch hole, maka dapat membuat penggunanya lebih leluasa ketika ingin bermain game atau menonton video.

Selain itu, desainnya yang simple dan sleek serta penggunaan gradasi warna yang menarik membuat perangkat mobile satu ini nampak anggun dan tidak terkesan sebagai smartphone kelas menengah. Terlebih lagi Realme menambahkan pola 3D yang membentuk huruf S yang indah pada bagian casing belakangnya

ColorOS 6, UI dengan Tampilan Menawan

User Interface atau UI yang digunakan Realme X adalah ColosOS 6 berbasis Android 9.0 Pie. UI satu ini mampu memberikan tampilan desain setiap icon dan segala hal yang tertampil di layarnya menjadi menarik, sederhana, minimalis, namun penuh gaya terkini.

ColorOS 6 ini juga dapat terintegrasi secara penuh dengan voice assistant pada Realme X, yaitu Breeno. Selain itu, Anda juga dapat mengatur dan mengotak-atik segala yang tertampil di layar dengan mudah dan cepat.

Realme X dengan Vivo S1 VS Xiaomi Redmi Note 7 Pro/Samsung Galaxy A50

vivo s1
Vivo S1 © vivo.com

Realme X vs Vivo S1

Sama-sama dirilis secara resmi pada bulan Juli 2019, nampaknya pesaing terberat Realme X adalah produk dari Vivo, yaitu Vivo S1. Dikatakan begitu karena keduanya sama-sama saling bersaing di segala lini. Mulai dari besaran body dan layar, Realme X lebih unggul, akan tetapi dari jenis layar digunakan Vivo S1 yang menjadi pemenangnya.

Begitu pula pada fasilitas kameranya, kamera utama pada Realme X cukup besar resolusinya, hanya saja Vivo S1 memiliki 3 kamera secara langsung. Untuk masalah dapur pacunya, juga dapat dikatakan seimbang karena dari sisi kecepatan, chipset dan prosesor milik Vivo S1 lebih cepat, akan tetapi dari besaran RAM di dalam dan juga pengonsumsian dayanya, apa yang digunakan Realme X lebih jago.

xiaomi redmi note 7 pro
Xiaomi Redmi Note 7 Pro © mi.com

Realme X vs Xiaomi Redmi Note 7 Pro

Xiaomi Redmi Note 7 Pro merupakan versi Note terbaru yang diproduksi Xiaomi. Jika mendengar kata Note maka terbersit sebuah produk dengan spesifikasi gahar, bukan? Sayangnya ketika harus head-to-head dengan Realme X, produk dari Xiaomi itu harus tertinggal di belakang. Pasalnya, spesifikasi yang dimiliki Note 7 Pro masih kalah canggih dibandingkan dengan Realme X.

Contohnya saja dari segi jenis layar sampai besarannya, yang dimiliki Realme X lebih tinggi dibandingkan yang digunakan Note 7 Pro. Begitu pula ketika membandingkannya pada sisi dapur pacunya. Chipset, prosesor dan GPU yang dimiliki Note 7 Pro belum dapat mengejar performa dari yang dipunyai Realme X. Satu-satunya keunggulan Note 7 Pro terletak pada kapasitas baterainya yang cukup besar dibandingkan dengan produk dari Realme tersebut.

samsung galaxy a50
Samsung Galaxy A50 © samsung.com

Realme X vs Samsung Galaxy A50

Secara sekilas tidak ada hal yang terlalu mencolok dan menjadi pembeda mendasar dari kedua perangkat mobile ini. Hanya saja, layar pada Realme X lebih besar dibandingkan yang dipunyai Samsung Galaxy A50. Layar Realme X adalah sebesar 6,53 inci dengan body ratio 91,1%, sedangkan pada Samsung Galaxy A50 hanya sebesar 6,4 inci dengan body ratio 84,9%.

Hanya saja ketika berbicara masalah dapur pacu, chipset Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 yang digunakan Realme X masih belum dapat mengungguli milik Samsung Galaxy A50, Exynos 9610. Hal itu dikarenakan Exynos 9610 lebih cepat dan gahar dibandingkan dengan Snapdragon 710. Sayangnya, GPU yang digunakan A50 masih kurang bertenaga jika dibandingkan dengan Adreno 616 milik Realme X.

Kelebihan dan Kekurangan Realme X

Kelebihan Realme X

Realme X dapat dikatakan merupakan smartphone mid-range dengan rasa hi-end. Dikatakan begitu karena memang dari segi dapur pacu yang digunakannya sangat berkualitas. Bahkan menjadi salah satu yang terbaik di kelas menengah, contohnya chipset yang digunakan Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 AIE (10nm), prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver) dan GPU-nya adalah Adreno 616.

Tidak hanya itu saja, kamera utamanya juga cukup besar tingkat resolusinya. Kualitas kamera utamanya sangat tinggi (48MP), bahkan ketika digunakan untuk merekam video, hasilnya sudah stara format 4K. P30 buatan Huawei saja yang diakui dunia sebagai smartphone dengan resolusi tertinggi sejagat pun hanya mampu menghasilkan kualitas di bawah yang dimiliki Realme X.

Kelebihan lain yang dimiliki Realme X adalah ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung, layarnya tidak flickering dan masih terlihat cukup jelas. Tidak hanya itu saja, ketika dipakai di tempat gelap atau kurang pencahayaan, cahaya yang dipancarkan layarnya pun tidak membuat mata menjadi lelah atau sakit.

Kekurangan Realme X

Dilengkapi dengan kamera utama yang miliki resolusi besar, sayangnya Realme terkesan tanggung dalam menciptakan produk smartphone ini. Dalam artian, ketika banyak smartphone sejenis yang sekarang ini saling berlomba untuk menggunakan minimal 3 kamera pada bagian belakangnya, justru Realme X hanya dilengkapi 2 kamera saja. Masih terkait dengan fasilitas kameranya, Realme X tidak dilengkapi dengan lensa ultra-wide yang sekarang ini sudah banyak digunakan oleh para kompetitornya.

Selain itu, tidak terdapatnya slot microSD dan juga fitur NFC juga menjadi kekurangan dari smartphone satu ini. Besaran kapasitas baterainya juga dapat dikatakan sebagai kekurangan Realme X berikutnya. Walaupun sudah disokong oleh fasilitas untuk dapat melakukan charging dalam waktu cepat, akan tetapi dengan kapasitas kurang dari 4000 mAh, membuat baterai smartphone ini lebih cepat habis ketika digunakan untuk aktivitas selama berjam-jam, terutama ketika dipakai untuk bermain game.

Review Akhir Spesifikasi Realme X

realme x
Realme X memang diciptakan untuk para muda yang anti-mati gaya

Realme X merupakan salah satu produk andalan Realme yang menyasar segmen muda di Tanah Air. Dengan mengusung desain terkini serta layar yang sangat jernih juga berkualitas, Realme X diharapkan mampu menjadi yang terdepan di ranah smartphone mid-range. Smartphone satu ini dilengkapi dengan segudang fitur menarik serta disokong dapur pacu yang tak kalah hebatnya.

Contohnya saja, dilengkapi dengan layar berukuran 6,53 inci Full HD+ berjenis AMOLED. Kamera utamanya memiliki resolusi cukup besar, yaitu 48MP yang menggunakan sensor buatan Sony, Sony IMX586 dan didukung dengan kamera kedua beresolusi 5MP yang dapat mempertajam hasil gambar.

Semua kameranya dilengkapi dengan fitur nightscape dan chroma boost yang berfungsi untuk mempertajam gambar dan juga memperjelasnya ketika digunakan pada waktu malam hari atau ditempat yang kurang pencahayaan.

Artikel: Spesifikasi Realme X by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here