Spesifikasi Realme XT – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

realme xt
Realme XT adalah smartphone mid-range dari Realme dengan rasa hi-end

Realme XT merupakan salah satu produk terbaru yang dirilis Realme di bulan September 2019. Smartphone satu ini memiliki spesifikasi yang sangat bagus, hanya saja yang menjadi unik adalah Realme menempatkannya di kelas mid-range atau menengah.

Terlepas dari apa yang mendasari Realme memasukkan Realme XT ke ranah mid-range, untuk sementara memang produk tersebut belum hadir di pasaran Tanah Air, hanya saja Josef Wang selaku Marketing Director Realme kawasan Asia Tenggara mengatakan bahwa secepatnya Realme XT bakal hadir di Indonesia.

Untuk masalah spesifikasinya, jangan ditanyakan lagi. Smartphone ini memiliki spesifikasi yang jempolan untuk ukuran produk mobile kelas menengah. Salah satu fasilitas yang diunggulkan adalah terdapatnya lensa kamera dengan resolusi 64MP yang mana masih tergolong baru di ranah mobile dunia.

Selain Itu, dapur pacu, RAM juga ROM sampai dengan kapasitas baterainya sendiri juga tidak mengecewakan. Bahkan sangat cocok untuk digunakan baik di aktivitas sederhana sehari-hari atau dijadikan media untuk bermain mobile game dengan grafis tinggi.

Spesifikasi Realme XT

Nama model Realme XT
Kode produksi RMX1921
Segmen pasar Premium mid-range
Diperkenalkan September 2019
Dirilis resmi September 2019
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ CDMA/ WCDMA/ LTE (LTE-FDD, LTE-TDD)
Eksternal
Dimensi 158,7 x 75,2 x 8,6 mm
Berat 183 gram (dengan baterai)
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, TF Card, dual stand-by)
Layar
Jenis Super AMOLED screen texture (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,4 inci (screen-to-body ratio 91,9%)
Resolusi 1080 x 2340 pixel (~402 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5
Model Bezelless dengan dew-drop notch, Night Mode
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie (akan diupgrade segera ke Android 10.0 via OTA)
User Interface (UI) ColorOS 6
Chipset Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)
Kartu grafis Adreno 616
ROM UFS2.1 64GB/ 128GB (dapat ditambah sampai 256GB menggunakan microSD)
RAM 4GB/ 6GB/ 8GB
Kamera, Speaker, & Sensor
Depan 16MP
Fitur Electric Image Stabilization, HDR, Panorama
Belakang 64MP (wide) + 8MP (ultrawide) + 2MP (macro) + 2MP (depth sensor)
Fitur Super NightScape, 6 Portrait style, Slow motion, Electric Image Stabilization, LED Flash, HDR, Panorama, PDAF
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya (dengan Dolby Atmos)
Sensor utama Light sensor, Acceleration sensor, Gyro-meter, Magnetic induction sensor, Proximity sensor, Pedometer, G-sensor, E-Compass
Sensor sidik jari Ya, (di bawah layar, In-Display Fingerprint)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v 5.0, A2DP, LE
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
NFC Tidak
GPS Beidou, A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Radio FM Radio
Baterai, Warna, & Harga
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4000 mAh (support fast charging 20W – VOOC Flash Charge 3.0)
Warna Pearl White, Pearl Blue
Harga Mulai ₹ 15,999 atau sekitar Rp3,19 jutaan
Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Spesifikasi Realme 5

Harga Realme XT

Realme XT merupakan smartphone anyar besutan Realme yang diprediksi bakal menjadi primadona baru di kelas mid-range. Sayangnya, smartphone ini untuk sementara masih belum akan dapat ditemui secara bebas di pasaran Tanah Air. Namun pihak Realme telah membersitkan bahwa sebentar lagi mereka akan meluncurkan produk hebatnya ini di Indonesia.

Untuk masalah harganya, Realme menyediakan 3 varian produk Realme XT yang mana dibedakan dari kapasitas RAM dan ROM-nya. Hanya saja untuk sementara ini, informasi yang muncul hanyalah untuk Realme XT dengan RAM 4GB dan ROM 64GB yang mana dibanderol sebesar Rp3,19 jutaan. Cukup murah untuk smartphone dengan spesifikasi gahar seperti Realme XT ini.

Fitur Unggulan Realme XT

lensa kamera utama setara kamera flagship
Lensa kamera utamanya tergolong yang tertinggi untuk saat ini

Lensa kamera utama setara flagship

Fitur unggulan utama yang dimiliki Realme XT ini adalah terletak di lensa kamera utamanya yang memiliki resolusi sebesar 64MP. Resolusi sebesar itu masih menjadi satu hal yang jarang di dunia mobile untuk sekarang ini. Bahkan banyak smartphone-smartphone kelas hi-end atau juga flagship yang masih dilengkapi dengan lensa utama 48MP saja.

Dan salah satu hal yang unik terkait dengan lensa kamera utamanya ini, pada umumnya banyak vendor yang memilih menggunakan sensor buatan Sony, namun Realme lebih memilih menggunakan sensor buatan Samsung, yaitu Samsung Bright GW1 dengan tipe ISOCELL yang memiliki aperture f/1.8.

Lensa keduanya memiliki resolusi 8MP yang mana difungsikan untuk pengambilan melebar atau ultrawide. Dengan menggunakan lensa ini, maka Anda dapat mengambil foto dengan sudut maksimal sebesar 119 derajat atau lebih besar 50 persen dari lensa ultrawide pada umumnya. Tidak hanya itu saja, Realme telah menambahkan teknologi Dual Lens Distortion Correction (DLDC) yang dapat mengoreksi hasil pengambilan foto ultrawidenya.

Sedangkan lensa ketiga dan keempat memiliki resolusi yang sama, yaitu 2MP di mana satu berfungsi untuk mempertajam hasil foto dan satu lagi untuk macro. Untuk lensa kamera depannya yang memiliki resolusi 16MP, Realme menggunakan sensor Sony IMX471 Exmor RS. Lensa kamera depannya ini didukung banyak sekali mode, filter serta teknologi artificial intelligence agar menghasilkan foto atau video yang berkualitas.

screen to body ratio yang cukup besar
Screen-to-body ratio yang dimiliki layar Realme XT ini cukup besar, yaitu 91,9 persen

Layar lebar dengan sistem Dark Mode

Berpindah ke bagian layar, Realme XT menggunakan layar berjenis Super AMOLED dengan dew-drop notch atau juga biasa dikenal dengan istilah waterdrop notch di bagian atasnya. Layarnya ini memiliki ukuran 6,4 inci dengan rasio screen-to-body sebesar 91,9 persen.

Layarnya sangat jernih dan berkualitas karena Super AMOLED FHD+ yang digunakannya memang sudah terbukti kehebatannya. Dan tidak hanya itu saja, kerapatan antar-pixel dari layarnya mencapai 403 ppi yang membuat segala sesuatu yang ditampilkan akan terlihat sangat jernih, terang dan detail. Agar tidak alami kendala atau risiko yang mengkhawatirkan, maka Realme menggunakan Corning Gorilla Glass versi 5 sebagai pelindung layarnya.

Yang menarik dari fasilitas layarnya ini adalah Realme XT telah dilengkapi dengan sistem khusus untuk dapat mengubah tampilan layarnya menjadi hitam agar tidak menyilaukan mata atau disebut dengan istilah Dark Mode. Mode tersebut dapat membantu penggunanya dalam membaca atau melihat apa yang tertampil di layar dengan mudah karena layarnya telah berubah menjadi hitam dan kebalikannya, tulisan atau lainnya berubah menjadi berwarna yang kontras.

Fingerprint sensor In-Display terbaru

Dalam pembuatan Realme XT ini, Realme telah menggunakan banyak teknologi terkini yang salah satunya adalah in-display fingerprint sensor. Letak dari sensor pemindai sidik jari berada di bawah layar yang sangat cepat kala dioperasikan. Tidak hanya peka, sensor pemindai sidik jarinya ini juga sangat akurat dalam membaca alur sidik jari.

Module fingerprint sensor yang digunakan adalah Goodix 3.0 yang dapat membawa sistem multi-monitor yang mampu mengidentifikasi warna. Dan selain menggunakan fingerprint sensor, Anda juga masih dapat memakai App Lock, Private Safe, Face Unlock, pattern atau juga password.

dapur pacu yang sangat bertenaga
Dapur pacu yang disematkan dalam Realme XT sangat bertenaga

Dapur pacu yang mampu meningkatkan performa secara optimal

Berbicara masalah jeroan yang dimiliki smartphone ini, chipset yang digunakan Realme XT adalah Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm) yang mampu meningkatkan performa mesin sebanyak 10 persen dibandingkan dengan Snapdragon 710, sedangkan prosesor yang dipakai adalah Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver) dan kartu grafisnya adalah Adreno 616.

Kehebatan dapur pacunya ini juga ditambah dengan keberadaan mesin 3.0 AI yang mampu mengoptimalkan sistem dalam menjalankan proses pengolahan data, pengoperasian speech recognition sampai dengan saat memproses gambar atau video.

Keberadaan RAM dan ROM yang besar di dalamnya pun turut berperan dalam bagusnya performa mesin Realme XT tersebut. Bahkan ketika diujicobakan untuk bermain game dengan grafis tinggi, seperti Asphalt 9 ataupun PUBG, tidak ada kendala yang berarti.

Hyper Boost yang ubah cara bermain standar ke level pro

Hyper Boost 2.0 yang terdapat di dalamnya membawa semua Game Boost 2.0 yang berfiturkan Frame Boost dan Touch Boost agar dapat membuat game menjadi lebih lancar ketika dimainkan. Selain itu, terdapat juga fitur Do-Not-Disturb yang dapat ‘menghalau’ semua gangguan, mulai dari panggilan masuk, pesan atau notifikasi lainnya agar permainan tetap dapat dimainkan tanpa jeda.

sistem pendingin menggunakan gel thermal
Sistem pendingin yang digunakan memakai gel thermal sampai dengan lempeng grafit terbaru

Sistem pendingin terbaru yang mampu redam panas berlebih

Secara logika, ketika sebuah perangkat digunakan untuk bermain game atau aktivitas berat dalam jangka waktu yang lama, maka temperatur di dalam akan meningkat. Oleh karena itu, Realme menggunakan teknologi pendingin yang mampu meredam dan mendinginkan bagian dalam perangkat sampai dengan 14 persen. Pendingin tersebut menggunakan gel thermal tipe terbaru, aluminium thermal konduktor dan barisan lempeng grafit terbaru.

Baterai dengan VOOC Flash Charge 3.0

Baterai yang digunakan Realme XT ini berjenis non-removable yang terbuat dari Lithium Polymer dengan kapasitas cukup besar, 4000 mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, maka penggunanya tidak perlu khawatir akan alami mati perangkat ketika sedang digunakan karena daya baterainya habis.

Selain itu, Realme juga telah menambahkan teknologi pengisian cepat W20, VOOC Flash Charge 3.0, yang mampu mengisi ulang baterainya dari posisi 0 ke 100 persen hanya dalam waktu 80 menit saja atau 5 persen lebih cepat dari charger biasa. Bahkan Anda dapat tetap menggunakan perangkat sembari melakukan pengisian tanpa harus takut terjadi konsleting atau semacamnya.

Realme XT VS Vivo V11 Pro/Xiaomi Redmi Note Pro/Samsung Galaxy A50

Realme XT vs Vivo V11 Pro (Rp3,499,000)

vivo v11 pro
Vivo V11 Pro © vivo.com

Kedua perangkat ini terpaut 1 tahun dari perilisannya masing-masing. Vivo V11 Pro diluncurkan pada bulan September 2018, sedangkan Realme XT pada bulan September 2019. Dikarenakan hal itu, tidak heran operating system yang dipakai Vivo V11 Pro masih Android 8.0 Oreo, sedangkan Realme XT sudah Android 9.0 Pie yang bakal diupgrade via OTA ke Android 10.

Untuk dapur pacunya, Realme XT memiliki chipset dan prosesor yang lebih bertenaga dan cepat dibandingkan yang digunakan Vivo V11 Pro. Bahkan GPU sampai dengan besaran RAM yang dimiliki produk Realme tersebut masih unggul atas V11 Pro. Hanya saja, Vivo V11 Pro memiliki body yang lebih tipis dan bobot lebih ringan dari Realme XT.

Realme XT vs Samsung Galaxy A50 (Rp3,149,000)

samsung galaxy a50
Samsung Galaxy A50 © samsung.com

Walaupun digadang-gadangkan menjadi jawara di kelas menengah, akan tetapi ketika berhadapan dengan Realme XT, Samsung Galaxy A50 kurang mampu berbicara banyak. Dari dapur pacunya saja, apa yang digunakan pada Samsung Galaxy A50 masih kalah bertenaga jika dibandingkan dengan yang dimiliki Realme XT.

Tidak hanya itu saja, fasilitas kamera Realme XT juga lebih unggul dibandingkan yang dipunyai Samsung Galaxy A50. Bahkan ketika lensa Samsung Galaxy A50 hanya mampu merekam video dengan hasil format Full HD, lensa Realme XT sudah mencapai 4K. Keunggulan Samsung Galaxy A50 terletak pada fasilitas kamera depan, berat dan tipisnya perangkat.

Realme XT vs Xiaomi Redmi Note 7 Pro (Rp3,550,000)

xiaomi redmi note 7 pro
Xiaomi Redmi Note 7 Pro © mi.com

Sama-sama merupakan produk baru, akan tetapi Realme XT memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Xiaomi Redmi Note 7 Pro. Salah satunya adalah dari jenis layar yang digunakan, layar Realme XT lebih bagus kualitasnya dibandingkan yang dipakai Xiaomi Redmi Note 7 Pro. Bahkan prosesor yang dipakai Realme XT memiliki clock speed lebih tinggi, walaupun chipsetnya kalah dari yang digunakan Xiaomi Redmi Note 7 Pro.

Ketika berbicara masalah kamera, tentu saja Xiaomi Redmi Note 7 Pro tidak dapat ungguli fitur yang dimiliki Realme X. Xiaomi Redmi Note 7 Pro hanya dilengkapi dengan 2 lensa belakang, sedangkan Realme XT terdapat 4 lensa. Untuk kualitas baterainya, kedua perangkat dapat dikatakan seimbang.

Kelebihan dan Kekurangan Realme XT

Kelebihan Realme XT

Jika berbicara mengenai kelebihan yang dimiliki Realme XT, maka akan ada banyak yang harus dituliskan. Seperti salah satunya adalah pada layarnya yang memang sangat berkualitas. Dikatakan begitu karena layar yang dipakai Realme XT ini adalah Super AMOLED yang sudah terkenal ketajaman dan kejernihannya.

Selain itu, kelebihan lainnya terletak pada lensa kamera utamanya yang berada di belakang. Lensa kamera utama dari smartphone ini memiliki resolusi sebesar 64MP yang lebih besar dari kebanyakan perangkat mobile kelas menengah lainnya. Dan secara umum, semakin besar resolusi lensa, maka semakin bagus pula kualitas foto atau video yang dihasilkan.

Ketiga adalah terletak pada dapur pacunya. Smartphone satu ini dilengkapi dengan dapur pacu yang sangat bertenaga dan juga kencang untuk digunakan dalam berbagai aktivitas, termasuk bermain game dengan grafis tinggi. Terlebih lagi terdapatnya RAM dan ROM yang berkapasitas besar membuat performa perangkat mobile satu ini semakin memukau.

Dan kelebihan lainnya adalah pada baterainya yang memiliki kapasitas sebesar 4000 mAh. Selain melengkapi dengan baterai berkapasitas besar, Realme XT juga dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat 20W, VOOC Fast Charging 3.0, yang dapat memangkas durasi pengisian baterai normal menjadi sangat singkat.

Kekurangan Realme XT

Tentu saja walaupun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti Realme XT ini tidak mempunyai kekurangan. Tercatat ada beberapa kekurangan yang dimiliki smartphone satu ini, seperti salah satunya adalah kemiripan dengan Realme 5 Pro. Memang ada beberapa fitur yang ditingkatkan oleh Realme di Realme XT ini dibandingkan Realme 5 Pro, akan tetapi secara mayoritas, mulai desain sampai dengan fitur-fitur lain yang dimiliki, kedua perangkat memiliki kesamaan.

Kekurangan kedua terletak pada fisiknya. Memang untuk bagian depan dan belakang, smartphone ini telah terlindungi oleh Corning Gorilla Glass 5, akan tetapi dikarenakan Realme XT bukanlah termasuk perangkat mobile yang tahan banting, maka cukup berisiko ketika digunakan untuk aktivitas di luar ruangan. Terlebih lagi, smartphone ini bukanlah perangkat bertipe anti-air.

Review Akhir Realme XT

realme xt
Realme XT adalah smartphone mid-range dari Realme dengan rasa hi-end

Realme XT merupakan smartphone kelas menengah yang merupakan salah satu produk mobile terbaru besutan Realme. Smartphone ini menyeimbangkan sisi penampilan dan keandalan performanya secara baik. Dikatakan begitu karena memang dari sisi desain, Realme XT ini memiliki desain yang menarik. Sedangkan dari sisi performa, smartphone tersebut juga cukup tangguh untuk digunakan dalam berbagai aktivitas.

Untuk sementara ini, Realme XT belum dapat ditemukan di pasaran Tanah Air karena Realme masih belum mengantongi izin peluncuran produk baru untuk wilayah Indonesia. Akan tetapi Realme berjanji secepatnya dapat merilis Realme XT di Indonesia. Harganya sendiri cukup murah, Rp3 jutaan, jika melihat spesifikasi yang dimiliki.

Artikel: Spesifikasi Realme XT by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here