Spesifikasi Samsung Galaxy A70s – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

samsung galaxy a70s
Samsung Galaxy A70S merupakan smartphone pertama Samsung yang menggunakan lensa kamera 64MP

Samsung Galaxy A70s merupakan smartphone terbaru keluaran Samsung yang dirilis pada awal bulan Oktober 2019. Secara keseluruhan, 95 persen apa yang terdapat di dalam Samsung Galaxy A70s adalah sama seperti yang dipunyai Samsung Galaxy A70. Perbedaan hanya terdapat pada fasilitas kamera belakangnya saja, yaitu Galaxy A70 memiliki lensa kamera utama yang miliki resolusi 32MP, sedangkan Galaxy A70s dilengkapi lensa dengan resolusi 64MP. Untuk hal lainnya, semua sama.

Dirilisnya Samsung Galaxy A70s menjadi jawaban untuk banyaknya produk mobile dari kelas mid-range sampai hi-end yang dilengkapi dengan lensa kamera utama sebesar 64MP. Untuk spesifikasi lainnya, smartphone satu ini dilengkapi dengan layar Super AMOLED berukuran 6,7 inci. Prosesor yang digunakan adalah Octa-core dengan clock speed mencapai 2GHz.

Samsung A70S tersebut juga telah menggunakan fitur terkini seperti fingerprint sensor di layar sampai dengan NFC. Baterai yang tersemat di dalamnya memiliki kapasitas sebesar 4500 mAh.

Spesifikasi Samsung Galaxy A70s

Nama model Samsung Galaxy A70S
Kode produksi Samsung SM-A707F
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan September 2019
Dirilis resmi Oktober 2019
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ CDMA/ WCDMA/ 4G LTE (LTE-TDD, LTE-FDD)
Eksternal
Dimensi 164,3 x 76,7 x 7,9 mm
Berat 187 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Super AMOLED (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,7 inci (screen-to-body ratio 86%)
Resolusi 1080 x 2400 pixel FHD+ (~393 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass, scratch resistant
Model Bezelless dengan Infinity-U Display
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) Samsung One UI
Chipset Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver)
Kartu grafis Adreno 612
ROM UFS 2.0 128GB (dapat ditambah sampai 512GB menggunakan microSD)
RAM LPDDR4X 6GB/ 8GB
Kamera, Speaker, & Sensor
Depan 32MP
Fitur HDR
Belakang 64MP/ 8MP/ 5MP
Fitur PDAF, LED flash, panorama, HDR
Loundspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya (Dolby Atmos)
Sensor utama Accelerometer, gyro, proximity, compass
Sensor sidik jari Ya (On-screen fingerprint)
Konektivitas
WLAN 802.11 a/b/g/n/ac 2.4G+5GHz, VHT80, Wi-Fi Direct, ANT+
Bluetooth v5.0, LE (sampai 2 Mbps), A2DP
USB USB 2.0, USB Type-C 1.0 reversible connector
NFC Ya (Samsung Pay)
GPS A-GPS, Glonass, Beidou, Galileo, BDS
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Ion
Kapasitas daya 4500 mAh (support fast charging 25W)
Warna Prism crush black, Prism crush red, Prism crush white
Harga RAM 6GB= ₹ 28,999(Rp5,78 jutaan), RAM 8GB = ₹ 30,999 (Rp6,18 jutaan)
Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Spesifikasi Samsung A90 5G
Spesifikasi Samsung M40

Harga Samsung Galaxy A70S

Di awal bulan Oktober 2019, Samsung merilis Samsung Galaxy A70s ke pasaran 4 negara berbeda, yaitu Korea Selatan, Vietnam, India dan Cina. Memang ada wacana smartphone satu ini bakal dirilis di berbagai negara di dunia, terutama di pasaran Asia, akan tetapi Samsung masih belum merilis rencana mereka tersebut. Dan bagi pencinta produk mobile dari Samsung yang ingin memiliki atau membeli Galaxy A70s ini, maka dapat langsung memesannya melalui website resmi perusahaan asal Korea Selatan itu.

Untuk harganya sendiri, Samsung menyediakan 2 varian untuk Samsung Galaxy A70s yang mana keduanya dibedakan dari besaran RAM yang dimiliki. Untuk yang dilengkapi dengan RAM sebesar 6GB dibanderol dengan harga Rp5,78 jutaan, sedangkan yang memiliki RAM 8GB dijual dengan harga Rp6,18 jutaan.

spesifikasi samsung a70s lensa belakang sangat bagus
Lensa belakangnya sangat bagus untuk digunakan memotret di tempat terang ataupun gelap

Fitur Unggulan Samsung Galaxy A70s

3 Lensa kamera belakang dengan resolusi terbesar 64MP

Fitur unggulan utama yang dimiliki Samsung Galaxy A70s adalah terletak di kamera bagian belakangnya. Secara total terdapat 3 lensa kamera pada bagian belakang smartphone satu ini. Untuk lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 64MP. Dan dapat dikatakan bahwa Galaxy A70s ini merupakan smartphone pertama Samsung yang dilengkapi dengan lensa kamera dengan resolusi sebesar 64MP dengan sensor Samsung Bright GW1 yang berjenis ISOCELL.

Tidak hanya memiliki resolusi yang besar saja, Samsung juga menambahkan banyak sekali fasilitas lain untuk membantu fitur kameranya tersebut, seperti Best Shot yang berfungsi sebagai pemberi saran kepada pengguna perangkat untuk pengambilan angle yang tepat sampai dengan penentuan meteringnya. Ketika angle sampai dengan metering sudah tepat, maka pada layar akan muncul tulisan Best Shot.

Kedua adalah Scene Optimize yang memiliki fungsi untuk mengidentifikasi sampai dengan 30 obyek umum agar dapat menghasilkan foto terbaik. Obyek-obyek tersebut seperti wajah, bayi, manusia, anjing, kucing, makanan, pantai, langit, gunung, sunset, sunrise sampai dengan teks. Dan yang ketiga adalah Documen Scanner yang memiliki fungsi seperti namanya, yaitu dapat memindai berbagai dokumen secara langsung dengan perangkat tanpa menggunakan peralatan lain.

Selain 3 fitur tersebut, terdapat juga mode-mode khusus sebagai bantuan untuk pengambilan malam (Night Mode) sampai dengan untuk merekam video, seperti Cinematic, Shoot Pro-Grade sampai dengan Super Steady Mode. Dengan menggunakan Night Mode, Anda dapat mengabadikan segala sesuatu di suatu tempat yang minim pencahayaan, malam hari atau di tempat yang hampir tidak ada cahayanya dengan sangat mudah dan hasil yang terang.

Sedangkan pada lensa keduanya yang memiliki resolusi sebesar 8MP yang berfungsi sebagai lensa ultrawide. Dengan menggunakan lensa ini, maka Anda dapat mengabadikan suatu tempat atau banyak orang dengan sudut terluas sebesar 123 derajat. Menurut Samsung, lensa keduanya ini merupakan simulasi nyata dari mata manusia dalam menangkap lebar suatu tempat. Dan untuk lensa ketiganya memiliki resolusi sebesar 5MP yang berfungsi untuk meningkatkan ketajaman dari foto yang dihasilkan.

layar yang sangat berkualitas
Layarnya sangat berkualitas dan terkesan mengaburkan antara dunia nyata dan dunia maya

Layar jernih, lebar dan sangat imersif

Layar yang dipunyai Samsung Galaxy A70s ini sama seperti yang ada di Samsung Galaxy A70, yaitu berjenis Super AMOLED dengan ukuran 6,7 inci FHD+. Dikarenakan kualitas Super AMOLED memang sudah teruji dan sangat bagus, maka tidak heran jika layar Samsung Galaxy A70s ini sangat jernih, terang, detail dan imersif. Dikatakan imersif karena terkesan mengaburkan jarak antara tampilan dalam layar dengan tampilan sesungguhnya.

Pada bagian atas layar terdapat lekukan kecil yang oleh Samsung sendiri dinamakan Infinity-U Display atau istilah umumnya adalah teardrop notch. Tempat tersebut merupakan spot untuk menyematkan lensa kamera depannya yang memiliki resolusi 32MP. Dan sebagai pelindung layarnya, Samsung telah menggunakan produk dari Corning, yaitu Corning Gorilla Glass.

spesifikasi baterai samsung a70s
Baterainya mampu bertahan sampai berjam-jam dalam satu kali pengisian saja

Baterai jumbo dengan teknologi fast charging 25W

Dengan banyaknya fasilitas yang dimiliki Samsung Galaxy A70s tersebut, maka Samsung tidak ingin hanya melengkapi produk mobilenya itu dengan baterai berkapasitas rendah. Oleh karenanya, di dalam perangkat mobile satu ini telah tersemat baterai tanam yang terbuat dari Lithium Ion dengan kapasitas 4500 mAh.

Ditambah lagi, Galaxy A70s ini telah support dengan teknologi pengisian baterai super cepat tau fast charging 25W. Dengan menggunakan teknologi tersebut, maka Anda hanya perlu mengisi ulang baterainya dari posisi 0 sampai 100 persen hanya dalam waktu kurang lebih 1 jam saja.

Dalam pengujicobaan ketahanan baterainya dari posisi 100 persen, sumber daya pada Galaxy A70s tersebut mampu digunakan untuk berselancar di dunia maya di jaringan LTE atau via Wifi sampai dengan 16 jam lamanya. Ketika dipakai untuk menonton video (non-streaming) secara non-stop, baterainya kuat bertahan sampai 24 jam lamanya. Sedangkan saat dipakai untuk memutar musik (non-streaming), baterainya mampu bertahan sampai dengan 128 jam dan dalam mode bicara di jaringan 3G atau WCDMA, baterainya dapat bertahan sampai 28 jam.

mobile game friendly
Kolaborasi antara chipset, prosesor, GPU, AI dan Game Booster membuat game mobile dapat dimainkan dengan lancar

Dapur pacu hebat untuk para gamer

Beranjak ke bagian internal perangkat, Samsung Galaxy A70s ini menggunakan chipset Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 dengan kaki-kaki berukuran 11 nanometer. Dan untuk prosesor serta GPU-nya, terdapat Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver) dan Adreno 612 di dalam Galaxy A70s ini.

Mesin dan sistem yang tersemat di dalam perangkat dapat berjalan dan bekerja dengan lancar juga mulis karena terdapatnya LPDDR4X RAM sebesar 6GB dan 8GB. Untuk internal storagenya sendiri, Samsung Galaxy A70s ini dilengkapi dengan ROM sebesar 128GB UFS 2.0. Bagi para gamer, dapur pacu yang dimiliki smartphone ini cukup andal. Bahkan dengan sokongan teknologi artificial inteligence (AI) di dalamnya serta Game Booster di dalamnya, maka kinerja dan performa perangkat akan menjadi lebih baik dan frame ratenya juga meningkat.

Samsung Pay yang buat segalanya jadi mudah dan terjamin keamanannya

Salah satu yang dibanggakan Samsung dari produk mobilenya satu ini adalah terdapatnya fitur Samsung Pay yang memiliki fungsi sama seperti NFC, yaitu untuk mempermudah transaksi atau sejenisnya. Samsung sendiri mengklaim bahwa Samsung Pay dalam Samsung Galaxy A70s ini sangat mudah untuk digunakan dan juga sangat aman. Maka penggunanya tidak perlu khawatir akan terjadi hal yang tidak diinginkans aat menggunakan Samsung Pay tersebut.

Samsung Galaxy A70s VS Vivo S1 Pro/Xiaomi Redmi K20 Pro/Oppo R17 Pro

vivo s1 pro
Vivo S1 Pro © vivo.com

Samsung Galaxy A70s vs Vivo S1 Pro (Rp5,626,000)

Dari segi ukuran, Vivo S1 Pro memiliki dimensi dan ukuran layar yang lebih kecil dibandingkan Samsung Galaxy A70s. Hanya saja, screen-to-body ratio Vivo S1 Pro sedikit lebih besar dari produk Samsung tersebut karena layar Galaxy A70s masih terpangkas oleh keberadaan notch serta frame bawah yang cukup lebar.

Untuk masalah dapur pacunya, kedua perangkat menuai hasil imbang. Sedangkan untuk fasilitas kameranya, tentu saja Samsung Galaxy A70s keluar sebagai pemenangnya karena dilengkapi dengan lensa utama beresolusi 64MP, sedangkan Vivo S1 Pro hanya 48MP. Ditambah lagi kapasitas baterai Galaxy A70s lebih besar dari yang dipunyai Vivo S1 Pro, 4500 mAh vs 3700 mAh.

xiaomi redmi k20 pro
Xiaomi Redmi K20 Pro © mi.com

Samsung Galaxy A70s vs Xiaomi Redmi K20 Pro (Rp5,885,000)

Dari tampilan luarnya, Xiaomi Redmi K20 Pro memiliki bentuk yang sedikit menggembung karena ketebalannya mencapai 8,8 mm, sedangkan Samsung Galaxy A70s hanya memiliki ketebalan 7,9 mm saja. Ditambah lagi, Xiaomi Redmi K20 Pro memiliki bobot cukup berat jika dibandingkan dengan produk Samsung tersebut. Untuk ukuran layarnya, layar Galaxy A70s lebih besar dari yang dipunyai Xiaomi Redmi K20 Pro.

Beranjak ke sisi dalamnya, Xiaomi Redmi K20 Pro memiliki dapur pacu yang jauh lebih bagus dan cepat dibandingkan dengan yang digunakan Samsung Galaxy A70s. Hanya saja, fasilitas kamera depan dan belakang Xiaomi Redmi K20 Pro belum mampu mengungguli apa yang dipunyai Samsung Galaxy A70s.

oppo r17 pro
Oppo R17 Pro © oppo.com

Samsung Galaxy A70s vs Oppo R17 Pro (Rp6,100,000)

Memiliki harga pasaran yang relatif sama dengan Samsung Galaxy A70s, Oppo R17 Pro ternyata kurang begitu mampu bertarung dengan produk baru Samsung itu. Contohnya saja dari jenis layar sampai dengan dimensi serta resolusinya, Oppo R17 Pro masih kalah dengan apa yang dipunyai Samsung Galaxy A70s.

Bahkan fasilitas kamera depan dan belakang serta kapasitas baterai yang tersemat di dalam Oppo R17 Pro tidak mampu berkutik ketika dibandingkan dengan milik Galaxy A70s. Sayangnya, menang di banyak sisi, dapur pacu Galaxy A70s masih kalah jika dibandingkan dengan yang dipunyai Oppo R17 Pro.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A70s

Kelebihan Samsung Galaxy A70s

Berbicara masalah kelebihan, tentu saja kelebihan paling utama yang dimiliki Samsung Galaxy A70s ini terletak pada fasilitas kamera belakangnya dengan lensa utama yang memiliki resolusi sebesar 64MP. Dengan besaran resolusi tersebut, maka Anda dapat memotret dengan hasil sangat bagus dan detail yang tinggi atau merekam video sampai kualitas 4K. Sedangkan kelebihan kedua terletak pada besaran kapasitas baterainya.

Baterai yang digunakan Samsung Galaxy A70s ini memiliki kapasitas 4500 mAh yang mana telah disokong teknologi fast charging 25W dan mampu bertahan selama berjam-jam hanya dalam satu kali pengisian baterai untuk penggunaan secara non-stop, mulai dari menonton video, aktivitas multi-tasking sampai dengan bermain mobile game.

Kelebihan ketiga terletak pada layarnya yang sangat imersif dan juga berkualitas tinggi. Super AMOLED yang digunakan Samsung Galaxy A70s ini mampu menampilkan segala sesuatu dengan sangat jelas, terang, jernih dan detail. Bahkan saturasi warnanya tidak terlihat dibuat-buat ataupun terlalu pucat.

Kekurangan Samsung Galaxy A70s

Walaupun banyak kelebihan yang dimiliki, akan tetapi Samsung Galaxy A70s ini tetap mempunyai kekurangan. Seperti contohnya pada fasilitas kamera depan dan juga belakangnya, Samsung tidak menambahkan Optical Image Stabilization (OIS) yang mana sangat jamak digunakan atau terdapat di banyak smartphone buatan vendor lainnya.

Dengan mengunggulkan fasilitas kameranya yang ditujukan bagi para fotografer atau videografer, tanpa keberadaan OIS tersebut maka hasilnya akan kurang begitu bagus karena sangat mudah kabur atau blur ketika terjadi pergerakan obyek atau tangan. Masih berkutat pada fasilitas kameranya, pada lensa untuk bagian depan, Samsung tidak melengkapinya dengan LED Flash ataupun fitur auto focus.

Sebagai smartphone baru yang dilengkapi banyak fasilitas menarik di dalamnya, cukup disayangkan bahwa Samsung hanya menggunakan Android versi 9.0 Pie di dalam Galaxy A70s ini. Padahal Android 10 atau versi di atas Pie sudah tersedia dan dirilis ke pasaran. Dan satu hal yang kurang begitu bagus serta menjadi kekurangan dari Galaxy A70s ini adalah smartphone tersebut bukanlah perangkat yang tahan banting atau dapat digunakan di tempat luar atau outdoor.

Review Akhir Samsung Galaxy A70s

samsung galaxy a70s
Samsung Galaxy A70S merupakan smartphone pertama Samsung yang menggunakan lensa kamera 64MP

Samsung Galaxy A70s merupakan salah satu smartphone terbaru dari Samsung yang menggunakan operating system Android 9.0 Pie. Selain itu, smartphone ini dilengkapi dengan prosesor Octa-core yang memiliki clock speed mencapai 2GHz dan chipset Qualcomm Snapdragon 675. Galaxy A70s juga dilengkapi dengan RAM 6GB dan 8GB serta ROM sebesar 128GB yang masih dapat ditambah lagi kapasitasnya menggunakan microSD sampai dengan 512GB.

Layarnya berjenis Super AMOLED dengan ukuran 6,7 inci serta terdapat total 4 lensa kamera yang tersemat, yaitu 1 di depan dengan resolusi 32MP dan 3 di belakang dengan lensa utama yang memiliki resolusi sebesar 64MP. Baterai yang tersemat di dalamnya memiliki kapasitas sebesar 4500 mAh. Smartphone ini belum tersedia di pasaran Tanah Air dan untuk harga pasaran di India, Cina, Vietnam atau Korea Selatan, Samsung A70s dibanderol dengan harga mulai Rp5,78 jutaan.

Artikel: Spesifikasi Samsung Galaxy A70s by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here