Spesifikasi Samsung Galaxy M10s – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

samsung galaxy m10s
Samsung Galaxy M10S ditujukan untuk pengguna kelas pemula yang selalu ingin tampil trendi

Samsung Galaxy M10S merupakan varian dari Samsung Galaxy M10 yang diluncurkan oleh Samsung pada bulan September 2019. Tentunya banyak orang yang bertanya-tanya apa perbedaan antara Galaxy M10 dan Galaxy M10S. Sebagai jawaban singkatnya adalah Samsung Galaxy M10S merupakan upgrade-an dari Samsung Galaxy M10 yang mana mendapatkan banyak fitur dan hal baru lainnya.

Sebagai contohnya adalah jika Galaxy M10 memiliki layar sebesar 6,2 inci, Galaxy M10S mempunyai layar 6,4 inci atau juga baterai dari kedua produk tersebut sudah berbeda jauh. Galaxy M10 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3400 mAh, sedangkan Galaxy M10S menggunakan baterai dengan kapasitas 4000 mAh.

Untuk fitur lainnya yang dimiliki Samsung Galaxy M10S cukup bagus untuk ukuran smartphone kelas entry level. Kapasitas RAM dan ROM yang dimilikinya pun besar dan juga lensa kamera utamanya memiliki resolusi yang cukup tinggi. Ditambah lagi, harganya pun sangat affordable untuk semua kalangan.

Lihat juga harga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Samsung M30s – Harga & Spesifikasi
Samsung A20s – Harga & Spesifikasi

Spesifikasi Samsung Galaxy M10S

Nama model Samsung Galaxy M10S
Kode produksi SM-M107
Segmen pasar Entry level
Diperkenalkan September 2019
Dirilis resmi September 2019
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ CDMA/ WCDMA/ LTE (LTE-FDD, LTE-TDD)
Eksternal
Dimensi 158,4 x 74,7 x 7,8 mm
Berat 169 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Super AMOLED (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,4 inci (screen-to-body ratio 85%)
Resolusi 720 X1560 pixel HD+ (~268 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass, IP68
Model Bezelless dengan waterdrop notch, Infinity V Display
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) Samsung One UI
Chipset Exynos 7884B
Prosesor Octa-core (2×1.6 GHz Cortex-A73 & 6×1.35 GHz Cortex-A53)
Kartu grafis ARM Mali-G71 MP2
ROM UFS2.1 32GB (dapat ditambah sampai 512GB dengan microSD)
RAM 3GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 8MP
Fitur HDR
Belakang 13MP (wide) + 5MP (ultrawide)
Fitur LED flash, panorama, HDR, PDAF, Autofocus, Continuous shooting, Digital zoom, Exposure compensation, Face detection, Geotagging, ISO settings, Scene mode, Self-timer, Touch focus, White balance settings
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya (Dolby ATMOS 360)
Sensor utama Accelerometer, gyro, proximity, compass, geomagnetic, hail, light sensor
Sensor sidik jari Ya (di belakang)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE, AVRCP, DIP, HFP, HID, HOGP, HSP, MAP, OPP, PAN, PAB
USB Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go (OTG)
NFC Tidak
GPS A-GPS, GLONASS, BDS
Radio FM radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Ion
Kapasitas daya 4000 mAh (support fast charging 15W)
Warna Stone Blue, Piano Black
Harga ₹8,999 atau sekitar Rp1,8 jutaan

Harga Samsung Galaxy M10S

Setelah diperkenalkan dan dirilis di 4 negara berbeda, Korea Selatan, India, Cina dan Vietnam, Samsung mulai mengambil ancang-ancang untuk meluncurkan Samsung Galaxy M10S ini untuk pasaran negara Asia lainnya. Sayangnya, sampai sekarang ini belum diketahui kapan produk kelas pemula tersebut bakal hadir di pasaran Tanah Air.

Untuk harganya sendiri, Samsung Galaxy M10S ini dijual dengan harga Rp1,8 jutaan. Bagi yang ingin membeli produk mobile satu ini, selain dapat mengikuti pre-order atau juga tawaran pembelian yang ada di e-Commerce atau toko online di Indonesia lainnya, Anda dapat membelinya sendiri secara langsung dengan cara memesan melalui website resmi Samsung global.

Fitur Unggulan Samsung Galaxy M10S

spesifikasi samsung galaxy m10s dengan layar high end
Layar yang digunakan Samsung Galaxy M10S sama seperti yang digunakan oleh produk Samsung kelas hi-end

Layar berukuran 6,4 inci sAMOLED Infinity Display

Layar yang digunakan di Samsung Galaxy M10S ini berjenis Super AMOLED Infinity V display. Maksud dari Infinity V adalah layar dengan notch berbentuk V atau juga biasa dikenal dengan istilah V-shape notch atau waterdrop notch. Dengan layar Super AMOLED yang memiliki resolusi sebesar 720 x 1560 pixel tersebut, maka semua yang tertampil akan sangat jernih dan terang. Dalam uji cobanya, layarnya mampu untuk menampilkan gambar dengan grafis tinggi dengan saturasi yang bagus serta detail yang memukau.

Ketika digunakan untuk menonton video atau bermain game, layar bertipe bezelless HD+ ini membuat penggunanya semakin lega dan leluasa. Terlebih lagi, layarnya akan semakin terkesan luas karena screen-to-body rationya mencapai 85 persen atau hanya terpaut beberapa mili saja dari frame samping kiri dan kanannya.

Baterai besar berkapasitas 4000 mAh dengan teknologi fast charging 15W

Salah satu hal yang membuat Samsung Galaxy M10S ini memukau adalah terletak pada baterainya. Untuk jenisnya sendiri, baterai Galaxy M10S adalah non-removable yang terbuat dari Lithium Ion dengan kapasitas 4000 mAh. Dengan baterai sebegitu besar, maka Anda tidak perlu lagi repot membawa powerbank atau charger ke mana-mana karena sudah lebih dari cukup untuk digunakan secara non-stop seharian penuh.

Bahkan Anda pun akan terhindar dari masalah mati perangkat ketika sedang digunakan. Hanya saja dengan catatan, baterainya harus dalam kondisi lebih dari 80 persen untuk digunakan secara terus menerus.

Dan ketika diujicobakan, dari posisi 100 persen, baterainya mampu bertahan sampai dengan 12 jam untuk berselancar di dunia maya dalam jaringan 3G atau sampai 13 jam di jaringan 4G LTE atau Wifi. Sedangkan untuk digunakan untuk menonton video, baterainya mampu bertahan sampai dengan 21 jam dan untuk mendengarkan musik secara nonstop, kekuatan baterainya sampai 82 jam. Dalam mode bicara di jaringan 3G WCDMA, baterainya kuat sampai dengan 26 jam.

Tidak hanya besar saja, Galaxy M10S ini juga telah support dengan teknologi pengisian baterai secara cepat 15W. Dengan menggunakan charger USB bertipe C, maka akan semakin memudahkan pengguna dalam pengisian baterainya.

kamera utama dengan resolusi 13mp
Lensa utamanya memiliki resolusi 13MP yang dibantu oleh lensa kedua dengan resolusi 5MP

3 buah lensa dengan fungsi dan resolusi berbeda

Secara total, terdapat 3 lensa kamera yang tersemat di body Samsung Galaxy M10S ini. Satu terletak di bagian depan dengan resolusi sebesar 8MP untuk selfie dan video call. Sedangkan 2 lensa lainnya tersemat di bagian belakang. Lensa kamera utamanya memiliki resolusi 13MP dan lensa kedua beresolusi sebesar 5MP yang mana berfungsi sebagai lensa wide-angle.

Saat digunakan untuk memotret objek di tempat yang kaya cahaya atau di siang hari, maka hasilnya sangat bagus dan saturasinya terjaga atau tidak terlalu over. Untuk fasilitas wide-anglenya, lensa kedua dari Samsung Galaxy M10S ini dapat menghasilkan foto secara baik ataupun sama bagusnya ketika digunakan untuk merekam video. Hasil video yang direkam memiliki resolusi maksimal FHD 1920 x 1080 pixel pada 30fps.

dapur pacu yang andal untuk mobile gamer
Diujicobakan untuk bermain game mobile Asphalt 9 ataupun PUBG, dapur pacunya tidak alami masalah berarti

Dapur pacu andal untuk para mobile gamer

Untuk dapur pacunya, Samsung telah menyematkan chipset Exynos 7884B, prosesor Octa-core (2×1.6 GHz Cortex-A73 & 6×1.35 GHz Cortex-A53) dan GPU ARM Mali-G71 MP2. Ditambah lagi dengan ROM sebesar UFS2.1 32GB yang masih dapat ditambah sampai 512GB dengan menggunakan microSD serta RAM sebesar 3GB yang membuat sistem dan performa perangkat menjadi meningkat dan juga berjalan secara halus.

Saat diujicobakan dengan dipakai bermain game mobile, Asphalt 9 Legends, tidak ada masalah apapun. Bahkan, grafisnya pun dapat terbaca dengan sempurna. Tidak ada delay ataupun time lags yang terjadi ketika Galaxy M10S ini digunakan untuk bermain mobile game. Bahkan saat digunakan untuk bermain PUBG dengan pengaturan grafis maksimal, tetap tidak ada masalah yang dialami.

Audio memukau dengan Dolby Atmos 360

Bagi Anda yang suka mendengarkan musik atau apapun menggunakan headset, earphone atau headphone, maka suara atau audio yang terdengar akan sangat menggelegar. Hal tersebut dikarenakan Samsung Galaxy M10S ini telah dilengkapi dengan Dolby ATMOS 360 surround sound yang mampu membawa nuansa audio sekelas sinema.

Tidak hanya itu saja, Samsung Galaxy M10S ini juga telah mengantongi Widevine L1 Certification untuk dapat memutar konten-konten dengan format HD dengan menggunakan jaringan internet.

oneui android 9.0 pie dengan tampilan yang minimalis
Berkolaborasi dengan OneUI, sistem operasi Android 9.0 Pie mampu menghadirkan tampilan yang minimalis

Android 9.0 Pie dengan OneUI

Saat kali pertama menghidupkan perangkat, maka yang akan tertampil adalah desain simple dan minimalis. Desain tersebut merupakan sistem antar-muka OneUI v1.1 yang berbasis operating system Android 9.0 Pie. Bahkan ketika masuk ke dalam Menu, semua tampilannya sederhana tanpa penambahan efek apapun. Ditambah lagi dengan warna yang kalem membuat tampilannya semakin tidak menyilaukan mata.

Fingerprint biometric di sisi belakang

Walaupun hanya berstatus sebagai smartphone kelas entry level akan tetapi Samsung Galaxy M10S ini telah dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari atau fingerprint sensor sebagai sistem pengaman utamanya. Fitur pemindai sidik jarinya ini terletak di bagian belakang yang dapat dioperasikan secara mudah dan cepat.

Dan yang lebih memukau lagi, Samsung menggunakan otentikasi biometrik agar benar-benar dapat menjaga keakuratan dari sensor pemindai sidik jarinya tersebut. Jika Anda belum merasa aman, Anda masih dapat menggunakan face unlock atau juga memakai sistem pengaman bawaan Android, yaitu password ataupun pattern.

Telah kantongi sertifikasi IP68

Satu hal yang cukup mengejutkan dan sekaligus memukau adalah Samsung Galaxy M10S ini telah mengantongi sertifikat IP68 yang memiliki artian bahwa perangkat telah teruji fisiknya untuk hal-hal yang membahayakan, seperti terbentur, terjatuh, tergores maupun tercelup ke dalam air.

Dengan terkantonginya sertifikat IP68 ini, maka Anda dapat membawa perangkat ke berbagai tempat atau menggunakannya untuk berbagai aktivitas, baik indoor ataupun outdoor secara leluasa.

Samsung Galaxy M10S VS Huawei Y7 Pro (2019)/ASUS ZenFone 5 ZE620KL/Vivo Y15

huawei y7 pro
Huawei Y7 Pro (2019) © consumer.huawei.com

Samsung Galaxy M10S vs Huawei Y7 Pro (2019) (Rp1,719,000)

Total memang ada 2 produk dari Huawei yang bernama Huawei Y7 Pro, hanya saja keduanya dirilis di tahun yang berbeda, yaitu 2018 dan 2019. Dan untuk yang versi 2019 ketika dibandingkan dengan Samsung Galaxy M10S, nampaknya keduanya masing-masing unggul di beberapa bagian tertentu.

Contohnya saja, Samsung Galaxy M10S lebih tipis dan dilengkapi slot Dual SIM yang lengkap daripada yang dipunyai  Huawei Y7 Pro (2019). Terlebih lagi, produk dari Samsung tersebut menggunakan layar yang lebih berkualitas dibandingkan dengan yang dipakai Y7 Pro. Hanya saja, dapur pacu Y7 Pro (2019) sedikit lebih cepat dibandingkan Galaxy M10S.

asus zenfone 5
ASUS ZenFone 5 ZE620KL © asus.com

Samsung Galaxy M10S vs ASUS ZenFone 5 ZE620KL (Rp1,825,000)

Dari ketebalan, bobot, dimensi dan desainnya, kedua perangkat ini kurang lebih seimbang, namun layar ASUS ZenFone 5 ZE620KL kurang begitu berkualitas jika dibandingkan dengan yang dimiliki Samsung Galaxy M10S, IPS LCD vs Super AMOLED. Hanya saja, resolusi dan tingkat kerapatan antar-pixel dari layarnya, ASUS ZenFone 5 ZE620KL lebih unggul.

Dan memang dari sisi fasilitas kamera baik yang terletak di depan atau belakang sampai dengan kapasitas baterainya, ASUS ZenFone 5 ZE620KL kalah dengan Samsung Galaxy M10S, akan tetapi dari sisi dapur pacu dan besaran RAM juga ROM-nya, produk dari Asus tersebut yang keluar sebagai pemenangnya.

vivo y15
Vivo Y15 © vivo.com

Samsung Galaxy M10S vs Vivo Y15 (Rp1,950,000)

Secara sekilas memang kedua produk ini relatif sama, akan tetapi jika diamati lebih lanjut, ukuran Vivo Y15 lebih besar, lebih berat dan juga lebih tebal dibandingkan Samsung Galaxy M10S. Hanya saja ketika beranjak ke bagian dalamnya, dapur pacu yang dimiliki M10S justru lebih bertenaga dibandingkan Vivo Y15. Namun sayangnya, M10S tidak dapat menang ketika membandingkan dari sisi besaran RAM dan ROM dengan yang digunakan Vivo Y15.

Fasilitas kamera Vivo Y15 sisi depan dan belakang lebih unggul dibandingkan yang dipunyai Samsung Galaxy M10S. Hanya saja, lensa kamera utama dari kedua perangkat sama-sama memiliki resolusi 13MP. Satu hal yang menjadikan Vivo Y15 menang telak atas Galaxy M10S adalah pada kapasitas baterainya. Produk dai Vivo tersebut dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, sedangkan M10S hanya 4000 mAh.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M10S

Kelebihan Samsung Galaxy M10S

Walaupun masuk kategori smartphone kelas pemula atau entry level, akan tetapi Samsung tidak sekenanya saja mendesain produk mobilenya ini. Contohnya saja, layar yang digunakan Samsung Galaxy M10S ini sama berkualitasnya dengan yang digunakan produk Samsung kelas hi-end atau di atasnya, yaitu Super AMOLED. Dengan layar jenis ini, maka semua yang tertampil dapat terlihat sangat jelas, terang dan detail.

Mungkin beberapa vendor mobile akan menurunkan spesifikasi produk kelas entry level mereka dengan salah satu caranya menggunakan operating system versi yang tidak terlalu baru, akan tetapi justru Galaxy M10S memakai Android 9.0 Pie dengan OneUI yang sangat keren dan terkini.

Kelebihan lain yang dimiliki perangkat mobile ini adalah terdapatnya baterai cukup besar di dalamnya, yaitu berkapasitas 4000 mAh. Dengan baterai yang berkapasitas besar tersebut maka dapat membuat penggunanya semakin betah berlama-lama bermain game atau mengoperasikan aplikasi lain melalui smartphone ini.

Selain itu, smartphone satu ini sudah kantongi sertifikat IP68 yang menandakan bahwa anti-air, debu, goresan ataupun benturan yang minor. Dan lagi, Galaxy M10S ini sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint sensor walaupun berada di kelas entry level.

Dan kelebihan selanjutnya yang dimiliki Galaxy M10S adalah terletak pada harganya yang sangat terjangkau oleh semua kalangan. Dengan fitur menarik dan keluaran terbaru, Galaxy M10S dijual dengan harga Rp1,8 jutaan yang dapat dijangkau baik oleh banyak pengguna dari berbagai kelas.

Kekurangan Samsung Galaxy M10S

Kekurangan yang dimiliki Galaxy M10S adalah terletak pada kerapatan antar-pixelnya yang cukup rendah jika dibandingkan dengan smartphone entry level lainnya. Dengan rendahnya tingkat kerapatan antar-pixelnya, maka kurang dapat mendukung kualitas dari Super AMOLED yang digunakan.

Kekurangan lainnya adalah pada kamera depannya yang memiliki resolusi rendah, yaitu 8MP saja. Padahal banyak vendor mobile kelas menengah maupun perusahaan smartphone lain yang berusaha untuk melengkapi produknya dengan fitur kamera beresolusi tinggi, akan tetapi Samsung justru hanya menyematkan lensa dengan resolusi rendah pada produk ini.

Review Akhir Samsung Galaxy M10s

samsung galaxy m10s
Samsung Galaxy M10S ditujukan untuk pengguna kelas pemula yang selalu ingin tampil trendi

Berbasis Samsung Galaxy M10, pada pertengahan bulan September 2019, Samsung kembali merilis produk mobile barunya, Samsung Galaxy M10S. Produk mobile ini hadir dengan layar berjenis Super AMOLED berukuran 6,4 inci HD+ yang mana sangat jernih dan mampu menampilkan segalanya secara baik.

Di bagian depan dan belakang terdapat lensa kamera yang memiliki resolusi dan fungsi berbeda. Lensa utamanya mempunyai resolusi sebesar 13MP yang sangat bagus ketika digunakan untuk mengabadikan momen atau objek tertentu.

Beranjak ke bagian internalnya, terdapat chipset, prosesor, GPU, RAM dan ROM yang bagus dan cocok digunakan untuk bermain mobile game kelas menengah. Baterai yang dimilikinya berkapasitas 4000 mAh. Smartphone satu ini dijual dengan harga Rp1,8 jutaan.

Artikel: Spesifikasi Samsung Galaxy M10s by PortalHP.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here