Spesifikasi Samsung Galaxy M40 – Harga, Kamera, Baterai, Review Fitur

samsung galaxy m40
Samsung Galaxy M40 adalah smartphone dengan model layar terbaru dari Samsung

Samsung Galaxy M40 merupakan smartphone yang masuk kategori mid-range dengan spesifikasi hebat di dalamnya. Dikatakan begitu karena ada fitur-fitur baru sampai dengan dapur pacu jempolan yang dibawanya. Seperti salah satunya yang menjadi unggulan adalah Infinity O Display atau layar yang hanya menggunakan lubang kecil di sudut kiri atas layarnya.

Sebenarnya, Infinity O Display ini bukanlah hal yang baru di dunia mobile karena sekarang ini pun sedang marak penggunaan model seperti itu dengan istilah yang berbeda, yaitu punch hole display. Dan tentunya dengan Infinity O Display atau punch hole display tersebut sangat cocok untuk siapa saja yang menyukai tampilan layar lebar karena lebih lega ketika digunakan untuk menonton video atau bermain game.

Sedangkan untuk dapur pacunya, Samsung Galaxy M40 ini dapat dikatakan lebih baik dibandingkan versi sebelumnya, Samsung Galaxy M30. Disebut lebih baik karena prosesor yang digunakan M40 lebih cepat dibandingkan M30. Ditambah lagi, ukuran dan bobot dari M40 lebih nyaman di genggaman daripada M30 yang lebih besar juga berat.

Spesifikasi Samsung Galaxy M40

Nama model Samsung Galaxy M40
Kode produksi SM-M405F/DS
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Mei 2019 (global), Juni 2019 (pasaran India)
Dirilis resmi Juni 2019 (global), Juni 2019 (pasaran India)
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ LTE
Eksternal
Dimensi 155.3 x 73.9 x 7.9 mm
Berat 168 gram
Casing Bagian depan terbuat dari kaca, belakang dari plastik polycarbonate
SIM Card Nano SIM Card (Dual SIM – Dual Standby)
Layar
Jenis PLS TFT (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,3 inci (body ratio 91.8%)
Resolusi 2340 x 1080 pixel FHD+ (~409 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass
Model Bezelless dengan Infinity O Display atau punch hole display
Internal
Sistem operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) One UI
Chipset Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver)
Kartu grafis Adreno 612
ROM 64GB/ 128GB (dapat ditambah sampai 1TB menggunakan microSD di slot SIM)
RAM 4GB/ 6GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 16MP
Fitur HDR
Belakang 32MP + 8MP (ultrawide) + 5MP (depth sensor)
Fitur LED flash, panorama, HDR
Loudspeaker Ya
Jack port Tidak ada
Sensor utama Accelerometer, gyro, proximity, compass
Pemindai sidik jari Ya (di belakang)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
NFC Ya
GPS A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 3500 mAh (support fast charging 15W)
Warna Seawater Blue, Midnight Blue, Cocktail Orange
Harga Rp4 jutaan (belum rilis resmi di Indonesia)

Harga Samsung Galaxy M40

Memang secara umum Samsung Galaxy M40 sudah dirilis secara resmi per bulan Juni 2019 lalu, hanya saja itupun untuk pasaran Eropa dan India pada khususnya. Sayangnya tidak ada informasi resmi mengenai negara mana saja di Asia Tenggara yang bakal menjadi tempat pemasarannya kemudian. Bahkan sampai sekarang pun belum ada info data di Deparpostel ataupun dari pihak Kominfo terkait bakal masuknya perangkat mobile satu ini ke pasaran Tanah Air.

Hanya saja bagi yang ingin memilikinya, dapat melakukan pre-order melalui situs resmi Samsung India dengan harga INR 19.990 atau jika dikurskan ke Rupiah menjadi Rp3.996.526. Sampai sekarang pun belum diketahui ada e-commerce atau toko online di Tanah Air yang menawarkan layanan pre-order untuk smartphone satu ini.

Keunggulan Samsung Galaxy M40

Layar Lebar yang Melegakan

layar yang lebar
Layar lebar yang melegakan

Salah satu keunggulan Samsung Galaxy M40 ini terletak pada sisi layarnya. Di model Samsung Galaxy M10 dan Samsung Galaxy M20 dengan v-shape atau waterdrop notch serta Samsung Galaxy M30 dengan teardrop notch atau u-shape dirasa justru membuat tampilan menjadi kurang lebar. Oleh karenanya Samsung mensiasatinya dengan menanggalkan notch dan kemudian menggunakan punch hole display atau yang mereka sebut Infinity O Display pada Samsung Galaxy M40 ini.

Layar yang digunakannya adlah berjenis PLS TFT yang mana cukup mengejutkan karena selama ini Samsung selalu menggunakan layar berjenis AMOLED sampai dengan Super AMOLED untuk semua produk mobilenya. Penggunaan PLS TFT ini menurut banyak pengamat dikarenakan Samsung ingin menekan production cost yang digunakan dalam pembuatan M40 tersebut.

Dengan model bezelless serta body ratio sebesar 91,8 persen membuat perangkat ini terkesan tidak memiliki bingkai samping sama sekali. Dengan desain seperti ini, maka membuat para penggunanya lebih leluasa ketika menggunakannya untuk menonton video atau bermain game. Selain itu, layarnya sudah terlindungi oleh produk dari Corning, yaitu Gorilla Glass. Sayangnya, tidak ada referensi yang menyebutkan Gorilla Glass versi berapa yang digunakan di M40 ini.

Dapur Pacu yang Ngebut

spesifikasi samsung m40 snapdragon
Dapur pacunya lebih cepat dibandingkan seri Galaxy M lainnya

Dibandingkan dengan model-model seri Galaxy M lainnya, dapur pacu yang dimiliki Samsung Galaxy M40 ini lebih tinggi kualitasnya. Dengan Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm), prosesor Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver) dan kartu grafis Adreno 612 yang mana kesemuanya disokong dengan keberadaan RAM sebesar 4GB untuk yang dilengkapi dengan internal storage 64GB atau 6GB untuk ROM sebesar 128GB, maka semakin membuat performanya sangat kencang dalam pemrosesan data atau saat digunakan untuk mengoperasikan aplikasi/game tertentu.

Saat banyak aplikasi yang masih aktif di balik background, performa perangkat mobile satu ini tidak terlalu menurun drastis dan hal ini juga menjadi salah satu keunggulan lain dari Samsung Galaxy M40 dibandingkan dengan model sebelumnya atau perangkat selevel dengannya.

Kamera dengan resolusi tinggi

kamera samsung m40
Kamera utamanya miliki resolusi besar

Secara total, ada 4 kamera yang disematkan oleh Samsung pada Samsung Galaxy M40 ini yang mana terbagi menjadi 1 di sisi depan dan 3 di bagian belakang. Untuk yang terletak di bagian belakang, kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 32MP dengan aperture f/1.7 yang mana dapat menghasilkan bokeh halus pada belakang obyek yang diabadikan.

Selain kamera utama, terdapat juga kamera kedua yang berfungsi untuk pengambilan gambar secara melebar (ultrawide angle). Sudut terlebar yang dapat tertangkap oleh lensa kamera M40 ini sebesar 123 derajat. Dan satu lensa kamera sisanya berfungsi untuk mempertajam gambar dengan aperture f/2.2.

Sedangkan untuk kamera di bagian depannya memiliki resolusi sebesar 16MP dengan aperture f/2.0 yang memang didedikasikan untuk para pencinta selfie.

Tampilan Menarik dan Bergaya Terkini

Tampilan dari Samsung Galaxy M40 ini sangat menarik karena memang Samsung sudah menggunakan operating system terbaru milik Google, yaitu Android 9.0 Pie. Ditambah lagi, Samsung juga masih menambahkan user interface One UI yang mengombinasikan fungsionalitas pada sistem serta tampilan pada layarnya.

Kolaborasi antara Android 9.0 dan One UI ini menjadikan tampilan Galaxy M40 menjadi minimalis dan kaya warna. Terlebih lagi ada beberapa fitur menarik yang menjadi bawaan One UI, seperti Secure Folder, Dark Mode, Dual Messenger, Game Tools, Game Launcher, Gesture Navigation, One-handed, Edge Screen dan banyak lagi.

Audio yang Memukau

audio yang menggelegar
Audionya menggelegar

Memang Samsung Galaxy M40 ini tidak dilengkapi dengan headphone jack 3,5 mm, hanya saja Samsung telah menggantinya dengan fasilitas Bluetooth atau media koneksitas lain untuk dapat terhubung dengan earphone atau headset secara wireless. Tidak hanya itu saja, Samsung juga melengkapi M40 ini dengan speaker out (loudspeaker) yang mampu mengeluarkan suara bagus dan tidak cempreng.

Jika ingin memutar musik atau menonton video dengan suara yang maksimal, maka Anda dapat langsung memainkannya tanpa melakukan pengaturan pada sistem atau menambahkan aplikasi third-party lainnya. Hal itu dikarenakan M40 sudah dilengkapi dengan Widevine L1 dan Dolby Atmos.

Satu hal yang unik dan menjadi keunggulan tersendiri bagi M40 adalah penggunanya dapat mengubah layar untuk dijadikan speaker. Hal itu dikarenakan terdapatnya Screen Sound Technology di dalam perangkat satu ini. Jadi, ketika Anda melakukan atau menjawab panggilan, seperti videocall dan sejenisnya, maka tanpa harus menggunakan headset atau earphone, Anda masih dapat mendengarkan suara orang yang berkomunikasi dengan Anda secara jelas.

Sistem Perlindungan Ganda

otentikasi pengamanan
Terdapat 2 otentifikasi pengemanan pada Samsung Galaxy M40

Dengan menggunakan perangkat mobile satu ini, Anda tidak perlu khawatir lagi jika ada orang yang mencurinya. Hal itu dikarenakan Samsung telah menyematkan 2 sistem perlindungan yang berbeda dan sama-sama canggihnya pada M40 ini. Perlindungan pertama adalah Fast Face Unlock yang menggunakan wajah Anda sebagai pembuka kuncinya. Sistem ini menggunakan teknologi artificial inteligence untuk pengoperasiannya.

Sistem yang kedua adalah dengan menggunakan sensor pemindaian sidik jari atau fingerprint sensor. Fitur pemindaian sidik jari tersebut terletak di bagian belakang yang dapat dioperasikan dengan menggunakan jari telunjuk secara mudah.

Baterai dengan Sistem Pengisian Cepat

Samsung Galaxy M40 ini hadir dengan baterai berjenis Lithium Polymer yang memiliki kapasitas 3500 mAh. Dibandingkan dengan perangkat smartphone keluaran vendor lainnya, salah satu hal menarik terkait baterai yang dimiliki M40 ini adalah tersematkannya teknologi pengisian ulang baterai yang cukup cepat. Dengan artian, Anda tidak perlu menunggu proses pengisian baterai dalam waktu yang lama lagi.

Tidak hanya itu saja prosesor yang digunakannya pun tidak terlalu rakus akan daya baterainya, jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai ketika menggunakannya untuk beraktivitas seharian.

Samsung M40 VS Vivo V11 Pro/Realme 3 Pro/Oppo K3

Samsung Galaxy M40 vs Vivo V11 Pro

vivo v11 pro
Vivo V11 Pro © vivo.com

Dari sisi kameranya, dapat dikatakan kedua perangkat mobile ini saling beradu keunggulan. Dalam artian, jika dilihat dari kamera depannya, Vivo V11 Pro lebih unggul, sedangkan jika dilihat dari kamera belakangnya, maka posisi pemenangnya diraih oleh Samsung Galaxy M40.

Ketika membandingkan kedua perangkat dari sisi dapur pacu, dalam hal ini Vivo V11 Pro harus mengakui keunggulan dari Samsung Galaxy M40. Mulai dari operating system yang dipakai sampai dengan kartu grafisnya, Vivo V11 Pro sudah kalah bersaing.

Samsung Galaxy M40 vs Realme 3 Pro

realme 3 pro
Realme 3 Pro © realme.com

Jika dilihat dari segi tampilan, kedua smartphone ini memiliki ukuran yang sama. Akan tetapi, jika membandingkan dari sisi fasilitas kamera depanya, Realme 3 Pro dilengkapi dengan lensa kamera yang memiliki resolusi lebih tinggi, 25MP, sementara Samsung Galaxy M40 hanya sebesar 16MP saja. Dengan demikian, kualitasnya jelas lebih unggul Realme 3 Pro. Meskipun demikian, kamera utama yang dipunyai Samsung M40 masih tetap unggul, yaitu 32MP + 8MP + 5MP, sementara yang dimiliki Realme 3 Pro hanya 16MP dan 5MP.

Dari segi kapasitas baterainya, sudah barang tentu Realme 3 Pro lebih unggul, sebab dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.045 mAh, sementara Samsung Galaxy M40 hanya sebesar 3.500 mAh. Tidak hanya itu saja, Realme 3 Pro dilengkapi dengan port jack 3,5 mm sedangkan Samsung Galaxy M40 hanya menggunakan USB type-C, itupun harus menggunakan converter terlebih dahulu.

Samsung Galaxy M40 vs Oppo K3

oppo k3
Oppo K3 © oppo.com

Memang dari ketebalannya, Samsung Galaxy M40 lebih tipis dan terkesan sangat sleek, hanya saja jika membandingkan dari sisi besaran tubuhnya, maka Oppo K3 lebih besar dibandingkan produk Samsung itu. Namun justru dengan desain sleek dan tidak terlalu besar serta lebih ringan 12 persen dari Oppo K3 itu, maka membuat M40 terkesan elegan dan fashionable.

Sebenarnya, kedua perangkat dilengkapi dengan baterai yang sama-sama kurang begitu bagus jika dibandingkan dengan smartphone mid-range lainnya, akan tetapi baterai miliki Oppo K3 7 persen lebih besar dibandingkan dengan yang dimiliki M40, yaitu sebesar 3750 mAh.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M40

Kelebihan Samsung Galaxy M40

Ada beberapa hal yang dapat dikatakan sebagai kelebihan dari Samsung Galaxy M40, seperti desainnya yang compact atau memanfaatkan segala sisi agar dapat lebih efisien dalam pengoperasiannya. Kelebihan lain yang dimiliki perangkat mobile satu ini adalah ditanggalkannya notch seperti yang dipakai di beberapa seri Galaxy M lainnya dan menggunakan Infinity O Display atau punch hole sebagai gantinya. Penggunaan punch hole ini dapat membuat layar terkesan lebih lebar dan lega.

Tidak hanya itu saja fasilitas kameranya sangat bagus ketika digunakan di tempat yang kaya cahaya dan sudah support untuk perekaman 4K. Bahkan terdapat pula mode Super Slow-mo sebagai tambahan fasilitas untuk videonya. Selain itu, dapur pacunya juga sudah di atas rata-rata yang digunakan oleh semua model Galaxy M lainnya.

Kekurangan Samsung Galaxy M40

Sayangnya, Samsung justru menanggalkan port jack 3.5 mm yang masih banyak dipakai di berbagai smartphone lainnya, termasuk model milik Samsung sendiri. Bahkan tidak ada converter 3.5 mm ke USB Type-C di dalam paketnya. Jadi jika Anda menginginkan converter tersebut, Anda dapat membelinya secara terpisah.

Dikatakan bahwa kameranya sangat berkualitas karena mampu menghasilkan foto jernih dan tajam di tempat kaya cahaya, namun justru sebaliknya, ketika dipakai di tempat yang remang-remang atau pada malam hari, hasilnya tidak begitu bagus. Satu hal yang menjadikan banyak orang menyayangkan adalah penggunaan jenis layar PLS TFT pada produk yang tergolong baru ini. Padahal seperti yang diketahui banyak orang, kualitas PLS TFT masih di bawah dari IPS LED atau IPS LCD bahkan juga dari AMOLED.

Kekurangan lain yang dimiliki Samsung Galaxy M40 ini adalah terletak pada kapasitas baterainya. Memang M40 ini sudah support dengan teknologi pengisian cepat 15W, akan tetapi kapasitas baterainya untuk ukuran smartphone kelas mid-range justru mengecewakan. Samsung hanya melengkapi M40 ini dengan baterai berkapasitas 3500 mAh saja. Bahkan jika dibandingkan dengan baterai yang dimiliki M20 dan M30, baterai yang dipunyai M40 lebih kecil kapasitasnya.

Review Akhir Samsung Galaxy M40

samsung galaxy m40
Samsung Galaxy M40 adalah smartphone dengan model layar terbaru dari Samsung

Samsung Galaxy M40 merupakan salah satu perangkat mobile terbaru yang dirilis Samsung di pertengahan tahun 2019. Dilengkapi dengan layar besar berukuran 6,3 ini PLS TFT Full HD+ serta telah menanggalkan notch seperti yang digunakan di model-model lainnya membuat layarnya menjadi terlihat lebar dan lega ketika digunakan untuk menonton video atau bermain game.

Walaupun casing belakangnya terbuat dari plastik keras polycarbonate, akan tetapi masih sangat cantik ketika berada di genggaman. Dapur pacunya pun sangat bertenaga dengan baterai yang mudah dan cepat untuk diisi ulang. Sayangnya, perangkat mobile ini belum secara resmi hadir di pasaran Tanah Air dan untuk membelinya harus memesan secara online di situs resmi Samsung.

Artikel: Spesifikasi Samsung Galaxy M40 by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here