Spesifikasi Sony Xperia 5 – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

Sony Xperia 5
Sony Xperia 5 merupakan smartphone baru Sony Mobile yang dapat terintegrasi dengan Sony Alpha atau Sony Bravia

Sony Xperia 5 merupakan smartphone terbaru dar Sony Mobile yang menjadi penerus dan penyempurna Sony Xperia Z Compact series. Perangkat mobile ini dilengkapi dengan banyak fitur menarik dan teknologi-teknologi terkini yang menjadikannya sangat layak untuk dimasukkan dalam kategori flagship.

Banyak hal menarik jika Anda mengulik satu persatu fitur dan apa saja yang disematkan di dalam Xperia 5 ini. Contohnya saja, seperti beberapa produk Samsung yang dapat terintegrasi dengan produk Samsung lainnya, Xperia 5 ini juga dapat terintegrasi langsung dengan kamera Sony Alpha atau juga TV Sony Bravia.

Selain itu, dapur pacu Xperia 5 ini juga sangat bertenaga karena menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 855 dengan prosesor Octa-core yang disokong RAM dan ROM berkapasitas besar. Secara total, ada 4 lensa kamera yang tersemat di tubuh Xperia 5 ini dan masing-masing lensa telah dilengkapi fitur-fitur menarik untuk menunjang aktivitas fotografi dan videografi. Baterai yang digunakan berjenis Lithium Ion berkapasitas 3140 mAh yang disokong dengan teknologi pengisian ulang cepat.

Spesifikasi Sony Xperia 5

Nama model Sony Xperia 5
Kode produksi J8210, J8270, J9210
Segmen pasar Flagship
Diperkenalkan September 2019
Dirilis resmi September 2019
Jaringan GSM/ GPRS/ EDGE/ UMTS HSSPA+/ LTE (4G)
Eksternal
Dimensi 158 x 68 x 8,2 mm
Berat 164 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis OLED FD+ HDR (CineAlta, Master Monitor, X1, DCI-P3 100%) – capacitive touchscreen
Ukuran 6,1 inci (screen-to-body ratio 80,9%)
Resolusi 1080 x 2520 pixel (~449 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 6, IP65/IP68
Model Bezelless
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI)
Chipset Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm)
Prosesor Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)
Kartu grafis Adreno 640
ROM UFS 128GB (dapat ditambah sampai 512GB menggunakan microSDXC)
RAM 6GB
Kamera, Speaker, & Sensor
Depan 8MP
Fitur HDR, SteadyShotTM dengan Intelligent Active Mode (5-axis gyro-EIS), Portrait selfie effects, Display flash, 3D Creator, Hand and Smile Shutter
Belakang 12MP (wide) + 12MP (telephoto) + 12MP (ultrawide)
Fitur Cinema Pro, 4K HDR movie recording, BIONZ XTM for mobile, RAW noise reduction, Eye AF10, Dual photo diode, RGBC-IR sensor, SteadyShotTM, 2x optical zoom, 5x digital zoom, HDR, Hybrid Autofocus, 3D Creator, Bokeh effect
Loundspeaker Ya (Dolby Atmos)
Port jack 3,5mm Tidak
Sensor utama Accelerometer, Ambient light, Barometer, eCompassTM, Game rotation vector, Geomagnetic rotation vector, Gyroscope, Hall sensor, Magnetometer,

Step counter, Step detector, Significant motion detector, Proximity sensor, RGBC-IR sensor

Sensor sidik jari Ya (samping)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, aptX HD, LE
USB USB 3.1, USB Type-C 1.0 reversible connector; USB On-The-Go
NFC Ya
GPS A-GPS, A-GNSS, GLONASS, BDS, GALILEO
Radio Tidak
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Ion
Kapasitas daya 3140 mAh (support Xperia Adaptive Charging Battery Care 18W – USB Power Delivery 2.0)
Warna Black, Grey, Blue, Red
Harga RS61,990 atau sekitar Rp12,36 jutaan

Harga Sony Xperia 5

Sebenarnya Sony Xperia 5 bukanlah satu smartphone yang benar-benar baru dan tidak diketahui orang, karena sebelumnya, tepatnya pada saat digelarnya IFA 2019 di bulan Mei 2019, Sony Mobile telah memperkenalkan produk mobile tersebut dan baru merilisnya pada penghujung bulan September 2019.

Dikarenakan masih tergolong baru, tentu saja smartphone satu ini belum dirilis secara bebas di banyak negara, termasuk Indonesia. Untuk harganya sendiri mengacu pada harga yang beredar di pasaran India, harga Sony Xperia 5 ini dibanderol sekitar Rp12,36 jutaan. Hanya saja, belum diketahui di mana harus membeli perangkat mobile satu ini karena di website resminya pun tidak ada laman pembelian atau informasi pre-ordernya.

spesifikasi sony xperia 5 dengan teknologi bionz x
Banyak fasilitas menarik untuk kamera pada Sony Xperia 5 ini, seperti salah satunya teknologi BIONZ X

Fitur Unggulan Sony Xperia 5

3 lensa kamera yang usung teknologi Sony Alpha

Total ada 3 lensa kamera yang tersemat di bagian belakang Sony Xperia 5 ini yang mana kesemuanya memiliki resolusi sebesar 12MP walaupun fungsinya masing-masing berbeda. Lensa utamanya yang menggunakan sensor Sony Exmor RS dengan jenis CMOS memiliki normal yaitu sebagai lensa wide dengan aperture f/1.6 dan ISO 100-12.800.

Lensa utamanya ini memiliki ukuran 26mm dengan optical image stabilization (OIS) dan telah disokong dengan Eye Autofocus2 terbaru, Optical SteadyShot dan banyak lagi. Ketika digunakan di situasi yang rendah pencahayaan, hasilnya tidak mengecewakan serta meminimalisir munculnya noise.

Ketika menggunakan mode manual, maka Anda dapat mengatur semua settingan untuk kameranya, mulai dari exposure, white balance dan banyak lagi lainnya. Ketika diposisikan dengan shutter speed 30 detik, maka Anda dapat memotret star trail secara indah tanpa harus menggunakan kamera sekelas DSLR.

Fitur Eye Autofocus2 merupakan sebuah teknologi yang banyak digunakan di kamera-kamera Sony Alpha. Seperti namanya, fungsi Eye Autofocus2 ini untuk dapat mengunci fokus yang dititikberatkan pada mata secara cepat. Jadi Anda tidak perlu khawatir, ketika seseorang yang ingin Anda abadikan bergerak terus, maka dengan Eye Autofocus2, fokus akan tetap terjaga dan terkunci secara cepat. Ditambah lagi dengan 10fps di mode continuous shooting dengan AF atau AE tracking, Anda dapat mengabadikan obyek secara bagus dengan exposure yang seimbang di mode burst.

Lensa keduanya yang memiliki ukuran 52mm berfungsi sebagai lensa telephoto dengan dukungan teknologi PDAF dan 5-axis OIS. Sedangkan lensa ketiganya yang memiliki ukuran 16mm berfungsi sebagai lensa ultrawide dengan aperture f/2.4.

Seperti yang disebutkan di atas bahwa Xperia 5 ini dapat terintegrasi langsung dengan Sony Alpha karena terdapatnya teknologi BIONZ X. Selain itu, Anda juga dapat menjadikan Xperia 5 ini sebagai remote control untuk mengatur dan mengoperasikan kamera Sony Alpha yang sudah diintegrasikan secara wireless dengan menggunakan aplikasi Imaging Edge Mobile.

Ketika digunakan untuk merekam video, hasilnya juga sangat bagus karena terdapat berbagai macam fitur pendukung lain, seperti Cinema Pro, Look Colour sampai dengan membuat video dengan hasil sekelas 4K.

layar yang cukup lebar dengan cinemawide
Layarnya cukup lebar dengan CinemaWide yang membuat lega ketika digunakan untuk menonton video

Layar sinematik yang melegakan

Untuk fasilitas layarnya, Sony telah menyematkan layar berukuran 6,1 inci yang berjenis OLED FHD+ HDR. Layarnya sangat jernih, terang dan juga mampu menampilkan segala sesuatunya secara detail dan bagus. Dan seperti halnya fasilitas kameranya, untuk fasilitas layarnya ini juga mengadopsi teknologi yang digunakan pada televisi Sony Bravia. Selain itu, terdapat juga berbagai teknologi lain sebagai pendukung fasilitas layarnya, seperti DCI-P3 100%, HDR BT.2020, Triluminos Display sampai dengan X-Reality Engine.

Dengan ukuran 6,1 inci dan memiliki screen-to-body ratio sebesar 80,9 persen, ditambah lagi dengan CinemaWide yang miliki rasio 21:9, maka Anda akan merasa sangat lega ketika menggunakan perangkat mobile satu ini untuk menonton TV atau video, bermain game sampai dengan aktivitas multi-tasking lainnya. Bahkan Anda juga dapat membagi layarnya menjadi 2 yang mana keduanya dapat menjalankan fungsi berbeda, seperti satu untuk menonton video dan satu layar lainnya untuk chatting.

Performa jempolan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855

Beranjak ke bagian internalnya, Sony Xperia 5 ini dilengkapi dengan dapur pacu yang jempolan. Chipset yang digunakannya adalah Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm), sedangkan prosesornya adalah Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485) dan kartu grafisnya adalah Adreno 640. Sedangkan untuk RAM-nya sebesar 6GB dan internal storage yang dimiliki berkapasitas 128GB yang masih dapat ditambah sampai dengan 512GB dengan menggunakan microSDXC.

Dengan Snapdragon 855 serta prosesor Octa-core yang memiliki clock speed 2.84 GHz dan GPU Adreno 640, maka pengguna Xperia 5 ini dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus ataupun memainkan game mobile dengan grafis besar sekalipun secara mudah, lancar tanpa terganggu time lags. Sony mengklaim bahwa dapur pacunya memiliki performa 45 persen jauh lebih bagus dibandingkan dapur pacu smartphone sekelasnya atau juga kinerja GPU-nya meningkat 20 persen dari model sebelumnya.

mampu memainkan game dengan grafis tinggi
Untuk memainkan game yang memiliki grafis tinggi ataupun spesifikasinya beratpun bukan menjadi masalah

Media tepat untuk nge-game yang menyenangkan

Seperti yang disebutkan di atas bahwa Sony Xperia 5 ini sangat tepat untuk digunakan berbagai aktivitas sekaligus ataupun bermain game berat. Dan khususnya untuk dipakai nge-game, Anda akan sangat leluasa karena layarnya yang lebar, CinemaWide. Tidak hanya itu saja, terdapat juga Game Booster yang mampu meningkatkan performa mesin menjadi melaju cepat.

Yang unik dan cukup menarik dari Xperia 5 ini untuk urusan game, terdapatnya fasilitas untuk ‘menghalau’ semua gangguan. Mulai dari panggilan masuk, pesan atau notifikasi lainnya akan dialihkan agar permainan tetap dapat terus berjalan. Bahkan fasilitas tersebut juga dapat menonaktifkan sementara kameranya untuk dapat meningkatkan performa mesin serta meminimalisir pemakaian baterai secara berlebih.

Selain itu, Anda juga dapat merekam gameplay sampai dengan komentar-komentar yang muncul ketika Anda bermain game online untuk dapat diunggah di blog atau channel YouTube pribadi. Bahkan Anda juga dapat menambahkan audio atau suara agar dapat langsung mengunggah di website, chanel atau apapun lainnya tanpa harus mengedit video tersebut terlebih dahulu.

suara dilengkapi dengan dolby atmos
Terdapat Dolby Atmos yang mampu melahirkan suara yang sangat berkualitas

Audio jernih dengan resolusi suara yang tinggi

Memang Sony Xperia 5 ini tidak dilengkapi dengan jack 3.5mm yang mana cukup disayangkan banyak pihak. Hal itu dikarenakan masih banyaknya pengguna smartphone yang tetap nyaman menggunakan headset atau earphone ketika mendengarkan sesuatu di perangkat mobilenya. Akan tetapi, Sony telah menggantinya dengan penambahkan teknologi High-Resolution Audio, DSEE HX dan satu lagi yang tak kalah penting adalah Dolby Atmos.

Khususnya untuk Dolby Atmos, teknologi audio satu ini mampu menciptakan atmosfer suara yang bertenaga dan ketika Anda mendengarkannya melalui Xperia 5 ini, maka akan terasa seperti mendengarkan audio  di bioskop atau istilahnya sinematik. Bahkan untuk memaksimalkan audionya, Sony juga telah mengkolaborasikan perangkat mobile tersebut dengan Sony Pictures Entertainment.

Sony Xperia 5 VS Samsung Galaxy Note10/OnePlus 6T McLaren/Huawei Mate 10 Porsche Design

Sony Xperia 5 vs Samsung Galaxy Note10 (Rp11,999,000)

samsung galaxy note 10
Samsung Galaxy Note10 © samsung.com

Memiliki bentuk dan desain yang kurang lebih sama, Samsung Galaxy Note10 ternyata memiliki dimensi dan ketebalan lebih kecil dibandingkan Sony Xperia 5. Keduanya juga menggunakan frame aluminium serta telah mengantongi sertifikat IP65/IP68 yang berarti tahan air, tahan benturan dan debu.

Menang di dimensinya, Xperia 5 harus mengakui keunggulan Samsung Galaxy Note10 dari sisi jenis dan besaran layarnya. Bahkan dari besaran RAM, ROM dan baterainya, produk dari Samsung tersebut lebih unggul. Untuk masalah fasilitas kameranya, Samsung Galaxy Note10 sedikit lebih tinggi resolusinya dibandingkan dengan yang dimiliki Xperia 5.

Sony Xperia 5 vs OnePlus 6T McLaren (Rp12,070,000)

oneplus 6t mclaren
OnePlus 6T McLaren © oneplus.com

Memang OnePlus 6T McLaren adalah produk mobile keluaran tahun 2018, akan tetapi dari jenis layar dan besarannya, produk dari OnePlus lebih unggul dibandingkan dengan yang dipunyai Sony Xperia 5. Untuk dimensi sampai bobotnya, kedua perangkat memiliki kesamaan. Namun dari desainnya, OnePlus 6T McLaren lebih elegan dibandingkan Xperia 5 yang terkesan kaku.

Beranjak ke sisi dalam, chipset yang tersemat di dalam Xperia 5 sedikit lebih unggul dibandingkan OnePlus 6T McLaren, hanya saja besaran RAM dan ROM produk dari OnePlus tersebut lebih besar. Tidak hanya itu saja, OnePlus 6T McLaren juga unggul di sisi besaran resolusi lensa kamera depan dan belakangnya.

Sony Xperia 5 vs Huawei Mate 10 Porsche Design (Rp13,800,000)

huawei mate 10 porsche design
Huawei Mate 10 Porsche Design © consumer.huawei.com

Huawei Mate 10 Porsche Design merupakan produk Huawei yang dirilis pada tahun 2017 dan untuk ukuran smartphone lawas, ternyata produk mobile ini masih cukup tangguh untuk head-to-head dengan Sony Xperia 5 yang dirilis tahun 2019. Contohnya saja, dari sisi desain, dimensi, ketebalan dan bobotnya, Huawei Mate 10 Porsche Design lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan Xperia 5.

Hanya saja dari sisi internalnya, Huawei Mate 10 Porsche Design masih kalah dengan yang dimiliki Xperia 5. Namun Huawei Mate 10 Porsche Design memiliki lensa utama yang beresolusi cukup besar dengan optik dari Leica. Dan lagi, kapasitas baterai Huawei Mate 10 Porsche Design juga lebih besar dari Xperia 5, 4000 mAh vs 3140 mAh.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia 5

Kelebihan Sony Xperia 5

Dari sekian banyak smartphone kelas flagship, hanya ada sedikit saja produk mobile yang dilengkapi dengan katahanan fisik bagus dan mengantongi sertifikat IP65/IP68 dan salah satunya adalah Sony Xperia 5. Ya, smartphone satu ini telah mengantongi sertifikat tersebut dan telah lulus uji kelaikan untuk ketahanan fisiknya.

Selain masalah fisiknya yang bagus dan kuat, kelebihan lain yang dimiliki Xperia 5 adalah terletak pada fitur-fitur pendukung layarnya. Mulai dari DCI-P3 100 persen, HDR BT.2020, Triluminos display, X-Reality Engine, CineAlta, Master Monitor sampai dengan X1 tumpah ruah di smartphone ini untuk layarnya saja. Jadi tentu saja, dapat dibayangkan dengan begitu banyak sokongan fitur, seberapa berkualitasnya layar yang dimiliki Xperia 5 tersebut.

Kelebihan selanjutnya adalah terdapat pada dapur pacu. Chipset yang dimiliki Xperia 5 ini adalah Qualcomm Snapdragon 855 dengan prosesor Octa-core yang memiliki clock speed 2.84GHz. Selain itu, sistem dan segala hal di bagian internalnya dapat berjalan dengan halur juga lancar karena terdapatnya RAM serta ROM yang berkapasitas besar.

Seperti halnya layar, fitur pendukung untuk lensa-lensa kameranya pun masuk dalam kategori kelebihan yang dipunyai. Dan satu kelebihan lainnya adalah terletak pada audionya yang disokong oleh teknologi Dolby Atmos yang mampu menghasilkan suara menggelegar.

Kekurangan Sony Xperia 5

Dilengkapi dengan casing yang terbuat dari aluminium dan juga memiliki ketahanan fisik kuat, namun sayangnya, Sony memilih desain khas yang menjadi trademark dari jajaran Xperia, yaitu berbentuk kotak. Walaupun disebut trademark, namun justru menjadi satu kekurangan karena perangkat akan terkesan kaku jika dibandingkan dengan desain-desain smartphone besutan vendor lain sekarang ini.

Kekurangan kedua terletak pada resolusi kamera depannya yang dirasa cukup rendah untuk ukuran smartphone kelas flagship. Dengan lensa kamera yang memiliki resolusi hanya 8MP, maka hasilnya pun kurang begitu maksimal ketika digunakan untuk selfie atau video call.

Kekurangan lainnya adalah terletak pada kapasitas baterainya yang dirasa sangat kecil, 3140 mAh. Dikatakan begitu karena banyak smartphone kelas mid-range sampai flagship yang dilengkapi baterai berkapasitas minimal 4000 mAh.

Review Akhir Spesifikasi Sony Xperia 5

Sony Xperia 5
Sony Xperia 5 merupakan smartphone baru Sony Mobile yang dapat terintegrasi dengan Sony Alpha atau Sony Bravia

Walaupun tidak segencar vendor-vendor Korea Selatan ataupun yang dari Tiongkok dalam merilis produk mobilenya, Sony Mobile tetap konsisten untuk menelurkan produk mobile baru dalam satu tahun, salah satunya adalah Sony Xperia 5 yang mana dirilis di penghujung bulan Spetember 2019.

Memang dari segi ukuran, Xperia 5 ini lebih kecil dibandingkan Sony Xperia 1, akan tetapi dari spesifikasi yang dimiliki, smartphone tersebut dilengkapi banyak fitur dan teknologi terkini. Contohnya saja layar yang dipunyai sangat jernih, terang dan detail. Bahkan Sony menggunakan teknologi CinemaWide yang membuat layarnya menjadi lebih lebar untuk digunakan beragam hal.

Selain itu, dapur pacunya juga sangat bertenaga juga cepat. Chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 855. Terdapat 1 lensa kamera di depan dan 3 lensa kamera di belakang. Untuk baterainya, Xperia 5 menggunakan Lithium Ion berkapasitas 3140 mAh.

Artikel: Spesifikasi Sony Xperia 5 by PortalHP.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here