Spesifikasi Vivo Nex 3 5G – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

vivo nex 3 5g
Vivo NEX 3 5G merupakan smartphone 5G kedua dari Vivo

Vivo NEX 3 5G adalah salah satu produk mobile yang dirilis Vivo di awal bulan September 2019 yang masuk kelas flagship. Tentu saja dengan membawa label 5G di dalam namanya, pastinya spesifikasi yang dimiliki juga tidak main-main. Tercatat dari layarnya saja, Vivo menggunakan Super AMOLED dengan ukuran 6,89 inci yang hanya terpaut sedikit saja dengan lebar umum sebuah tablet mini, yaitu 7 inci.

Dan tidak ingin mengekor kebanyakan vendor yang lebih memilih menggunakan desain punch hole atau notch baik yang V-shape atau U-shape, Vivo memilih menggunakan motorized pop-up untuk meletakkan lensa kamera depannya. Sedangkan kamera belakangnya yang berjumlah 3 buah tersebut terletak di bagian tengah dengan model melingkar.

Dapur pacunya sangat ampuh baik digunakan untuk bermain game dengan grafis berat, apalagi hanya sekadar digunakan untuk aktivitas harian yang umum saja. Baterai yang dimilikinya memiliki kapasitas 4500 mAh dan telah support dengan teknologi fast charging 44W.

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Vivo U3 – Harga & Spesifikasi
Vivo Y11 (2019) – Harga & Spesifikasi

Spesifikasi Vivo NEX 3 5G

Nama model Vivo NEX 3 5G
Kode produksi V1924A, V1924T
Segmen pasar Flagship
Diperkenalkan September 2019
Dirilis resmi September 2019
Jaringan GSM/ CDMA/ EVDO/ WCDMA/ CDMA2000/ TD-SCDMA/ HSPA/ HSDPA/ LTE (LTE-TDD, LTE-FDD), VoLTE (VoLTE HD), 5G NR
Eksternal
Dimensi 167,44 x 76,14 x 9,4 mm
Berat 218,5 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Super AMOLED (Capacitive multi-touch)
Ukuran 6,89 inci (screen-to-body ratio 93,6%)
Resolusi 2256×1080 pixel (~363 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass
Model Bezelless dengan motorized pop-up camera
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) Funtouch OS 9.1
Chipset Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm)
Prosesor Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.8 GHz Kryo 485)
Kartu grafis Adreno 640 (700 MHz)
ROM 128GB/ 256GB (tidak dapat ditambah)
RAM 8GB/ 12GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 16MP
Fitur LED Flash, HDR, Panorama, AI Beauty
Belakang 64MP (wide) + 13MP (super wide angle/macro) + 13 MP (telephoto)
Fitur Panorama, beauty, photo, video, AR shoot, PDAF
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Gravity, Photosensitive, Proximity, Gyro, e-Compass
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, WLAN 2.4G, WLAN 5.1G, WLAN 5.8G
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
NFC Ya
GPS A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Radio Tidak
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4500 mAh (support ultra fast charging 44W)
Warna Liquid Tianhe, Deep air streamer
Harga RAM 8GB/ ROM 256GB CNY5698 (Rp11,32 jutaan), RAM 12GB/ ROM 256GB CNY6198 (Rp12,32 jutaan)

Harga Vivo NEX 3 5G

Seperti halnya kebanyakan smartphone dari vendor lain yang memilih merilis produknya di negaranya sendiri atau di negara tertentu yang pasarnya lebih besar dan potensial, Vivo tidak menyambangi Indonesia terlebih dahulu untuk perilisan Vivo NEX 3 5G ini. Oleh karenanya, bagi yang ingin membeli produk mobile hebat tersebut, maka dapat langsung memesannya di website resmi Vivo.

Untuk harganya, Vivo membagi dalam 2 varian yang mana keduanya didasarkan pada besaran RAM dan ROM yang terdapat di dalamnya. Untuk yang dilengkapi dengan RAM 8GB dan ROM 256GB dijual dengan harga sekitar Rp11,32 jutaan, sedangkan yang memiliki RAM 12GB dan ROM 256GB, dibanderol sebesar Rp12,32 jutaan.

Fitur Unggulan Vivo NEX 3 5G

spesifikasi vivo nex 3 5g menggunakan teknologi terkini
Vivo NEX 3 5G menggunakan teknologi terkini

Jaringan 5G yang merupakan teknologi termaju saat ini

Selain Vivo iQOO Pro 5G, Vivo NEX 3 5G merupakan produk mobile kedua besutan Vivo yang mampu berjalan di jaringan 5G. Dengan supportnya perangkat di jaringan 5G, maka segala hal yang terhubung dengan internet dapat dilakukan dengan cepat dan ringkas. Hal tersebut dikarenakan memang jaringan 5G menawarkan kecepatan dalam unggah ataupun unduh data. Bahkan hal-hal lain seperti streaming ataupun bermain game online dapat dilakukan dengan sangat mudah di jaringan 5G.

Perangkat mobile satu ini semakin menjadi-jadi ketika digunakan di jaringan 5G karena dapur pacunya yang hebat. Mulai dari chipset Snapdragon 855 Plus, prosesor kuat sampai dengan RAM besar, membuat perangkat dapat berjalan di jaringan 5G dengan lancar dan berjalan sangat mulus tanpa hambatan.

Walaupun sudah dapat berjalan di jaringan 5G, namun NEX 3 5G ini tetap dapat dioperasikan di jaringan 2G sampai 4G ataupun LTE. Khusus untuk fasilitas jaringan ini, Vivo telah menggunakan desain 6 decoupling antenna yang mana mendukung kecepatan jaringan berkecepatan tinggi. Penempatannya pun dipikirkan secara cermat agar tidak mengganggu penangkapan sintal saat perangkat sedang digunakan.

waterfall screen
Disebut waterfall screen karena mengeliminasi sisi terluar dari layarnya

Waterfall screen, layar lebar tanpa batas

Untuk urusan layarnya, Vivo NEX 3 5G ini menggunakan jenis Super AMOLED dengan bahan E3 yang sangat berkualitas. Layarnya yang berukuran 6,89 inci tersebut memiliki rasio screen-to-body yang dimilikinya mencapai 93,6 persen yang mana sangat melegakan ketika digunakan untuk bermain game ataupun menonton video. Ditambah lagi dengan frame yang sempit dan rasio layar yang cukup tinggi, membuat tampilannya menjadi cukup lebar. Itulah yang disebut dengan istilah waterfall screen atau layar yang mengeliminasi sisi terluar dari bezelnya.

Yang cukup unik dari layarnya adalah terdapat sensor tekanan yang tersembunyi di balik layarnya. Terdapat pula motor X-axis yang sangat membantu para gamer ketika sedang bermain. Layarnya pun telah mengantongi sertifikat ‘baik’ untuk dapat mengurangi efek cahaya biru yang cukup merugikan mata penggunanya.

dapur pacu terbaik di keluarga snapdragon
Dapur pacunya menduduki peringkat pertama di keluarga Snapdragon

Dapur pacu super ngebut dan hemat daya baterai

Dapur pacu yang dimiliki Vivo NEX 3 5G ini sangat bertenaga dan memiliki performa yang mengagumkan. Hal itu dikarenakan chipset yang tersemat di dalamnya adalah Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ dengan kaki 7 nanometer yang menduduki peringkat tertinggi untuk sementara di jajarangan Snapdragon. Selain itu, prosesor yang digunakannya adalah Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.8 GHz Kryo 485) yang sangat bertenaga ketika digunakan untuk berbagai aktivitas. Untuk kartu grafisnya sendiri, Vivo telah menyematkan Adreno 640 yang juga salah satu GPU tertinggi di kelasnya.

Ketika prosesor, chipset berpadu dengan memori besar, 8GB dan 12GB, maka kinerja perangkat akan semakin hebat, terlebih untuk memacu kinerja di jaringan 5G. Terlebih lagi ketika digunakan untuk baca data, kinerjanya meningkat sampai dengan 90 persen atau juga kecepatan tulisnya meningkat sampai dengan 110 persen. Oleh karenanya, ketika digunakan untuk multitasking, perangkat tidak mengalami kendala yang berarti.

Modul akselerasi jaringan yang cerdas

Perangkat mobile satu ini telah dilengkapi dengan teknologi baru yang dapat mengakselerasi jaringan secara cermat, cepat dan tepat. Dengan kata lain ketika berubah-ubah jaringan, mulai dari WLAN standar atau WLAN+ sampai dengan jaringan umum, perpindahannya pun cukup stabil dan mulus.

Bahkan Vivo mengklaim bahwa ketika terjadi perpindahan dari jaringan 2.4G WLAN ke jaringan 5G, jaringannya tetap dalam kondisi awal dan tetap kuat. Dan ketika jaringan sedang terkendala atau terjadi fluktuasi yang mana membuatnya melemah, maka teknologi tersebut dapat secara otomatis menyesuaikan dan mengaturnya agar tetap dapat menjaga kestabilan dan kekuatannya.

teknologi pendingin yang membuat mesin menjadi stabil
Teknologi pendingin yang digunakan dapat menurunkan temperatur di dalam dan membuat mesin menjadi stabil

Pendingin yang tidak sekadar mendinginkan mesin

Satu hal yang menarik adalah terdapatnya pendingin khusus yang mampu membuat mesin tetap dalam keadaan dingin walaupun ketika digunakan untuk aktivitas berat. Struktur dispasi panas yang tertanam di body belakangnya mampu membuang panas dan menjaga temperatur tetap stabil atau dalam kondisi rendah. Hal tersebut dapat membuat CPU, baterai dan hardware lainnya menjadi terjaga kondisinya.

Baterai besar dengan teknologi pengisian super cepat

Keunggulan yang cukup membanggakan dan dimiliki Vivo NEX 3 5G adalah pada baterainya. Perangkat mobile ini dilengkapi dengan baterai berjenis non-removable dari Lithium Polymer yang memiliki kapasitas sebesar 4500 mAh. Dengan kapasitas sebegitu besar, maka penggunanya tidak perlu khawatir untuk alami mati perangkat ketika sedang menggunakannya.

Tidak hanya itu saja, smartphone satu ini support dengan teknologi pengisian cepat 44W yang mampu memangkas durasi pengisian baterai dari posisi 0 ke 100 persen hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam saja.

kamera utama memiliki resolusi hingga 64mp
Lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 64MP

Kamera utama dengan resolusi 64MP yang cocok untuk para profesional

Terdapat 3 lensa kamera pada bagian belakang Vivo NEX 3 5G ini. Berbeda dengan desain smartphone pada umumnya yang berjajar ke bawah, Vivo justru menata ketiga lensa tersebut secara melingkar. Untuk lensa kamera utamanya memiliki resolusi sangat besar, yaitu 64MP dan sangat tepat digunakan oleh para fotografer atau videografer profesional.

Selain memiliki resolusi besar, kualitas lensa utamanya juga sangat bagus. Hal itu dikarenakan Vivo menggunakan teknologi khusus untuk dapat meniru penglihatan manusia dalam memindai sebuah objek dengan warna.

Untuk lensa kamera keduanya memiliki resolusi sebesar 13MP dengan fungsi ultra wide-angle dengan sudut terlebar sebesar 117 derajat yang dilengkapi dengan pengoreksi kemiringan. Sedangkan untuk lensa ketiganya memiliki resolusi yang sama, 13MP, yang berfungsi sebagai telephoto.

Vivo NEX 3 5G VS Apple iPhone 11/Oppo Reno 10x Zoom/Samsung Galaxy A90 5G

iphone 11
Apple iPhone 11 © apple.com

Vivo NEX 3 5G vs Apple iPhone 11 (Rp9,8 jutaan)

Sama-sama dirilis di bulan September 2019, Apple iPhone 11 ternyata kalah di banyak bidang. Mulai dari dimensi, besaran layar, jenis layar, kapasitas RAM dan ROM-nya, fasilitas kamera sampai dengan baterainya, apa yang digunakan iPhone 11 masih kalah dibandingkan Vivo NEX 3 5G.

Hanya saja bukan berarti iPhone 11 tidak memiliki kelebihan. Produk dari Apple terbaru itu unggul dari resolusi layar dan kerapatan antar-pixelnya, bobot dan ketebalannya, kekuatan fisiknya sampai dengan dapur pacunya lebih bertenaga dibandingkan yang dipunyai Vivo NEX 3 5G tersebut.

oppo reno 10x zoom
Oppo Reno 10x Zoom © oppo.com

Vivo NEX 3 5G vs Oppo Reno 10x Zoom (Rp10,4 jutaan)

Mungkin dari sisi dimensi sampai layarnya, kedua perangkat masih seimbang atau sama kuatnya. Hanya saja ketika berbicara tentang dapur pacunya, apa yang dimiliki Vivo NEX 3 5G lebih cepat dan bertenaga. Akan tetapi dari sisi RAM dan ROM yang dimiliki, Oppo Reno 10x Zoom lebih unggul.

Pindah ke sisi fasilitas kameranya, sama-sama dilengkapi dengan 3 buah lensa kamera pada bagian belakang, keunggulan didapatkan NEX 3 5G. Hal itu dikarenakan lensa kamera utama produk dari Vivo tersebut lebih besar resolusinya dibandingkan dengan yang dimiliki Oppo Reno 10x Zoom, yaitu 64MP vs 48MP. Tidak hanya kalah dari fasilitas kameranya, Oppo Reno 10x Zoom juga harus mengakui keunggulan NEX 3 5G di sisi kapasitas baterainya.

samsung galaxy a90 5g
Samsung Galaxy A90 5G © samsung.com

Vivo NEX 3 5G vs Samsung Galaxy A90 5G (Rp10,6 jutaan)

Jika hanya melihat dari embel-embel kata 5G saja, mungkin keduanya dianggap seimbang. Hanya saja ketika dibedah secara mendalam, Vivo NEX 3 5G sedikit lebih unggul atas Samsung Galaxy A90 5G. Contohnya saja dari sisi dapur pacunya, sama-sama menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon, yang digunakan NEX 3 5G lebih tinggi dibandingkan yang dipunyai produk dari Samsung tersebut.

Tidak hanya di dapur pacunya saja, fasilitas kameranya pun masih unggul NEX 3 5G. Hanya saja, lensa kamera depannya, Samsung Galaxy A90 5G yang keluar sebagai pemenangnya. Untuk kapasitas baterainya, kedua perangkat seimbang.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo NEX 3 5G

Kelebihan Vivo NEX 3 5G

Kelebihan dari Vivo NEX 3 5G yang pertama adalah supportnya perangkat dengan teknologi jaringan 5G yang menawarkan kecepatan untuk unggah atau unduh data. Kelebihan kedua terletak pada fasilitas layarnya yang sangat berkualitas karena menggunakan jenis Super AMOLED yang sudah teruji dan terbukti kehebatannya. Selain itu, layarnya juga mengadopsi teknologi HDR10 yang dapat membuat warna serta saturasi semua yang tertampil akan nampak nyata.

Dapur pacu juga merupakan kelebihan yang dimiliki Vivo NEX 3 5G. Smartphone ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm), prosesor Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.8 GHz Kryo 485) dan GPU Adreno 640 (700 MHz). Terlebih lagi RAM dan ROM yang dimiliki smartphone satu ini sangat besar.

Kelebihan lainnya terletak pada fasilitas kamera belakangnya. Terdapat 3 lensa kamera dengan resolusi yang berbeda. Bahkan lensa kamera utamanya memiliki resolusi paling besar di dunia mobile untuk sementara, yaitu 64MP. Baterai yang dimiliki juga menjadi kelebihan lain dari produk mobile buatan Vivo ini karena kapasitasnya yang sangat besar dan juga support dengan teknologi pengisian cepat 44W.

Kekurangan Vivo NEX 3 5G

Hebat dan berkualitas bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Untuk posisi pertama dari kekurangan yang dimiliki smartphone satu ini terletak di sisi fisiknya. Perangkat mobile ini walaupun telah pada bagian depan dan belakangnya telah terlindungi dengan Corning Gorilla Glass, namun NEX 3 5G bukan termasuk smartphone yang tahan benturan atau juga anti-air.

Selain tidak memiliki fisik yang hebat, smartphone tersebut juga tidak dilengkapi dengan fasilitas wireless charging yang rata-rata sudah dimiliki oleh perangkat dalam kategori flagship. Selain itu, kekurangan lainnya terletak di bagian kamera depannya yang untuk ukuran smartphone kelas atas, resolusinya justru rendah, hanya 16MP. Padahal ada banyak smartphone kelas menengah yang dilengkapi dengan lensa depan yang memiliki resolusi di atas 16MP atau minimal 20MP. Selain itu, smartphone ini tergolong berat yang mana akan membuat penggunanya capek ketika menggunakannya dalam jangka waktu lama.

Review Akhir Vivo NEX 3 5G

vivo nex 3 5g
Vivo NEX 3 5G merupakan smartphone 5G kedua dari Vivo

Mungkin baru sedikit saja vendor mobile dunia yang telah membuat dan merilis produk mobile yang mana mampu berjalan di jaringan 5G. Vivo merupakan salah satu vendor mobile yang telah memiliki produk seperti itu, yaitu Vivo NEX 3 5G. Produk smartphone anyar dari Vivo ini dilengkapi dengan banyak sekali kecanggihan dan fitur serta teknologi modern.

Contohnya saja layar yang digunakan adalah Super AMOLED dengan resolusi tinggi, dapur pacu yang sangat bertenaga dan ngebut di antara para pesaingnya, RAM dan ROM berkapasitas besar, fasilitas kamera dengan resolusi yang di atas rata-rata serta baterai dengan daya jumbo, 4500 mAh.

Sayangnya, smartphone satu ini belum dapat hadir resmi di pasaran Tanah Air untuk saat ini. Oleh karenanya, bagi yang ingin membelinya dapat memesan langsung di website resmi Vivo dengan harga mulai Rp11 jutaan.

Artikel: Spesifikasi Vivo NEX 3 5G by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here