Spesifikasi Vivo U10 – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

vivo u10
Vivo U10 adalah smartphone mid-range terbaru yang dirilis Vivo di penghujung tahun 2019

Vivo U10 merupakan smartphone terbaru dari Vivo yang diluncurkan pada bulan Oktober 2019. Smartphone ini diciptakan dengan target pasar para muda yang penuh dengan gaya serta memiliki mobilitas tinggi.

Dari desainnya sendiri, Vivo telah menggunakan model yang kekinian dengan warna mystic dan sentuhan doff di seluruh tubuh Vivo U10. Ditambah lagi, beberapa fitur populer, seperti 3 lensa kamera di belakang, penggunaan waterdrop notch sampai dengan memakai sistem antar-muka sendiri yang berbasis operating system Android 9.0 Pie telah disematkan untuk produk mobile barunya itu.

Sedangkan untuk dapur pacunya sendiri, Vivo tetap setia menggunakan produk dari Qualcomm, yaitu Qualcomm Snapdragon 665 dengan prosesor Qualcomm Octa-core 2.0 GHz serta Qualcomm Adreno 610. Terdapat 3 varian produk untuk Vivo U10 ini yang terkait dengan besaran RAM dan ROM-nya. Dan satu hal yang mengejutkan adalah kapasitas baterai yang dimiliki smartphone ini sangat besar dibandingkan kompetitornya, yaitu 5000 mAh.

Spesifikasi Vivo U10

Nama model Vivo U10 (Vivo U3x)
Kode produksi
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan September 2019
Dirilis resmi Oktober 2019
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ LTE
Eksternal
Dimensi 8,92mm x 76,77cm x 159,43 mm
Berat 190,5 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD (Capacitive Multi Touch Screen), HD+
Ukuran 6,35 inci (screen-to-body ratio 81,4%)
Resolusi 1544 x 720 pixel (~268 pixel)
Perlindungan
Model Bezelless dengan waterdrop notch
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) Funtouch OS 9.1
Chipset Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
Prosesor Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
Kartu grafis Adreno 610
ROM 32GB/ 64GB (dapat ditambah sampai dengan 256GB menggunakan microSD)
RAM 3GB/ 4GB
Kamera
Depan 8MP
Fitur AI Filters, , AI Beauty, HDR
Belakang 13MP (Clarity) + 8MP (Wide Angle) + 2MP (Bokeh)
Fitur AI filter, Backlight HDR, Portrait bokeh, slow motion, time-lapse photography, Ai Beauty
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Ambient light sensor, Proximity Sensor, E-compass, Gyroscope
Sensor sidik jari Ya (di belakang)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak
GPS A-GPS, GLONASS, Beidou
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh (support dengan fast charging 18W)
Warna Thunder Black, Electric Blue
Harga RAM 3GB/ ROM 32GB ₹8,990 (Rp1,79 jutaan), RAM 3GB/ ROM 64GB ₹9,990 (Rp1,99 jutaan) , RAM 4GB/ ROM 64GB ₹10,990 (Rp2,18 jutaan)
Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Spesifikasi Vivo Z1x
Spesifikasi Vivo Z1 Pro

Harga Vivo U10

Salah satu smartphone paling anyar yang dirilis oleh Vivo adalah Vivo U10. Perangkat mobile satu ini masuk ranah mid-range yang mana mempunyai spesifikasi lumayan bagus. Hanya saja, untuk sementara ini Vivo masih memilih beberapa negara lain selain Cina dan India sebagai tempat perilisan produk mobile terbarunya itu dan belum ada informasi kapan Vivo U10 bakal diluncurkan untuk pasaran Tanah Air.

Dan untuk masalah harganya, terdapat 3 varian produk dari Vivo U10 ini yang mana masing-masing dibedakan dari besaran RAM dan ROM yang dimiliki. Untuk yang dilengkapi dengan RAM 3GB dan ROM 32GB, harganya adalah sekitar Rp1,79 jutaan. Sedangkan untuk yang memiliki RAM 3GB dengan ROM 64GB, dijual dengan harga sekitar Rp1,99 jutaan dan untuk yang mempunyai RAM 4GB dengan ROM 64GB dibanderol sebesar Rp2,18 jutaan.

Fitur Unggulan Vivo U10

spesifikasi vivo u10 kamera belakang bagus untuk video
Tidak hanya untuk memotret saja, lensa kamera belakangnya juga bagus ketika digunakan untuk merekam video

3 lensa kamera dengan teknologi AI tanpa terlewat momen

Secara total, ada 4 buah lensa kamera yang tersemat di body Vivo U10 ini, yaitu satu terletak di tengah waterdrop notch di depan dan 3 buah lagi diletakkan di bagian belakang. Khusus untuk lensa-lensa belakang tersebut, lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 13MP. Hanya saja, tidak diketahui sensor apa yang digunakan Vivo pada Vivo U10 tersebut, namun jenis lensanya adalah CMOS dengan aperture f/2.2.

Lensa kamera utamanya itu dilengkapi dengan LED flash yang tidak membuat foto menjadi terlalu pucat atau terlalu bright. Ketika digunakan di tempat yang kaya cahaya atau di bawah sinar matahari, hasilnya juga sangat jernih dan detail. Bahkan saturasinya pun tidak berlebihan serta mode HDR yang dimiliki juga mampu bekerja secara maksimal yang mana akhirnya membuat foto menjadi lebih dramatis.

Ketika digunakan untuk mengabadikan objek tunggal atau yang berada di tengah sebuah tempat, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat saja agar sistem untuk kameranya ini dapat mengunci fokus dan kemudian mengaburkan bagian belakang objek agar dapat membuat kesan bokeh yang halus. Ketika digunakan untuk merekam video 30fps dengan resolusi full HD, hasilnya pun tidak mengecewakan.

Untuk lensa keduanya yang memiliki resolusi sebesar 8MP, berfungsi sebagai lensa wide angle dengan aperture sama seperti lensa utama, yaitu f/2.2. Dan ketika Anda menggunakan lensa satu ini ditambah memakai mode Panorama untuk memotret landscape, maka hasilnya pun akan sangat bagus dan maksimal. Ditambah lagi, terdapat teknologi artificial intelligence (AI) yang dapat membantu pengguna perangkat mobile satu ini untuk mendapatkan hasil yang presisi dan bagus tanpa membuat ujung-ujung gambar menjadi tertarik.

Sedangkan lensa ketiganya memiliki resolusi 2MP yang berfungsi untuk depth sensor. Dengan menggunakan lensa ini, Anda dapat memotret objek atau apapun dengan hasil yang sangat tajam dan jelas. Bahkan dengan menggunakan lensa satu ini, bokeh yang dihasilkan pun akan lebih halus lagi.

dapur pacu yang cocok untuk main game
Dapur pacu yang dimiliki Vivo U10 ini mampu untuk digunakan mengoperasikan aplikasi atau game ‘berat’

Dapur pacu dengan performa hebat tanpa time lags

Masuk ke bagian internalnya, Vivo U10 dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 665 SoC yang memiliki fabrikasi sebesar 11 nanometer. Prosesor yang digunakan adalah Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver) yang mana akan melaju cepat dan stabil dengan RAM dan ROM besar yang dimilikinya. Ditambah lagi, dapur pacu Vivo U10 ini adalah Adreno 610 yang dapat menghasilkan gambar menjadi bagus atau juga mampu membuat perangkat dapat menjalankan game-game atau aplikasi lain yang ‘berat.’

Ketika diujicobakan, sembari digunakan untuk melakukan panggilan keluar atau menerima panggilan masuk menggunakan earphone atau headset, perangkat juga dipakai untuk mengoperasikan aplikasi lain dan tidak ada time lags yang mengganggu. Dan lagi, fabrikasi 11 nanometer pada chipsetnya tersebut dapat meningkatkan performa mesin sampai 10 persen dan performa AI di dalamnya juga meningkat 2 kali lipat.

Ultra Game Mode untuk bermain game tanpa hambatan

ultra game mode untuk main game tanpa hambatan
Vivo U10 ini juga telah diujicobakan untuk dipakai bermain PUBG, hasilnya tanpa time lags

Vivo menyadari bahwa segmen pasar yang mereka targetkan adalah anak muda yang penuh dengan warna serta mobilitas tinggi, maka mau tidak mau juga menyasar para pengguna yang doyan ngegame menggunakan perangkat mobilenya. Oleh karena itu, maka Vivo U10 ini dilengkapi dengan dapur pacu hebat serta Ultra Game Mode untuk membantu penggunanya bermain.

Ultra Game Mode ini sangat membantu sekali para penggunanya untuk memainkan game-game berat sekelas PUBG ataupun Asphalt. Bahkan dengan menggunakan mode tersebut, Anda dapat menikmati fitur khusus lain, seperti vibrasi 4D, Game Countdown, pengubah suara dan banyak lagi lainnya.

Operating system dan UI yang menarik tanpa buat bosan

Seperti halnya semua produk Vivo dari yang kelas entry level sampai dengan yang flagship, selalu menggunakan operating system milik Google, yaitu Android, begitu pula dengan Vivo U10 ini. Di dalamnya, Vivo U10 ini menggunakan operating system Android 9.0 Pie yang kabarnya dapat diupgrade ke Android 10 dalam jangka waktu dekat ini.

Untuk user interface atau sistem antar-muka yang digunakan oleh Vivo U10 ini, Vivo menggunakan Funtouch OS 9.1 yang merupakan upgrade terbaru dari Funtouch OS 9.0. Sistem antarmuka yang digunakan masih berbasis pada Android 9.0 Pie dan mampu berjalan sangat lancar, halus tanpa ada stutter ataupun time lags. Terlebih lagi desain dan tampilan yang dibawa Funtouch OS 9.1 ini sangat ringan dan minimalis tanpa membuat seseorang menjadi bosan dan kurang tertarik dalam melihatnya.

Selain itu, terdapat pula beberapa aplikasi third party yang terinstal secara otomatis di dalam perangkat mobile ini dan dapat Anda uninstall jika menganggapnya tidak perlu, seperti Opera Browser, Helo, WPS Office Amazon Shopping, Gaana, Paytm dan beberapa lainnya.

baterai besar yang tahan lama tanpa henti
Fasilitas baterainya menjadi salah satu yang terbesar di antara semua smartphone mid-range lainnya

Baterai besar yang tahan lama tanpa henti

Baterai merupakan fasilitas paling diunggulkan pada Vivo U10 ini. Bukannya melebih-lebihkan karena memang baterai yang dimiliki smartphone satu ini sangat besar kapasitasnya. Baterai yang digunakan adalah berjenis non-removable yang terbuat dari Lithium Polymer dengan kapasitas 5000 mAh. Vivo mengklaim bahwa hanya dalam sekali pengisian sampai dengan 100 persen, baterainya mampu bertahan sampai 2 hari untuk pemakaian secara umum.

Ketika diujicobakan untuk hal lain, baterainya mampu bertahan sampai dengan 12 jam untuk digunakan menonton video di YouTube secara nonstop. Ketika dipakai untuk bersosial media selain YouTube, baterainya mampu bertahan sampai dengan 15 jam lamanya. Dan ketika dipakai untuk bermain game sekelas PUBG, baterainya mampu bertahan sampai dengan 7 jam.

Tidak hanya itu saja, Vivo U10 juga telah support dengan teknologi fast charging 18 W yang mana dapat memangkas durasi pengisian ulang baterainya. Menurut pihak Vivo, dari posisi 0 persen, dengan menggunakan teknologi ini, maka Anda dapat mengisi ulang baterai sampai mendekati 100 persen hanya dalam waktu 10 menit saja.

Vivo U10 VS Xiaomi Redmi Note 7/Oppo A5 2020/Realme 3 Pro (X Lite)

Vivo U10 vs Xiaomi Redmi Note 7 (Rp2,025,000)

xiaomi redmi note 7
Xiaomi Redmi Note 7 © mi.com

Dari sisi dimensi sampai dengan bobotnya serta ketebalannya, kedua perangkat dapat dikatakan seimbang. Bahkan untuk layarnya, mulai jenisnya, besarannya, screen-to-body rationya pun, kedua perangkat masih imbang. Hanya saja resolusi serta kerapatan antar-pixel pada layar yang dimiliki Xiaomi Redmi Note 7 jauh lebih tinggi dibandingkan Vivo U10. Dan lagi layar Note 7 tersebut sudah terlindungi pelindung Corning Gorilla Glass versi 5, sedangkan produk dari Vivo tersebut tidak memilikinya.

Chipset Vivo U10 memang lebih baru dibandingkan yang digunakan Xiaomi Redmi Note 7, akan tetapi prosesor produk mobile besutan Xiaomi tersebut sedikit lebih cepat. Untuk fasilitas kamera belakangnya, walaupun kalah dari total lensanya, akan tetapi lensa utama yang dimiliki Xiaomi Redmi Note 7 memiliki resolusi yang 3 kali lebih besar dibandingkan yang dipunyai Vivo U10. Akan tetapi jika berbicara masalah kapasitas baterai, Xiaomi Redmi Note 7 tidak mampu menandingi Vivo U10, 4000 mAh vs 5000 mAh.

Vivo U10 vs Oppo A5 2020 (Rp2,179,000)

oppo a5 2020
Oppo A5 2020 © oppo.com

Jika dilihat dari depan, Vivo U10 dan Oppo A5 2020 seperti sebuah perangkat mobile yang sama. Desainnya tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Hanya saja ketika dilihat dari sisi belakang, maka akan nampak perbedaannya, yaitu letak lensa yang dimiliki kedua perangkat berbeda. Pada Vivo U10, lokasi 3 buah lensanya di sebelah kiri atas, sedangkan pada Oppo A5 2020 terletak di tengah.

Berbicara masalah kamera, Oppo A5 2020 dilengkapi dengan 4 buah lensa kamera yang mana lensa utamanya memiliki resolusi sebesar 12MP, sedangkan Vivo U10 hanya memiliki 3 buah lensa dengan lensa utama sebesar 13MP. Untuk dapur pacunya dan baterainya, kedua perangkat masih imbang.

Vivo U10 vs Realme 3 Pro (X Lite) (Rp2,099,000)

realme 3 pro
Realme 3 Pro (X Lite) © realme.com

Sama seperti Oppo A5 2020, desain yang dimiliki Realme 3 Pro (X Lite) cukup mirip dengan yang dipunyai Vivo U10. Namun ketika perbandingannya beranjak pada sisi layar, resolusi layar Realme 3 Pro (X Lite) 127 persen lebih besar dibandingkan yang dimiliki Vivo U10.

Untuk masalah dapur pacu, Vivo U10 tidak dapat berkata apa-apa karena memang jeroan yang dipunyai Realme 3 Pro (X Lite) lebih bertenaga dan cepat. Dan untuk lensa utama serta lensa depannya, kembali Realme 3 Pro (X Lite) menjadi pemenang. Ketika membandingkan kapasitas baterainya, baru Vivo U10 unggul atas Realme 3 Pro (X Lite).

Kelebihan dan Kekurangan Vivo U10

Kelebihan Vivo U10

Kelebihan pertama yang dimiliki Vivo U10 adalah terletak pada performa dari dapur pacunya. Dengan chipset Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm), prosesor Octa-core yang memiliki clock speed mencapai 2.0 GHz, kartu grafis Adreno 610, RAM dan ROM berkapasitas besar membuat kinerja mesin sangat bagus dan performanya juga menawan. Bahkan ketika digunakan untuk bermain game yang memiliki grafis tinggi, tidak ada kendala yang berarti. Terlebih lagi, Vivo telah menyematkan Ultra Game Mode yang mampu meningkatkan performa mesinnya.

Dan tentu saja, kelebihan lain yang dimiliki perangkat mobile satu ini adalah terletak pada fasilitas baterainya. Dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, maka Anda dapat melakukan aktivitas apapun tanpa takut perangkat akan mati di tengah pemakaian karena kehabisan baterai. Bahkan ketika digunakan untuk bermain game sejenis PUBG pun, baterainya mampu bertahan sampai dengan 7 jam lamanya. Ditambah lagi, Vivo U10 ini support dengan teknologi fast charging 18W yang mana mampu memangkas durasi pengisian baterai yang lama.

Kelebihan lainnya adalah terletak pada fasilitas kamera belakangnya. Terdapat 3 buah lensa yang terletak di bagian belakang perangkat mobile satu ini. Untuk lensa utamanya memiliki resolusi sebesar 13MP, sedangkan lensa keduanya yang berfungsi sebagai lensa wide memiliki resolusi sebesar 8MP dan lensa ketiganya mempunyai resolusi sebesar 2MP. Untuk fasilitas kameranya ini, Vivo telah memberikan tambahan teknologi AI untuk membuat hasil yang didapat lebih maksimal.

Kekurangan Vivo U10

Untuk kekurangan yang dimiliki, yang pertama adalah terletak pada layarnya. Vivo U10 ini dilengkapi dengan layar berjenis IPS LCD yang tidak cukup tajam ketika menampilkan segala sesuatunya. Hal tersebut dapat dilihat dari tingkat resolusi sampai dengan kerapatan antar-pixelnya cukup rendah dibandingkan dengan kebanyakan smartphone kelas mid-range lainnya.

Kekurangan kedua terletak pada kualitas lensanya ketika digunakan di tempat yang kurang cahaya atau pada saat malam hari. Hasilnya kurang begitu maksimal dan akan memunculkan banyak noise. Kekurangan ketiga adalah terletak di sisi fasilitas kamera depannya yang dirasa terlalu rendah resolusinya. Dengan resolusi yang rendah, maka hasil yang didapatkan ketika digunakan untuk video call atau berswafoto juga tidak begitu maksimal.

Review Akhir Vivo U10

vivo u10
Vivo U10 adalah smartphone mid-range terbaru yang dirilis Vivo di penghujung tahun 2019

Vivo U10 merupakan budget smartphone yang hadir dengan desain menawan dan prosesor berkualitas. Ditambah lagi, smartphone satu ini dilengkapi dengan baterai yang memiliki kapasitas super jumbo, 5000 mAh, yang disokong dengan teknologi pengisian ulang baterai cepat 18W. Layar yang dimilikinya berukuran 6,35 inci HD+ dengan resolusi sebesar 1544 x 720 pixel.

Pada bagian dalamnya, Vivo U10 ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 655 serta prosesor Octa-core yang memiliki clock speed sebesar 2.0 GHz. Terdapat 2 varian RAM dan ROM di dalamnya, yaitu 3GB dan 4GB serta 32GB dan 64GB. Fasilitas kameranya juga berkualitas dan smartphone ini dijual dengan harga mulai Rp1,79 jutaan.

Artikel: Spesifikasi Vivo U10 by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here