Spesifikasi Vivo Y12 – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

vivo y12
Vivo Y12 merupakan perangkat mobile terbaru di keluarga Vivo Y di pertengahan 2019

Vivo Y12 adalah smartphone kelas entry level dengan pangsa pasar anak muda yang memiliki aktivitas padat. Untuk dapat mendukung aktivitas padat para muda tersebut, maka smartphone satu ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik di dalamnya, mulai dari kamera dengan resolusi dan fungsi berbeda, operating system Android versi terbaru, 9.0 Pie, layar IPS LCD yang mampu tampilkan gambar secara detail sampai dengan baterai berkapasitas besar di dalamnya.

Terlebih lagi, walaupun hanya sebagai smartphone low-end, para penggunanya tidak akan malu membawanya ke manapun karena desainnya sangat elegan. Dilengkapi dengan notch dan juga fitur pemindai sidik jari pada bagian belakang plus penggunaan gradasi warna membuat perangkat mobile satu ini terkesan mewah dan mahal. Sistem antar-mukanya pun membuat perangkat ini seperti smartphone murahan.

Vivo Y12 ini sekarang sudah dipasarkan secara online di pasaran Tanah Air dengan harga jual sebesar Rp2.199.000 yang mana dapat dibeli di situs resminya atau juga melalui e-commerce di Indonesia.

Spesifikasi Vivo Y12

Nama model Vivo Y12
Kode produksi 1904
Segmen pasar Entry level
Diperkenalkan Juni 2019
Dirilis resmi Juni 2019
Jaringan GSM/ WCDMA/ HSPA/ HSDPA/ FDD-LTE/ TDD-LTE/ LTE-A/ LTE
Eksternal
Dimensi 159,43 × 76,77 × 8,92 mm
Berat 190,5 gram (dengan baterai)
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,35 inci (screen-to-body-ratio 89%)
Resolusi 720 × 1544 pixel (HD+) (~268 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass
Model Semi-bezelless dengan waterdrop notch
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) Funtouch OS 9
Chipset Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
Prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
Kartu grafis PowerVR GE8320
ROM 3GB/ 4GB (dapat ditambah sampai 256GB menggunakan microSD)
RAM 32GB / 64GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 8MP
Fitur Portrait Bokeh, AI Face Beauty, Camera Filter
Belakang 13MP + 8MP (ultrawide) + 2MP (depth sensor)
Fitur PPT, Professional, PDAF, Palm Capture, Voice Control, Time-Lapse, Slow, Live Photos, HDR, Portrait Mode, Panorama, Watermark, AI Face Beauty, Camera Filter, Super Wide-Angle Camera
Loundspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Ambient light sensor, Proximity Sensor, E-compass, Gyroscope sensor (Virtual Gyroscope)
Sensor sidik jari Ya (di bagian belakang)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
NFC Ya
GPS A-GPS , BDS, BeiDou, GLONASS, Galileo
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh (TYP)
Warna Burgundy Red,Aqua Blue
Harga Rp2.199.000
Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Spesifikasi Vivo Z5x

Harga Vivo Y12

Setelah resmi megantongi izin jual di pasaran Tanah Air, sertifikat TKDN, yang dikeluarkan oleh Kemenperin dan juga atas sepengetahuan Kominfo, maka Vivo Y12 akhirnya dipasarkan di Indonesia. Sayangnya, untuk proses pemasaran smartphone entry level satu ini hanya dilakukan secara online. Jadi dengan kata lain, bagi yang ingin membelinya maka dapat memesan di website resmi Vivo ataupun melalui toko online atau e-commerce yang ada di Indonesia.

Untuk masalah harganya, Vivo Y12 dibanderol dengan harga Rp2.199.000. Sebuah harga yang layak untuk sebuah smartphone kelas low-end yang sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas menarik dan juga baterai tahan lama di dalamnya.

Fitur Unggulan Vivo Y12

spesifikasi vivo y12 layar halo fullview
Layarnya cukup lebar karena telah disokong Halo FullView Display

Layar Halo FullView

Vivo Y12 hadir dengan layar berukuran 6,35 inci atau 16,15 cm. Memang jika dilihat sekilas, layarnya masih kalah besar dibandingkan kebanyakan smartphone keluaran terbaru sekarang ini, namun yang patut menjadi perhatian adalah Vivo telah menggunakan Halo FullView Display pada layarnya yang berjenis IPS LCD tersebut.

Sebagai informasi, kelebihan Halo FullView ini adalah walaupun pada layarnya terdapat notch ataupun punch hole, akan tetapi ketika digunakan untuk menonton video atau bermain game, maka sistem pada layar tersebut akan secara otomatis menyesuaikan ukuran dan membuat pandangan tidak terganggu. Terlebih lagi ketika digunakan untuk hal yang berhubungan dengan fotografi, maka akan semakin membantu sekali karena dalam satu layar utama, Anda tidak perlu scroll atau menyibak halaman, karena semua tools dan menu muat di dalamnya.

Tampilan semakin melegakan karena walaupun disebut menggunakan model semi-bezelless, akan tetapi aspek rasionya mencapai 19.3:9 dan screen-to-body rationya mencapai 89 persen. Besaran aspek rasion dan screen-to-body ratio tersebut merupakan standarisasi dari smartphone-smartphone flagship pada umumnya.

Tidak hanya itu saja, layarnya memiliki kualitas terbaik karena mampu menampilkan gambar secara jelas, tajam dan juga detail. Bahkan Vivo juga telah membuat Vivo Y12 ini untuk dapat support dengan gesture control yang langsung dapat dioperasikan pada layarnya.

kamera vivo y12 trem multiple
Vivo Y12 ini sudah mengikuti tren multiple kamera pada sisi belakangnya

3 Kamera Belakang dan 1 Kamera Depan dengan Sokongan Teknologi AI

Akan sangat menyenangkan jika memiliki perangkat mobile yang sudah dilengkapi dengan lensa kamera yang memiliki resolusi tinggi. Akan semakin bersemangat dalam melakukan aktivitas fotografi jika ternyata kamera yang tersemat tidak hanya satu saja, melainkan ada 3 buah dengan resolusi dan fungsi yang berbeda. Hal itulah yang dimiliki oleh Vivo Y12 dengan kamera belakang sebanyak 3 buah.

Kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 13MP dengan aperture f/2.2, sedangkan kamera keduanya memiliki resolusi 8MP yang berfungsi untuk mengabadikan suatu tempat secara melebar (superwide) dan kamera terakhirnya memiliki resolusi sebesar 2MP yang berfungsi untuk mempertajam hasil gambar. Ketika lensa kameranya ini sudah disokong dengan teknologi artificial inteligence (AI).

kKhusus untuk lensa superwidenya, Ketika digunakan memotret satu obyek di sebuah tempat, maka lensa kameranya dapat secara otomatis menangkap sisi-sisi samping kanan dan kiri sampai tingkat perluasan sebesar 120 derajat. Jadi dapat dikatakan Anda tidak hanya dapat memotret secara portrait saja, melainkan juga langsung mendapatkan hasil landscape.

Kamera depannya memiliki resolusi sebesar 8MP. Memang terkesan sangat kecil jika dibandingkan dengan kebanyakan smartphone yang sudah beredar di pasaran, akan tetapi Anda tidak perlu khawatir hasil yang didapatkan akan nampak biasa saja karena dengan teknologi AI di dalamnya, maka fotonya akan sangat berkualitas. Ditambah lagi dengan keberadaan berbagai macam mode, seperti salah satunya AI Face Beauty yang dapat membuat foto seseorang yang diabadikan menggunakan mode portrait menjadi sangat bagus hasilnya.

baterai lithium polimer
Baterainya berjenis non-removable Lithium Polymer yang memiliki kapasitas sebesar 5000 mAh

Baterai Jumbo Berkapasitas 5000 mAh

Satu hal yang sangat mengejutkan dan dimiliki Vivo Y12 ini adalah kapasitas baterainya yang mencapai 5000 mAh. Dikatakan mengejutkan karena untuk ukuran smartphone kelas entry level, baterai dengan kapasitas sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk digunakan selama berhari-hari atau untuk berbagai aktivitas. Bahkan, sangat jarang untuk smartphone-smartphone kelas mid-range sampai dengan hi-end yang dilengkapi baterai sebesar itu.

Vivo mengklaim bahwa baterainya sangat tahan lama walaupun digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti menonton video, mendengarkan musik, mengoperasikan aplikasi sampai bermain game. Tidak hanya itu saja, hanya dalam sekali pengisian ulang saja, baterainya mampu bertahan sampai berjam-jam lamanya.

spesifikasi ram vivo y12
RAM yang dipunyai Vivo Y12 cukup besar untuk menyokong operasional dapur pacunya

Dapur Pacu Bagus dengan Dukungan RAM yang Besar

Vivo Y12 ini hadir dalam 2 varian yang mana dibedakan dari besaran RAM dan ROM-nya. Varian pertama adalah yang dilengkapi dengan ROM sebesar 64GB dan RAM 3GB, sedangkan varian kedua adalah yang memiliki ROM sebesar 32GB dengan RAM sebesar 4GB. Dengan RAM yang cukup besar tersebut, maka Anda tidak akan terlalu sering mengalami time lags saat mengoperasikan aplikasi atau bermain game.

Ditambah lagi, dapur pacu dari Vivo Y12 ini juga cukup bagus. Chipset Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm), prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan kartu grafis PowerVR GE8320 di dalamnya mampu memberikan pengalaman bergawai secara nyaman dan menyenangkan. Dikatakan begitu karena memang dapur pacunya cepat dan kartu grafisnya pun cukup mumpuni ketika digunakan untuk menampilkan grafis game tinggi atau video dengan format HD.

Tidak hanya itu saja, bagi Anda yang suka nge-game via mobile, maka dengan terdapatnya Ultra Game Mode di dalam perangkat mobile satu ini akan sangat membantu sekali mereduksi tingkat time lags serta meningkatkan performa smartphone saat digunakan untuk bermain. Terdapat juga Competition Mode dan juga Dual-Turbo yang juga sangat bermanfaat untuk operasikan game-game ‘tingkat berat.’

Desain Cantik dan Atraktif

Secara sekilas, desain dari Vivo Y12 ini sangat mirip dengan kebanyakan smartphone-smartphone kelas menengah atau atas. Hal itu dikarenakan Vivo sengaja mendesainnya sedemikian rupa agar produknya tersebut mampu melepaskan imej smartphone entry level yang selalu terlihat murahan.

Tidak hanya desainnya saja, plastik polycarbonate yang digunakan untuk casing belakangnya pun tertutupi dengan tampilan warna menarik, Burgundy Red dan Aqua Blue, yang mampu memperlihatkan sisi elegan sebuah perangkat. Dan yang terpenting lagi adalah perangkat mobile ini sangat berukuran pas dan nyaman dalam genggaman.

Vivo Y12 VS Oppo F9/Xiaomi Redmi Note 7/Samsung Galaxy M30

oppo f9
Oppo F9 © oppo.com

Vivo Y12 vs Oppo F9

Walaupun terpaut satu tahun antara perilisan Vivo Y12 dan Oppo F9 ini, namun produk dari Oppo tersebut tidak menyerah jika harus melakukan head-to-head melawan perangkat mobile Vivo itu. Dari segi dimensi totalnya, kedua perangkat memiliki ukuran kurang lebih sama, hanya lebih ringan Y12 tersebut. Begitu pula untuk masalah ketebalan perangkat, Vivo Y12 masih kalah tipis 10 persen dibandingkan Oppo F9.

Jika membandingkan dari sisi kameranya, Vivo Y12 dilengkapi dengan 3 lensa yang mempunyai resolusi dan fungsi berbeda, sedangkan Oppo F9 hanya 2 lensa kamera saja di bagian belakang. Dan satu hal yang membuat Y12 menang telak adalah terletak pada kapasitas baterainya. Oppo F9 hanya dilengkapi baterai berkapasitas 3500 mAh saja.

xiaomi redmi note 7
Xiaomi Redmi Note 7 © mi.com

Vivo Y12 vs Xiaomi Redmi Note 7

Kedua perangkat mobile ini memang sama-sama tipis, akan tetapi jika dibandingkan lebih detail dari sisi ketebalannya, Xiaomi Redmi Note 7 lebih tipis 8 persen dibandingkan Vivo Y12. Resolusi layar yang dipunyai Note 7 ini juga 127 persen lebih tinggi dari yang dimiliki Y12.

Sama-sama dilengkapi dengan kamera belakang berjumlah 3 buah, akan tetapi dari tingkat resolusi setiap lensanya, kamera Xiaomi Redmi Note 7 lebih berkualitas dibandingkan dengan Vivo Y12. Bahkan kamera depan dari Y12 ini pun belum mampu menandingi resolusi lensa kamera dari Note 7.

samsung galaxy m30
Samsung Galaxy M30 © samsung.com

Vivo Y12 vs Samsung Galaxy M30

Untuk masalah baterai, Vivo Y12 dan Samsung Galaxy M30 dilengkapi dengan baterai berkapasitas sama besarnya. Sedangkan untuk hal lainnya, seperti contohnya jenis layar yang digunakan, layar Y12 kalah kualitas dari yang dipunyai M30, IPS LCD melawan Super AMOLED. Tidak hanya itu saja, ukuran layar, resolusi sampai dengan kerapatan antar-pixelnya, M30 masih unggul dibandingkan Y12.

Namun keunggulan Y12 ini terletak apda dapur pacunya. Mulai dari operating system yang digunakan sampai dengan chipset, prosesor dan kartu grafisnya lebih bagus dibandingkan dengany ang dipunyai M30.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y12

Kelebihan Vivo Y12

Ada beberapa kelebihan yang dipunyai Vivo Y12 ini, seperti contohnya adalah layarnya yang berukuran besar yang sudah didukung dengan Huawei Halo FullView Display. Dengan Halo FullView, penggunanya dapat memakai perangkat mobile ini untuk menonton video, mengoperasikan aplikasi sampai dengan bermain game secara lega.

Walaupun tergolong smartphone kelas low-end, akan tetapi Vivo telah menyematkan operating system Android versi terbaru, 9.0 Pie di dalamnya. Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki Y12 ini adalah terletak pada RAM-nya yang cukup besar.

Dan kelebihan utama yang dipunyai smartphone ini adalah terletak pada kapasitas baterainya yang sangat besar. Bahkan lebih besar dibandingkan banyak perangkat mobile di kelas menengah lainnya. Vivo Y12 ini dilengkapi dengan baterai Lithium Polymer berkapasitas 5000 mAh yang diklaim mampu bertahan lebih dari satu hari walaupun digunakan untuk banyak aktivitas.

Sistem pengamanannya pun dapat dihitung sebagai salah satu kelebihan smartphone ini. Selain sistem pengamanan bawaan Android berupa PIN atau pattern, Anda juga dapat menggunakan metode pengamanan lainnya, yaitu face unlock dan fingerprint sensor.

Kekurangan Vivo Y12

Memang Vivo Y12 ini dilengkapi dengan layar yang cukup besar, akan tetapi resolusi layarnya tergolong kecil dibandingkan dengan para kompetitornya. Resolusi layar Vivo Y12 adalah 720 x 1544 pixel, sedangkan rata-rata smartphone yang beredar di pasaran sekarang ini di semua kelas memiliki resolusi sebesar 1080 x 2340 pixel.

Selain masalah resolusi layarnya, kekurangan yang dimiliki Vivo Y12 ini lainnya terletak pada chipset yang dipakainya, Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm). Chipset tersebut merupakan model lama yang sudah jarang sekali digunakan oleh banyak vendor mobile dunia. Kekurangan lainnya adalah terletak pada resolusi kamera utamanya yang hanya sebesar 16MP saja.

Tidak hanya itu saja, smartphone satu ini tidak dilengkapi dengan fitur wireless charging atau juga teknologi fast charging. Penggunaan microUSB 2.0 juga dapat dikatakan sebagai salah satu kekurangan lain dari Y12 ini karena sekarang rata-rata sudah meninggalkannya dan beralih menggunakan USD Type-C.

Review Akhir Vivo Y12

vivo y12
Vivo Y12 merupakan perangkat mobile terbaru di keluarga Vivo Y di pertengahan 2019

Vivo Y12 adalah smartphone entry level yang menyasar segmen anak muda. Dibekali dengan fasilitas menarik dan juga yang tak ketinggalan adalah fitur kamera sebanyak 3 buah di bagian belakang dan 1 lensa lagi terletak di depan, maka membuat acara potret-memotret menjadi semakin mengasikkan.

Desainnya sudah mengadopsi model dari smartphone-smartphone kelas menengah sampai atas lainnya, plus sudah tersematkannya fitur fingerprint sensor di bagian belakang dan notch pada layar utama sebelah atas, membuat smartphone kelas low-end menjadi terkesan mewah. Dan satu hal yang sangat mengejutkan sebagai smartphone kelas entry level adalah terdapatnya baterai dengan kapasitas super jumbo, 5000 mAh, di dalamnya.

Artikel: Spesifikasi Vivo Y12 by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here