Spesifikasi Vivo Z1 Pro – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

vivo z1 pro
Vivo Z1Pro memiliki desain sleek dan gradual warna yang cukup eye-catching

Vivo Z1 Pro resmi hadir di Indonesia pada bulan Juli 2019. Dalam pemasarannya sendiri di Indonesia, pihak Vivo secara resmi menggandeng salah satu operator telekomunikasi besar di Tanah Air, Indosat Ooredoo, dan mengadakan bundling produk masing-masing.

Vivo Z1 Pro merupakan smartphone mid-range yang dilengkapi dengan layar Ultra O Screen dengan ukuran 6,53 inci FHD+. Jika banyak smartphone kelas menengah lain menggunakan desain dengan notch, justru Vivo Z1 Pro dilengkapi dengan punch hole. Berbicara masalah dapur pacunya, Vivo Z1 Pro menggunakan chipset Snapdragon 712 yang menjadi idola para gamer selain Snapdragon 710.

Pada bagian belakang perangkat, terdapat 3 buah lensa dengan resolusi berbeda. Sedangkan pada bagian depan ada 1 lensa dengan resolusi 32MP. Salah satu unggulan yang dimiliki Vivo Z1 Pro ini adalah terletak pada baterainya. Perangkat mobile ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang telah support dengan Dual-Engine Fast Charging 18W sebagai pereduksi waktu pengisian ulang baterainya.

Spesifikasi Vivo Z1 Pro

Nama model Vivo Z1 Pro
Kode produksi 1951, PD1911F_EX
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Juli 2019
Dirilis resmi Juli 2019
Jaringan GSM/ CDMA/ WCDMA/ HSPA/ HSDPA/ LTE (LTE-FDD, LTE-TDD)
Eksternal
Dimensi 162,4 x 77,3 x 8,9 mm
Berat 201 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,53 inci (screen-to-body ratio 90,77%)
Resolusi 2340 x 1080 pixel FHD+ (~395 ppi)
Perlindungan Gorilla Glass 5
Model Bezelless dengan punch hole
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) Funtouch OS 9.0
Chipset Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 AIE (10 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)
Kartu grafis Adreno 616
ROM 64GB/ 128GB (dapat ditambah sampai 256GB via microSD)
RAM 4GB/ 6GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 32MP
Fitur AI Filter, AR Stickers, Selfie Lighting, Live Photo, AI Beauty, HDR
Belakang 16MP (wide) + 8MP (ultrawide) + 2MP (depth sensor)
Fitur AI Filter, HDR, Portrait Bokeh, Portrait Lighting, AR Stickers, Slow Motion, Time-Lapse, AI Beauty, Live Photo
Loundspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Ambient light sensor, Proximity, E-compass, Virtual Gyroscope
Sensor sidik jari Ya
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak
GPS A-GPS, GLONASS, BDS
Radio FM radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh (support 18W Dual-Engine Fast charging)
Warna Sonic Black, Sonic Blue, Mirror Black
Harga Rp3.099.000 (4GB+64GB) atau Rp3.699.000 (6GB+128GB)
Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Spesifikasi Vivo Y12
Spesifikasi Vivo Z5x

Harga Vivo Z1 Pro

Sekarang ini Vivo Z1 Pro sudah dapat ditemui di banyak tempat di Indonesia. Tidak hanya di gerai atau website resminya, banyak toko penjual smartphone dan sejenisnya pun telah menjajakan produk satu ini. Terdapat 3 varian warna yang dapat Anda pilih sesuai kehendak hati, Sonic Black, Sonic Blue, Mirror Black.

Untuk harganya sendiri, Vivo membagi menjadi 2 versi yang dibedakan dari besaran RAM dan ROM yang terdapat di dalam Vivo Z1 Pro ini. Untuk yang dilengkapi dengan RAM 4GB dan ROM 64GB dipasarkan dengan harga Rp3 jutaan, sedangkan yang memiliki RAM 6GB dengan ROM 128GB dibanderol dengan harga sebesar Rp3,69 jutaan.

Fitur Unggulan Vivo Z1 Pro

spesifikasi vivo z1 pro snapdragon 712 aie
Dapur pacu yang digunakan pada Vivo Z1 Pro ini tergolong tercepat di kelasnya

Dapur pacu berperforma andal dengan Qualcomm Snapdragon 712 AIE

Chipset yang dimiliki Vivo Z1 Pro adalah Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 AIE (artificial inteligence engine gen-3) dengan ukuran transistor 10 nm atau 10 nanometer. Chipset ini merupakan idola para gamer selain Qualcomm Snapdragon 710 yang dirilis terlebih dahulu. Dengan chipset tersebut maka performa mesin semakin yang lebih cepat dan bertenaga.

Dapur pacunya juga semakin bertenaga karena prosesor Octa-core yang dipakainya memiliki clock speed mencapai 2.3GHz, sedangkan GPU atau kartu grafis yang ada di dalamnya adalah Adreno 616 yang mana dapat meningkatkan performa mesin menjadi 25 persen. Selain itu, terdapat juga RAM besar, 4GB dan 6GB yang mana dapat membuat dapur pacunya berjalan mulus saat digunakan untuk mengoperasikan aplikasi berat ataupun ketika dipakai untuk multi-tasking.

Vivo Multi Turbo yang mampu membuat performa mesin lebih ngebut

Fitur Multi Turbo yang terdapat di dalam Vivo Z1 Pro ini berfungsi untuk mengoptimalkan performa mesin ketika digunakan untuk bermain game mobile dan merupakan pengembangan lebih lanjut dari Dual-Turbo atau model sebelumnya.

Fitur satu ini terbagi menjadi beberapa macam bagian, seperti;

  • Center Turbo yang mampu membuat kinerja prosesor melaju cepat sebesar 78 persen saat perangkat sedang digunakan untuk bermain game. Ketika Center Turbo aktif, maka membuat memori teralokasi dengan tepat serta kerja CPU tetap dapat berjalan dengan baik.
  • Game Turbo yang berfungsi untuk membuat performa mesin bagus dan lancar.
  • Colling Turbo berfungsi untuk mereduksi tingkat temperatur panas di dalam perangkat karena kinerja mesin mulai 1 sampai 1,5 derajat Celcius.
  • Net Turbo merupakan fitur yang dapat menjaga jaringan tetap stabil ketika perangkat sedang digunakan untuk bermain dan terkoneksi internet.
  • AI Turbo memiliki fungsi untuk mempelajari dan menganalisis pola penggunaan setiap aplikasi yang kerap digunakan oleh pengguna yang nantinya dapat dikalkulasi berapa besar memory yang harus dialokasikan agar dapat membuat perangkat tetap dalam kondisi prima saat digunakan untuk bermain game.
Lensa kamera depannya telah didukung teknologi AI untuk hasilkan foto berkualitas

Kamera depan 32MP AI untuk hasilkan foto selfie lebih jernih dan detail

Lensa depan pada smartphone ini memiliki resolusi sebesar 32MP. Dikarenakan resolusinya cukup besar, ditambah dengan keberadaan teknologi artificial inteligence (AI) sebagai penyokongnya, maka hasil foto yang didapat sangatlah jernih dan mengagumkan.

Teknologi AI tersebut membawa beberapa fitur lain yang dapat membantu membuat foto menjadi lebih bagus, seperti AI Face Beauty dan AI Filter. Selain dua fitur tersebut, terdapat juga beberapa mode bawaan lain, seperti AR Stickers, Selfie Lighting, Live Photo sampai dengan HDR di dalamnya.

Baterai berkapasitas 5000 mAh dengan Dual-Engine Fast Charging

Baterai merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki Vivo Z1 Pro ini. Dikatakan begitu karena baterainya yang berjenis non-removable dari Lithium Polymer tersebut memiliki kapasitas super besar, yaitu 5000 mAh. Dengan kapasitas baterai yang besar tersebut, maka membuat penggunanya lebih leluasa ketika memakainya untuk beraktivitas, seperti menonton video atau bermain game.

Secara logika ketika kapasitas baterai besar, maka saat pengisian ulang, tentunya dibutuhkan waktu yang relatif lama, bukan? Nah, hal tersebut tidak akan terjadi di Vivo Z1 Pro ini karena terdapatnya teknologi Dual-Engine Fast Charging 18W yang dapat mereduksi lamanya waktu pengisian ulang baterainya, serta OTG Reverse Charging.

layar yang lebar untuk beragam aktivitas
Layar Vivo Z1 Pro ini memiliki lebar yang cukup melegakan untuk digunakan beragam aktivitas

Layar berukuran 6,53 FHD Ultra O Screen yang sangat berkualitas

Layar yang dipakai Vivo Z1 Pro ini adalah berjenis IPS LCD berukuran 6,53 FHD Ultra O Screen atau istilah lain yang diciptakan Vivo untuk menyebutkan punch hole. Resolusi layarnya sendiri sebesar 1080 x 2340 pixel dengan screen-to-body ratio sebesar 90,77 persen. Dengan lebar layar tersebut, maka pengguna smartphone ini akan mendapatkan pandangan yang melebar juga melegakan ketika menggunakan Vivo Z1 Pro untuk menonton video atau bermain game.

3 Lensa kamera belakang dengan sokongan teknologi AI

Terdapat 3 lensa pada bagian belakang perangkat yang mana telah disokong oleh teknologi AI di dalamnya. Lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 16MP yang berfungsi untuk memotret ataupun merekam video dengan hasil yang bagus. Sedangkan lensa kamera kedua memiliki resolusi sebesar 8MP yang berfungsi sebagai lensa ultrawide dan lensa ketiganya yang berfungsi sebagai depth sensor memiliki resolusi sebesar 2MP.

Sebagai pendukung lain, lensa kamera belakang pada Vivo Z1 Pro ini telah dilengkapi beberapa mode dan fitur menarik lain, seperti AI Filter, HDR, Portrait Bokeh, Portrait Lighting, AR Stickers, Slow Motion, Time-Lapse, AI Beauty sampai dengan Live Photo.

Ultra Game Mode untuk bermain mobile game layaknya pro

ultra game mode vivo
Terdapat Competition Mode, 4D Vibration dan Game Countdown di dalam Ultra Game Mode ini

Terdapat Ultra Game Mode di dalam smartphone satu ini yang dapat memaksimalkan semua proses yang terkait dengan permainan. Di dalam Ultra Game Mode ini terdapat beberapa mode lain yang menarik, seperti Competition Mode, 4D Vibration dan Game Countdown.

  • Competition Mode berfungsi untuk membuat perangkat lebih banyak mengalokasikan daya baterai dan memory ketika Anda sedang bermain game agar tidak terbagi untuk aplikasi atau sistem lainnya.
  • 4D Vibration berfungsi untuk mengubah tampilan standar menjadi lebih nyata dan membuat permainan semakin menarik.
  • Game Countdown berfungsi sebagai reminder yang dapat mengingatkan pengguna tentang lama waktu yang digunakan selama bermain game.

Selain mode-mode tersebut, Ultra Game Mode juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk dapat meminimalisir emisi cahaya biru yang dihasilkan layar dan dapat membuat mata sakit atau lelah.

Vivo Z1 Pro VS Oppo K3/Realme X/Lenovo Z5s

Vivo Z1 Pro vs Oppo K3

oppo k3
Oppo K3 © oppo.com

Sama-sama merupakan produk keluaran pertengahan tahun 2019, Oppo K3 memiliki keunggulan di sisi jenis layar yang digunakan. Produk dari Oppo tersebut dilengkapi dengan layar AMOLED, sedangkan Vivo Z1 Pro memakai layar berjenis IPS LCD. Untuk besar sampai tingkat kerapatan antar-pixelnya, kedua perangkat masih seimbang.

Kalah di sisi jenis layar, Vivo Z1 Pro unggul di bagian dapur pacu. Dapur pacu Vivo Z1 Pro lebih cepat dibandingkan Oppo K3. Tidak hanya di dapur pacunya saja, produk dari Oppo tersebut juga kalah di sisi lensa kamera depan, belakang dan juga kapasitas baterai yang dimiliki.

Vivo Z1 Pro vs Realme X

realme x
Realme X © realme.com

Seperti halnya Oppo K3, Realme X unggul di sisi jenis layar yang digunakan, yaitu AMOLED vs IPS LCD. Untuk masalah resolusi layar sampai dengan kerapatan antar pixel, dapat dikatakan imbang. Untuk masalah dapur pacu, jerohan yang dimiliki Realme X adalah model lama dari seri yang digunakan Vivo Z1 Pro. Dan tentu saja apa yang dimiliki Vivo Z1 Pro lebih cepat.

Walaupun hanya memiliki 2 lensa kamera belakang, namun lensa kamera utama Realme X unggul jauh dibandingkan yang dipunyai Vivo Z1 Pro. Namun untuk lensa kamera depannya, Vivo Z1 Pro kembali unggul. Kapasitas baterai Vivo Z1 Pro juga lebih besar dibandingkan yang dipunyai Realme X.

Vivo Z1 Pro vs Lenovo Z5s

lenovo z5x
Lenovo Z5s © lenovo.com.cn

Mungkin dari segi tahun, Lenovo Z5s lebih tua dibandingkan Vivo Z1 Pro karena dirilis pada tahun 2018. Hanya saja, dari segi harga di pasaran Tanah Air, kedua perangkat memiliki perbedaan yang tipis saja. Untuk urusan layarnya, kedua perangkat ini seimbang, mulai dari ukuran, jenisnya sampai dengan resolusinya.

Akan tetapi di sisi dapur pacu dan lensa kamera depannya, Vivo Z1 Pro lebih unggul atas Lenovo Z5s. Tidak hanya itu saja, kapasitas baterai yang dimiliki Lenovo Z5s tidak mampu menyamai apa yang dipunyai Vivo Z1 Pro, 5000 mAh vs 3300 mAh.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Z1 Pro

Kelebihan Vivo Z1 Pro

Kelebihan pertama yang dimiliki Vivo Z1 Pro ini terletak pada dapur pacunya. Dengan chipset Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm), prosesor Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver) dan GPU Adreno 616, membuat performa dari perangkat sangat andal untuk aktivitas yang berat.

Kelebihan kedua terletak pada penggunakan Ultra O Screen atau biasa dikenal dengan istilah punch hole. Dikatakan sebagai kelebihan karena fasilitas ini merupakan tren gadget terkini selain notch ataupun motorized pop-up. Selain itu, dengan Ultra O Screen, maka layar akan terlihat lebih lebar dan lega.

Kamera depan yang dimiliki Vivo Z1 Pro ini juga merupakan kelebihan tersendiri. Hal itu dikarenakan resolusi lensa kameranya sebesar 32MP dapat membuat aktivitas swafoto menjadi semakin menyenangkan. Pasalnya, hasil dari lensa depannya tersebut sangat jernih dan detail, bahkan lebih bagus dibandingkan lensa kamera utama di belakang.

Dan kelebihan utama yang dipunyai smartphone ini adalah pada baterainya. Cukup jarang smartphone kelas mid-range yang dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Dengan kapasitas besar, maka Anda tidak perlu khawatir akan mati perangkat saat sedang menggunakannya.

Kekurangan Vivo Z1 Pro

Vivo Z1 Pro juga memiliki beberapa kekurangan, seperti tidak terdapatnya fitur wireless charging dan NFC yang dirasa cukup jamak digunakan untuk sekarang ini. Dengan keberadaan wireless charging dan NFC, maka dapat mempermudah aktivitas Anda dalam pengisian ulang baterai ataupun juga saat ingin bertransaksi.

Kekurangan lain adalah terletak pada bobot yang dimiliki. Saat ini banyak vendor mobile dunia yang berlomba-lomba memproduksi smartphone tipis dan ringan, namun Vivo Z1 Pro jutuh berbobot 201 gram yang termasuk berat di antara perangkat lain sekelasnya.

Kamera utama yang dimiliki juga dirasa cukup kecil untuk ukuran smartphone dengan fasilitas yang bagus seperti ini. Bahkan sekarang ini ada beberapa smartphone kelas entry-level yang memiliki lensa utama di atas 16MP. Kekurangan selanjutnya adalah terletak pada penggunaan panel layar berjenis IPS LCD yang sekarang secara perlahan sudah ditinggalkan banyak vendor mobile dunia.

Review Akhir Vivo Z1 Pro

vivo z1 pro
Vivo Z1 Pro memiliki desain sleek dan gradual warna yang cukup eye-catching

Vivo Z1 Pro merupakan smartphone baru besutan Vivo yang dilengkapi dengan layar berukuran 6,53 inci beresolusi sebesar 2340 x 1080 pixel FHD+. Total ada 4 lensa kamera yang tersemat dalam tubuh perangkat mobile satu ini, yaitu 1 terdapat di bagian depan dengan resolusi 32MP dan 3 lainnya di belakang yang masing-masing memiliki resolusi sebesar 16MP, 8MP dan 2MP.

Dapur pacunya mampu ngebut walaupun digunakan untuk mengoperasikan aplikasi atau game berat. Baterainya pun memiliki kapasitas jumbo, yaitu 5000 mAh. Smartphone ini dijual dalam 2 varian harga yang didasarkan pada besaran RAM dan ROM yang dimilikinya, yaitu Rp3.099.000 (4GB+64GB) atau Rp3.699.000 (6GB+128GB).

Artikel: Spesifikasi Vivo Z1 Pro by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here