Spesifikasi Vivo Z1x – Harga, Kamera, Baterai, RAM, Review Fitur

vivo z1x
Vivo Z1X merupakan smartphone mid-range dengan kualitas hi-end

Vivo Z1x adalah smartphone terbaru dari Vivo yang merupakan produk kelas menengah yang diciptakan untuk orang-orang yang gemar melakukan aktivitas fotografi ataupun videografi. Hal itu dikarenakan Vivo Z1x dilengkapi dengan fasilitas kamera belakang dan depan yang sangat berkualitas.

Salah satu alasan kenapa lensa kamera depan dan belakang yang dimiliki Vivo Z1x mampu hasilkan foto atau video berkualitas karena resolusi yang dipunyai cukup besar. Lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP, sedangkan lensa kamera depannya beresolusi 32MP.

Tidak hanya itu saja, Vivo Z1x juga dilengkapi dengan dapur pacu yang jempolan dan menjadi idola para gamer. Dikatakan begitu karena chipset Qualcomm Snapdragon 712 luamyan ngebut untuk digunakan bermain mobile game dengan tingkat grafis tinggi. Terlebih prosesor, GPU, RAM dan ROM-nya juga sangat mendukung.

Spesifikasi Vivo Z1X

Nama model Vivo Z1X
Kode produksi 1917
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan September 2019
Dirilis resmi September 2019
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ WCDMA/ LTE (LTE-FDD, LTE-TDD)
Eksternal
Dimensi 159,53 x 75,23 x 8,13 mm
Berat 189,6 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Super AMOLED (InCell,Capacitive Touch Screen)
Ukuran 6,38 inci (screen-to-body 90%)
Resolusi 1080 x 2340 pixel (~404 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass
Model Bezelless dengan teardrop notch, Always-On display
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) Funtouch OS 9.1
Chipset Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)
Kartu grafis Adreno 616
ROM 64GB / 128GB (dapat ditambah sampai 256GB menggunakan microSD)
RAM 6GB
Kamera, Speaker, & Sensor
Depan 32MP
Fitur AI Filter, Backlight HDR, Portrait bokeh, Portrait light effects, AR stickers, slow motion, time-lapse photography, Ai Beauty, Live Photo
Belakang 48MP + 8MP (Super Wide Angle) + 2MP (Bokeh, depth sensor)
Fitur AI Filter, Backlight HDR, Portrait bokeh, Portrait light effects, AR stickers, slow motion, time-lapse photography, Ai Beauty, Live Photo, Fun Video, AI Super Night Mode, AI super Wide Angle, AI Filters, AR stickers, Portrait light effects, Live Photo, AI Beauty, Fun Video, PDAF
Loundspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Ambient light sensor, Proximity, E-compass, Gyroscope
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, 2.4G, 5.8G, WLAN Display
Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
NFC Tidak
GPS A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4500mAh (TYP), support Vivo Fast Charging 22.5W
Warna Fusion Blue, Phantom Purple
Harga Rp3,4 jutaan
Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Spesifikasi Vivo Z1 Pro
Spesifikasi Vivo Y12

Harga Vivo Z1x

Vivo Z1x merupakan smartphone kelas menengah yang menawarkan banyak sekali fitur dan teknologi menarik kelas atas. Walaupun memiliki spesifikasi yang cukup lumayan, namun harganya masih tergolong murah untuk ukuran smartphone seperti ini. Vivo Z1x ini dijual dengan harga Rp3,4 jutaan.

Setelah dirilis secara resmi di awal bulan September 2019, baru pada tanggal 13 September 2019, perangkat mobile satu ini hadir di pasaran India. Sayangnya, belum diketahui kapan Vivo Z1x akan datang dan diluncurkan resmi di pasaran Tanah Air. Dan bagi yang ingin membelinya, maka dapat memesannya secara online di website resmi Vivo atau juga melalui e-commerce atau toko online yang menawarkan layanan pre-order di Indonesia.

Fitur Unggulan Vivo Z1x

spesifikasi vivo z1x halo fullview
Layar Vivo Z1x ini juga menggunakan fitur Halo FullView yang sangat melegakan

Layar Super AMOLED untuk tampilan yang ultimate

Vivo Z1x merupakan smartphone besutan Vivo yang dilengkapi dengan layar berkualitas, Super AMOLED yang sudah teruji kehebatannya. Dan yang menjadikan layarnya lebih menarik lagi karena Vivo telah menggunakan fitur Halo FullView Display yang mana memiliki screen-to-body ratio sebesar 90 persen. Dengan Halo FullView tersebut maka dapat menggunakannya sebagai media nge-game yang sangat tepat.

Lensa 48MP AI yang mampu tangkap semua momen secara detail

Pada bagian belakang dari smartphone satu ini menjadi tempat penyematan 3 lensa kamera yang mana lensa utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP yang mampu mengabadikan momen atau obyek secara jelas, jernih dan detail. Terlebih lagi fitur kameranya ini didukung oleh teknologi artificial inteligence (AI) di dalamnya. Untuk sensornya sendiri, Vivo menggunakan sensor buatan Sony, yaitu Sony IMX582.

Lensa keduanya memilki resolusi sebesar 8MP yang berfungsi sebagai lensa Super Wide-Angle dan lensa ketiganya memiliki resolusi 2MP yang befungsi sebagai lensa depth sensor atau juga dapat digunakan sebagai lensa bokeh karena memiliki aperture f/2.4. Mulai dari landscape sampai dengan portrait, ketiga lensa kameranya mampu menghasilkan apa yang diinginkan penggunanya secara tepat.

Untuk pengambilan foto pada malam hari atau di tempat yang kurang pencahayaan, Anda tidak perlu khawatir hasilnya akan kaya dengan noise atau berkurang sisi detailnya. Hal tersebut karena terdapatnya AI Super Night yang mampu mengeliminasi semua permasalahan yang selalu timbul ketika memotret di waktu malam atau di tempat yang minim pencahayaan.

Cara kerja mode AI Super Night tersebut adalah dengan mengambil foto yang sama dalam jumlah tertentu dengan menggunakan beragam exposure dan kemudian mengombinasikannya secara bersamaan dan menambahkan kecerahan serta clarity agar mampu menghasilkan foto terang dengan detail tinggi. Hasilnya akan semakin maksimal ketika Anda menggunakan tripod dalam pengambilan fotonya.

dapur pacu idola para gamer
Dapur pacunya merupakan idola dari para gamer karena terkenal kencang

Dapur pacu yang lebih ngebut dari model lainnya

Dapur pacu yang dimiliki Vivo Z1x tergolong hebat dan cepat. Hal tersebut dikarenakan chipset yang dipakainya adalah Qualcomm Snapdragon 712 dengan AI Engine1 Ultimate Speed. Tanpa menggunakan bantuan teknologi AI Engine1 Ultimate Speed saja, chipsetnya sudah mampu berjalan secara cepat, apalagi ketika mendapatkan sokongan teknologi tersebut, maka hasilnya sangat maksimal.

Untuk prosesornya, Vivo menyematkan Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver) dengan GPU atau kartu grafis Adreno 616 yang mana mampu meningkatkan performa mesin lebih tinggi 10 persen dibandingkan dengan model sekelasnya. Dengan kehebatan chipset, prosesor dan GPU-nya tersebut, maka tidak hanya untuk gaming, perangkat mobile satu ini juga andal ketika digunakan untuk aktivitas yang beragam atau multi-tasking.

Agar sistem dapat bekerja secara sempurna, maka Vivo menggunakan RAM sebesar 6GB dengan internal storage sebesar 64GB dan 128GB yang masih dapat ditambah sampai dengan 256GB menggunakan microSD. Sedangkan untuk sistemnya, Vivo Z1x menggunakan operating system Android 9.0 Pie dengan user-interface Funtouch OS 9.1.

Vivo Multi-Turbo sebagai media pembantu yang tepat para gamer

Seperti yang disinggung di paragraf sebelumnya, Vivo Z1x merupakan smartphone yang memiliki dapur pacu kegemaran para gamer. Oleh karena itu, Vivo tidak ingin setengah-setangah dalam membuat produk mobile ini dengan menambahkan Multi-Turbo yang mampu meningkatkan performa perangkat, Net Turbo yang mampu menstabilkan jaringan di kondisi apapun, Center Turbo yang berfungsi untuk mengakselerasi mesin dan memory agar tetap dapat berjalan bersamaan secara lembut, Cooling Turbo yang mampu menurunkan temperatur di dalam perangkat.

Selain itu, terdapat juga Ultra Game Mode yang didesain untuk membawa pengalaman bermain secara menyenangkan, seperti ketika bermain e-Sport game salah satu contohnya. Selain mampu meningkatkan performa dan grafisnya, sound dan juga efek vibrasi dari game akan dapat terasa di tangan.

kamera depan menggunakan lensa buatan samsung
Lensa kamera depannya menggunakan sensor buatan Samsung

Lensa 32MP untuk abadikan keindahan ciptaan Tuhan

Jika di bagian belakang terdapat 3 lensa kamera dengan lensa utama yang memiliki resolusi sebesar 48MP, di bagian depan terdapat satu lensa yang terletak di dalam U-shape notch atau teardrop notch yang ada di atas layar dengan resolusi sebesar 32MP. Dengan lensa yang memiliki resolusi besar dan menggunakan sesnor Samsung S5KGD1, maka ketika digunakan untuk berswafoto, hasilnya akan sangat jernih, terang dan detail.

Bahkan akan menjadi sangat bagus sekali ketika Anda memanfaatkan mode-mode di dalamnya, seperti AI Face Beauty, lighting, AR Stickers, AI Filter dan lain sebagainya, maka hasilnya akan semakin memukau dan membuat acara selfie semakin menyenangkan.

spesifikasi baterai flash charge 22.5w
Hanya membutuhkan sedikit waktu saja untuk dapat mengisi ulang baterainya dari posisi 0-100 persen

Baterai berkapasitas 4500 mAh dengan Vivo Flash Charge 22.5W

Walaupun berstatus sebagai smartphone mid-range, akan tetapi baterai yang dimiliki Vivo Z1x ini mirip seperti yang digunakan rata-rata smartphone kelas hi-end lainnya. Kualitasnya yang sangat bagus dengan kapasitas sebesar 4500 mAh, maka penggunanya akan semakin termanjakan karena tidak perlu khawatir lagi dalam beraktivitas kapan, sejauh dan selama apapun.

Dalam uji cobanya, baterai dari Vivo Z1x ini di posisi 100 persen mampu bertahan sampai dengan 32,6 jam untuk berbicara di jaringan 3G, sampai dengan 16,7 jam untuk digunakan beraktivitas di Instagram, 13,8 jam untuk mengakses dan beraktivitas di Facebook, atau juga sampai dengan 9,6 jam digunakan untuk menonton video secara nonstop di YouTube.

Ditambah lagi, perangkat mobile satu ini telah dilengkapi dengan teknologi Vivo Fast Charging 22.5W yang mampu mempercepat waktu pengisian baterainya. Untuk media pengisian baterainya, Vivo Z1x support dengan OTG reverse charging.

Vivo Z1x VS Oppo K3/Samsung Galaxy A50/Xiaomi Mi 6

Vivo Z1x vs Oppo K3 (Rp3,425,000)

oppo k3
Oppo K3 © oppo.com

Sama-sama tergolong produk baru dari masing-masing vendor, akan tetapi Vivo Z1x memiliki spesifikasi yang lebih bagus dibandingkan Oppo K3. Bukan mengada-ada karena memang dari sisi dapur pacunya saja, chipset sampai dengan prosesor yang dimiliki Vivo Z1x lebih cepat. Bahkan fasilitas kameranya Vivo Z1x juga lebih besar resolusinya dibandingkan yang dimiliki Oppo K3, baik yang sebelah depan atau belakang. Termasuk juga kapasitas baterai yang dimiliki Vivo Z1x lebih besar dari yang digunakan oleh K3.

Kelebihan yang dimiliki K3 dibandingkan Vivo Z1x adalah terletak pada dimensi dan besaran layarnya saja. Ditambah dengan desain K3 juga terkesan simple dan minimalis jika dibandingkan dengan desain miliki Vivo Z1x.

Vivo Z1x vs Samsung Galaxy A50 (Rp3,190,000)

samsung galaxy a50
Samsung Galaxy A50 © samsung.com

Untuk dimensi, besaran dan jenis layar sampai dengan resolusi dan kerapatan antar-pixelnya, kedua perangkat memiliki kesamaan. Akan tetapi Samsung Galaxy A50 memiliki tubuh yang lebih tipis dengan bobot yang lebih ringan dibanginakan Vivo Z1x. Hanya saja ketika berbicara masalah dapur pacu, memang sama-sama memiliki prosesor dengan clock speed 2.3GHz, namun chipset Snapdragon 712 masih kalah ngebut jika dibandingkan Exynos 9610 milik Samsung Galaxy A50.

Vivo Z1x unggul di fasilitas kamera depan dan belakang serta pada kapasitas baterainya yang memang super jumbo dan support teknologi pengisian cepat 22.5W.

Vivo Z1x vs Xiaomi Mi 6 (Rp3,500,000)

xiaomi mi 6
Xiaomi Mi 6 © mi.com

Mungkin kurang tepat atau tidak dapat dikatakan apple to apple jika membandingkan antara Vivo Z1x dengan Xiaomi Mi 6 karena produk dari Xiaomi tersebut dirilis pada tahun 2017, sedangkan Z1x diluncurkan pada tahun 2019. Hanya saja, dari segi harganya, Xiaomi Mi 6 sedikit lebih mahal dibandingkan Vivo Z1x.

Dan berbicara masalah spesifikasinya, tentu saja ada banyak hal yang dipunyai Xiaomi Mi 6 tidak mampu mengimbangi yang dimiliki Z1x. Mulai dari dimensi, jenis, besaran sampai resolusi layar, operating system, kamera depan dan belakang sampai dengan kapasitas baterai yang dimiliki Xiaomi Mi 6 kalah dari Z1x. Namun produk dari Vivo tersebut masih kalah jika dibandingkan dari sisi dapur pacu.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Z1x

Kelebihan Vivo Z1x

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Vivo Z1x adalah terletak pada performa dapur pacunya yang sangat bagus. Dengan chipset Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm), prosesor Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver), GPU Adreno 616 dan RAM sebesar 6GB juga ROM sampai dengan 128GB, maka membuat perangkat mobile satu ini semakin andal untuk digunakan bermain game dengan grafis berat ataupun dipakai untuk aktivitas multi-tasking.

Kelebihan kedua terletak pada baterainya yang memiliki kapasitas sebesar 4500 mAh. Rata-rata smartphone kelas menengah hanya dilengkapi dengan baterai yang memiliki kapasitas maksimal 4000 mAh saja, namun berbeda dengan Vivo Z1x ini. Terlebih lagi, terdapatnya teknologi Vivo Fast Charging 22,5W yang dapat membantu pengguna untuk mengisi ulang baterainya secara cepat.

Kelebihan ketiga terdapat pada fasilitas lensa kamera depan dan juga lensa kamera utama yang terletak di belakang. Pada bagian depan terdapat lensa kamera dengan resolusi sebesar 32MP, sedangkan lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP. Dengan tingginya resolusi kedua lensa tersebut maka membuat hasil foto atau video akan sangat bagus. Tidak hanya itu saja, fasilitas kameranya juga sudah disokong dengan teknologi AI di dalamnya.

Kekurangan Vivo Z1x

Untuk masalah kekurangan yang dimiliki Vivo Z1x, smartphone satu ini memiliki bentuk yang sedikit menggembung walaupun mempunyai ketebalan hanya 8,13 mm. Dengan bentuk seperti itu, maka sedikit mempengaruhi tampilan desainnya yang sebenarnya terlihat anggun dan mewah.  Kekurangan kedua terletak pada tidak hadirnya 2 fitur yang sudah jamak digunakan di perangkat mobile lainnya, yaitu NFC dan wireless charging.

Kekurangan selanjutnya yang ada pada smartphone satu ini adalah terletak pada kekuatan fisiknya. Vivo Z1x bukanlah tergolong smartphone yang tahan banting atau dapat digunakan untuk aktivitas outdoor atau sedikit ekstrem sejenisnya. Hal itu dikarenakan belum adanya sertifikat IP67 atau IP68 yang menjadi bukti bahwa smartphone ini merupakan salah satu perangkat mobile tahan banting.

Review Akhir Spesifikasi Vivo Z1x

vivo z1x
Vivo Z1X merupakan smartphone mid-range dengan kualitas hi-end

Di awal bulan September 2019, Vivo merilis Vivo Z1x yang mana berposisi sebagai salah satu produk kelas mid-range yang dimiliki perusahaan asal Tiongkok tersebut. Smartphone satu ini memiliki layar Super AMOLED dengan fitur Halo FullView berukuran 6,38 inci. Selain itu, layarnya juga cukup lebar dan melegakan untuk digunakan menonton video ataupun bermain game mobile.

Pada bagian dalamnya terdapat dapur pacu Qualcomm Snapdragon 712 dengan prosesor Octa-core serta Adreno 616 sebagai GPU-nya. Fasilitas kameranya juga tidak kalah memukau karena total terdapat 4 lensa kamera yang terbagi dan tersemat di sisi depan juga belakang. Lensa kamera utamanya menggunakan sensor buatan Sony dengan resolusi 48MP, sedangkan lensa kamera depannya menggunakan sensor buatan Samsung yang memiliki resolusi sebesar 32MP.

Baterai yang digunakannya memiliki kapasitas sebesar 4500 mAh. Smartphone ini dijual di pasaran Cina dan India dengan harga sebesar Rp3,4 jutaan.

Artikel: Spesifikasi Vivo Z1x by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here