Spesifikasi Vivo Z5X – Harga, Review, & Fitur Unggulan

gambar Vivo Z5x

Vivo Z5x merupakan penerus dari model Vivo Z3x dan Vivo Z3 yang dirilis pada bulan Mei 2019. Smartphone ini mendapatkan popularitas tinggi, terutama di pasar Cina. Dengan hadirnya Vivo Z5x ini, Vivo berharap dapat mengulangi kesuksesan Z3x dan Z3.

Hanya saja, satu hal yang cukup unik adalah Z5x ini merupakan smartphone kelas entry-level atau dapat dikatakan kelas bawah. Walaupun dikatakan sebagai smartphone entry-level, namun jangan sepelekan spesifikasi yang dimilikinya. Contohnya saja, chipset yang dimilikinya adalah Qualcomm Snapdragon 710 yang mana berkolaborasi dengan prosesor Octa-core di dalamnya. Ditambah lagi GPU yang digunakannya adalah Adreno 616 yang mana kesemuanya disokong oleh RAM yang besar.

Fasilitas kameranya juga tidak kalah menakjubkan karena walaupun disebut sebagai smartphone kelas pemula, akan tetapi Vivo mempersenjatai produk satunya ini dengan 3 kamera seperti halnya yang banyak digunakan smartphone dari kelas mid-range sanpai dengan kelas hi-end.

Spesifikasi Vivo Z5x

Nama model Vivo Z5x
Kode produksi V1911T, V1919A
Segmen pasar Entry-level
Diperkenalkan Mei 2019
Dirilis resmi Juni 2019
Jaringan GSM/ CDMA/ HSPA/ HSDPA/ LTE
Eksternal
Dimensi 162,4 x 77,3 x 8,9 mm
Berat 204,1 gram
Casing Gelas untuk bagian depan dan aluminium alloy untuk bagian belakang
SIM Card Dual SIM Card (nano SIM)
Layar
Jenis IPS LCD (anti-gores, multi-touch, capacitive touchscreen)
Ukuran 6,3 inci
Resolusi 1080 x 2340 pixel (~395 ppi)
Perlindungan
Model Bezelless, Curve, punch hole display
Internal
Sistem Operasi Android 9 Pie
User Interface (UI) Funtouch 9 OS
Chipset Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)
Kartu grafis Adreno 616
Memori
ROM 64GB/128GB, dapat ditambah sampai 256GB menggunakan microSD
RAM 4/8GB atau 6/8GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 16MP, f/2
Fitur LED flash
Belakang 16MP (wide), f/1.78+ 8MP (ultrawide), f/2.2 + 2MP (depth sensor), f/2.4
Fitur HDR, Panorama, Digital Zoom, Touch to focus, Auto Flash, Face detection, Continuos Shooting
Resolusi gambar 4616 x 3464 Pixe
Resolusi video
Suara
Loundspeaker Ya
Port jack Ya, 3,5 mm
Sensor
Sensor utama Accelerometer, proximity, magnetometer (compass), gyroscope, ambient light sensor
Sensor sidik jari Ya, di bagian belakang
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot, dual-band
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak
Wireless Charging Tidak
Quick Charging Ya
Fitur Lain
GPS A-GPS, GLONASS, BDS, Beidou
Radio Tidak

Baterai

Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh
Warna Extreme Night Black, Aurora, Phantom Black
Harga Mulai dari Rp2,8 juta – Rp4,2 juta, tergantung RAM dan ROM

spesifikasi vivo z5x

Harga Vivo Z5x

Saat pertama kali diluncurkan di Cina, seri ini dijual seharga CNY1,398 atau sekitar Rp3,1 juta untuk varian dengan RAM 6GB dan ROM 64 GB. Sedangkan untuk varian yang memiliki RAM dan ROM lebih besar, harganya juga selisih beberapa ratus ribu. Misalnya saja Vivo Z5x dengan RAM 8GB dan ROM 128GB, dijual dengan harga sekitar Rp4,2 juta. Sementara untuk pengguna yang ingin merasakan kecanggihan smartphone ini namun memiliki budget terbatas, bisa memilih varian dengan RAM 4GB yang harganya hanya Rp2,8 juta.

Gadget satu ini sudah diperkenalkan di Cina sejak beberapa bulan lalu, namun masih belum diketahui kapan akan dipasarkan secara global. Bahkan untuk pasaran Indonesia, belum diketahui apakah smartphone terbaru Vivo ini akan masuk di tahun ini atau tidak (per Agustus 2019). Namun jika ya, kemungkinan besar seri ini akan disambut baik karena harganya yang cukup terjangkau dengan spesifikasi canggih.

Terlebih lagi, spesifikasinya yang memang lumayan untuk ukuran smartphone kelas entry-level. Jadi penggunanya dapat merasakan satu pengalaman bergawai ria dengan perangkat mobile murah namun punyai kecanggihan yang setara dengan perangkat kelas menengah.

Fitur Unggulan dari Vivo Z5x

Produk Vivo Pertama dengan Punch Hole Display

Mungkin di tahun 2018 notch sangat nge-tren dan banyak digunakan oleh berbagai vendor mobile di dunia. Akan tetapi terjadi pergeseran tren di tahun 2019 ini di mana notch sedikit demi sedikit ditinggalkan dan tren yang sedang naik daun adalah punch hole. Istilah punch hole sendiri mengacu pada satu lubang kecil yang terletak di pojok layar bagian atas.

punch hole di pojok kiri atas layar

Dan dengan semakin nge-trennya desain punch hole ini, Vivo Z5x menjadi produk pertama dari Vivo yang menggunakan layar dengan model tersebut. Dengan menggunakan layar punch hole ini, maka layar terkesan menjadi semakin lebar kala perangkat juga mengadopsi desain bezelless. Tentunya hal tersebut tidak akan didapati ketika perangkat menggunakan notch.

Z5x dengan layar punch hole yang dimilikinya pun menjadi semakin terlihat anggun juga mewah. Ditambah lagi, untuk ukuran smartphone entry-level, layar berukuran besar, 6,53 inci, tergolong tertinggi di kelasnya. Walaupun mengusung desain bezelless, namun pada bagian bawah dari Z5x ini sedikit lebih lebar dan membuatnya agak sedikit terlihat aneh. Hanya saja jika merunut pada rasio layar-ke-body, maka persentasenya adalah sebesar 90,77 persen.

Performa Dapur Pacunya Tidak Mengecewakan

Vivo Z5x ini hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 710 di dalamnya. Untuk ukutan smartphone entry-level, memiliki chipset Snapdragon 710 tersebut termasuk hebat. Pasalnya, chipset tersebut masih tergolong sebagai chipset kelas atas yang diproduksi oleh Qualcomm. Terlebih lagi banyak smartphone kelas menengah sampai atas yang memakai chipset yang sama seperti yang digunakan oleh Z5x ini.

chipset snapdragon vivo
Chipset Qualcomm Snapdragon 710 membuat Vivo Z5x semakin istimewa

Secara umum, Snapdragon 710 ini memiliki performa 20 persen lebih bagus dibandingkan dengan model atau generasi sebelumnya. Ditambah lagi kartu grafis yang dipakainya juga tidak kalah hebatnya. Model terbaru ini memiliki performa jauh lebih baik, sekitar 35 persen, dibandingkan versi sebelumnya.

Selain disokong RAM dan ROM yang besar, Vivo juga menyematkan teknologi Multi-Turbo di dalam Z5x ini. Fungsi dari Multi-Turbo tersebut adalah untuk mengoptimalkan sistem ketika digunakan untuk beraktivita tanpa henti sehari-hari. Tidak hanya itu saja, Multi-Turbo tersebut juga dapat mereduksi tingkat panas yang dihasilkan prosesor serta mesin didalamnya, meningkatkan kemampuan fitur AI-nya dan juga dapat membuat game-game berjalan dengan halus.

Baterai Jumbo dan Tahan Lama

Entah apa yang melandasi Vivo melengkapi Z5x ini dengan baterai berkapasitas besar. Namun terlepas dari apapun alasannya, tentu saja baterai dengan kapasitas 5000 mAh tersebut akan sangat melegakan pengguna perangkat ini. Hal itu dikarenakan semakin besar daya dari baterai, maka perangkat mobile yang bersangkutan dapat digunakan untuk berbagai aktivitas dalam waktu yang cukup lama.

spesifikasi baterai vivo z5x
Baterai jumbo disematkan pada Vivo Z5x

Pihak Vivo telah mengujicobakan kekuatan baterainya dengan mengisi sampai 100 persen dan kemudian digunakan untuk bermain game selama total 14 jam dalam 2 hari. Dari aktivitas tersebut, baterainya ternyata masih tersisa 13 persen. Selain itu, Vivo juga telah merancang sedemikian rupa agar baterainya ini tidak hanya besar, melainkan juga dapat diisi ulang atau charging dengan cepat.

Smartphone Entry-Level dengan 3 Kamera Utama

Rata-rata smartphone kelas entry-level hanya dibekali dengan satu kamera atau maksimal 2 buah saja, namun justru yang dapat Anda lihat di Vivo Z5x adalah terdapatnya 3 kamera dengan resolusi dan fungsi berbeda di bagian belakangnya. Ketika digunakan untuk mengabadikan momen atau obyek pada siang hari, hasilnya sangat menakjubkan. Detail, ketajaman sampai dengan saturasi sangat bagus. Hanya saja, hal tersebut agak sedikit berbalik 180 derajat ketika digunakan di malam hari atau di tempat yang kurang cahaya. Hasil fotonya menjadi berkurang kualitasnya dan muncul banyak noise. Namun Anda masih dapat mengakalinya dengan menggunakan fasiltias LED flash yang tersemat atau juga menggunakan night mode.

triple kamera vivo z5x

Untuk fasilitas kameranya ini, Z5x juga masih mendapatkan dukungan dari teknologi AI serta algoritma HDR. Keduanya akan bekerja secara maksimal agar dapat menghasilkan foto yang berkualitas di daerah yang kaya cahaya. Bahkan ketika dipakai memotret sesuatu yang membelakangi sinar matahari pun, obyek utama tidak menjadi kabur atau menghitam (backlight). Hasil yang didapat tetap akan cerah dan terang.

Satu hal yang dapat dikatakan istimewa untuk fasilitas kameranya ini adalah ketika Anda menggunakan mode portrait, maka bokeh yang terlihat akan sangat halus seperti sedang memotret menggunakan kamera DSLR. Jadi, tidak perlu menggunakan aplikasi khusus untuk dapat mengubah background belakang menjadi blurry karena dengan mengaktifkan mode portrait di perangkat satu ini saja, bokeh super halus sudah dapat diperoleh.

Keunggulan Vivo Z5x

Vivo Z5x ini hadir dengan layar yang cukup besar, yaitu sebesar 6,53 inci IPS LCD yang diklaim memiliki ketahanan terhadap goresan. Resolusi serta pixel density-nya pun bagus yang membuat kerapatan antar-pixelnya cukup tinggi. Dan hal tersebut membuat apa yang tertampil di layarnya terlihat sangat jernih dan tajam.

Keunggulan lain yang dimiliki Z5x adalah digunakannya dapur pacu yang jempolan, antara lain chipset Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm), prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver) serta kartu grafis Adreno 616. Ditambah lagi dengan RAM dan ROM besar yang dimiliki, maka para penggunanya akan sangat nyaman menggunakan perangkat ini untuk beraktivitas seharian atau bermain game.

Baterainya yang super jumbo membuatnya masuk jajaran smartphone dengan baterai yang tahan lama. Baterai yang digunakan perangkat mobile satu ini memiliki kapasitas 5000 mAh dan diklaim mampu bertahan berjam-jam untuk pemakaian ‘berat.’

Kekurangan Vivo Z5x

Dilengkapi dengan berbagai hardware dan software hebat di dalamnya, akan tetapi ada beberapa hal yang Vivo singkirkan atau tidak ikut serakan di dalam Z5x ini. Salah satunya adalah tidak terdapatnya fasilitas infrared yang sampai sekarang masih dimiliki oleh banyak smartphone berbagai kelas.

Selain itu, walaupun diklaim bahwa layarnya kuat terhadap goresan, akan tetapi akan menjadi satu hal yang cukup riskan ketika terkena sesuatu yang lebih keras dan tajam. Uniknya, dengan risiko seperti itu, justru Vivo tidak melengkapi produknya satu ini dengan produk dari Corning yang banyak digunakan berbagai vendor mobile di dunia, yaitu Gorilla Glass.

Tidak hanya itu saja, biarpun menggunakan sensor dengan resolusi besar, akan tetapi fasilitas kamera bagian depannya sangat minim fitur pendukung. Jadi dapat dikatakan ketika memotret dengan menggunakan kamera depan atau melakukan selfie, hasilnya kurang begitu bagus.

Perbandingan Vivo Z5x dengan 3 Smartphone Sekelasnya

Vivo Z5x vs Realme 3 Pro

Dari segi dimensi secara total, Realme 3 Pro masih kalah besar dibandingkan Vivo Z5x ini. Bahkan layar Z5x pun sedikit lebih besar dari Realme 3 Pro. Hanya saja, Realme 3 Pro memiliki tingkat pixel density yang lebih baik dibandingkan dengan Z5x. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa semua yang tertampil di layar Realme 3 Pro akan lebih jernih, cerah dan detail.

Untuk masalah dapur pacunya, kedua perangkat boleh dikatakan seimbang, namun dari sisi kamera belakangnya, Z5x masih unggul dibandingkan dengan Realme 3 Pro. Hanya saja, ketika membandingkan kamera bagian depannya, nampaknya produk dari Vivo ini harus mengakui keunggulan Realme 3 Pro. Pasalnya kamera depan Realme 3 Pro memiliki resolusi sebesar 25MP, sedangkan pada Vivo Z5x hanya hanya 16MP saja.

Vivo Z5x vs Samsung Galaxy A50

Secara keseluruhan, dengan melihat dari spesifikasinya, Samsung Galaxy A50 masih kalah jika dibandingkan dengan Vivo Z5x. Mulai dari dimensi bodynya, besaran layar, sampai dengan kapasitas baterainya lebih tinggi apa yang dimiliki produk dari Vivo tersebut. Untuk masalah jerohannya, kurang lebih kedua perangkat ini masih imbang walaupun menggunakan hardware yang berbeda.

Keunggulan Samsung Galaxy A50 dari Vivo Z5x hanya terdapat di 3 hal saja, yaitu di sisi kamera, jenis layar dan juga tingkat pixel densitynya. Galaxy A50 dilengkapi dengan kamera utama yang miliki resolusi sebesar 25MP + 8MP + 5MP dan 25MP untuk yang bagian depan, sedangkan Z5x hanya memiliki kamera dengan resolusi 16MP + 8MP + 2MP dan 16MP untuk yang terletak di depan.

Vivo Z5x vs Asus Zenfone Max Pro (M2)

Dari segi desain, kedua perangkat ini memang terkesan sama-sama mewahnya. Terlebih Vivo Z5x yang mengadopsi desain sleek, serta Asus Zenfone Max Pro (M2) menggunakan notch di bagian atas. Hanya saja jika merunut lebih masuk ke dalam, ternyata Z5x nampaknya lebih unggul dibandingkan M2.

asus zenfone max pro

Mulai dari besarnya body, besaran layar, seri operating system Android yang digunakan sampai dengan kamera pada bagian depan dan belakang, apa yang dimiliki M2 belum dapat mengungguli apa yang dipunyai Z5x.

Review Akhir Vivo Z5x

Vivo Z5x ini merupakan salah satu smartphone entry-level yang dirilis Vivo di pertengahan tahun 2019 ini. Jika hanya melihat dari sisi desainnya saja, maka banyak yang bakal terkecoh dan menyebut perangkat mobile ini termasuk dalam kelas menengah. Hal itu dikarenakan desain dari Z5x memang cukup menawan dan terkesan mahal.

Salah satu hal yang menjadi unggulan Z5x ini terletak pada sisi kameranya. Vivo telah menyematkan 3 kamera di bagian belakang dengan resolusi dan fungsi yang berbeda-beda. Keberadaan chipset Qualcomm Snapdragon 710 Soc atau System n Chip yang berbasis platform 7 nm di dalamnya membuat perangkat ini harusnya layak untuk masuk di jajaran kelas menengah.

Hal lain yang dapat membuat penggunanya bernafas lega adalah keberadaan baterai dengan kapasitas jempolan yang tahan lama walaupun digunakan untuk beraktivitas seharian. Dari segi tampilan, Z5x memakai user interface FunTouch 9 OS yang berpadu dengan keminimalisan yang dibawa oleh operating system Android 9.0 Pie. Sayangnya, perangkat mobile ini belum hadir secara resmi di Tanah Air dan bagi yang ingin memilikinya, dapat membelinya secara online.

Artikel: Spesifikasi Vivo Z5x by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here