Spesifikasi Xiaomi Redmi 7a – Harga, Kamera, Baterai, Review Fitur

xiaomi redmi 7a
Xiaomi Redmi 7a adalah smartphone yang diciptakan untuk segmen low-end

Xiaomi Redmi 7a merupakan salah satu produk baru dari Xiaomi yang memiliki status sebagai budget smartphone atau perangkat mobile yang dikhususkan untuk segmen low-end atau entry level. Walaupun dikatakan sebagai smartphone kelas low-end, akan tetapi dapur pacu yang dimiliki Redmi 7a ini cukup gahar. Terlebih lagi untuk kartu grafisnya yang sudah menggunakan Qualcomm Adreno 505 yang cukup mampu memberikan pengalaman bermain game secara nyaman kepada penggunanya.

Tidak hanya itu saja, perangkat mobile satu ini juga dilengkapi dengan RAM yang lumayan besar, 3GB, yang dapat digunakan untuk menopang segala sistem dan aplikasi di dalamnya. Satu hal lagi yang cukup mengejutkan yang disematkan oleh Xiaomi untuk produk entry levelnya ini adalah penggunaan operating system terbaru dari Google, Android 9.0 Pie yang mana berkolaborasi dengan user interface MIUI 9 untuk membuat sistem dan tampilan menjadi lebih bagus lagi. Sebagai informasi, walaupun ada, akan tetapi cukup jarang smartphone low-end berbasis Android terbaru secara langsung, kecuali di-upgrade oleh pemiliknya.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 7a

Nama model Xiaomi Redmi 7a
Kode produksi M1903C3EC, MZB7995IN, M1903C3EG, M1903C3EH, M1903C3EI
Segmen pasar Entry level (low-end)
Diperkenalkan Mei 2019
Dirilis resmi Juni 2019
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ LTE
Eksternal
Dimensi 146,3 x 70,4 x 9,6 mm
Berat 165 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD (capacitive touchscreen)
Ukuran 5,45 inci (body ratio 74,4%)
Resolusi 720 x 1440 pixel (~295 ppi)
Perlindungan
Model Non-bezelless, tanpa notch
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) MIUI 9
Chipset Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A53 & 6×1.45 GHz Cortex A53)
Kartu grafis Adreno 505
ROM 16GB/ 32GB (masih dapat ditambah sampai dengan 256GB via microSD)
RAM 2GB/ 3GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 5MP, f/2.2, 1.12µm
Fitur HDR
Belakang 13 MP, f/2.2, 1.12µm, PDAF (untuk pasaran Cina)

12 MP, f/2.2, 1/2.9″, 1.25µm, PDAF (untuk pasaran India/global)

Fitur LED flash, HDR
Resolusi gambar
Resolusi video
Loundspeaker Ya
Port jack Ya, 3,5 mm
Sensor utama Accelerometer, proximity, compass, light sensor, gyroscope, face unlock
Sensor sidik jari Tidak
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
USB microUSB 2.0
NFC
Wireless Charging
GPS A-GPS, GLONASS, BDS
Radio FM Radio dengan antena
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4000 mAh (support fast charging 10W)
Warna Matte Black, Morning blue, Matte Blue, Matte Gold
Harga Rp1.299.000
Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Spesifikasi Xiaomi Mi 9t
Spesifikasi Xiaomi Redmi K20 Pro

Harga Xiaomi Redmi 7a

Setelah hadir di Tiongkok dan kemudian berlanjut ke pasaran India, akhirnya Xiaomi Redmi 7a hadir juga di pasar Tanah Air. Dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp1.299.000 untuk perangkat yang dilengkapi dengan RAM sebesar 2GB dan internal storage 16GB, pihak Xiaomi berharap produknya ini bakal mendulang kesuksesan yang sama seperti yang mereka raih beberapa tahun sebelumnya dengan Xiaomi Redmi 5A.

Bagi yang berminat untuk memiliki produk baru dari Xiaomi tersebut, maka dapat langsung mengunjungi gerai-gerai resmi Xiaomi (Mi Store) yang ada di seluruh Indonesia. Pembelian pun dapat dilakukan secara online melalui salah satu e-commerce besar di Tanah Air, Lazada.

Fitur Unggulan Xiaomi Redmi 7a

Performa Gahar

spesifikasi xiaomi redmi 7a octa core
Xiaomi Redmi 7a menggunakan Qualcomm® Snapdragon™ Octa-core processor

Xiaomi Redmi 7a ini merupakan seri Redmi A pertama yang menggunakan prosesor Octa-core. Dengan chipset Qualcomm Snapdragon 439 yang prosesornya mencapai clock speed sampai dengan 2.0GHz serta kartu grafis Adreno 505 yang mampu mencapai kecepatan sampai 650MHz. Memang smartphone ini bukanlah perangkat mobile dengan dapur pacu gahar dan cepat yang pernah ada, akan tetapi setelah menggunakannya seharian, Anda akan berpikiran bahwa dengan harga yang cukup terjangkau, sangat layak untuk dibeli.

Pihak Xiaomi menjelaskan bahwa dengan mengunakan chipset Qualcomm Snapdragon dan prosesor Octa-core tersebut, maka dapat meningkatkan performa perangkat dan juga membuat segala aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan smartphone ini menjadi tidak terkendala apapun. Bermain game, chatting, browsing sampai dengan menonton video pun semakin menyenangkan karena berkurangnya time lag di sela prosesnya.

Baterai Besar, 4000 mAh

baterai xiaomi redmi 7a
Baterainya tergolong besar di antara smartphone sekelasnya

Selain performanya yang gahar tersebut, smartphone satu ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar dan tahan lama. Dengan baterai berkapasitas 4000 mAh, maka Redmi 7a ini dapat digunakan untuk berbagai aktivitas lebih dari sehari dalam sekali pengisian baterai.

Untuk masalah pengisian baterainya, Redmi 7a ini sudah dilengkapi dengan teknologi fast charging 10W yang mana dapat memangkas waktu pengisian sampai dengan 47 persen. Dan dengan micro USB port untuk pengisian, baterainya membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari 0 sampai 100 persen.

Bahkan ketika dibandingkan dengan 4 perangkat mobile lainnya, HTC Desire 12s, Nokia 4.2, Samsung Galaxy A50 dan Sony Experia 10, hanya produk dari Samsung saja yang mampu menandingi kapasitas baterai Redmi 7a.

Kamera Berteknologi AI

Seperti halnya kebanyakan smartphone pada umumnya, perangkat mobile ini dilengkapi dengan kamera pada bagian depan dan depannya. Untuk kamera yang terletak di bagian belakang memiliki resolusi sebesar 12MP. Tidak hanya besar di resolusinya, fasilitas kameranya tersebut sudah disokong dengan teknologi artificial inteligence (AI) yang tersemat di dalamnya.

Teknologi AI ini memiliki banyak fungsi yang salah satunya untuk dapat menjadikan lensanya mudah untuk mencari fokus. Selain itu, dengan teknologi AI tersebut, pengguna Redmi 7a dapat memanfaatkan fasilitas AI Beauty yang sangat bagus ketika digunakan untuk memotret obyek dengan warna-warna yang vibrant atau pemandangan alam.

Desain Menarik

casing material nano coating
Casing belakangnya menggunakan material nano-coating

Salah satu keunikan yang dimiliki Redmi 7a adalah terdapat pada desainnya. Dikatakan unik karena Xiaomi telah mengadopsi model dan desain dari produk-produknya di level tengah atau atas untuk digunakan pada Redmi 7a. Contohnya saja, perangkat mobile ini didesain setipis mungkin dengan ujung-ujung yang tumpul.

Selain itu, warna-warna yang dipakainya juga sangat menarik. Tidak hanya menarik, bagian belakang perangkat ini sudah menggunakan material khusus yang tahan terhadap percikan air atau splashproof nano-coating. Teknologi ini meniru dari daun yang akan menolak tetesan air yang akan menempel ke permukaannya. Dengan teknologi tersebut, maka perangkat akan terhindar dari risiko korosi, berdebu dan sejenisnya.

Tampilan Minimalis nan Cantik

Sudah memiliki desain yang menarik, Redmi 7a ini juga dilengkapi dengan tampilan dalam yang tidak kalah cantiknya. Hal itu dikarenakan Xiaomi menggunakan user interface MIUI 9 yang berbasis Android 9.0 Pie. MIUI 9 tersebut juga membawa beberapa fitur menarik di dalamnya, seperti salah satunya adalah dark mode yang cukup menarik untuk digunakan karena akan membuat setiap icon menjadi lebih terang seperti dilapisi fosfor.

Ketika Anda membuka bagian Menu, maka akan terlihat sederetan icon untuk mengakses setiap aplikasi yang merupakan bawaan asli Redmi 7a atau yang merupakan aplikasi third-party. Dari kesemua yang ada di Menu tersebut, Android 9.0 Pie membuatnya terkesan lite dan minimalis. Dan berpadu dengan MIUI 9, maka tampilan setiap icon dan juga beberapa aplikasi lain akan menjadi sangat menarik dipandang.

Sistem Pengamanan yang Sulit Ditembus

face unlock xiaomi
Walaupun tidak dilengkapi dengan fingerprint sensor, masih ada Face Unlock

Memang Redmi 7a ini tidak dilengkapi dengan sistem pengamanan terkini, yaitu sensor pemindai sidik jari atau fingerprint sensor, untuk itu Xiaomi menggantinya dengan menyediakan metode lain yang tak kalah rumit untuk ditembus, yaitu AI Face Unlock. Selain sangat ampuh untuk dapat mengunci perangkat, AI Face Unlock ini juga sangat cepat untuk dioperasikan dan dibuka dengan menggunakan wajah.

Apabila dirasa kurang cukup aman, maka Anda masih dapat menggunakan sistem pengamanan bawaan Android lain seperti pattern atau juga memakai passcode khusus. Tidak hanya itu saja, Anda masih dapat menambahkan aplikasi pengamanan third-party yang dapat Anda unduh dari Google Play Store.

TÜV Rheinland Low Blue

Salah satu keunggulan lain dari Redmi 7a adalah disematkannya teknologi TÜV Rheinland Low Blue di dalamnya. Teknologi ini berfungsi untuk mereduksi tingkat kecerahan cahaya biru yang ditampilkan layar untuk dapat ditangkap mata secara aman. Akan sangat membantu dan bermanfaat sekali karena setiap layar dari perangkat elektronik, termasuk smartphone, pasti memancarkan cahaya biru yang dalam jangka waktu lama berdampak buruk bagi kesehatan mata manusia.

Banyak Fitur Menarik Lainnya

Redmi 7a ini juga hadir dengan berbagai macam fitur menarik di dalamnya, seperti kualitas audio yang menawan dan lebih keras 20 persen dalam posisi maksimal jika dibandingkan dengan milik smartphone lainnya, fitur pengubah font sampai dengan dapat menjadikan perangkat sebagai media untuk memutar siaran radio.

Xiaomi Redmi 7a VS Realme C2/Samsung Galaxy A10/Oppo F1s

Xiaomi Redmi 7a vs Realme C2

realme c2
Realme C2 © mi.com

Sama-sama berada di kelas entry level, namun untuk urusan layarnya, Realme C2 lebih unggul dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 7a. Layar yang dipunyai Realme C2 berukuran 6,1 inci yang lebih besar 11 persen dibandingkan dengan yang dimiliki Redmi 7a.

Tidak hanya itu saja, Realme C2 juga memiliki beberapa keunggulan lain dibandingkan dengan Redmi 7a, seperti memiliki ketebalan yang lebih tipis 11 persen atau juga menang dari perbandingan kamera utamanya. Pada Redmi 7a, Xiaomi hanya menyematkan 1 kamera saja dengan resolusi sebesar 12MP, sedangkan di C2 terdapat 2 kamera dengan resolusi 13MP dan 2MP.

Xiaomi Redmi 7a vs Samsung Galaxy A10

samsung galaxy a10
Samsung Galaxy A10 © samsung.com

Jika hanya membandingkan dari segi besaran body dan juga layarnya, mungkin Samsung Galaxy A10 sudah dapat memegang bendera juaranya karena memang produk dari Samsung ini memiliki ukuran body dan layar lebih besar dibandingkan yang dipunyai Redmi 7a. Hanya saja, dari dapur pacunya, prosesor Redmi 7a ternyata lebih cepat dalam pemrosesan data dibandingkan dengan yang dipunyai Galaxy A10.

Selain itu, Redmi 7a juga unggul dari sisi besaran kapasitas baterainya. Samsung Galaxy A10 hanya dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3400 mAh, sedangkan Redmi 7a memiliki baterai dengan kapasitas 4000 mAh. Cukup besar untuk ukuran smartphone kelas entry level.

Xiaomi Redmi 7a vs Oppo F1s

oppo f1s
Oppo F1s © oppo.com

Seperti halnya membandingkan dapur pacu dengan Samsung Galaxy A10, Redmi 7a juga tampil unggul atas Oppo F1s. Prosesor yang dimilikinya lebih cepat 33 persen dari prosesor yang dipunyai produk besutan Oppo tersebut. Hanya saja, Oppo F1s lebih unggul di sisi besaran kapasitas RAM-nya. Dengan RAM lebih besar, maka akan ada banyak sistem dan aplikasi yang mampu berjalan mulus tanpa hambatan.

Apabila membandingkan dari fasilitas pengamanannya, nampaknya Redmi 7a bukanlah tandingan dari Oppo F1s karena produk dari Oppo ini sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint sensor, sedangkan smartphone Xiaomi itu masih menggunakan metode password atau pattern khusus untuk pengamanan perangkatnya.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 7a

Kelebihan Xiaomi Redmi 7a

Kamera utama yang dimiliki Xiaomi Redmi 7a ini memiliki resolusi sebesar 13MP plus aperture f/2.2, yang dapat hasilkan foto bagus dan seperti mendapatkan tambahan efek bokeh di bagian belakangnya.

Selain itu, keunggulan lain yang dipunyai Redmi 7a terletak pada baterainya yang memiliki kapasitas besar. Bahkan dapat dikatakan di antara semua smartphone entry level yang sudah beredar di pasaran, baterai yang dipunyai Redmi 7a tergolong yang salah satu yang terbesar. Tidak hanya itu saja, dapur pacu dari perangkat mobile satu ini juga dapat dikatakan jempolan untuk ukuran smartphone kelas low-end.

Tampilannya pun tidak membersitkan bahwa Redmi 7a termasuk smartphone kelas bawah karena basic operating system yang digunakannya adalah Android 9.0. Sebagai informasi, rata-rata perangkat mobile entry level akan dipersenjatai dengan basic OS Android minimal versi 8.0 Oreo yang mana dapat diupgrade ke versi selanjutnya.

Kekurangan Xiaomi Redmi 7a

Smartphone satu ini tampilan luarnya lumayan bagus dan elegan, sayangnya tidak ada perlindungan khusus yang dipunyainya. Karena itu, maka casingnya sangat rentan tergores. Casing belakangnya pun terkesan ringkih dan mudah retak ketika terbentur atau terjatuh.

Selain itu, besaran layar yang dipunyai Redmi 7a kurang begitu melegakan karena hanya berukuran 5,45 inci saja. Selain memiliki layar yang berukuran kecil, kerapatan antar-pixelnya pun juga tergolong rendah, yaitu hanya 295 ppi saja. Kekurangan lainnya juga terletak pada resolusi kamera depannya. Rata-rata smartphone keluaran tahun 2019 ini, baik yang low-end sampai dengan yang kelas atas sudah dilengkapi dengan lensa kamera depan yang miliki resolusi besar, sedangkan pada Redmi 7a ini justru adalah kebalikannya.

banyak fitur menarik
Banyak fitur menarik dan kualitasnya bagus, serta harga murah, Xiaomi Redmi 7a layak untuk dimiliki

Hal lain yang juga menjadi kekurangan dari Redmi 7a adalah tidak disertainya beberapa fitur menarik yang kini marak dipakai di banyak smartphone besutan vendor lain, seperti salah satunya adalah fingerprint sensor atau juga NFC. Ketiadaan fitur-fitur menarik tersebut membuat Redmi 7a harus bekerja ekstra keras untuk dapat merengkuh pasar low-end di Tanah Air.

Review Akhir Xiaomi Redmi 7a

xiaomi redmi 7a
Xiaomi Redmi 7a adalah smartphone yang diciptakan untuk segmen low-end

Xiaomi Redmi 7a bukanlah sebuah smartphone yang diciptakan untuk dapat dibeli dan dimiliki oleh semua orang dari berbagai kalangan, karena perangkat mobile ini sengaja dibuat dengan menyasar segmen konsumen kelas menengah ke bawah. Walaupun begitu, Xiaomi tidak mau sembarangan dalam menciptakan dan kemudian memasarkannya, sebelum hadir di pasaran, Redmi 7a sudah didesain dan dilengkapi banyak fitur menarik di dalamnya agar para penggunanya nanti tidak kecewa ketika sudah membeli dan menggunakannya dalam keseharian.

Dilengkapi dengan dapur pacu hebat, desain yang menarik sampai dengan baterai berkapasitas besar dan tahan lama serta dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, maka sangat layak nampaknya smartphone ini untuk dijadikan media pembantu aktivitas sehari-hari.

Artikel: Spesifikasi Xiaomi Redmi 7a by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here